Cara Membuat Sitemap di Blogger dan WordPress Dengan Mudah dan Cepat

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Sitemap atau yang biasa dikenal dengan peta situs adalah file dengan format XML yang berisi daftar halaman penting bagi suatu situs web. Peran sitemap sangat penting untuk membantu mesin pencari dalam menavigasi situs web serta mengindeks konten dalam ranking. Kegunaan umum sitemap adalah dalam membantu mesin telusur atau search engine dalam merayapi dan juga dalam mengindeks situs web dengan lebih mudah serta cepat.

Bisa dikatakan bahwa sebuah sitemap itu adalah peta jalan layaknya peta konvensional yang diketahui umum, tetapi untuk bot mesin pencari, dalam kasus ini yang penting dalam search engine optimization (SEO) bagi tiap situs. Adapun file- file sitemap ditulis dalam format XML karena format ini dapat dibaca oleh mesin dan mempermudah perayapan mesin pencari untuk membacanya. Oleh karenanya sitemap bukanlah peta biasa yang biasa Anda lihat.

Dari sini kemudian sitemap akan memberitahu mesin pencari Google, Mozilla, Yahoo atau mesin pencari lainnya dimana konten Anda berada, kapan halaman terakhir diperbarui, seberapa penting halaman untuk situs web Anda, dan informasi lebih lanjut yang mendukung. Namun ada 2 jenis sitemap yakni XML dan HTML yang perbedaan sederhana antara keduanya adalah HTML ditujukan kepada pengguna dalam membantu mereka menavigasi situs web sedangkan XML adalah untuk mesin pencari berisi metadata bersamaan dengan URL situs Anda yang tidak terlihat oleh pengguna.

 

Manfaat Penggunaan Sitemap

Cara Membuat Sitemap di Blogger dan WordPress Dengan Mudah dan Cepat
 

Mengingat ada dua jenis sitemap yang umum digunakan, tentunya setiap jenis sitemap tersebut mempunyai kegunaan dan manfaatnya tertentu pula. Setiap sitemap ini juga digunakan dengan format- format yang berbeda pula yang mempengaruhi cara kerja dan fungsinya masing- masing. Simak manfaat dari setiap sitemap bagi penggunanya dan juga mesin pencari.

  • Manfaat sitemap bagi mesin pencari

    Mesin pencari dapat menelusuri dan merayapi sitemap Anda dan menemukan semua halaman berbeda di situs Anda. Jadi, ini akan membantu situs Anda diindeks dan juga untuk tujuan SEO untuk membantu peringkat atau ranking halaman tertentu.

  • Manfaat sitemap bagi pengguna

    Selanjutnya adalah manfaat bagi pengguna adalah jika pengguna tidak dapat menemukan halaman situs Anda melalui navigasi utama, maka mereka bisa menggunakan bantuan sitemap. Sitemap akan sangat bagus bagi pemilik situs web yang besar karena dapat memecah situs tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil berdasarkan kategori atau abjad, label, penulis, kategori, dll. Ini membuat sitemap sangat bermanfaat bagi pengguna karena dapat membantu mereka menemukan informasi di situs Anda.

 

Secara sederhana biasanya sitemap akan diatur secara atau berdasarkan hierarkis yang akan memecah informasi situs web menjadi area subjek yang spesifik yang akan mempermudah pencarian tertentu. Ini biasa Anda temukan pada situs dengan sitemap yang menyajikan tampilan sistematis dan hierarki yang membuatnya tersusun rapi dan mempermudah pencarian. Metode ini dimaksudkan untuk membantu pengunjung dalam menemukan halaman tertentu dan juga crawler. Adapun sitemap biasanya juga disusun berdasarkan abjad yang juga disebut dengan indeks situs.

