Cara Membuka Situs Yang Di Blokir Untuk Laptop/Smartphone

Development & Security, Web Security / 1 | | 0

Saat ini Kominfo masih menindaklanjuti situs – situs ilegal yang dianggap merugikan negara. Dengan adanya pemblokiran ini, ada beberapa situs yang akan terganggu dan tidak dapat diakses baik menggunakan Google Chrome, Maupun Internet Browser.

Sebenarnya web yang diblokir Pemerintah melalui Kominfo merupakan suatu upaya untuk melindungi masyarakat agar dapat menggunakan internet secara aman dan nyaman. Namun, sepertinya sebagian orang merasa kurang puas dengan adanya pembatasan melalui mekanisme blokir IP tersebut.

Situs yang diblokir ini tidak hanya bagi laptop saja, pada smartphone juga mengalami hal yang sama. Ada beberapa situs yang tidak dapat dibuka akibat diduga mempunyai unsur internet negatif. Namun jangan khawatir, ada banyak cara untuk dapat mengakses situs yang diblokir tersebut. Lalu bagaimana cara mengakses situs ini ? Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Mengapa Ada Situs/Website Yang di Blokir ?

 

Jika anda masih bingung mengapa sistus yang anda cari tidak dapat anda buka alias diblokir, maka anda pasti telah membuka sebuah situs yang terindikasi negatif oleh pemerintah. Baik itu situs yang terdeteksi berisi konten negatif, nah hal ini dengan harapan pemerintah mampu membatasi anak dibawah umur agar tidak mengakses situs tidak layak tersebut.

Seperti yang tercantum dalam peraturan mentri kominfo No.19 tahun 2014 mengenai penangan terhadap situs negatif diinternet, pemerintah indonesia bekerjasama dengan ISP dalam hal menutup website yang termasuk kedalam daftar blacklist.

Dalam hal memasukkan website yang termasuk kepada daftar black list, pemerintah indonesia memberikan perlindungan pada top-level domain, content/expression/keyword, URL. Jadi apabila website anda memiliki domain, URL maupun mengandung konten negatif anda harus bersiap jika nantinya website anda masuk kedalam daftar blacklist. Berikut ini cara membuka situs yang diblokir.

Baca Juga : Cara Menggunakan IP Blocker pada cPanel

 

1. Membuka Situs Terblokir dengan VPN

 

Cara membuka situs terblokir yang bisa Anda coba ialah dengan memasang aplikasi VPN (Virtual Private Network) di perangkat Anda. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan paling umum dilakukan oleh pengguna Android.

Aplikasi VPN bekerja dengan menghubungkan jaringan internet dengan jaringan lain melalui alamat IP yang berbeda. Menggunakan VPN akan memudahkan pengguna untuk berselancar secara bebas dan aman di internet. Anda bisa membuka situs jenis apapun.

Salah satunya dengan menggunakan VPN Zen Mate. Anda dapat menemukan  VPN Zen Mate dengan mengetik nama tersebut di kolom pencarian pada sebelah kiri tampilan Chrome Web Store.

 

  1. Lalu bila sudah ketemu, klik “Add to Chrome”.
  2. Klik “Add Extension” untuk memunculkan ikon berwarna biru pada ujung kanan di sebelah browser Chrome Anda.
  3. Bagi yang versi premium, klik langsung “Activate Instantly” dan bagi versi gratis, klik “Get Limited”.
  4. Kemudian klik “Log In” dan masukkan alamat email serta password untuk mengkatifkan Zen Mate.
  5. Terakhir, pilihlah dari VPN server di mana, Anda ingin mengakses website yang terblokir sebelumnya.
  6. Selesai.

 

2. Membuka Situs Diblokir dengan SSH

 

Selanjutnya ialah, Anda juga bisa membuka situs yang diblokir dengan menggunakan SSH (Secure Shell). Fungsi SSH adalah sebagai jaringan yang melindungi pertukaran data dari ancaman virus. Baik VPN maupun SSH bisa dikatakan memiliki karakteristik yang hampir sama. Bedanya, di sini Anda akan menggunakan pihak ketiga, terutama untuk proses SSH Tunneling.

Apabila anda sudah terbiasa menggunakan pengaturan smartphone anda tidak masalah menggunakan SSH dengan beberapa coding yang merupakan sebuah metode untuk membuka blokir situs yang anda inginkan. SSH juga dapat anda gunakan pada smartphone anda selain laptop / pc.

