Cara Memulai dan Membangun YouTube Dari Awal

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Tidak diragukan lagi kalau YouTuber adalah platform terbesar pencarian kedua setelah Google yang sering dikunjungi oleh masyarakat dunia. Bahkan selain membuka saluran pribadi, banyak juga brand dan bisnis yang membuka saluran mereka karena peluang untuk menjangkau audiens mereka di YouTube sangat besar.

YouTube menjadi populer sejak mereka diluncurkan, tidak hanya karena komunitas pemirsanya yang besar, tetapi juga di antara produsen dan penerbit konten. Dengan 1,3 miliar pengguna di YouTube, blog video dan acara online independen memiliki audiens yang besar, dan pemasar menjadi lebih tertarik untuk berkontribusi pada platform ini

Untungnya, membuat akun YouTube tidak sulit meski membuat saluran YouTube yang sukses membutuhkan sedikit lebih banyak usaha. Namun jika Anda ingin membuka saluran YouTube Anda sendiri, Anda memang benar- benar harus melakukan banyak riset. Mari simak penjelasan singkat cara memulai dan membangun sebuah saluran YouTube dari awal.

 

Tips Dasar Membangun YouTube

Cara Memulai dan Membangun YouTube Dari Awal

Membangun saluran YouTube yang sukses membutuhkan waktu dan membutuhkan komitmen. Namun, komitmen hanya membawa Anda sejauh ini karenanya Anda juga harus strategis mengenai target audiens target Anda, ceruk yang Anda fokuskan, dan konten yang Anda hasilkan, dan lain sebagainya.

  • Membuat riset

    Membangun kehadiran di YouTube adalah upaya jangka panjang yang mungkin akan menuntut ribuan jam, jadi langkah pertama adalah memahami pasar Anda, pesaing utama, dan ceruk pasar Anda sejak awal sangatlah penting. Banyak pembuat konten dan bisnis YouTube menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membuat konten sebelum menyadari bahwa mereka berfokus pada pasar, pelanggan, atau ceruk yang salah. Kesalahan ini sering kali ketika sebagian besar perusahaan dan pembuat konten menyerah karena memikirkan biaya yang mereka harus keluarkan bisa beresiko. Hindari membuat kesalahan ini. Paling tidak, habiskan banyak jam untuk riset pasar untuk memahami di mana peluang dan tantangannya. Komitmen awal untuk riset pasar ini berpotensi menyelamatkan Anda dari upaya yang sia-sia selama bertahun-tahun.

  • Memilih niche yang tepat

    Pemirsa YouTube cukup besar untuk mendukung bahkan ceruk yang paling tidak umum sekalipun, jadi tidak perlu menarik pemirsa yang luas. Faktanya, sebagian besar pembuat konten dan bisnis YouTube melakukan kesalahan ini karena mereka mencoba menarik khalayak luas dengan konten umum. Jenis pendekatan ini pada akhirnya akan mengarah pada kegagalan karena dengan menarik semua orang, Anda akhirnya tidak menarik siapa pun.

  • Membuat dan mengunggah video secara konsisten

    Saluran yang berhasil adalah saluran yang mempunyai waktu tayang yang konsisten dan terjadwal. Ini akan memberi audiens Anda semangat untuk menantikan konten- konten Anda. Jika Anda secara konsisten mengupload video pada hari yang sama dalam seminggu, kemungkinan besar penonton akan kembali ke channel Anda, apabila dibandingkan dengan upload yang tidak teratur. Selain itu, mengupload video secara konsisten akan membangun kepercayaan dan loyalitas dengan penonton Anda.
    Baca Juga  :   Monetize YouTube : Panduan Mendaftar, Persyaratan dan Memahami Cara Kerjanya

  • Mempelajari dan melakukan analisis

    Bantuan dari Creator Studio YouTube penuh dengan data dan laporan yang akan membantu Anda memantau dan mengembangkan saluran YouTube Anda. Minimal, Anda harus menganalisis penayangan, waktu tonton, rata-rata. durasi, keterlibatan, retensi, demografi, dan sumber lalu lintas. Mempelajari analitik dan belajar darinya adalah salah satu pilar inti dari Saluran YouTube yang sukses.

  • Integrasikan saluran Anda di situs web dan sosial Anda

    Setelah Anda sekarang memiliki situs web dan saluran YouTube, jangan lupa untuk membagikan video Anda di luar YouTube dan situs web Anda agar konten Anda dapat dikenali dimanapun platform media sosial Anda berada.

