Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan Rekomendasi Plugins Penjualan Terbaiknya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Untuk Anda yang ingin membangun sebuah bisnis online yang menguntungkan, salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara membangun sebuah toko online atau online shop. Toko online ini bisa Anda gunakan untuk menjual produk Anda sendiri atau bisa juga untuk menjual produk orang lain dengan sistem reseller atau dropship. Meski Anda bisa saja langsung memasarkan produk di media sosial, misalnya Facebook dan Instagram serta tidak harus membangun toko online sendiri, namun cara seperti ini tidak efektif untuk rencana bisnis jangka panjang yang akan terus berkembang.

Akan lebih baik jika Anda membangun sebuah toko online sendiri, dan mempromosikan toko online Anda tersebut di media sosial. Selain untuk mempermudah aktivitas jual-beli, toko online memiliki banyak fungsi juga. Apalagi dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini banyak orang yang lebih memilih belanja secara online karena membatasi interaksi secara langsung, selain aman juga sangat praktis karena hanya menggunakan gadget sebagai sarana transaksi, siapa saja bisa menjual dan membeli barang dengan mudah.

Dengan membuat online shop Anda juga bisa menggunakan media sosial lainnya untuk mempromosikan barang jualan Anda, seperti zaman sekarang ini banyak orang yang memanfaatkan Instagram dan TikTok sebagai media untuk menyalurkan bisnisnya agar dikenal banyak orang selain juga membantu Anda menyebarkan brand awarenes dan promosi. Toko online yang dikelola dengan baik bisa dijadikan sebagai ujung tombak promosi menggantikan sistem tatap muka yang biasa dilakukan untuk tetap dapat menarik calon pembeli.

 

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan Rekomendasi Plugins Penjualan Terbaiknya
 

WordPress adalah salah satu platform pembuatan website dan blog instant yang sangat populer dengan pengguna yang datang berbagai latar belakang. Tidak mengherankan jika banyak perusahaan, bisnis, organisasi maupun individual telah beralih menggunakan platform ini. Langkah-langkah pembuatannya juga tidak sulit, namun memerlukan sedikit ketelitian agar toko online yang dibangun dapat dioperasikan secara maksimal. Berikut cara membuat toko online dengan WordPress yang bisa Anda ikuti.

 

Mempersiapkan Nama Domain dan Hosting

Untuk membangun sebuah website toko online tentunya Anda harus memiliki sebuah nama domain unik yang akan menjadi brand bisnis untuk mengikat para konsumen. Nama domain ini sangat penting karena akan menjadi identitas bisnis Anda di internet oleh karenanya jangan sembarangan memilih nama domain untuk toko online Anda. Disini Anda juga perlu mempersiapkan hosting untuk menyimpan data base di toko online yang akan Anda bangun. Sebaiknya gunakan jasa penyedia hosting yang punya nama baik dan terpercaya seperti IDCloudHost agar toko online Anda dapat beroperasi dengan maksimal.

 

Menginstal WordPress dan Menyiapkan Template Untuk Toko Online

Salah satu keuntungan menggunakan platform WordPress, ada banyak sekali themes atau template yang bisa Anda gunakan untuk membangun toko online. Selain harga theme yang jual cenderung murah, tampilannya juga terlihat menarik dan profesional. Anda juga bisa menggunakan theme gratis bawaan yang disediakan dari WordPress, tapi akan sangat direkomendasikan untuk menginvestasikan sedikit uang untuk membeli theme premium, dan ini juga untuk bisnis Anda. Setelah Anda menginstall WordPress di hosting Anda, langkah selanjutnya adalah menginstal theme untuk toko online Anda.

 

Baca Juga  :    Keunggulan Shopify untuk Kebutuhan Website Toko Online / Bisnis Online

 

Menginstal Plugins Pendukung Untuk Toko Online

Kemudian untuk mendukung performa toko online yang akan Anda bangun, tentunya Anda perlu menginstal beberapa plugins. Plugins ini dapat membantu performa toko online Anda, tapi pastikan Anda menginstal plugins yang dibutuhkan, karena terlalu banyak plugins yang bisa memperlambat loading sebuah website. Beberapa plugins yang direkomendasikan untuk sebuah toko online adalah :

  • Akismet yang dapat membantu mencegah SPAM
  • BulletProof Security untuk membantu keamanan website
  • Contact Form 7 yang bisa Anda gunakan sebagai form kontak untuk website
  • Google XML Sitemaps yang adalah rekomendasi bagus untuk sitemap sebuah situs web
  • SEO Friendly Images untuk membantu meningkatkan SEO images website
  • WordPress SEO yang dapat mengoptimalkan SEO setiap postingan sebuah website
  • WP Smush.it agar membantu mempercepat load gambar

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Toko Online dengan Cepat Bagi Pemula

 

Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik untuk Toko Online

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan Rekomendasi Plugins Penjualan Terbaiknya
 

Setelah Anda membuat situs toko online Anda, langkah yang tidak kalah penting selajutnya adalah menyematkan dan menggunakan plugin. Adapun plugin disini berguna untuk menopang dan mendukung pekerjaan situs web toko online Anda agar lebih mudah untuk dinagvigasi. Sedangkan untuk memilih plugin, pastikan Anda menggunakan plugin yang memang dikhususkan untuk membantu keperluan dan kebutuhan toko online dan bukan menggunakan plugin yang tidak relevan untuk keperluan toko online Anda. Dibawah ini adalah beberapa plugin yang umum digunakan untuk toko online saat ini :

 

  • BigCommerce

    BigCommerce memiliki sistem manajemen serta hosting sendiri yang sekarang layanannya tersedia bagi pengguna WordPress dengan versi beta developer awal yang mana Anda harus mendaftar untuk menggunakan BigCommerce. Plugin ini merupakan produk software as a service (SaaS), yang berarti Anda tidak memilikinya, dan harus membayar biaya bulanan untuk menggunakannya.
    Di pasaran, BigCommerce merupakan salah satu plugin WordPress untuk toko online terbaik bagi bisnis skala besar. Software ini memiliki fitur untuk mengelola penjualan multi-channel dari satu control panel, mendukung katalog yang lengkap, serta trafik dan volume pesanan tinggi.

  • Easy Digital Downloads

    Easy Digital downloads merupakan plugin toko online WordPress yang simpel dan intuitif untuk mengelola dan menjual produk digital di WordPress. Sebenarnya, plugin WordPress untuk toko online lainnya juga mendukung penjualan item digital, tapi Easy Digital Downloads menawarkan fitur-fitur yang memang dikhususkan untuk produk ini. Fitur ini mencakup akses kontrol file, manajemen pelanggan, dan pelaporan data.
    Jika hanya menjual produk digital seperti eBook, audio, dan file PDF, Anda bisa membuat toko online di WordPress dengan plugin eCommerce WordPress ini. Plugin ini sendiri sebenarnya gratis, tapi untuk menikmati layanan tingkat lanjut, ada paket langganan tahunan yang perlu Anda beli. Dengan langganan ini, Anda mendapatkan bantuan pelanggan, lisensi situs, dan integrasi tingkat lanjut seperti email marketing dan opsi metode pembayaran.

  • MemberPress

    MemberPress merupakan plugin membership WordPress dimana Anda bisa menjual produk berbasis member, seperti konten khusus member, langganan, dan kursus online. Anda bisa membuat, mengelola, dan melacak langganan membership. Kelola member dengan memberikan dan menarik akses ke produk Anda, seperti video, forum, dan file digital, berdasarkan jenis membership mereka.

  • WooCommerce

    WooCommerce merupakan platform eCommerce open-source yang paling populer. Meskipun tersedia gratis, plugin ini menyediakan sejumlah fitur berguna untuk membangun situs eCommerce yang lengkap. Plugin populer ini menawarkan berbagai add-ons premium, seperti tema, ekstensi, plugin, dan tool keamanan yang bisa Anda integrasikan ke toko WooCommerce untuk meningkatkan fungsionalitas toko. Salah satu fitur WooCommerce yang menguntungkan yaitu WooCommerce kompatibel dengan Yoast SEO untuk menaikkan peringkat toko Anda di halaman hasil pencarian.

  • Shopify

    Shopify awalnya merupakan solusi Software as a Service (SaaS) mandiri, tetapi kini menawarkan layanannya sebagai plugin WordPress untuk toko online. Anda bisa mengunduhnya gratis, tetapi ada biaya tahunan untuk menggunakan layanannya. Ada juga biaya tambahan jika Anda menggunakan sistem pembayaran eksternal, karena Shopify ingin penggunanya memanfaatkan Shopify Payments, yaitu platform pembayaran mudah milik mereka sendiri.

 

Baca Juga  :   Tips dan Cara Menulis Deskripsi Produk Toko Online Yang SEO Friendly & Benar

 

Kesimpulan dan penutup

Secara keseluruhan, cara membuat toko online dengan menggunakan platform WordPress adalah cara yang cukup mudah serta instant. Siapa saja bahkan bisa membuka toko online pertama mereka meski pemula sekalipun atau tidak memahami bahasa pemrograman. Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk mengetahui semua pengaturan platform ini karena WordPress telah membuatnya ramah guna.

Selain memudahkan pembuatan dan integrasi plugin, Anda juga bisa mengembangkan ide- ide kreatif bagi toko online Anda. Ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan gambaran kreatif yang ingin Anda capai dari toko online Anda. Tetap pastikan Anda menggunakan plugin pendukung e-commerce yang sesuai dan luncurkan toko online Anda dengan bangga.

Related Post :