Cara Memaksimalkan Google Bisnisku (Google My Business) untuk Bisnis Online

Business, Marketing / 0 | | 0

Bisnis apa pun saat ini membutuhkan visibilitas yang ditargetkan di Google demi memudahkan penyebaran info bisnis itu sendiri. Sebagian besar bisnis mengetahui bahwa hal ini memerlukan pengoptimalan situs web dan Google Ads mereka. Tetapi yang paling tidak diketahui adalah bahwa ada entitas ketiga yang juga perlu dioptimalkan yakni listingan bisnis Google mereka.

Secara resmi dikenal sebagai Profil Bisnis (Business Profile) Anda, listingan canggih ini adalah cuplikan dinamis dari bisnis Anda. Dengan bantuan ini akan menyoroti fitur terbaik Anda dan memungkinkan calon pelanggan menemukan, mempelajari, dan berinteraksi dengan Anda dengan cepat semuanya dari SERP. Bagian terbaik dan dukungan Google yang satu ini adalah sepenuhnya gratis.

Namun, terlepas dari miliaran penelusuran yang dilakukan di Google setiap bulan, sebuah studi BrightLocal menunjukkan bahwa Business Profile biasa hanya mendapatkan rata-rata 1.260 penayangan selama periode yang sama. Sayangnya hanya 59 tindakan yang diambil dari 1.260 tampilan tersebut yang mana kurang dari 5%. Masalahnya bukan pada platform Google My Business itu sendiri, namun hampir tidak cukup banyak bisnis yang memanfaatkan fitur-fiturnya yang mengesankan.

 

Mengenal Apa Itu Google Bisnisku (Google My Business)

Cara Memaksimalkan Google Bisnisku (Google My Business) untuk Bisnis Online
 

Google Bisnisku atau Google My Business (GMB) adalah alat gratis dari Google yang membantu pemilik bisnis mengelola kehadiran online mereka di seluruh mesin pencari dan portofolio utilitasnya yang terus berkembang. Professional SEO berpengalaman juga menggunakan daftar GMB untuk memanfaatkan strategi berbasis lokasi

Membuat daftar GMB adalah langkah pertama untuk kesuksesan penelusuran lokal karena GMB menawarkan dampak terbesar bagi brand yang mencari eksposur lokal. Fitur seperti Penelusuran Lokal (Local Search) Google menekankan perlunya cantuman GMB untuk bisnis baru dan yang sudah mapan. Ini memberikan daftar bisnis terdekat dan banyak informasi yang diperlukan untuk menemukan bisnis tertentu seperti :

  • Alamat bisnis
  • Jam kerja/operasional
  • Kategori bisnis
  • Ulasan/testimoni dari klien/pengguna

 

Grafik Pengetahuan Google juga menggunakan informasi Google Bisnisku yang terverifikasi. Ini akan membantu menghasilkan detail untuk database-nya tentang bisnis dan entitas terkait yang relevan dengan pencarian tertentu. Setelah daftar baru dibuat, lokasi Google Maps kemudian dibuat yang disinkronkan dengan Pencarian Google (Google Search) tradisional untuk kemudahan akses dan kemampuan pencarian.

Cara ini tentunya membantu bahwa sebagian besar pencarian organik berasal dari Google karena sekitar 90% untuk pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia. Selain juga menunjukkan nilai daftar GMB dan SEO lokal yang efektif. Pastikan Anda telah menyelesaikan listingan Google Bisnisku dengan benar, dan mengoptimalkan semua aspek yang memungkinkan dari alat tersebut. Melakukan hal ini juga akan memberikan pengaruh maksimal bagi bisnis Anda di Google dan platform pihak ketiga yang menggunakan Google Maps API untuk menghasilkan informasi lokasi bagi pengguna.

 

Baca Juga  :   Ide Bisnis Online dan Offline Untuk Tambahan Penghasilan di Tahun 2021

 

Keuntungan Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business) untuk Bisnis Online

Profil Bisnis yang dioptimalkan di Google akan membantu konsumen memilih bisnis Anda daripada pesaing, tetapi ada manfaat lain dari mengoptimalkan Profil Bisnis Anda untuk pemasaran lokal online yang efektif.

  • Meningkatkan keterlibatan/engagement

    Semakin banyak, konsumen masuk dan keluar dari Google tanpa mengunjungi situs web lain. Itu disebabkan karena informasi di halaman hasil penelusuran itu sendiri sepenuhnya menjawab pertanyaan mereka, menghasilkan penelusuran tanpa klik. Dengan potensi lebih banyak konsumen yang berinteraksi dengan bisnis Anda melalui Profil Bisnis Google daripada situs web Anda, Anda pasti ingin profil tersebut dioptimalkan untuk interaksi dan konversi yang berkualitas.

  • Tingkatkan peringkat lokal Anda

    Algoritma Google untuk memberi peringkat Profil Bisnis tidak hanya mempertimbangkan kedekatan dan relevansi, tetapi juga aktivitas dan kualitas informasi. Mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda mengirimkan sinyal ini ke Google untuk memberi Anda peringkat yang lebih tinggi di hasil lokal. Peringkat yang lebih tinggi, seperti yang Anda ketahui, berarti lebih banyak visibilitas dan keterlibatan dengan bisnis Anda.