  • Bergabung dengan komunitas

    YouTube tidak akan menjadi seperti sekarang ini tanpa pemirsa secara aktif melihat dan terlibat dengan konten video yang dibuat oleh bisnis seperti milik Anda. Cara yang baik untuk membangun kepercayaan di antara pemirsa adalah dengan terlibat dalam komunitas yang mendukung. Cara ini sangat penting jika Anda berencana untuk memanfaatkan popularitas Anda untuk menghasilkan uang di YouTube.
    Terlibat dengan pemirsa adalah langkah penting dalam membangun komunitas di sekitar saluran Anda. Balas komentar, ajukan dan jawab pertanyaan, dan yang paling penting, dengarkan mereka. Pemirsa Anda ingin menonton konten Anda, jadi ingatlah untuk memberi mereka apa yang mereka inginkan. Dengan komunitas yang terpelihara dengan baik, Anda mungkin juga akan mendapatkan iklan dari mulut ke mulut gratis dalam prosesnya.

 

Baca Juga  :    Cara Cepat Membuat Riset Keyword untuk YouTube Bagi Pemula

 

Cara Memulai Membangun Saluran YouTube Bisnis

Hal pertama yang perlu Anda lakukan membuat saluran YouTube Anda menjadi saluran yang memang dikhususkan untuk keperluan bisnis atau brand Anda. Hanya dengan beberapa klik, Anda akan siap untuk menyiapkan saluran baru Anda. Berikut cara memulai saluran YouTube :

  • Masuk ke YouTube dan klik ikon pengguna di kanan atas layar
  • Klik ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan YouTube akun Anda
  • Klik Buat saluran baru
  • Kemudian pilih “Gunakan bisnis atau nama lain”
  • Tambahkan nama Merek Anda dan klik buat. Jika Anda belum memiliki nama, Anda dapat membuat nama baru dengan pembuat nama YouTube.

 

Baca Juga  :    Cara Posting Terjadwal di YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet

 

Dasar- Dasar Membuat Saluran YouTube

Cara Memulai dan Membangun YouTube Dari Awal
 

 

Karena YouTube adalah bagian dari Google, maka jika Anda memiliki akun Google, Anda cukup masuk menggunakan akun tersebut, dan Anda tidak perlu membuat akun YouTube baru. Jika tidak, cukup klik “daftar” dan buat akun bisnis YouTube. Salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengisi informasi Anda, memilih nama, menambahkan cover (gambar sampul) dan lain- lain. Berikut langkah yang bisa Anda praktekkan :

  • Nama profil

    Memilih nama profil penting karena itu adalah sesuatu yang akan menjadi image dan personal brand Anda. Tidak disarankan untuk terus mengubah nama akun Anda. Oleh karena itu, Anda harus memilih salah satu yang akan tetap relevan untuk saluran Anda, bahkan saat saluran Anda berkembang. Buat nama yang menggambarkan Anda atau tentang saluran Anda dan cobalah membuatnya menarik, sesuatu yang membuat orang ingin menjelajah lebih jauh.

  • Cover picture

    Tugas selanjutnya adalah pemilihan gambar sampul yang menyenangkan dan menarik yang relevan dan menarik. Tujuannya di sini juga untuk menggunakan sesuatu yang akan menarik perhatian audiens Anda begitu mereka melihat foto tersebut.

 

Baca Juga  :    Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Kesimpulan dan Penutup

YouTube adalah platform yang sangat populer yang mampu membuat siapa saja yang terlibat di dalamnya mendapatkan suatu keuntungan seperti para content creator yang menggunakan platform ini untuk berkarya. Selain itu, mengingat 300 jam video diunggah setiap menit ke platform, menjadikannya cara yang bagus untuk memperkuat dan mengembangkan bisnis Anda jika Anda ingin memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis.

Saluran YouTube memungkinkan Anda untuk mendapatkan eksposur online dan berbagi konten Anda dengan dunia. Pelengkap penting untuk saluran YouTube adalah situs web, yang dapat bertindak sebagai pusat konten Anda serta memberikan lebih banyak informasi tentang Anda dan bisnis Anda. Karena itu, apapun tujuan Anda membangun saluran YouTube Anda, pastikan Anda tetap melaksanakan pekerjaan rumah Anda seperti yang ditulis diatas.
 

 

 

Related Post :