Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Saat membuat kata pengantar, Anda mungkin bingung harus memulai dari mana. Hal ini sangat lumrah terjadi bagi seorang penulis, karena bentuk karya tulis itupun memang bermacam-macam jenisnya. Mengetahui cara membuat kata pengantar dan contoh kata pengantar ini mungkin bisa membantu Anda. 

Kata pengantar merupakan elemen yang cukup penting dalam sebuah karya tulis, dan harus disajikan dengan tepat. Beberapa karya tulis yang membutuhkan kata pengantar adalah karya tulis ilmiah, skripsi, proposal, makalah, laporan PKL, dan lain-lain. Dalam artikel ini, Anda akan mengenal lebih dalam kata pengantar mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara membuatnya. 

Baca Juga: Cara Membuat Proposal dan Contoh untuk Kegiatan Acara

Apa Itu Kata Pengantar?

cara membuat kata pengantar

Kata pengantar adalah pendahuluan dari sebuah karya tulis yang berisi ungkapan dari penulis tentang karya tulisnya tersebut. Biasanya, kata pengantar terletak di halaman depan dan berfungsi sebagai pembuka karya tulis sebelum pembaca mulai masuk ke inti dari tulisan tersebut. 

Kata pengantar dapat berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu penulisan karya tersebut, menjelaskan tujuan tulisan, meminta kritik saran, hingga memaparkan proses kreatif selama menulis. Penulis dibebaskan untuk mengungkapkan apa yang ingin dia sampaikan dalam kata pengantar. 

Selanjutnya, kata pengantar selalu ditulis terpisah dan memiliki halaman tersendiri dari bagian karya tulis lainnya. Untuk mengakhiri kata pengantar, Anda bisa menuliskan tempat, tanggal, dan nama penulis di kanan bawah halaman. 

Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar tidak bisa dilepaskan dari sebuah karya tulis, terutama karya tulis yang bersifat resmi. Elemen ini memiliki fungsi yang penting bagi tulisan Anda, apa saja fungsi tersebut?

  1. Sebagai pengantar bagi pembaca sebelum menuju pembahasan inti dari karya tulis tersebut. Dalam kata pengantar, pembaca akan menemukan uraian umum dalam tulisan tersebut. 
  2. Sebagai sarana penulis menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantunya dalam proses penulisan karya tersebut. 
  3. Sebagai sarana bagi penulis untuk mengapresiasi pihak yang membaca dan pembaca itu sendiri, serta untuk menyampaikan permohonan maaf dan terbukanya penulis terhadap saran-saran untuk karyanya. 
  4. Mendorong minat orang lain untuk membaca karya tersebut hingga selesai. 

Baca Juga: Contoh Penutup Makalah dan Cara Membuatnya dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Kata Pengantar

Untuk membuat kata pengantar yang baik, tentu Anda harus menulis sesuai strukturnya. Semua bagian karya tulis memiliki struktur masing-masing, termasuk kata pengantar. 

Dalam kata pengantar, terdapat pembuka, isi, dan penutupnya. Perbedaan tersebut terletak pada konten yang ditulis, dan untuk karya tulis apa kata pengantar itu dibuat. Berikut adalah struktur kata pengantar untuk membantu Anda mengetahui cara membuatnya dengan baik dan benar:

  1. Pembukaan

Kata pengantar memiliki pembukaan yang panjangnya satu hingga dua paragraf saja. Pembukaan ini berisi ucapan terima kasih dan rasa syukur penulis kepada Tuhan YME. 

Ucapan terima kasih ini disampaikan penulis kepada pihak-pihak yang membantunya dalam proses pembuatan karya tulis tersebut. Misalnya, dalam membuat skripsi Anda dapat mencantumkan nama rektor, dekan, dosen pembimbing, keluarga, teman, dan lain-lain. 

  1. Isi

Pada kata pengantar, isi berisi gambaran umum karya tulis tersebut. Biasanya dalam bagian ini Anda dapat menyebutkan judul karya dan penjelasan singkat tentang isinya. Membuat kata pengantar yang baik tentunya harus memperhatikan isi. 

Namun, perlu diingat untuk tidak menuliskan isi karya tulis terlalu lengkap dan detail. Berilah penjelasan umum saja, dan usahakan untuk membuat pembaca penasaran. Jika Anda menjelaskan terlalu detail, pembaca justru merasa tak perlu lagi membaca karya tulis tersebut karena telah mengetahui seluruh isinya lewat kata pengantar saja. 