 

Baca Juga  :    Mengenal Sitemap : Cara Membuat dan Pengaruhnya pada SEO

 

Cara Membuat Sitemap di Blogger dengan Mudah dan Cepat

Secara pengaturan default Blogger memiliki sitemap tetapi masalah dengan peta situs dari platform blogging ini, contohnya hanya menampilkan posting blog terbaru Anda yang membuat postingan yang lama biasanya tenggelam. Sedangkan peta situs yang baik adalah peta situs harus berisi daftar semua halaman Anda sehingga mesin pencari mengetahui struktur lengkap situs Anda. Untuk dapat membuat sitemap di Blogger, Anda harus memiliki alamat blogspot(dot)com atau juga blog Blogger yang dihosting sendiri yang menggunakan domain khusus. Berikut cara yang bisa Anda ikuti untuk mengekspos struktur situs lengkap blog Anda ke mesin pencari dengan bantuan peta situs XML.

  • Buka Sitemap Generator dan ketik alamat lengkap blog Blogger Anda.
  • Klik tombol Generate Sitemap dan alat ini akan langsung membuat file XML dengan sitemap Anda. Kemudian salin seluruh teks ke clipboard Anda.
  • Selanjutnya, masuk ke dashboard Blogger(dot)com Anda, arahkan ke Settings lalu ke Search Preferences, aktifkan opsi Custom robots.txt yang tersedia di bagian Crawling dan Indexing. Tempel peta situs XML di sini dan simpan perubahan Anda.

 

Baca Juga  :      Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Membuat Sitemap di WordPress Dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Sitemap di Blogger dan WordPress Dengan Mudah dan Cepat
 

Sama dengan Blogger, WordPress juga menghasilkan peta situs dasar sendiri, tetapi itu mencakup apa pun yang mungkin tidak Anda indeks yang dapat menyebabkan kesalahan pada situs Anda. Sayangnya juga tidak ada cara untuk menyesuaikan peta situs WordPress default kecuali Anda mengetahui dan memahami penggunaan kode PHP. Itulah sebabnya ketika membuat peta situs di WordPress, pengguna disarankan untuk menggunakan bantuan plugin. Salah satu cara termudah untuk menyiapkan peta situs XML adalah dengan bantuan plugin All in One SEO dengan mengikuti langkah- langkah cepat dan mudah di bawah ini.

  • Instal dan aktifkan plugin All in One SEO

    Langkah pertama adalah menambahkan plugin All in One SEO ke situs WordPress Anda. Buka Plugin dari dasbor Anda dan klik Add New. Sekarang cari All in One SEO di bilah pencarian dan tekan Install Now. Setelah plugin terpasang, klik Aktifkan dan Anda akan melihat opsi SEO di panel dashbor situs Anda.

  • Aktifkan sitemap di All in One SEO

    Dukungan fitur terbaik dari plugin ini adalah peta situs akan diaktifkan secara default dan pengguna hanya harus menginstal plugin ini saja. Tetapi untuk memeriksa ulang apakah peta situs diaktifkan, buka All in One SEO klik pada Sitemap dari dasbor WordPress Anda. Kemudian, buka opsi Enabled Sitemap dan pastikan tombolnya diaktifkan.

  • Verifikasi sitemap

    Setelah memastikan peta situs diaktifkan, Anda dapat memverifikasi peta situs situs web Anda. Untuk melakukannya, Anda cukup mengklik tombol Open Sitemap untuk melakukan verifikasi cepat.

 

Baca Juga  :    Tips SEO Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Google dan Mesin Pencarian

 

Kesimpulan dan Penutup

Peta situs atau sitemap adalah daftar halaman situs web yang merupakan model konten situs web yang dirancang untuk membantu pengguna dan mesin pencari menavigasi situs web. Sitemap juga merupakan model visual atau tekstual dari konten situs web yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi situs untuk menemukan informasi yang mereka cari, seperti halnya peta geografis tradisional membantu orang menemukan tempat yang mereka cari secara nyata.

Sebuah sitemap juga adalah sejenis daftar isi interaktif, di mana setiap item, menu, kategori yang terdaftar terhubung langsung ke bagian- bagianya dari situs web. Peta situs melakukan layanan yang sama dengan yang dilakukan peta konvensional yang biasa hanya saja ini adalah bentuk online dalam membantu pengunjung untuk melihat apa saja yang ada disajikan di sebuah situs web. Berdasarkan tipe atau jenisnya juga, sitemap diperuntukan untuk mesin pencari dan pengguna dengan cara kerja serta manfaat- manfaat yang berbeda pula.

Related Post :