Cara Membuat Kuesioner Online Dengan Google Forms

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Memutuskan untuk mensurvei orang itu mudah, tetapi membuat survei yang tepat mungkin terasa sulit. Langkah pertama dan terpenting ketika memikirkan tentang cara membuat survei, adalah mengidentifikasi mengapa, sebenarnya, Anda ingin membuat survei. Dengan kata lain, apa tujuan yang ingin dicapai dari membuat survey kuesioner tersebut?

Siapa lagi yang akan melihat dan menggunakan tanggapan kuesioner tadi? Wawasan atau data serta informasi apa yang ingin Anda peroleh dari penyebaran kuesioner yang Anda buat? Keputusan apa yang pada akhirnya ingin saya buat dari hasil rangkuman kuesioner itu?Tujuan yang ringkas dan terfokus dapat membantu Anda membuat survei yang menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang Anda butuhkan saja.

Setelah Anda memahami mengapa Anda ingin membuat survei kuesioner, Anda dapat bergerak maju dalam membangunnya. Sedangkan kuesioner sendiri mempunyai banyak jenis dan ragam tujuan pembuatannya, begitu pula formatnya. Anda juga dapat membuat kuesioner yang bisa di print dan dibagikan pada banyak target secara langsung atau membuatnya secara online. Salah satu tempat membuat kuesioner online adalah Google Forms yang mudah dan umum digunakan.

 

Tips Membuat  Kuesioner

Cara Membuat Kuesioner Online Dengan Google Forms
 

 

Ada banyak pilihan yang harus dibuat saat Anda menulis survei, tetapi mengikuti beberapa aturan dasar dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat setiap saat. Berikut adalah 10 tip bagus untuk membuat survei yang memberi Anda jawaban yang Anda butuhkan.

 

  • Gunakan pemformatan

    Kelompokkan pertanyaan serupa agar survei Anda tetap logis dan fokus. Hentian halaman, judul halaman, dan instruksi membantu orang-orang memahami apa yang Anda tanyakan dan mengapa, ini akan membuat mereka yang mengisi survey Anda akan menjadi jelas apa saja informasi yang harus mereka keluarkan nantinya.

  • Sering bertanya

    Menggunakan pertanyaan yang sama dalam serangkaian survei atau bahkan menggunakan survei yang sama dari waktu ke waktu adalah cara yang baik untuk membangun dasar dan mengukur perubahan sikap responden.

  • Buat kuesioner yang singkat

    Responden sangat tidak menyukai survei yang terlalu panjang. Jadi, saat Anda berpikir tentang cara membuat survei, ingatlah untuk meminimalkan jumlah pertanyaan yang Anda ajukan.

  • Pertanyaan mudah dipahami

    Pertanyaan pertama Anda sering kali merupakan pertanyaan terpenting Anda. Mengajukan pertanyaan pribadi atau sensitif di awal dapat membuat orang takut. Simpan pertanyaan itu jika benar-benar diperlukan pada bagian akhir kuesioner.

  • Tetaplah pada spesifik

    Buat pertanyaan survei yang mengeksplorasi ide satu per satu untuk memastikan responden Anda dapat memahami apa yang Anda tanyakan. Pertanyaan yang tidak jelas, umum, dan memiliki banyak bagian dapat membingungkan dan sulit untuk dijawab.

  • Klarifikasi

    Jelaskan segala sesuatu yang dapat ditafsirkan dengan lebih dari satu cara. Ingin tahu apakah seseorang konservatif dalam survei politik Anda? Pastikan Anda menentukan apakah Anda berbicara tentang cara mereka berpakaian, politik mereka, preferensi mereka pada musik atau masakan atau pendekatan mereka terhadap kehidupan (hanya sebagai beberapa contoh).

  • Jaga agar tetap relevan

    Buat survei yang membuat responden tetap fokus dengan hanya menampilkan pertanyaan yang langsung berlaku untuk mereka. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan logika lewati untuk menghilangkan pertanyaan yang tidak relevan.

  • Hindari pertanyaan ya / tidak

    Pertanyaan ya / tidak tidak menangkap orang yang ragu-ragu atau tidak mampu mendapatkan pendapat orang secara keseluruhan. Atau dengan kata lain, saat Anda merenungkan cara melakukan survei, ingatlah untuk menghindari kuesioner dengan pertanyaan ya / tidak.

  • Hindari matriks

    Jika disajikan dengan matriks, responden biasanya akan fokus pada pengisian kisi daripada memperhatikan setiap pertanyaan dengan cermat dan itu akan merusak kualitas data Anda.

  • Gunakan kata-kata, bukan angka

    Saat merancang pilihan jawaban, gunakan frasa seperti “sangat mungkin” atau “sangat mungkin”, bukan angka seperti “2” atau “4” untuk menunjukkan tingkat preferensi. Pilihan jawaban skala likert seperti ini lebih mudah dipahami orang.