  1. Penutup

Cara membuat kata pengantar selanjutnya adalah dengan menuliskan penutup. Pada bagian ini, Anda dapat menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan atau kekurangan dalam penulis tersebut. Sampaikan juga bahwa Anda sangat terbuka terhadap kritik dan saran yang membangun. 

Kritik dan saran dari pembaca ini akan sangat bermanfaat untuk keberlanjutan penelitian tersebut, jika Anda berniat untuk mengangkat topik yang sama dan mengembangkannya lagi. Menerima kritik dan saran juga menunjukkan bahwa Anda sangat berpikiran terbuka sebagai penulis karya tersebut. 

Baca Juga: Tips dan Trik Mempersiapkan dan Lolos Beasiswa Impian

Contoh Kata Pengantar

Setelah memahami pengertian, fungsi, dan cara membuat, Anda tentu membutuhkan contoh agar lebih mudah memahaminya. Berikut adalah contoh kata pengantar yang bisa Anda jadikan referensi untuk berbagai macam karya tulis

Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Puji syukur tim penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas berkat dan karunia-Nya makalah yang berjudul ‘PERKEMBANGAN MUSIK KONTEMPORER DI INDONESIA’ ini dapat penulis selesaikan dengan baik. 

Tim penulis berharap makalah ini dapat menambah wawasan dan pengalaman bagi pembaca tentang bagaimana perkembangan musik kontemporer dari masa ke masa, mulai dari tahun 1970-an hingga hari ini. 

Dalam kesempatan ini, tim penulis juga mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah membantu dan menjadi motivasi penulis dalam membuat tugas makalah ini. Kepada kedua orang tua kami yang telah banyak membantu selama penyelesaian tugas, pembimbing kami, Ibu Rusyani, M.Hum., dan Bapak Budiono, S.S., juga kepada teman-teman yang telah banyak membantu tim penulis. 

Besar harapan kami agar materi yang ada dalam makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Tak ada kesempurnaan di dunia, termasuk makalah dari tim penulis ini. Karena itu, kami memohon kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan makalah kami selanjutnya. 

Jakarta, 17 Mei 2022

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan

KATA PENGANTAR 

        Puji dan syukur penulis haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini sebagai pertanggungjawaban dari praktek kerja lapangan di media cetak Riau Pos selama 2 bulan mulai dari September – November 2021. 

Laporan yang berjudul ‘Laporan Praktek Kerja Lapangan Media Cetak Riau Pos, Karakteristik Tulisan Berita Media Cetak Riau Pos Dalam Penerapan Bahasa Jurnalistik’ ini penulis ajukan sebagai bukti sudah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Pemilihan tema ini karena penulis tertarik dengan karakteristik berita di Riau Pos yang penulis rasa sangat sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa jurnalistik. Penerapan bahasa jurnalistik tersebut dapat terlihat dalam tulisan yang berupa hasil liputan yang sudah penulis buat. Besar harapan penulis agar laporan ini dapat menambah wawasan pembaca tentang aktivitas jurnalistik di media cetak Riau Pos dan mengetahui penerapan bahasa jurnalistik dalam liputannya. 

Penulis dapat menyelesaikan laporan ini dengan tepat waktu karena bantuan dan motivasi dari banyak pihak, yakni Bapak Junaidi, S.I.Kom., selaku dosen pembimbing lapangan, Ibu Nurjanah, M.I.KOm., sebagai dosen penasehat akademik. Terima kasih juga untuk teman-teman PKL dan seluruh jajaran redaksi di Riau Pos, laporan ini tidak akan dapat 

Penulis menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan, baik dari segi penulisan maupun isi. Karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk evaluasi penulis dalam penulisan laporan selanjutnya. 

Demikianlah laporan PKL ini penulis selesaikan, semoga dapat diterima sebagai ide dan gagasan untuk memperkaya wawasan dalam bidang media dan komunikasi. Semoga apa yang ditulis dalam laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan diri penulis sendiri. 

Pekanbaru, 17 Mei 2022

Penulis

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Magang, Struktur, dan Contoh Laporan Magang

Penutup

Begitulah penjelasan tentang cara membuat kata pengantar dan contoh kata pengantar yang dapat Anda pelajari sebagai acuan saat menulis pembuka bagi karya tulis Anda ke depannya. Anda dapat menyesuaikan isi kata pengantar dengan topik dan jenis karya tulis yang Anda buat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi Anda yang sedang belajar membuat karya tulis, ya. 

 

Related Post :

popup image