Cara Membuat Surat Penawaran Barang / Jasa Yang Baik & Benar dan Contohnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Surat Penawaran Barang/Jasa merupakan surat yang dibutuhkan dalam kegiatan bisnis ketika melakukan proses penawaran barang atau jasa. Kesuksesan pada penawaran sendiri tergantung dari surat penawaran yang dibuat tersebut. Maka dalam pembuatan surat penawaran barang/jasa harus memakai bahasa Indonesia dengan baik dan benar supaya bisa mudah dipahami pembaca.

Surat penawaran sendiri adalah sebuah media dengan bentuknya surat resmi dalam melaksanakan penawaran barang/jasa dalam segala aktivitas bidang ekonomi. Surat ini begitu dibutuhkan dalam hal penawaran jasa, namun perlu di ingat pembuatan surat ini tidak bisa sembarangan ada ketentuan khusus dan pakem dari masing-masing perusahaan. dalam pembahasan ini, lebih terhadap format umum dan bisa di kreasikan sendiri oleh perusahaan terkait.

Baca Juga : Cara Membuat Surat Pernyataan yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

 

Cara Pembuatan Surat Penawaran Barang / Jasa

 

Membuat surat penawaran barang/jasa harus menggunakan format yang hampir sama dengan surat resmi yang lainnya. Surat ini bukan hanya berguna dalam perdagangan saja namun dalam segi bisnis juga. Surat ini juga disebut sebagai surat dinas, surat ini umumnya digunakan perusahaan dalam menciptakan ikatan untuk kerjasama antar satu perusahan dengan perusahaan di bidang sama.

Kesimpulan pengertian dari surat penawaran barang/jasa adalah surat usaha dikeluarkan berhubungan dengan barang atau jasa tertentu yang digunakan untuk konsumen. Bertujuan dalam mewujudkan semua kelancaran di dalam melaksanakan transaksi bersama buyer.

Sebenarnya penawaran barang sendiri bisa dilakukan melalui reklame, iklan, poster, namun surat penawaran barang/jasa bisa dibuat sebab telah ada sebelumnya permintaan baik lisan atau tertulis atau bahkan tanpa adanya permintaan. Menyusun surat penawaran barang/jasa mengandung inti utama, yaitu:

  1. Surat penawaran barang/jasa adalah surat dikeluarkan penjual terhadap calon buyer, dengan isinya informasi berhubungan atas perusahaan penjual juga barang produksi supaya bisa diketahui calon konsumen,
  2. Surat penawaran dimaksudkan sebagai bentuk menyakinkan calon pembeli, dengan demikian akan menyebabkan terjadinya transaksi dalam pembelian produk.
  3. Surat penawaran terdapat 3 bagian yang utama, yaitu alinea pembukaan, isi surat penawaran, serta penutup surat. Sebab dalam surat penawaran sendiri bagian dalam komunikasi tertulis penggunaan dalam pemilihan berserta dengan penggunaan dalam bahasa wajib diperhatikan.

Baca Juga : Kumpulan Daftar Kode Telepon Negara di Seluruh Dunia

 

Hal-Hal Yang Harus Ada Dalam Surat Penawaran Barang/Jasa

Penyusunan surat penawaran barang/jasa tidak bisa hanya menyusun saja, sebab ada beberapa hal harus mengandung beberapa hal, yaitu:

  1. Nama perusahaan pembuat surat penawaran dalam bidang bisnis yang dijalankan.
  2. Gambaran berupa kemampuan yang dimiliki sebuah perusahaan, baik tenaga ahli juga perakatan yang dipakai.
  3. Proyek, rekam jejak, bahkan proyek maupun pekerjaan yang ditangani juga prospek yang diinginkan penjual.
  4. ketika melakukan sebuah penawaran kepada instant secara resmi, maka diwajibkan melampirakan daftar rekam jejak atau TDR, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), serta Surat Izin Perdagangan (SIUP).

 

Cara dalam Penyusunan Surat Penawaran Barang/Jasa

Penulisan surat penawaran barang/jasa yang baik dan benar, sehingga bisa dipahami pembaca adalah:

  1. Penulisan menggunakan bahasa resmi, jelas, singkat bahkan jangan bertele-tele.
  2. Surat penawaran wajib disertai dengan identitas pemberi surat penawaran.
  3. Memperkenalkan berbagai jenis barang atau jasa yang ditawarkan.
  4. Cantumkan dengan jelas daftar produk beserta harganya. Harganya bisa berupa daftar bahkan keterangan harga yang berlaku selama satau masa penawaran. Harga yang tercantum harus harga satuan, misalkan per buah, per kilogram, per botol, per lusin, per kodi, dan lain sebagainya.
  5. Andaikan bergerak di bidang jasa, harus menyatakan jasa yang ditawarkan.
  6. Alamat tujuan dalam surat penawaran tersebut.
  7. Nama lengkap juga yang memberi surat penawaran supaya ditanda tangani juga distampel.

