Cara Membuat dan Mengirimkan Sitemap Ke Search Engine

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Sitemap yang juga sering disebut dengan site map yang dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai peta situs adalah model konten situs web yang dirancang untuk membantu pengguna dan mesin pencari navigasi situs. Sedangkan sitemap ini sendiri dapat berupa daftar halaman hierarkis dengan tautan yang diatur berdasarkan topik, bagan organisasi, atau dokumen XML yang menyediakan instruksi untuk bot perayapan mesin telusur.

Ketika sebuah peta situs lebih ditujukan untuk pengguna, maka sitemap ini hanya file HTML biasa dengan daftar semua halaman utama di situs.Dalam konteks mesin pencari, peta situs, juga dikenal sebagai file sitemap.xml, yang akan membantu perayap mesin pencari mengindex semua halaman di situs. Meskipun peta situs tidak menjamin bahwa setiap halaman situs akan dirayapi, mesin pencari utama tetap merekomendasikannya.

Peta situs juga sangat penting untuk situs yang menggunakan menu Adobe Flash atau JavaScript yang tidak menyertakan tautan HTML. Google memperkenalkan Google Sitemaps untuk membantu perayap web menemukan halaman dinamis, yang biasanya terlewatkan. Bahkan semua mesin pencari lainnya juga mendukung protokol ini yang mana akan membuat situs web bisa terlihat.

 

Memahami Pentingnya Penggunaan Sitemap

Cara Membuat dan Mengirimkan Sitemap Ke Search Engine
 

Perlu diketahui bahwa sitemap juga memiliki peran penting dalam SEO (Search Engine Optimization). Dalam hal ini bot atau perayap dari mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo akan dapat menemukan halaman melalui tautan internal. Tetapi ada kemungkinan besar bahwa halaman penting Anda dapat ditinggalkan selama proses perayapan jika tautan internal tidak benar. Tidak ada pemilik situs web maupun blog baik itu bisnis atau individu yang ingin halaman penting mereka dibiarkan tidak terindeks. Untuk menghindari risiko tersebut, selalu disarankan untuk memiliki peta situs XML, karena berisi semua URL situs web untuk dirayapi.

 

Manfaat Menggunakan Sitemap bagi Situs Web

Salah satu manfaat utama adanya peta situs yang paling sering dikenal adalah untuk dapat meningkatkan perayapan situs Anda. Terutama jika halaman situs Anda ditautkan dengan tepat, Anda dapat menjamin bahwa perayap web Google dapat menemukan hampir setiap sudut dan celah situs Anda. Adanya sitemap akan sangat bagus bagi mereka yang menjalankan satu atau lebih situs web karena situs- situs tersebut harus dapat dikenali dengan cepat. Berikut beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda gunakan jika menggunakan sitemap.

  • Mempermudah situs untuk ditemukan

    Alasan utama Anda menginvestasikan waktu dan uang untuk membuat konten baru untuk situs Anda adalah karena Anda berharap dapat ditemukan di web. Gunakan pembuat site map untuk menghasilkan peta situs dan Anda akan ditemukan dengan cepat. Cara ini sangat direkomendasikan untuk situs web atau halaman web baru dan konten lainnya.

  • Perayapan yang lebih efisien

    Setiap konten di situs harus dirayapi terlebih dahulu yang terkadang memakan waktu lama atau tidak sama sekali. Dengan peta situs, situs web dapat dijelajahi secara efisien dan efektif sehingga bisa di indeks lebih cepat.

  • Mempelajari tentang pengunjung situs web

    Anda dapat belajar banyak dengan memantau laporan peta situs Anda. Kesalahan akan ditampilkan sehingga Anda dapat memperbaikinya, baik itu juga data mengenai sumber lalu lintas dan bahkan pencarian kata kunci. Menggunakan informasi ini dapat membantu Anda meningkatkan konten dan menarik lebih banyak lalu lintas ke situs atau blog Anda.

  • Memodifikasi konten

    Ingin mempertahankan peringkat yang tinggi? Anda hanya dapat mempertahankan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari jika Anda terus memodifikasi konten di situs Anda yakni dengan menjaganya tetap relevan dan berguna untuk kebutuhan pengunjung Anda. Jika Anda telah menggunakan pembuat peta situs atau membuat peta situs secara manual, Google akan diberi tahu setiap kali konten situs Anda diubah.

