Cara Membuat Label Undangan Terisi Otomatis di Microsoft Word

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Menjelang akhir tahun pasti ada banyak pesta dengan berbagai macam ragam desain undangan. Mulai dari undangan yang dikirim hingga yang diedarkan secara online seperti melalui WhatsApp. Apapun cara Anda membuat jenis undangan, Anda pasti ingin undangan tersebut sampai kepada penerimanya dengan nama serta alamat penerima yang jelas dan tepat.

Sesungguhnya sangat mudah dalam membuat label alamat undangan dengan menggunakan Microsoft Word. Sedangkan ada dua jenis label yang dapat Anda cetak yakni halaman label berisi alamat yang sama, atau halaman label yang setiap label berisi alamat berbeda. Anda juga dapat mencetak halaman label yang berisi alamat berbeda pada setiap label. Cara ini berguna untuk surat bisnis atau pengiriman undangan pernikahan dalam jumlah atau skala besar.

Berikut ini adalah membuat label undangan yang diasumsikan dengan nama dan alamat akan diekspor dari folder Kontak Microsoft Outlook atau folder Business Contact Manager. Karena cara ini memang lebih cepat dan praktis. Paket label alamat kosong biasanya tidak memiliki apapun penjelasan diatasnya, maka mintalah nomor produk. Saat Word membuat dokumen yang berisi label Anda, itu sebenarnya membuat tabel dan menyisipkan alamat di dalam setiap sel tabel. Ukuran sel harus sesuai dengan ukuran label Anda.

 

Cara Membuat Label Undangan Terisi Otomatis di Microsoft Word

Cara Membuat Label Undangan Terisi Otomatis di Microsoft Word
 

Jika Anda ingin membuat label khusus, tidak perlu mencari lagi selain Microsoft Word. Baik untuk penggunaan pribadi atau profesional, Word menyediakan kumpulan fitur lengkap untuk membuat label surat yang dipersonalisasi. Berikut cara melakukannya.

 

Membuat halaman label dengan alamat sama

 

  • Buat dan Format Alamat
  • Buka Word dan klik Surat pada baris menu. Kemudian klik Label di pita.
  • Di bagian “Cetak” dari jendela Label (bukan tombol Cetak di bagian bawah), pilih “halaman penuh dari label yang sama”.
  • Klik tombol Opsi di bagian bawah jendela. Pilih nomor produk dari daftar, dan klik OK.
  • Masih di jendela Label, ketikkan alamat di kotak alamat. Untuk mengubah properti font, sorot alamat, klik kanan, dan klik Font. Lakukan perubahan Anda, dan klik OK.
  • Masih di jendela Labels, klik tombol New Document di bagian bawah. Sebuah dokumen Word akan muncul berisi label.
  • Jika Anda ingin mengubah posisi alamat atau menyisipkan gambar, lanjutkan di bawah. Jika tidak, cetak * label Anda pada kertas biasa untuk memastikannya pas pada label Anda. Cetak * label Anda, dan simpan dokumen Anda jika diinginkan.

 

Baca Juga :     Cara Membuat Footnote di Microsoft Word 2016, 2019, dan 2020

 

Membuat alamat pada label

 

  • Untuk memusatkan alamat secara vertikal pada label, arahkan kursor ke atas tabel sampai Anda melihat simbol silang di sudut kiri atas. Klik kanan pada simbol ini dan klik Properti Tabel.
  • Klik tab Cell dan klik Center. Lalu klik OK. Alamatnya sekarang secara vertikal di tengah label.
  • Untuk memindahkan alamat agar tidak terlalu dekat dengan tepi kiri label, pertama-tama klik di ruang putih dokumen sehingga tidak ada yang disorot. Lalu, arahkan kursor ke tepi kiri tabel hingga kursor berubah menjadi garis paralel vertikal.
  • Dengan garis sejajar terlihat, tekan tombol mouse dan seret tepi kiri sekitar ½ inci atau lebih, tergantung pada lebar label Anda. Gunakan penggaris di bagian atas halaman untuk memandu Anda.
  • Ulangi langkah ini untuk setiap kolom – menyeret garis vertikal yang paling dekat dengan tepi kiri teks alamat.
  • Cetak label Anda pada kertas biasa sebagai ujian. Kemudian cetak label Anda dan simpan dokumen Anda jika diinginkan.

 

Baca Juga  :     Cara Install dan Aktivasi Microsoft Office di Laptop Windows dan Mac OS

 

Menyisipkan gambar pada label

 

  • Untuk menambahkan gambar ke label, klik di sel tabel kiri atas (label). Kemudian klik tab Sisipkan pada baris menu dan klik Gambar. Temukan gambar Anda dan klik dua kali. (Atau klik sekali dan klik Sisipkan.)
  • Untuk mengubah ukuran gambar, arahkan kursor ke salah satu sudut hingga panah dua sisi muncul. Tekan tombol mouse dan seret untuk mengubah ukuran.
  • Agar baris alamat tetap sejajar, klik kanan pada gambar, arahkan kursor ke Text Wrapping, dan klik Ketat. Kemudian klik dan seret gambar ke lokasi yang diinginkan pada label.
  • Hanya saja Anda harus menyisipkan gambar secara manual di sel yang tersisa (label) di halaman. Untuk melakukannya, klik kanan pada gambar dan klik Salin. Kemudian letakkan kursor di sel tabel berikutnya tempat Anda ingin gambar berada, dan klik kanan Tempel. Pembungkusan teks seharusnya sudah disetel, tetapi jika teks tidak membungkus gambar dengan benar, klik dan seret gambar ke tempat lain dalam sel, lalu pindahkan kembali ke lokasi yang diinginkan. (Atau ulangi langkah 3 di atas.)
  • Cetak label Anda pada kertas biasa sebagai percobaan. Kemudian cetak label Anda dan simpan dokumen Anda jika diinginkan.