Baca Juga : Cara Daftar Online Antrian BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Cepat Tanpa Antri

 

Format Dalam Penulisan Surat Penawaran Barang/Jasa

Surat penawaran barang/jasa harus menggunakan format yang sesuai dengan surat-surat resmi lainnya, yaitu:

  1. Kop surat
  2. Kepala surat yang isinya berupa tujuan serta alamat surat dan nomor surat juga perihal dalam surat.
  3. Pembukaan maupun salam hormat.
  4. Isi surat penawaran
  5. Penutup surat.

 

Dari berbagai aturan di atas, lebih jelasnya bisa dilihat dari contoh di bawah ini. Mungkin ini bisa membantu memberi gambaran bagaimana membuat surat penawaran yang baik, baik dari segi format sampai dengan kalimat yang digunakan. Contoh di bawah ini hanya sebagai garis besar yang tidak harus dipatenkan, sebab semuanya bisa diperjelas dan diperbaiki kembali dengan kalimat yang lebih lagi.

 

Contoh Surat Penawaran Barang/Jasa

 

Penyajian contoh surat penawaran barang/jasa mempunyai format isi juga penulisan yang beda-beda dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya, namun secara garis besar hampir sama, yaitu:

1. Surat Penawaran Barang

PT. JAYA ABADI (nama perusahaan)
alamat dan nomor telp yang bisa dihubungi
_______________________________________________

Surabaya, 17 Agustus 2018
No. 591/Pnwrn / VIII/2018
Hal : Penawaran Barang
Lamp : –

Kepada Yth.
Unit Dagang. Sukma
Di –Surabaya

Dengan Hormat

Bersama surat ini kami PT. Jaya Abadi yang beralamat ( isi sesuai dengan alamat lengkap sama seperti di kop surat perusahaan yang membuatnya). Kami sebuah perusahaan yang bergerak di bidang (jelaskan apa bidang yang digeluti perusahaan anda, misalkan disini bergerak dalam bidang distributor Smartphone dan teknologi). Kami sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan kecil, menengah, hingga besar di seluruh Indonesia, dengan pertimbangan tersebut kami juga berkeinginan mengajak kerja sama dengan perusahaan Bapak dalam mendistribusikan berbagai produk perusahaan kami terhadap konsumen, harga bersaing. Adapun berkaitan dengan produk juga daftar harga telah terlampir.

Demikianlah surat penawaran ini disampaikan, semoga Bapak mempertimbangkan penawaran kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami
PT.JAYA ABADI

RERTNO WIDAYATI

 

2. Contoh surat Penawaran Barang / Jasa

Jakarta, 09 Januari 2018
No : 124/ Pnwrn/ I /2018
Hal : Penawaran
Lamp : –

Kepada
Yth. Bapak Dirut PT. (sebutkan perusahaan dengan jelas)
Di
Tempat

Dengan Hormat

Bersama surat ini kami dari (sebutkan perusahaan anda yang menawarkan surat penawaran jasa) yang bergelud dalam bidang teknologi informasi yang lebih mendalam pada pengembangan digital Marketing, Kami bermaksud menyampaikan penawaran jasa untuk berbagai layanan dari kami dalam membantu perkembangan perusahaan Bapak lewat iklan serta promosi memanfaatkan multimedia.

Demikianlah surat penawaran ini disampaikan, semoga Bapak mempertimbangkan penawaran dari. Selengkapnya Bapak bisa menghubungi kami ( anda bisa menjelaskan berkaitan dengan nomor kontak. Email dan lain sebagainuya).
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
.
Hormat Kami
PT. (Perusahaan anda dengan jelas)

 

HARMAN SANTOSO, S

 

Contoh surat penawaran barang/jasa di atas hampir sama dengan format dari surat resmi yang lainnya. Pembedanya mungkin lebih ke bidang yang digeluti masing-masing perusahaan. Jadi, siapa saja / perusahaan mana saja bisa membuat surat penawaran dengan mudah, mereka bahkan bisa menjadikan surat penawaran dengan lebih menarik lagi dengan tetap berpegang teguh kepada aturan pembuatan surat resmi. Semoga membantu.

 

Penutup & Kesimpulan

Surat Penawaran Barang / Jasa ini merupakan Surat yang penting untuk menawarkan barang atau jasa dengan pelanggan kita, Terutama untuk kegiatan sales. Dengan format yang diberikan diatas, semoga Surat Penawaran Barang / Jasa bisa lebih maksimal dan baik agar bisa mendapatkan tender bagi bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Related Post :

popup image