Cara Mempercepat Kinerja Smartphone / HP yang Lemot dengan Mudah dan Cepat

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Smartphone sering kali dijumpai mengalami lemot dan mudah crash, hal ini sangat mengganggu di saat pengguna sedang melakukan pekerjaan penting dengan telepon pintarnya. Pengguna akan merasa sangat kecewa terlebih ketika ia membeli smartphone dengan kecanggihan paling mutakhir, sehingga dipercaya bahwa smartphone dengan harga tinggi akan minim tingkat terjadinya crash.

Namun siapa sangka bahwa semahal apapun perangkat telepon yang dibeli, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi lemot. Smartphone menjadi lemot bukan tanpa sebab yang jelas, ada beberapa penyebab yang sering kali tidak diketahui oleh penggunanya sehingga mereka sulit untuk mengatasinya sendiri. Sehingga yang terpikirkan adalah dengan membeli perangkat yang lebih mahal dengan kecanggihan yang paling baru, dengan alasan untuk menghindari terjadi lemot dan crash di kemudian hari.

Harga smartphone yang canggih tentu lebih tinggi dari smartphone dengan kualitas yang biasa saja, hal ini sangat memberatkan bagi sebagian orang. Padahal Smartphone yang lemot tidak mesti diatasi dengan membeli yang baru, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab smartphone Anda menjadi sangat lemot. Sehingga Anda bisa mengatasinya sendiri tanpa harus terburu-buru membeli smartphone baru.

 

Penyebab Smartphone Menjadi Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone / HP yang Lemot dengan Mudah dan Cepat
 

Sebelum Anda berpikir untuk membeli smartphone baru hanya karena smartphone yang sekarang dipakai lemot dan mengecewakan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab smartphone Anda menjadi sangat lemot. Berikut ulasannya.

 

  • Banyak Aplikasi

    Anda mungkin pernah mengunduh dan menginstall berbagai aplikasi hanya untuk melakukan pengeditan foto, mulai dari aplikasi untuk memoles latar belakang, penghilang jerawat, pengaturan filter, dan sebagainya, sehingga membuat Anda mengunduh semua jenis aplikasi untuk mengatasi hal tersebut. Ternyata mengunduh banyak aplikasi bisa mengganggu kinerja dari smartphone itu sendiri, ukuran aplikasi yang besar membuat kapasitas memori menjadi habis. Sehingga kinerja yang dihasilkan oleh smartphone tidak berjalan optimal, gunakan lah aplikasi secukupnya untuk membantu pekerjaan Anda. Karena ada banyak aplikasi yang menyediakan fitur lengkap hanya dengan satu aplikasi saja.

  • Konsumsi RAM

    Penggunaan RAM yang melebihi batas normal bisa mengganggu kinerja smartphone, ini terjadi saat Anda membuka banyak aplikasi sekaligus sehingga RAM habis terpakai. Akibatnya kinerja smartphone menurun, dan pekerjaan yang sedang dilakukan menjadi terganggu. Sebaiknya Anda tidak membuka aplikasi yang berat jika RAM dari smartphone Anda sangatlah kecil, karena aplikasi yang dibuka secara bersamaan bisa memakan memori dari RAM itu sendiri.

  • Data Cache

    Cache ternyata juga bisa menghabiskan banyak ruang penyimpanan, semakin dibiarkan menumpuk akan menjadi penyebab lemotnya smartphone Anda. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa melakukan pembersihan cache secara berkala, sebab data cache bisa bertambah seiring dengan penggunaan aplikasi pada smartphone Anda. Umumnya data cache ini bisa ditemui pada kolom penyimpanan di menu setting.

  • Penggunaan Wallpaper Animasi dan Menu Widget

    Wallpaper yang monoton akan menghabiskan sedikit ruang penyimpanan smartphone Anda, namun ini ternyata tidak berlaku pada penggunaan wallpaper animasi. Karena sifatnya yang dinamis, membuat memori dari RAM smartphone terpakai terus menerus. Cache yang dihasilkan pun semakin banyak, terlebih jika Anda juga menggunakan widget yang sangat banyak pada layar utama HP Anda. Seperti widget jam, kalender, note, dan sebagainya, sehingga smartphone mengalami penurunan kinerja.

  • Tidak Ada Memori Eksternal

    Memori pada smartphone terdiri dari dua jenis, ada yang internal dan juga eksternal. Umumnya memori internal sudah ada dari bawaan smartphone itu sendiri, sementara untuk memori eksternal Anda harus membelinya terlebih dahulu. Tanpa memori eksternal, penyimpanan akan otomatis menuju pada memori internal saja. Sehingga memori internal akan penuh dengan semua jenis file yang Anda simpan.

 

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)

 

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone / HP yang Lemot dengan Mudah dan Cepat
 

Setelah mengetahui berbagai penyebab dari menurunnya kinerja smartphone Anda, sekarang Anda harus mengetahui cara mengatasi dan meningkatkan kinerja yang dimilikinya. Berikut beberapa ulasannya.

