Cara Membuat Website Gratis di WordPress dan Ide Template Terbaik

Development & Security, Web & Development / 1 | | 0

Di zaman yang serba canggih dan berorientasi pada mempermudah banyak hal dalam kehidupan, situs web atau website adalah bagian yang tidak terpisahkan. Tidak hanya mempermudah dalam mencari informasi secara cepat, situs web juga mempermudah seseorang berkomunikasi atau bahkan dapat membeli barang dari tempat yang jauh. Ini membuat website menjadi temuan teknologi yang sangat berguna karena website sendiri juga mempunyai banyak ragam serta kegunaannya tersendiri.

Sesuai dengan namanya, website mengacu pada sebuah situs di web di mana Anda dapat meletakkan informasi tentang bisnis atau organisasi Anda dan pengguna internet dapat mengaksesnya dengan menggunakan internet. Sama seperti situs fisik di tanah tempat Anda membuat rumah dan tempat tinggal, Anda membuat situs web di web dan informasi Anda hidup di dalamnya. Informasi ini termasuk alamat khusus yang disebut alamat web/web address yang mana layaknya alamat, pengguna internet dapat dengan mudah menemukan situs web Anda dan mengakses informasi di dalamnya.

Secara teknis, situs web adalah kumpulan halaman yang saling terkait di internet yang dikelompokkan bersama di bawah nama atau alamat online yang dirancang spesifik. Halaman-halaman yang dikenal sebagai halaman web, berisi informasi atau layanan oleh bisnis atau organisasi. Informasi mungkin dalam format yang berbeda seperti teks, gambar, video, audio, dan animasi dan layanan mungkin seperti membeli atau menjual produk, mengunduh produk digital, dll.

 

Mengenal Kegunaan dan Jenis Website

Cara Membuat Website Gratis di WordPress dan Ide Template Terbaik
 

Ada banyak situs web di dunia maya yang setiap website di internet dibangun dengan maksud atau tujuan tertentu. Organisasi dan bisnis melalui situs web mereka, bertujuan untuk memberikan informasi dan layanan kepada anggota dan pelanggan mereka. Website juga sudah menjadi media hiburan seperti bermain game online, menonton film, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Demikian pula, situs web e-commerce memungkinkan orang menjual dan membeli barang secara online. Berikut adalah beberapa jenis situs web populer beserta kegunaannya masing- masing :

  • Situs media sosial menjadi situs web paling populer karena ini adalah tempat dimana semua masyarakat dunia terlibat secara online baik itu untuk mencari teman, berkomunikasi, berbagi informasi, dll.
  • Situs mesin pencari mungkin adalah situs yang paling umum dan acap kali digunakan dalam membantu pengguna mencari sesuatu dan mendapatkan hasil yang bermanfaat dan contohnya yang paling terkenal adalah Google.
  • Portal berita adalah situs web yang memberitakan berita terbaru baik itu berita dalam skala kota kecil hingga secara global.
  • Situs web hiburan adalah situs web yang memungkinkan pengunjung untuk menonton film, video, mendengarkan lagu, bermain game, dan sebagainya.
  • Situs web blog biasanya cenderung dimiliki oleh penulis independen yang mempunyai niche penulisan khusus seperti blog masakan, lifestyle, traveling, dll.
  • Situs web pemerintah biasanya menyediakan berbagai jenis informasi dan layanan serta menghemat banyak waktu.
  • Situs web pendidikan adalah situs web sekolah, universitas, atau organisasi akademik independen yang menawarkan kursus online dan berbagai materi pembelajaran.

 

Baca Juga  :     Pentingnya Website dan Domain Bagi Bisnis Online yang Harus Diketahui Pemula

 

Cara Membuat Website Gratis di WordPress

Merancang situs web mungkin terkesan kompleks dan tidak semua orang bisa melakukannya. Untungnya, ada banyak platform pembuat website yang bisa dikatakan instan yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah WordPres yang sangat ramah pengguna dan intuitif, hampir semua orang dapat melakukannya termasuk pemula yang tidak mengenal bahasa pemrograman. Meskipun bagian teknis dalam menyiapkan situs web WordPress tidak terlalu rumit, mengetahui apa saja yang Anda butuhkan dalam situs web mungkin bisa menjadi sedikit lebih sulit. Berikut beberapa langkah mudah untuk memulai membuat website di WordPress yang bisa dilakukan dalam waktu cukup singkat.

  • Tentukan niche website

    Sebelum Anda melakukan sesuatu yang melibatkan WordPress, Anda harus memilih niche Anda. Pemilihan niche akan tergantung pada alasan kenapa Anda ingin membangun situs web baik itu untuk keperluan e-commerce maupun berbagi berita resmi.

  • Memilih nama domain

    Nama domain Anda harus berhubungan langsung dengan niche yang Anda pilih dan nama ini harus menjadi nama yang mudah diingat oleh pengguna. Melakukan beberapa penelitian kata kunci juga dapat membantu sehingga Anda bisa menemukan domain yang tepat untuk Anda.

