Cara Membuat Channel YouTube Untuk Pemula Terbaru 2022

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

YouTube sudah ada sejak lama. YouTube diakses oleh 315 juta orang setiap hari, dan tersedia di 91 negara serta 80 bahasa. Dapat dikatakan bahwa YouTube bukan hanya sekedar platform video tapi telah menjadi bagian dari budaya hari ini. Jelas bahwa banyak orang menyukai YouTube terlebih lagi pemasar juga sangat menyukai YouTube. Menurut survei statistik pemasaran video 2022, 88% pemasar video berencana untuk memasukkan platform video dalam strategi pemasaran mereka tahun ini. Jika Anda siap memanfaatkan kekuatan YouTube untuk bisnis Anda atau sekadar untuk hobi yang Anda miliki, artikel ini akan memandu Anda.

Selain itu dengan lebih dari satu miliar pengguna dan lebih dari 500 jam video diunggah setiap menit, YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di internet. Dalam hal pemasaran, memiliki saluran YouTube sangat berharga. Dengan lebih dari 1,86 miliar pengguna, YouTube adalah alat penghasil pemirsa terbesar di dunia saat ini. Tetapi sebelum Anda mulai membuat konten YouTube, Anda harus mulai dengan menyiapkan saluran Anda dengan mengikuti langkah-langkah sederhana dibawah ini. Dalam artikel ini, nantinya akan dibahas proses langkah demi langkah memulai saluran YouTube sehingga Anda dapat mulai mengunggah konten dan mendapatkan lebih banyak penayangan tahun ini.

 

Baca Juga :  Tips dan Trik Meningkatkan YouTube Marketing Tahun 2022

 

Mengenal Apa Itu YouTube

Cara Membuat Channel YouTube Untuk Pemula Terbaru 2022
 

YouTube adalah situs web berbagi video gratis yang memudahkan untuk menonton video online. Anda bahkan dapat membuat dan mengunggah video Anda sendiri untuk dibagikan kepada orang lain. Awalnya dibuat pada tahun 2005, YouTube sekarang menjadi salah satu situs paling populer di Web, dengan pengunjung menonton sekitar 6 miliar jam video setiap bulan. Salah satu alasan YouTube sangat populer adalah banyaknya video yang dapat Anda temukan. Rata-rata, 100 jam video diunggah ke YouTube setiap menit, jadi selalu ada yang baru untuk ditonton dan Anda akan menemukan semua jenis video di YouTube, mulai dari kucing menggemaskan, demo memasak yang unik, pelajaran sains yang lucu, tips mode cepat, lagu dan banyak lagi.

Alasan lain YouTube sangat populer saat Ini karena semua konten merupakan buatan pengguna. Alih-alih video dari jaringan TV besar dan studio film, Anda akan menemukan video luar biasa dan kreatif yang dibuat oleh orang-orang seperti Anda. Dan YouTube bukanlah jalan satu arah dimana Anda dapat masuk, merekam, dan membagikan video Anda sendiri, serta menjadi bagian dari komunitas. Dengan banyaknya konten di YouTube, penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua video YouTube cocok untuk semua orang, terutama anak-anak di bawah usia 13 tahun. Namun, ada alat yang dapat Anda gunakan, seperti mode perlindungan, untuk membatasi jenis video agar hanya dapat dilihat oleh pengguna berusia diatas 13 tahun.

Selain regulasi yang dimilikinya, YouTube menyediakan cara sederhana bagi Anda untuk menyimpan video secara online dan membagikannya dengan orang lain. Video YouTube mencakup topik apa pun yang ingin diunggah oleh siapapun. Video-video ini mudah dibagikan melalui bentuk media sosial, email, dan situs web lain dan juga dapat disematkan di situs web lain. Di samping setiap video di YouTube terdapat daftar video yang disarankan di mana ini adalah video yang dihitung oleh mesin pencari YouTube cenderung menarik minat orang yang menonton video yang Anda tonton. YouTube mendorong pemirsa untuk mengungkapkan pendapat mereka tentang video yang mereka tonton, untuk menyimpan video untuk ditonton nanti, dan untuk membagikan video yang mereka sukai. Anda dapat membuat video tersedia untuk umum kepada siapa saja, atau membagikannya secara pribadi dengan orang-orang tertentu.

