Cara Membangun Relasi Bisnis dan Karir (Networking)

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Untuk membangun sebuah bisnis/karir yang sukses ada banyak hal yang Anda butuhkan, mulai dari keahlian, keuletan, kecerdasan, kepandaian melihat peluang dst. Selain itu ada satu hal yang mutlak Anda butuhkan yaitu RELASI. Ketika seseorang berkata “Anda membutuhkan relsi untuk bisa membangun bisnis dan karir yang sukses”, semua akan setuju dengan kalimat tersebut. Untuk sukses Anda butuh orang lain. Dengan bantuan orang lain maka bisnis atau karir Anda akan bisa melejit lebih cepat sekaligus menjangkau lebih banyak orang.

Ada sebuah quote menarik dari Bob Burg “People do business with people they know, like and trust”, setuju ?

Contoh simpel dari hal ini adalah :

  • Pernahkan Anda membeli sesuatu bukan sebab produknya melainkan sebab penjualnya ?
  • Lebih nyaman manakah Anda bekerja dengan teman baik Anda atau orang yang baru Anda kenal?

Oleh karena itulah Anda perlu membina dan mengembangkan relasi dengan orang lain. Maka dari itu mempelajari tahapan proses networking sangatlah dibutuhkan. Secara umum ada 3 tahapan dalam proses networking agar relasi bisa terjalin dengan baik. Berikut adalah 3 tahapan tersebut secara singkat :

  1. Membangun Kesan Pertama
  2. Membangun Rapport / Hubungan Baik
  3. Meningkatkan Relasi

Setiap dari tahapan diatas memiliki tujuan yang berbeda-beda, dibawah ini akan dijelaskan lebih rinci beserta tips-tipsnya.

Tahap 1 : Membangun Kesan Pertama

Ketika bertemu dengan seseorang yang baru, secara tidak sadar pikiran Anda maupun lawan bicara Anda akan menyusun sekian banyak asumsi dan persepsi tentang lawan bicaranya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat kesan atau impresi yang baik.

Berhasil dalam membangun kesan pertama yang baik akan memudahkan Anda dalam tahap networking berikutnya. Sebaliknya, jika asumsi dan persepsi yang dibuat lawan bicara kurang baik maka dalam menjalankan tahap berikutnya Anda akan mengalami kesulitan.
Berikut adalah hal yang menentukan kesan pertama yang Anda ciptakan :

  • Pakaian yang Anda kenakan dan tampilan Anda
  • Cara Anda berjabat tangan
  • Cara Anda memperkenalkan diri
  • Bagaimana Anda bertukar kartu nama

Hal tersebut terkesan sederhana, akan tetapi ad acara dan etika melakukannya dengan tepat. Salah melakukannya bisa membuat kesan pertama yang Anda timbulkan kurang baik.

Tahap 2 : Membangun Rapport / Hubungan Baik

Rapport atau hubungan yang baik adalah cara agar kita cepat klik dengan orang lain. Satu hal yang bisa Anda aplikasikanuntuk cepat membangun hubungan baik adalah dengan mencari kesamaan antara Anda dengan lawan bicara Anda.

Kita akan lebih cepat klik dengan orang yang baru Anda kenal yang memiliki kesamaan dengan kita. Dengan mengidentifikasi kesamaan maka kita akan merasa menjadi bagian dari suatu kelompok. Dari situlah akan memunculkan pembahasan dan topik pembicaraan yang mulai berkembang.

Tahap 3 : Membangun Relasi

Pada tahap ke-3 ini Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang tahap tingkat pembicaraan. Prinsip utamanya adalah supaya relasi berkembang, Anda harus meningkatkan lenel pembicaraan Anda.

Berikut adalah 5 level pembicaraan serta pembahasannya :

  1. Phatic Level (tingkatan pembicaraan paling rendah). Pembicaraan di tingkat ini lebih karena suatu etika atau keharusan saja. Misalnya saja sekedar bertukar sapa atau bertanya apa kabar pada masing-masing pihak.
  2. Factual Level, tingkat pembicaraan dimana kita saling bertukar data dan informasi. Misalnya saling bertukar informasi tentang tempat kerja, bidang usaha atau hobi.
  3. Evaluative Level, tingkat pembicaraan dimana kita memberi atau bertanya tentang opini atau pendapat.
  4. Gut Level, tingkatan pembicaraan dimana hal yang tengah dibicarakan sudah berhubungan dengan perasaan.
  5. Peak Level, level tertinggi di dalam sebuah pembicaraan. Di tingkat ini orang mulai saling membicarakan tentang perasaan yang lebih dalam yaitu mengenai pembahasan soal pribadi.

Supaya relasi bisa berkembang lebih dekat, maka Anda harus bisa menerapkan dan meningkatkan pembicaraan mulai dari phatic hingga ke level yang Anda inginkan.

Related Post :