  • Mencari layanan host web

    Langkah Anda selanjutnya adalah menemukan host web yang andal untuk menangani situs Anda. Pada tahap ini Anda juga bisa memilih diantara shared atau dedicated server tergantung ke arah manakah Anda hendak membawa situs web Anda nanti. Salah satu layanan hosting terbaik yang bisa Anda pilih adalah IDCloudHost yang datang dengan berbagai dukungan terbaik.

  • Menginstal WordPress

    Mengingat ada banyaknya platform pembuatan website dan blog yang terkenal, mungkin bisa membuat Anda kebingungan untuk mencari platform yang tepat. WordPress adalah pilihan yang bagus karena tidak hanya digunakan oleh banyak blogger individu tetapi juga oleh brand terkenal juga.

  • Memiilih tema WordPress sesuai niche

    Selanjutnya, Anda perlu memutuskan tema desain untuk situs WordPress Anda. Ada ribuan tema yang tersedia, mulai dari yang benar-benar gratis hingga berbayar, tetapi saat memilih, pastikan tema yang Anda gunakan sesuai dengan niche Anda. Perhatikan juga rancangan tata letak konten serta keselarasan keseluruhan website tersebut.

  • Gunakan plugin pendukung

    WordPress terkenal dengan bermacam plugin yang sangat mendukung penggunanya. Adapun plugin platform ini merupakan program yang ditulis dalam bahasa skrip PHP, yang menambahkan serangkaian fitur atau layanan tertentu ke situs web WordPress. Plugin WordPress menyediakan banyak penyesuaian dan fleksibilitas untuk situs WordPress Anda, serta fitur dan alat yang berharga bagi memberi pengalaman pengunjung yang baik.

 

Baca Juga  :   Cara Mendapatkan Domain Murah untuk Kebutuhan Website dan Blog

 

Ide Template WordPress Terbaik

Cara Membuat Website Gratis di WordPress dan Ide Template Terbaik
 

Dikarenakan ada ribuan tema atau template WordPress diluar sana, mungkin membuat Anda kebingungan karena Anda harus menemukan rancangan template yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Memilih tema yang tepat jelas penting terlebih lagi tema tersebut harus tetap responsif di seluruh perangkat, sementara juga memuat/loading secepat mungkin. Begitu juga, apakah Anda ingin menggunakan templat gratis atau berbayar, ini harus Anda pikirkan dengan matang. Berikut beberapa ide template yang cukup populer di antara pengguna WordPress.

  • Authority Pro

    Authority Pro adalah tema yang dirancang untuk keperluan website dengan niche bisnis yang sangat responsif dan telah terhubung ke plugin e-commerce. Tema ini cukup advance dan bekerja di Editor Gutenberg WordPress dengan sangat baik.

  • Soledad

    Soledad adalah tema majalah blog multi-konsep yang dapat Anda coba dengan 1000+ slider dan tata letak blog/majalah. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan beberapa templat posting tunggal untuk membagikan cerita unik kepada audiens Anda yang juga dikirimkan dengan dukungan AMP. Untuk kustomisasi tanpa batas, tema ini juga mendukung plugin editor halaman, seperti Elementor dan WP Bakery Page Builder.

  • Astra

    Astra adalah tema WordPress yang sangat populer di antara jutaan penggunanya. Plugin ini dirancang agar dapat bekerja dengan berbagai pembuat halaman seperti Gutenberg, Birizy, Elementor juga Beaver Builder. Jika Anda adalah website e-commerce maka gunakan versi pro meski ada versi gratisnya juga.

  • Neve

    Neve adalah tema WordPress menarik yang dibangun dengan pendekatan multiguna untuk membuat semua jenis situs web. Menawarkan lusinan situs pemula dengan halaman arahan lengkap yang dapat Anda impor ke situs web Anda hanya dalam beberapa klik yang kompatibel dengan pembuat halaman populer seperti Beaver Builder, Elementor Pro, dll. Dengan pembuat drag and drop, Anda dapat sepenuhnya mengedit halaman arahan dan juga mendesain halaman khusus tanpa harus melakukan pengkodean apa pun terlebih dulu.

 

Baca Juga  :    Mengenal CyberPanel VPS Untuk Kebutuhan Website dan Aplikasi

 

Kesimpulan dan Penutup

Biasanya jika Anda ingin membuat situs web, maka akan ada kode pembelajaran yang membutuhkan latihan dan pengalaman berbulan-bulan. Cara lain untuk mendapatkan situs web adalah dengan menyewa pengembang web atau perusahaan pengembangan web untuk membuatnya untuk Anda. Tapi untungnya, ada banyak platform situs web ramah pemula seperti WordPress yang tersedia saat ini yang memungkinkan Anda membuat situs web dengan mudah dan dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Misalnya, untuk membuat situs di platform WordPress Anda hanya perlu mendaftar, memilih tema yang indah, dan menambahkan konten. WordPress sendiri adalah platform yang dihosting sepenuhnya tempat Anda dapat membuat situs web gratis. Namun Anda juga dapat membeli hosting serta domainnya tersendiri sehingga akan lebih membuat brand Anda menjadi spesial dan khusus terutama jika Anda membuat website untuk keperluan e-commerce.

 

 

Related Post :