 

  1. Jumlah Memori

    Smartphone pasti dibekali memori yang berbeda pada tiap jenisnya, selain RAM kapasitas dari penyimpanan internal juga bisa mempengaruhi performa yang dihasilkan oleh smartphone Anda. Saat penyimpanan yang tersedia tinggal sedikit, hal ini bisa mengurangi kinerja dari smartphone itu sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengurangi file yang tidak digunakan namun masih tersimpan dalam penyimpanan. Menghapus file-file yang sudah tidak terpakai pada memori internal bisa membantu mempercepat kinerja dari smartphone yang Anda pakai, namun jika Anda masih membutuhkan data tersebut namun penyimpanan Anda tidak memadai bisa gunakan memori tambahan yang ada di eksternal smartphone Anda.

  2. Menggunakan Aplikasi Serbaguna

    Alih-alih menginstall berbagai macam aplikasi yang berdampak pada penuhnya penyimpanan, sebaiknya Anda memanfaatkan aplikasi serbaguna yang memiliki banyak fungsi di dalamnya. Seperti aplikasi Apps2SD yang bisa digunakan untuk partisi SD Card, backup aplikasi, link aplikasi ke memori card dan masih banyak lagi.

  3. Menggunakan Antivirus

    Penggunaan aplikasi antivirus juga harus sesuai dengan smartphone yang digunakan, karena aplikasi antivirus banyak di internet Anda cukup menggunakan satu aplikasi saja. Sama seperti aplikasi bawaan lainnya yang berjalan di latar belakang antivirus juga begitu, sehingga ketika Anda mengunduh banyak aplikasi antivirus dan semuanya bergerak di latar belakang bisa dibayangkan bagaimana RAM Anda akan habis terpakai bukan? Jadi cukup gunakan satu saja, agar smartphone Anda tidak menjadi lemot.
     

    Baca Juga :    Rekomendasi Aplikasi Pemutar Video Terbaik dan Gratis untuk Smartphone / HP

  4. Update Software

    Melakukan update software secara berkala bisa membantu memperbaiki masalah yang mungkin ada pada sistem sebelumnya, karena update sistem akan memberikan pengalaman yang lebih bagus dari sebelumnya. Pihak pengembang dari smartphone tidak akan membiarkan masalah terus terjadi pada smartphone yang Anda gunakan, sehingga pembaruan dan perbaikan akan terus dijalankan. Anda bisa melakukan pengecekan update sistem pada menu setting, namun umumnya akan ada pemberitahuan secara otomatis saat pembaruan tersedia.

  5. Menghapus Aplikasi

    Banyak aplikasi yang tidak digunakan akan mempengaruhi kinerja smartphone Anda, sebab ia akan terus bekerja pada latar belakang meski Anda tidak membukanya. Hal ini tentu akan menambah penggunaan RAM tanpa diketahui, sebaiknya Anda menghapus aplikasi yang tidak digunakan sehingga bisa membantu Anda mengurangi beban pada RAM Anda.

  6. Membatasi Penggunaan Widget

    Widget yang berlebihan pada perangkat Anda akan membuat kinerja smartphone menjadi lambat, sehingga bisa mengganggu aktivitas yang Anda lakukan pada smartphone tersebut. Gunakanlah widget yang sesuai dan tidak berlebihan, karena fungsi dari widget sebenarnya bisa Anda dapatkan langsung dengan membuka aplikasi bawaannya.

  7. Cache Data

    Cache berisi data yang tersimpan sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan sebelumnya, cache akan terus bertambah seiring dengan Anda membuka aplikasinya. Sehingga cache tersebut semakin menumpuk dan memakai banyak kapasitas memori Anda, hal ini tentu akan sangat mengganggu kinerja telepon pintar tersebut. Anda bisa melakukan pembersihan cache secara berkala agar smartphone menjadi lebih plong dan cepat.

 

Baca Juga  :    Website Tempat Download Software (Aplikasi) GRATIS untuk Smartphone

 

Kesimpulan dan Penutup

Smartphone lemot tidak serta merta harus diganti dengan smartphone baru karena mengganggu aktivitas, Anda harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa cara mengatasinya. Smartphone tidak bekerja secara optimal bukan tidak memiliki penyebab, ada smartphone yang lemot karena digunakan untuk menyimpan berbagai file dengan ukuran besar. Sementara kapasitas yang dimiliki oleh smartphone itu sendiri sangat tidak memadai, sehingga bisa menjadi penyebab smartphone menjadi lemot dan tidak bekerja maksimal.

Setelah mengetahui penyebab yang mengganggu kinerja telepon pintar Anda, sebaiknya Anda juga memahami cara mengatasinya. Sehingga setidaknya itu cukup membantu mengurangi penurunan kinerjanya, dan Anda pun tidak terlalu terburu-buru untuk langsung membeli smartphone baru dengan harga yang menguras kantong. Jika kinerja smartphone tidak juga menjadi baik, Anda bisa meminta bantuan yang ahli untuk membantu mengatasi smartphone lemot Anda.

Related Post :