Bagaimana Membuat Toko Online dengan WordPress secara Gratis Untuk Pemula

Development & Security, Web & Development / 4 | | 0

Pada postingan kali ini IDCloudHost mencoba membantu teman-teman pelaku UKM dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) 2015 dengan membangun Toko Online menggunakan WordPress secara Gratis.

Baca juga: Pertimbangan UKM di Indonesia sebelum Go Online (Website)

Nah, buat teman-teman UKM jangan khawatir sekarang ini membuat Toko Online bukan lagi perkara yang sulit. Karena banyak tersedia platform website yang bisa kita manfaatkan secara gratis dan mudah. Untuk teman-teman UKM di ajang Masyarakat Ekonomi Asia ini (MEA) memiliki website lama-lama akan menjadi kebutuhan sebagai sarana promosi online.

Sebelumnya kita harus tau terlebih dahulu apa itu werdpress?
Wordpress adalah salah satu platform blog yang tetapi sekarang ini sudah mengalami banyak perkembangan seperti membuat website untuk banyak hal, seperti website statis, website toko online, website profil bisnis, website properti, dan lainnya. Mengenai wordpress temen-temen dapat mempelajari pada WordPress.com atau WordPress.org.

Apa saja yang harus disiapkan sebelum membuat Toko Online?
Sebelumnya ada 3 hal penting yang harus kita siapkan dalam membuat toko online, yaitu:

Ketiga hal penting tersebut bisa teman-teman dapatkan langsung di website www.idloudhost.com dengan membeli paket Hosting dan Domain dan CMS yang dapat langsung di setting di halaman administrator hosting (WP-Admin) sehingga memudahkan teman-teman dalam membuat website atau toko online.

Di Idcloudhost teman-teman akan lebih mudah dalam instalasi WordPress dengan satu kali klik. Caranya :

  1. ketik di Address bar alamat : namadomain.com/cpanel
  2. Kemudian login menggunakan username dan password yang dikirim lewat email saat mendaftarkan domain dan hosting di IDCloudHost
  3. Jika sudah berhasil login, menuju pada tab SOFTACULOUS APPS INSTALLER, dan klik logo wordpress seperti gambar dibawah ini :
    Bagaimana Membuat Toko Online dengan WordPress secara Gratis Untuk Pemula
  4. Lakukan instalasi sesuai petunjuk yang ada, dan tunggu sampai Selesai.
  5. Akhirnya website kamu sudah terpasang CMS WordPress.

Bagaimana cara membuat Toko Online di wordpress?
Jika semua sudah siap berikut adalah langkah-langkah yang dapat teman-teman ikuti:

  • Kunjungi halaman administrator (WP-Admin)
    Ketikkan namadomain.com/wp-admin, gunakan sub-domain toko online kita. misal pisangkeju.com. Kemudian pada bagian akhir saya tambahkan wp-admin menjadi pisangkeju.com/wp-admin
  • Login dengan username dan password
    Ingat jangan sampai salah memasukkan username/password hingga lebih dari 3x karena nantinya temen-temn tidak akan bisa login lagi untuk beberapa menit.
  • klik Plugins – Add new
    Setelah berhasil login dan masuk dashboard wordpress, selanjutnya silahkan teman-teman klik pada bagian Plugins dan pilih Add new, lebih jelasnya silahkan perhatikan screnshoot diatas.
  • Ketik WooCommerce pada kotak Pencarian
    Cari pada kotak pencarian Plugin WooCommerce lalu tekan enter untuk mulai melakukan pencarian plugin ini secara otomatis. Setelah muncul silahkan install. Dan proses pengistallan plugin ini tidaklah lama karena butuh waktu 1-3 menit saja.
    Bagaimana Membuat Toko Online dengan WordPress secara Gratis Untuk Pemula - Woocommerce | IDCloudHost
  • Klik Activate Plugin
    Langkah terakhir adalah mengaktifkan plugin WooCommerce yang tadi kita install, cukup dengan klik tombol Activate Plugin, maka plugin tersebut akan otomatis aktif dan itu artinya toko online wordpress temen-temen sudah jadi dan siap digunakan untuk berjualan.
  • Akhiri dengan klik Install WooCommerce Pages
    Ini sebenarnya optional saja, artinya bleh iya boleh tidak, tapi saran saya lakukan dengan mengeklik tombol install WooCommerce Pages, dan sekaligus mengakhiri proses penginstallan plugin wordpress WooCommerce.

Toko online temen belum sepenuhnya jadi, ini masih 50%. karena plugin WooCommerce hanya sebagai perantara untuk memudahkan kita dalam mengupload barang dagangan kita, maka tugas kita selanjutnya adalah upload foto mengenai barang yang akan dijual di toko online temen-temen tersebut.

Sekian postingan kali ini tentang Bagaimana membuat Toko Online dengan WordPress, semoga bermanfaat ya bagi temen-temen UKM.

Related Post :