Cara Membuat Infografis : Tips & Trick, Tujuan, dan Contohnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memang tidak bisa terlepas dari data-data. Namun kebanyakan kumpulan data-data tersebut disajikan secara monoton sehingga terkesan membosankan bagi pembaca maupun penulisnya. Dengan penyajian data tersebut menjadikan penyamapaian data menjadi tidak fokus. Namun seiring dengan kemajuan teknologi berdampak juga pada penyajian berbagai jenis data yang dibuat secara menarik dalam bentuk infografis. Cara membuat infografis tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi Anda yang memiliki skill desain saja. Sebab siapapun bisa belajar dan mampu membuat infografis.

Sebelum Anda memahami cara membuat infografis, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu infografis. Dimana infografis merupakan informasi yang disajikan berupa teks dan dipadukan dengan elemen visual seperti gambar, grafik, tipografi atau ilustrasi. Dengan menambahkan infografis untuk konten Anda, maka kemungkinkan pembaca akan lebih tertaik serta mudah memahami informasi yang Anda sampaikan. Sebab secara psikologi, hampir 90% otak manusia dapat lebih cepat menyerap informasi yang berbentuk visual dibandingkan dalam bentuk teks.

Selain itu, pada penerapannya infografis memang identik dengan penambahan data-data berupa angka. Namun data-data tersebut dikemas menggunakan padu-padan warna desain yang unik dan memanjakan mata. Hal ini tentu akan menjadikan konten Anda terlihat lebih atraktif dan akurat di mata para pembaca. Bagi Anda yang penasaran dan ingin belajar cara membuat infografis yang menarik dan tepat, sebaiknya tak perlu khawatir. Di bawah ini akan dijelaskan tips hingga contoh infografis yang bisa menambah wawasan Anda.

 

Tips dan Trick Membuat Infografis yang Baik dan Benar

Saat ini kebutuhan terhadap infografis memang semakin meningkat seiring dengan semakin tingginya minat masyarakat terhadap informasi yang disajikan dalam bentuk visual dan audio. Apalagi dengan sajian informasi yang menarik, menjadikan para pembacanya lebih cepat memahami pesan yang disampaikan.

Akan tetapi tugas pembuat infografis tidaklah mudah. Sebab Anda harus menilai serta menimbang konten yang akan disajikan dapat memberikan dampak dampak yang baik untuk masyarakat. Bagi Anda yang saat ini ingin belajar cara membuat infografis, maka berikut tips dan tricknya.

  1. Mencari Audience yang Tepat

    Cara membuat infografis yang tepat sebaiknya perlu memastikan terlebih dahulu sasaran audience data yang akan disajikan. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya salah sasaran dan penyalah artian makna dari data yang disajikan. Selain itu, buatlah infografis dengan visual yang dapat menarik perhatian masyarakat sekaligus dilengkapi gambar dan warna sesuai target audience. Penyajian data yang tepat sasaran diharapkan dapat memudahkan penyampaian data agar dibaca secara tuntas sehingga maknanya dapat dipahami sepenuhnya.

  2. Penyajian Data Lebih Sederhana

    Tips dan trick dalam membuat infografis berikutnya yaitu dengan menyajikan data secara sederhana agar terkesan lebih menarik secara visual. Dengan demikian informasi yang akan disampaikan membuat pembaca lebih cepat mengerti sekaligus menikmati hingga akhir.

  3. Selalu Pada Jalurnya

    Saat belajar cara membuat infografis yang tepat, maka pastikan tulisan yang akan disampaikan sesimple apapun itu tidak keluar dari jalur informasi yang harus disajikan. Anda sebaiknya tidak hanya fokus pada data utama tetapi juga diselingi tema serta informasi pendukung lainnya.

  4. Memilih Desain Tool yang Tepat

    Belajar cara membuat infografis, menuntut Anda untuk memilih penyusunan konsep menarik yang memuat informasi apa saja yang akan dimasukkan dalam infografis. Anda bisa memilih berbagai desain tools atau software pendukung yang dapat mempermudah pekerjaan saat membuat infografis. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan juga aplikasi khusus seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator. Bagi Anda yang belum begitu familiar dengan aplikasi tersebut, maka bisa melakukan editor melalui situs online. Sebab pemakaian aplikasi editor secara online memang lebih mudah dan dilengkapi tutorial.

  5. Tampilan Informasi Secara Visual

    Infografis yang baik biasanya memiliki keseimbangan antara informasi tertulis dan visual. Contohnya, Anda menggunakan font dan warna mencolok untuk informasi yang dianggap lebih penting sehingga pembaca lebih mudah menangkap makna dari data tersebut.