 

Baca Juga :     Apa itu Email Marketing : Pengertian, Cara Kerja, Tips & Trick untuk Bisnis/Perusahaan

 

Cara Membuat Kuesioner Online Dengan Google Forms

Google Forms menyediakan cara cepat untuk membuat survey online dengan gratis, dengan tanggapan dikumpulkan dalam spreadsheet online. Buat survei Anda dan undang responden melalui email. Orang-orang menjawab pertanyaan Anda dari hampir semua browser web -termasuk browser ponsel cerdas dan tablet. Anda juga melihat setiap tanggapan dalam satu baris spreadsheet, dengan setiap pertanyaan ditampilkan dalam satu kolom. Berikut ini cara membuat kuesioner online dengan Google Forms dalam format survey kuesioner dan quiz.

 

Membuat Survey di Google Forms

Membuat survei baru itu sederhana dan Anda dapat mengikuti cara- cara cepat berikut ini :

 

  • Kunjungi www(dot)surveys(dot)google(dot)com/your-surveys.
  • Klik + SURVEI BARU.
  • Pada langkah 1 (Tulis pertanyaan), pilih jenis pertanyaan yang sesuai dan tulis pertanyaan Anda. Klik KONFIRMASI.
  • Pada langkah 2 (Pilih audiens), beri nama survei Anda dan pilih audiens target Anda. Klik LANJUTKAN.
  • Pada langkah 3 (Konfirmasi survei), tinjau pertanyaan survei Anda dan beli respons. Anda juga memiliki opsi di sini untuk menyesuaikan frekuensi survei. Klik BELI SEKARANG atau MULAI PENGUJIAN * jika survei Anda memiliki pertanyaan saringan.
  • Survei Anda dikirim ke tim kami untuk ditinjau dan Anda menerima email konfirmasi setelah survei dimulai.
  • Anda menerima email lain dengan link ke hasil Anda setelah survei Anda selesai.
  • Anda dapat mulai melihat hasil setelah survei Anda disetujui dan data diproses, yang biasanya terjadi dalam hitungan jam.

 

Baca Juga :      Customer Journey : Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya

 

Membuat Quiz di Google Forms

Anda dapat menggunakan Google Formulir untuk membuat survei dan kuis online dan mengirimkannya ke orang lain dengan cara :

 

  • Membuat formulir atau kuis baru :
    a) Buka forms(dot)google(dot)com.
    b) Klik Blank Plus.
    c) Formulir baru akan terbuka.
  • Anda dapat menambahkan, mengedit, atau memformat teks, gambar, atau video dalam format- format tertentu yang sesuai dengan yang diberlakukan Google Forms.
  • Saat Anda siap, Anda dapat mengirim formulir Anda ke orang lain dan mengumpulkan tanggapan mereka dalam format Google Sheet dengan tampilan yang detail.

 

Baca Juga :      Mengenal Kepuasan Pelanggan Dan Bagaimana Cara Meningkatkannya

 

Aplikasi Membuat Kuesioner Online

Cara Membuat Kuesioner Online Dengan Google Forms
 

Selain menggunakan Google Forms yang gratis dan lebih umum digunakan, Anda juga dapat mencoba beberapa aplikasi membuat kuesioner online, seperti :

 

  • SoGoSurvey

    SoGoSurvey adalah platform desain, distribusi, dan analisis survei end-to-end. Karena menyediakan rangkaian fungsionalitas lengkap, pengguna SoGoSurvey tidak perlu mencari alat tambahan untuk tugas terkait survei meskipun mereka tidak membayar sepeser pun.

  • ProProfs Survey Maker

    ProProfs Survey Maker adalah alat survey online dengan survei tingkat lanjut dan kemampuan analitis. Dengan UI minimalis namun klasik, ini bertujuan untuk menyenangkan pengguna dan responden survei.

  • Typeform

    Typeform memenangkan sabuk kejuaraan untuk pembuatan survei kreatif. Antarmuka Typeform elegan dan gayanya menarik, mencerminkan moto perusahaan, “Mengajukan pertanyaan harus mudah, manusiawi, dan indah”. Versi gratisnya, yang dijuluki paket INTI, memiliki banyak penawaran yang sayang untuk dilewatkan.

 

Baca Juga :      Tips dan Trick Mengelola Customer Service (CS) yang Baik dan Profesional

 

Kesimpulan dan Penutup

Membuat survei kuesioner atau jajak pendapat online itu mudah dan ada banyak aplikasi pembuat survei online hebat di luar sana yang membantu Anda menyusun survei super tersebut. Untuk alat survey online, Anda dapat memilih antara rute gratis atau berbayar. Jika Anda hanya ingin melakukan penelitian audiens ringan, Anda harus memahami pembuat survey gratis yang tersedia online.

Survey kuesioner online adalah cara yang bagus untuk melibatkan audiens Anda dan mendapatkan umpan balik dari mereka. Anda dapat menggunakan survei online dengan berbagai cara, termasuk untuk mengetahui topik apa yang ingin dipelajari lebih lanjut oleh pembaca Anda. dari sebuah kuesioner tadi Anda bisa mendapatkan umpan balik produk, melakukan riset pasar, mendapatkan umpan balik layanan pelanggan, mengukur kepuasan karyawan dan banyak kegunaan lainnya.

 

 

Related Post :

popup image