 

3. Membuka Situs Terblokir di Firefox PC

Salah satu web browser yang paling banyak digunakan yaitu mozilla firefox juga memiliki fitur vpn. Yaitu anda cukup dengan memasang add-on pada pengaturan fitur vpn  di mozilla firefox ini. Jika Anda ingin mengakses situs terblokir lewat PC, Anda hanya perlu memasang add-on Anonymox di browser yang terinstal di komputer Anda.

Anonymox menawarkan beberapa opsi proxy yang bisa disesuaikan dengan keinginan sendiri. Setelah add-on ini aktif di browser, Anda bisa dengan leluasa membuka website apapun tanpa ada pemblokiran.

Baca Juga : Indikasi Penyebab Mengapa Website Tidak Bisa Diakses

 

4. Membuka Situs Terblokir Tanpa Aplikasi

 

Selanjutnya ialah, Anda bisa mencoba membuka situs yang diblokir tanpa menggunakan aplikasi dengan memanfaatkan situs hide.me. Caranya  sangat mudah dan tidak akan mengganggu kenyamanan Anda. Caranya, silakan Anda buka web browser, lalu buka tautan berikut: hide.me/en/proxy.

Apabila halaman situs tersebut telah terbuka, masukkan alamat situs yang ingin Anda buka. Anda juga dapat mengubah lokasi proxy Anda. Apabila sudah, silakan tekan tombol berwarna kuning dengan tulisan “Visit Anonimously”. Silakan Anda tunggu sampai situs web yang Anda inginkan terbuka dengan sempurna.

 

5. Membuka Situs Terblokir dengan Browser Opera

Apabila di komputer atau laptop Anda sudah terpasang web browser Opera, maka Anda tidak perlu menambahkan add-on atau aplikasi apapun untuk bisa mengakses website yang diblokir. Nah, anda tidak perlu khawatir karena Opera sudah menyiapkan fitur VPN di dalamnya sehingga Anda bisa mengaktifkannya kapanpun Anda ingin mengunjungi situs yang masuk dalam daftar blokir internet positif.

Cara kerjanya ialah, anda dapat membuka browser Opera di PC Anda. Lihat pada bagian disamping kotak URL. Klik VPN, lalu aktifkan (On). Dan jika Anda menggunakan mobile browser Opera Mini, berikut adalah cara membuka situs terblokir dengan Opera Mini. Buka Opera Mini. Tap icon Pengaturan atau Settings. Aktifkan VPN.

Jika Anda merasa dibatasi karena akses situs yang anda cari terblokir, Anda sama sekali tidak perlu pusing karenanya. Banyak cara untuk membuka situs terblokir yang antara lain sebagaimana telah diinformasikan dalam ulasan di atas.

Apapun tipe perangkat yang Anda gunakan, baik itu komputer, laptop, tablet, ataupun smartphone, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai macam situs yang diblokir jika memang dirasa perlu untuk membuka situs tersebut.

 

Kesimpulan dan Penutup 

Dalam mengelola informasi, kita harus jeli membaca dan mengetahui apakah informasi yang kita dapatkan itu merupakan salah satu internet positif atau sebuah konten negatif. Apabila anda ingin membuka sebuah situs, namun situs itu tidak dapat diakses maka kemungkinan besar situs itu telah diblokir oleh pemerintah.

Ada beberapa cara untuk membuka situs yang tidak dapat dibuka ini, salah satunya yaitu anda dapat menginstall aplikasi vpn. Atau jika anda ingin cara yang lebih praktis ialah dengan menginstall opera. Opera sudah menyiapkan fitur VPN di dalamnya sehingga Anda bisa mengaktifkannya kapanpun Anda ingin mengunjungi situs yang masuk dalam daftar blokir internet positif.

Langkah pemerintah untuk memblokir situs – situs yang terindikasi negatif ini merupakan hal yang patut dicontoh. Agar kita tidak sembarangan dalam membuka situs internet. Apalagi, jika ada anak dibawah umur. Konten negatif ini nantinya yang akan membuat anak yang belum cukup umur akan terganggu mentalnya.

Oleh karena itu sudah sepatutnya sebagai orang tua, anda mengerti bahwa situs – situs yang dilarang pemerintah tersebut sebaiknya tidak diakses. Semoga bermanfaat.

Related Post :

popup image