  • Mengundang lebih banyak pelanggan

    Profil Bisnis Google biasa saja tidak menawarkan banyak cara untuk mendapatkan pelanggan. Mereka dapat mengetahui di mana Anda berada dan membaca ulasan Anda jika mereka tahu cara menelusuri nama bisnis Anda sejak awal. Namun dengan Profil Bisnis yang dioptimalkan melalui akun Google Bisnisku, konsumen dapat menemukan Anda dalam pencarian kata kunci, menelepon Anda, mengunjungi situs Anda, meneliti produk dan layanan Anda, melihat atau berkontribusi, meminta penawaran, memesan janji temu, membuat reservasi , dan lainnya. Selain juga Anda dapat melacak klik ke situs web Anda, janji temu, atau tautan menu menggunakan UTM dan Google Analytics.

 

Baca Juga  :     Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Memaksimalkan Google Bisnisku (Google My Business)

Cara Memaksimalkan Google Bisnisku (Google My Business) untuk Bisnis Online
 

Sekarang setelah Anda melihat bahwa mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda adalah kunci untuk ditemukan di penelusuran lokal, menonjol di atas pesaing, dan memenangkan pelanggan secara online, sekarang saatnya untuk melakukannya. Berikut adalah cara untuk mengubah Profil Bisnis Google Anda menjadi alat pemasaran 24/7 dan perolehan prospek untuk bisnis lokal Anda.

  • Buat akun Google Bisnisku

    Perlu Anda ketahui bahwa Profil Bisnis Google (Google Business Profile) adalah entitas yang terpisah dari akun Google Bisnisku yang terakhir digunakan untuk mendapatkan akses dan mengoptimalkan yang pertama. Artinya, untuk melakukan pengoptimalan Anda harus memiliki akun Google Bisnisku, lalu memberitahu Google untuk menghubungkannya dengan Profil Bisnis Google Anda.

  • Isi semua data

    Kelengkapan Profil Bisnis Google Anda tidak hanya membantu Google memberi Anda peringkat lebih tinggi di hasil penelusuran lokal, tetapi juga meningkatkan jumlah tindakan yang dilakukan pelanggan ketika mereka menemukan profil Anda. Ada banyak informasi yang harus diberikan, jadi berikut adalah beberapa pedoman untuk memprioritaskan.

  • Memaksimalkan informasi kontak

    Berikut langkah-langkah untuk mengoptimalkan informasi kontak di Profil Bisnis Google Anda :
    a) Pastikan nama bisnis Anda sama dengan yang Anda gunakan pada papan nama toko Anda. Dengan kata lain, persis seperti yang terlihat di dunia nyata. Menambahkan nama lokasi kecuali dalam nama merek Anda atau kata kunci dianggap sebagai spam oleh Google dan Anda dapat dikenai sanksi.
    b) Pastikan nama dan alamat bisnis Anda sama persis dengan listingan Anda yang lain di seluruh web menggunakan penyebutan dan penulisan bisnis Anda secara konsisten. Algoritma Google memperhitungkan ketidakkonsistenan ini saat menilai kredibilitas Anda.
    c) Tunjukkan jam reguler dan hari libur Anda. Hal ini mendorong pelanggan untuk mengunjungi Anda, dan juga menghindari potensi ulasan negatif yang diberikan oleh seseorang yang melakukan perjalanan ke toko Anda hanya untuk mengetahui bahwa toko tersebut tutup.

  • Menambahkan foto

    Mengupload foto ke Profil Bisnis Anda melalui dasbor akun Google Bisnisku penting karena ini adalah visual untuk menarik pelanggan. Namun bukan berarti Anda menambahkan ratusan gambar ke profil Anda sekaligus. Ikuti tips berikut untuk menggunakan foto guna mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda :
    a) Tambahkan setidaknya satu foto baru beberapa hari
    b) Untuk foto thumbnail Anda, upload logo Anda
    c) Untuk foto sampul Anda, gunakan sesuatu yang paling mewakili merek Anda tetapi karena Google akan menampilkan foto fitur yang berbeda tergantung pada kueri penelusuran
    d) Untuk foto umum lainnya, lihat pedoman foto Google untuk spesifikasinya, tetapi pastikan untuk menyertakan pelanggan yang puas, tampilan interior dan eksterior, dan foto tim
    e) Tidak ada foto stok, dan tidak ada foto dengan efek khusus atau pencitraan merek. Google mencoba menampilkan bisnis Anda seperti yang terlihat di dunia nyata
    f) Fokus pada gambar berkualitas yang memiliki penggambaran yang jelas untuk menyelaraskan dengan hasil yang diperkaya gambar

 

Baca Juga  :     Keunggulan Shopify untuk Kebutuhan Website Toko Online / Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Google Bisnisku atau Google My Business (GMB) adalah alat gratis dan mudah digunakan yang membantu bisnis mengelola kehadiran dan penampilan online mereka di Google Penelusuran dan peta Google. Jika Anda pernah menelusuri nama bisnis, Anda akan sering melihat panel pengetahuan GMB mereka, sebuah kartu yang berisi informasi penting yang ingin diketahui pelanggan tentang bisnis lokal, yang muncul lebih dulu.

Tapi jika Anda menggunakan perangkat seluler, ini akan sering menjadi hasil teratas sebelum hasil organik. Lalu jika Anda menggunakan desktop, ini akan ditampilkan tepat di sebelah kanan penelusuran organik dan berbayar. Sejatinya diperuntukkan untuk membantu para pebisnis, maka siapa saja dapat memanfaatkan bantuan Google ini demi melebarkan sayap bisnis mereka.

Related Post :