 

Baca Juga  :     Cara Mengubah Dokumen Excel ke PDF Secara Online, dengan PC dan Smartphone

 

Buat Label dengan Alamat Berbeda (Mail Merge)

Selain cara diatas, jika Anda mengatur dan menyimpan alamat- alamat keluarga, teman dan rekan Anda di dalam daftar email Anda, maka berikut cara mengatur dan import alamat tersebut dari Microsoft Outlook :

 

  • Buka Microsoft Word dan klik Surat pada baris menu.
  • Klik Mulai Gabungan Surat dari pita, dan klik Label. Klik panah kotak drop-down di samping Label vendor, dan klik nama vendor label Anda. Kemudian klik pada nomor produk, dan klik OK.
  • Klik Pilih Penerima dari pita. Kemudian pilih “Pilih dari Kontak Outlook.” Jika sebuah jendela muncul meminta Anda untuk memilih profil, klik OK. Kemudian klik dua kali folder kontak yang ingin Anda gunakan. (Atau klik folder dan klik OK.)
  • Di jendela Penerima Gabungan Surat, hapus tanda centang menurut alamat yang tidak ingin Anda sertakan. Urutkan kontak jika diinginkan. Setelah selesai, klik OK. Sel pertama dokumen Anda akan kosong. Sel lain akan mengatakan atau .
  • Jika Anda tidak ingin menyisipkan gambar, lompat ke langkah berikutnya. Jika tidak, untuk memasukkan gambar ke labe l:
    a) Dengan kursor di kiri atas sel tabel atau label, klik tab Sisipkan pada baris menu dan klik Gambar. Jelajahi untuk menemukan gambar dan klik dua kali pada gambar. (Atau klik pada gambar dan klik Sisipkan.)
    b) Untuk mengubah ukuran gambar, arahkan kursor ke salah satu sudut sampai Anda melihat panah dua sisi. Tekan tombol mouse dan seret untuk mengubah ukuran.
    c) Untuk menjaga agar baris alamat sejajar secara vertikal dan gambar diposisikan di kiri atau kanan blok alamat, klik kanan pada gambar, arahkan kursor ke Text Wrapping, dan klik Ketat.
  • Selanjutnya, klik tab Surat pada baris menu dan klik Blok Alamat pada pita. Di jendela yang muncul ini, pilih informasi apa yang akan dimasukkan ke dalam alamat. Lihat alamat di jendela Pratinjau. Lakukan perubahan jika perlu, dan klik OK.
  • Masih di pita Mailings, klik Hasil Pratinjau. Anda hanya akan melihat alamat di sel pertama. Ubah posisi gambar jika perlu. Jika Anda ingin mengubah font atau mengubah posisi alamat pada label, lanjutkan ke bagian berikutnya. Jika Anda siap untuk mencetak label Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis pada Microsoft Word [LENGKAP]

 

Mencetak Label Microsoft Word

Cara Membuat Label Undangan Terisi Otomatis di Microsoft Word
 

Jika Anda sudah berhasil menerapkan cara diatas untuk membuat label undangan di Word, Anda mungkin ingin mencetaknya, berikut ini cara mencetak label undangan tersebut :

 

  • Klik Perbarui Label (atau Perbarui Bidang) di sudut kanan bawah bagian “Tulis & Sisipkan Bidang” pada pita Surat. (Anda dapat mengarahkan kursor ke ikon untuk melihat deskripsinya). Ini akan menyebarkan blok alamat ke sel tabel lainnya.
  • Kemudian, klik Selesai dan Gabungkan, klik Edit Dokumen Individual, dan di jendela “Gabung ke Dokumen Baru”, klik Semua dan klik OK.
  • Halaman label alamat Anda akan muncul di dokumen Word baru. Lihat setiap label dan sesuaikan jika perlu. Cetak halaman pertama pada kertas biasa untuk memastikan alamat sejajar dengan benar pada label hardcopy Anda. Kemudian cetak label Anda dan simpan dokumen jika diinginkan.

 

Kesimpulan dan Penutup

Anda juga bisa memilih opsi untuk mencetak label undangan Anda tersebut. Hanya saja kika printer tidak mau mencetak, klik Surat (Mailings) dan klik Label. Klik tombol Opsi di bagian bawah jendela Label. Di bagian atas jendela berikutnya, pastikan “Printer halaman” dipilih, dan setelah “Tray”, klik panah tarik-turun dan pilih “Default Tray (Pilih Otomatis)” atau “Pilih Otomatis”.

Dengan begini maka Anda telah menjalankan beberapa printer yang tidak akan mencetak label Word apa pun pengaturan yang dipilih, namun dokumen yang sama dicetak tanpa masalah pada printer yang berbeda. Tampaknya jika ada ketidakcocokan antara Word dan opsi printer dari beberapa printer. Semoga tutorial membuat label di Microsoft Word ini bermanfaat.

 

 

Related Post :