  • Mengkategorisasi Konten

    Peta situs memungkinkan Anda menempatkan halaman web di bawah kategori dan diprioritaskan berdasarkan yang paling penting. Ini berarti bahwa halaman yang memuat konten terpenting Anda akan dirayapi dan diindeks lebih cepat daripada halaman dengan nilai prioritas yang lebih rendah.

  • Menghemat waktu

    Beberapa informasi harus disampaikan saat masih segar, contohnya seperti konten yang memuat berita terbaru. Anda tidak perlu menunggu dan menebak kapan perayap kemungkinan akan mengunjungi situs web Anda karena konten Anda sangat up to date dan relevan dengan isu saat itu.

  • Layanan gratis

    Dari banyak keuntungan dan manfaat penerapan site map pada situs web maupun blog adalah tentu saja peta situs dapat dibuat dengan gratis. Anda dapat mengirimkan peta situs Anda ke Google tidak memerlukan biaya sepeser pun serta mendapatkan keuntungan yang baik bagi pertumbuhan situs web Anda.

 

Baca Juga  :    Sitemap : Hubungannya Dengan SEO, Manfaat dan Cara Membuatnya Dengan Mudah

 

Cara Membuat dan Mengirimkan Sitemap Ke Search Engine

Cara Membuat dan Mengirimkan Sitemap Ke Search Engine
 

Setelah berhasil membuat peta situs untuk situs web, peta situs harus diserahkan ke mesin pencari utama secara manual. Sedangkan mesin pencari yang ingin Anda gunakan akan bergantung pada preferensi Anda atau bisa dikirim ke semua mesin pencari yang ada di dunia saat ini. Berikut ini 3 mesin pencari yang umum digunakan seperti Google dan Bing dan cara mengirimkannya satu persatu.

 

Cara Mengirimkan Sitemap Ke Google

  • Masuk ke Google Webmaster Tools sama seperti Anda masuk ke fitur Google lainnya.
  • Tekan “Tambahkan Situs (Add a Site)” dan berikan URL ke situs Google di kotak pop-up. Kemudian tekan lanjutkan.
  • Pada halaman yang terbuka setelahnya, tekan tombol radio tepat setelah “Tambahkan Meta Tag (Add Meta Tag).”
  • Salin tag Meta dari kotak instruksi karena akan menggunakan ini nanti.
  • Buka tab baru di browser dan buka situs yang ingin Anda verifikasi.
  • Tekan “Tindakan Lainnya (More Actions)” dan klik “Kelola Situs (Manage the Site)” dari daftar.
  • Klik kotak Umum/General dari tab yang terletak tepat di bawah tab Pengaturan Situs/Site Setting.
  • Sekarang tag Meta yang disalin dari kotak instruksi harus ditempelkan di tempat tepat di sebelah Verifikasi.
  • Simpan perubahan.
  • Buka Webmaster Tools tempat tag Meta disalin.
  • Tekan tombol Verifikasi.

 

Baca Juga  :    Internal Link: Panduan Lengkap untuk Optimasi SEO Ditahun 2021

 

Cara Mengirimkan Sitemap Ke Bing

  • Masuk ke Windows Live Account.
  • Arahkan ke Pusat Master Bing/Bing Master Center.
  • Tambahkan situs web Anda ke mesin pencari Bing dengan mengisi bilah URL dengan URL peta situs Anda. Setelah itu, tekan Tambah Situs (Add Site).
  • Staf Bing akan memeriksa dan memvalidasi peta situs dan situs. Mereka akan mulai mengindeks situs setiap kali mereka menentukan bahwa peta situs tidak memiliki kesalahan.

 

Baca Juga  :     Exsternal Link (Backlink): Panduan Lengkap untuk Optimasi SEO Tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Menjalankan situs web saat ini tidak hanya memakan waktu, tetapi juga kompleks. Anda harus memikirkan strategi terbaru untuk mengalahkan persaingan yang mengamuk, menghasilkan banyak konten setiap hari atau setiap minggu dan menerapkan segudang strategi SEO. selain itu Anda juga harus bisa memastikan konten Anda telah diindeks begitu juga menaikkan peringkat Anda di mesin pencari.

Karena alasan- alasan inilah, pemilik situs web didorong untuk membuat peta situs untuk memberitahu Google secara langsung tentang berbagai perubahan yang dialami situs web dan memastikan bahwa konten baru atau yang dimodifikasi dirayapi dan diindeks. Untuk dapat melakukan ini semua, buat sitemap baik dengan menggunakan pembuat peta situs berbayar atau gratis dan jangan lupa untuk mengirimkannya ke search engine seperti Google atau Bing.

Related Post :