Baca Juga :  8 Rekomendasi Alat (Tools) YouTube Marketing Terbaik 2022

Dengan segala fitur bermanfaat yang dimiliki YouTube, Anda juga harus mengetahui dan memperhatikan hasil analitik dari YouTube jika Anda ingin mengetahui sejauh mana keberhasilan konten yang Anda unggah. YouTube Analytics adalah alat analitik dan pelaporan. Ini menyediakan data tentang setiap video yang Anda unggah, sehingga Anda dapat dengan mudah melacak berapa banyak tampilan yang didapat, dari mana orang-orang datang untuk menemukannya, dan jenis orang yang menontonnya. YouTube Analytics dapat memberi Anda informasi tentang :

Rujukan pertama dari video terkait, rujukan pertama dari penelusuran YouTube termasuk istilah penelusuran yang digunakan, atau bagaimana pertama kali video disematkan di situs web lain.

  • Berapa banyak tampilan yang datang dari setiap sumber rujukan.
  • Jenis kelamin dan kelompok usia mana yang paling populer dengan video.
  • Negara mana video Anda paling populer
  • Berapa banyak komentar dan peringkat yang Anda terima.

Terakhir, video di YouTube tidak akan lepas dari iklan. YouTube menggabungkan fitur yang memungkinkan bisnis mempromosikan video mereka kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengannya, menargetkan pelanggan menurut demografi, topik, atau minat. Pengiklan membayar setiap kali seseorang melihat video mereka. Anda dapat memilih di lokasi mana iklan Anda akan muncul, format apa yang akan ditampilkan, dan bahkan seberapa banyak Anda bersedia membayar per tampilan jika Anda ingin meningkatkan keunggulan iklan Anda di atas pesaing Anda.

 

Baca Juga :  Tips dan Trik Untuk Melakukan Monetize YouTube Dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Membuat Channel YouTube

Cara Membuat Channel YouTube Untuk Pemula Terbaru 2022
 

Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika ingin membuat channel YouTube adalah sebagai berikut :

  1. Buat channel Anda dengan Google

    Anda dapat menggunakan akun Google Anda untuk mengatur saluran Anda di YouTube. Pertama dan terpenting, masuk ke YouTube dengan akun Google Anda. Buka YouTube.com dan klik opsi “Masuk”, setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan ID dan kata sandi Gmail Anda.Jika Anda sudah memiliki akun dengan YouTube yang kemungkinan besar Anda miliki, klik ikon pengguna Anda dari sudut paling kanan layar Anda. Kemudian tekan opsi “Pengaturan” dari menu tarik-turun. Karena Google memiliki YouTube, menu tarik-turun di atas adalah untuk akun Google Anda dan juga akun YouTube Anda. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke ikhtisar akun Anda. Pilih tautan “Buat saluran baru” di bawah tab “Saluran YouTube Anda”. Langkah pertama untuk memulai saluran YouTube adalah membuat nama saluran Anda. Anda dapat menggunakan nama brand Anda atau nama lain.

  2. Buat nama channel Anda

    Nama channel Anda sangat penting untuk kesuksesan di YouTube. Ini adalah kartu bisnis Anda karena memberitahu pengguna siapa Anda dan tentang saluran video Anda nantinya. Ada lebih dari satu juta saluran YouTube di luar sana, dan jumlah itu terus bertambah setiap hari. Untuk membuat saluran Anda menonjol di antara orang banyak, nama Anda harus dapat ditelusuri dan unik. Nama saluran YouTube yang baik berpotensi untuk mendapatkan lebih banyak penayangan, pelanggan, suka, dan bagikan. Konsistensi dengan nama Anda adalah faktor penting lainnya dalam membangun brand Anda. Jadi, jika Anda sudah menjadi influencer terkenal dan nama Anda adalah daya tarik utama Anda, ada baiknya untuk tetap menggunakan nama Anda sendiri untuk saluran YouTube Anda. Misalnya, Anda sudah menjalankan blog anonymous yang sangat terkenal. Dan Anda dapat memilih untuk menggunakan nama Anda sendiri sebagai nama saluran YouTube. Berikut tips lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih nama saluran Anda :
    – Pilih nama saluran yang mudah diingat.

    – Pilih nama yang sesuai dengan audiens yang unik.

    – Buatlah relevan dengan niche Anda.

