Cara Mengatasi Lupa Password Google Mail atau Gmail Anda

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

Apakah anda pernah lupa password? Nah, lupa password merupakan masalah bagi banyak orang. Terutama pada penggunaan layanan gmail, hotmail, yahoo. Namun, pasti anda masih kebingungan bagaimana cara mengganti password pada email anda.

Jika anda masih kebingungan dalam mengganti password, anda tidak perlu khawatir anda bisa mengakses email anda dengan memberikan validasi nomor handphone atau email bantuan.

Baca Juga : Tutorial Cara Konfigurasi Email Hosting Pada Gmail

Dalam artikel ini, akan memuat tentang tutorial cara mengganti password pada gmail Anda. Simak selengkapnya :

1. Akses halaman berikut ini: https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in

 

2. Masukkan alamat email atau nomor telepon yang digunakan untuk login ke akun Google Anda, kemudian klik tombol Berikutnya.

3. Masukkan password lama yang pernah Anda gunakan sebelumnya dan Anda ingat (pada kasus ini Anda pernah mengganti password lebih dari satu kali). Setelah itu klik tombol Berikutnya.

 

4. Jika nomor telepon verifikasi anda tidak sesuai dengan beberapa digit nomor yang ditampilkan, silahkan anda coba klik saya tidak memiliki tombol.

 

5. Pada halaman berikutnya, silakan masukkan bulan dan  tahun akun Gmail dibuat, kemudian klik tombol Berikutnya.

 

6. Jika masih tidak sesuai dengan informasi bulan dan tahun yang anda masukkan. Anda bisa klik tombol coba cara lain.

7. Ketika email verifikasi anda tidak sesuai, maka anda bisa klik coba cara lain.

 

8. Selanjutnya, Google akan memberitahu clue alamat email pemulihan mana yang anda gunakan.

 

9. Setelah itu, Google akan memberikan pilihan untuk recovery akun Gmail dengan menggunakan alamat email pemulihan seperti yahoo, tetapi apabila anda lupa password yahoo, maka anda harus mengatasinya terlebih dahulu. Selanjutnya Google.

 

Dua gambar diatas adalah saat google memberikan pilihan menggunakan alamat email pemulihan. Pada bagian kiri, google meminta anda untuk mengetikkan ulang alamat email pemulihan. Sedangkan gambar sebelah kanan, google hanya memberikan clue tanpa meminta untuk mengetik ulang akun email anda.

10. Buka jendela baru di browser anda, jangan close laman sebelumnya, kemudian cari email berisi kode verifikasi google di kotak masuk akun pemulihan anda.

 

11. Salin kode verifikasi Google

Buka email yang masuk dari google, salin kode tersebut. Lalu kembali ke laman reset sandi sebelumnya.  lalu Masukkan kode. Kembali lagi ke halaman recovery akun, kemudian masukkan kode verifikasi diatas. Lalu klik ‘Berikutnya’.

 

 

12. Masukkan kata sandi baru

Masukkan kata sandi terbaru untuk akun google anda. Pastikan kata sandi yang dibuat mudah untuk diingat tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

 

13. Periksa aktivitas terkini

Google akan memberikan informasi terkini mengenai akun gmail anda. Anda dapat memeriksanya satu persatu, untuk menghindari apabila akun tersebut telah login di perangkat lain.

 

Baca Juga : Panduan Cara Membuat Akun Email Pada Cpanel

14. Selesai

Selamat, akun google anda telah dapat diakses kembali.

Jika anda sudah bisa mengakses akun gmail anda, maka Alhamdulillah. Jangan lupa untuk logout akun google jika mengaksesnya di perangkat umum atau warnet. Jika belum tahu langkahnya maka baca cara logout gmail yang pernah berakal bahas.

Semoga dua cara diatas bisa anda gunakan untuk mengatasi lupa password gmail android, sebagai catatan, jangan lupa untuk mengingat atau menulis kata sandi gmail anda sehingga tidak lupa lagi di kemudian hari.

 

Kesimpulan dan Penutup

Gmail merupakan sebuah layanan email yang open source yang memiliki banyak keunggulan. Selain gratis, jika anda memiliki akun gmail maka akan terhubung ke akun google lainnya seperti google drive, maupun google photo.

Ketika anda lupa password gmail anda, maka semua akun google anda otomatis tidak bisa login. Sehingga anda harus segera memperbaharui password anda.

Beberapa langkah diatas, merupakan panduan tutorial agar akun gmail anda dapat dipulihkan. dan anda dapat mengubah password lama anda menjadi password baru.

 

Related Post :

popup image