  6. Membuat Headline yang Menarik

    Untuk memperoleh perhatian dari para audience, cara membuat infografis yang tepat sebaiknya perlu menggunakan headline menarik. Dimana headline tersebut menjelaskan inti informasi yang disajikan serta mudah dipahami audience.

 

Baca Juga:  Mengenal Apa itu Infografis, Manfaat, dan Tips & Trick Membuatnya

 

Tujuan Membuat Infografis

 

Ketika Anda belajar mengenai cara membuat infografis, Anda juga harus memahami terlebih dahulu tujuan dari pembuatan infografis tersebut. Dengan demikian infografis yang Anda buat memang benar-benar dapat menyampaikan informasi secara tepat. Berikut beberapa tujuan pembuatan infografis yang perlu Anda ketahui.

  1. Untuk Menarik Perhatian Audience

    Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pemilihan warna yang menarik serta kesesuaian antara tema dan grafis terbukti mampu menarik minat pembaca lebih besar. Dengan demikian adanya penyajian data secara infografis diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat agar membaca dan mudah memahami informasi yang disampaikan.

  2. Lebih Mudah Dimengerti

    Penyajian data berupa infografis menjadikan informasi lebih sederhana yang berbentuk grafis sehingga mudah dipahami dan dimengerti. Berdasakan hasil penelitian, disebutkan bahwa sekita 95% orang akan lebih cepat memahami informasi yang disajikan dalam bentuk teks dan gambar dibandingkan hanya berbentuk teks saja.

  3. Meningkatkan Kesempatan Viral

    Informasi yang dikemas dalam bentuk infografis memang terkesan lebih menarik dan bisa lebih tepat sasaran. Dengan demikian orang-orang tidak perlu mengetik informasi tersebut memakai ribuan kata. Cukup dengan like atau share saja maka infografis tersebu akan mudah tersampaikan ke banyak orang. Hal ini dapat meningkatkan kesempatan infografis tersebut viral.

  4. Mudah Diingat Audience

    Tujuan dari pembuatan infografis berikutnya yaitu agar informasi yang disampaikan mudah diingat oleh audience. Sebab infografis tersebut disajikan menggunakan grafis yang menarik serta warna-warna yang cerah sehingga akan mudah diingat oleh pembaca.

  5. Persuasif

    Pembuatan infografis yang unik dan menarik bertujuan agar data tersebut lebih persuasif serta profesional. Dengan demikian informasi tersebut akan semakin mudah meyakinkan maupun mempengaruhi masyarakat. Terlebih untuk infografis yang berisi promosi produk tentu akan sangat bermanfaat dalam hal mengajak masyarakat agar menggunakan produk tersebut.

  6. Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Digital

    Pembuatan infografis bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran digital. Sebab isi infografis umumnya memberikan pembahasan seputar pemahaman yang lebih mendalam mengenai sebuah produk, brand dan informasi lainnya.

 

Baca Juga:   Mengenal Canva dan Cara Menggunakannya untuk Design secara GRATIS

 

Contoh Infografis

Supaya Anda memiliki gambaran cara membuat infografis yang tepat, berikut beberapa contoh infografis yang bisa menjadi referensi. Berdasarkan penjelasan di atas, kini Anda semakin memahami cara membuat infografis yang baik dan benar. Dimana infografis yang baik dan benar nantinya bisa digunakan untuk menyajikan berbagai jenis data secara mudah dan terlihat menarik. Dengan menerapkan tips dan trick di atas, kini Anda juga bisa belajar menyajikan data yang mudah dimengerti pembaca secara lebih sederhana. Berikut contoh infografis program EKA BIMA dari IDCloudhost

 

 

Kesimpulan

Dengan menyajikan data berupa infografis memang sangat unik dan dapat meningkatkan daya tarik masyarakat agar membaca informasi secara tuntas. Selain itu, denga adanya infografis ini, diharapkan bisa menjadi solusi agar masyarakat dapat belajar lebih mengenai segala jenis berita maupun informasi secara lebih menyenangkan.

Di era digital seperti saat ini, infografis memiliki peran yang sangat penting terutama bagi para pelaku bisnis. Sebab melalui infografis inilah Anda dapat secara mudah memperkenalkan dan membagikan informasi produk ke masyarakat luas. Dengan demikian Anda tidak perlu ragu belajar cara membuat infografis sekarang juga.

Related Post :