    – Nama saluran YouTube Anda peka huruf besar/kecil, jadi pastikan untuk menggunakan huruf kapital agar lebih mudah dibaca.

    Meskipun bagaimana pemirsa Anda terlibat dengan konten Anda adalah bagian yang paling penting, nama yang mudah diingat tentu dapat membantu. Pastikan untuk meluangkan waktu Anda dan melakukan brainstorming sepenuhnya tentang bagaimana audiens mengenal Anda. Dan karena YouTube memungkinkan Anda mengubah nama saluran di masa mendatang, Anda dapat melanjutkan dengan nama sementara untuk saat ini.

  3. Sesuaikan channel Anda

    Setelah Anda memilih nama saluran dan memilih opsi “Buat”, Anda akan diarahkan ke halaman saluran terakhir. Anda sekarang dapat mulai mengunggah video Anda segera. Namun, Anda harus menyesuaikan saluran dan mengunggah sampul saluran terlebih dahulu. Pilih opsi “Sesuaikan Saluran” untuk mulai menyesuaikan saluran Anda. Kustomisasi saluran memiliki tiga kategori utama :
    Tata Letak
    Bagian tata letak akan membantu Anda menyajikan konten video Anda dalam cahaya terbaik.

    Branding
    Ini termasuk mengunggah gambar profil, gambar spanduk, dan tanda air video Anda.

    Info Dasar
    Tambahkan nama saluran, deskripsi, URL, dan tautan ke situs yang ingin Anda bagikan dengan pemirsa.

  4. Sesuaikan tata letak channel Anda

    Terakhir, mari selami tab “Tata Letak” yang memungkinkan Anda memilih dan mengatur apa yang dilihat pemirsa saat mengunjungi saluran Anda. Pertama, Anda dapat menambahkan Sorotan Video. Ini adalah video utama yang dilihat pengguna saat pertama kali membuka saluran Anda. Bagian Sorotan Video memungkinkan Anda menampilkan dua jenis video tergantung pada apakah pemirsa adalah pelanggan atau bukan. Untuk orang yang tidak berlangganan, Anda dapat menambahkan cuplikan saluran. Cuplikan saluran Anda harus menyorot apa yang Anda buat, menentukan apa yang dapat diharapkan pemirsa dari saluran Anda, mendorong pemirsa untuk berlangganan. Untuk pelanggan yang kembali, Anda dapat menambahkan video unggulan apa pun. Anda dapat mengubah atau menghapus video ini kapan saja dengan menekan menu 3 titik.
    Selanjutnya, Anda dapat menambahkan bagian unggulan. Bagian unggulan ini memungkinkan Anda menyesuaikan apa yang dilihat pemirsa saat mereka membuka beranda saluran Anda. Anda dapat mengkategorikan video dan daftar putar di berbagai departemen (atau bagian) untuk visibilitas yang lebih baik.

  5. Buat konten video

    Sekarang setelah Anda siap dengan saluran Anda, saatnya membuat konten video yang menarik. Mengupload konten di YouTube sangatlah mudah. Tetapi membuat konten yang akan membuat pemirsa terpikat dan mengarahkan mereka untuk menonton video Anda yang lain adalah tantangan sebenarnya. Tetapi Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor sebelum memproduksi konten video, dimulai dengan mengidentifikasi audiens Anda dan memilih jenis video yang ingin Anda buat.

 

Baca Juga :  Cara Memulai dan Membangun YouTube Dari Awal

 

Kesimpulan dan Penutup

Baik Anda membantu pelanggan berbelanja untuk penawaran terbaik, mempromosikan tautan afiliasi Anda, membuat penawaran Anda sendiri, atau hanya meminta pemirsa untuk berlangganan, video Anda berfungsi sebagai bentuk komunikasi yang unik. Video ini dapat meningkatkan pelanggan dan penjualan dan merupakan saluran yang sempurna untuk mendorong prospek, membentuk opini, dan mempromosikan produk kepada pemirsa yang tepat.

Semoga panduan dalam artikel ini berisi semua yang Anda butuhkan untuk memulai channel YouTube baru. Sekarang selamat mengikuti proses langkah demi langkah ini untuk membuat saluran Anda sendiri. Dan jika telah berhasil membuat channel impian, semoga Anda juga dapat konsisten menyediakan atau mengunggah konten yang bermanfaat serta menginspirasi orang banyak. Semangat!

Related Post :

popup image