Cara Mengatasi Serve Scaled Images di Website WordPress

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 2

Semua pemilik situs web terutama yang bergerak dalam industri yang cepat seperti e-commerce, toko online, portal berita dan lainnya pasti ingin membuat situ mereka muncul di pencarian dengan cepat. Makanya salah satu faktor agar website atau artikel Anda muncul di pencarian teratas Google adalah memiliki website yang memuat halaman dengan cepat.

Hal ini menjadi sangat krusial karena jika pengunjung terlalu lama menunggu mereka akan segera berpindah ke website lain sehingga kecepatan memuat website perlu menjadi prioritas yang Anda pertimbangkan. Untuk mengecek performa sebuah situs web dengan alat atau tools biasanya mendapat beberapa saran diantaranya adalah serve scaled image yang berarti foto atau gambar yang digunakan haruslah sesuai dengan standar website.

Secara garis besar, ala ini akan menyarankan Anda untuk mengubah ukuran dimensi foto sehingga sesuai dengan yang ditampilkan di website. Mengingat Anda harus meraih trafik yang tinggi dengan bounce rate yang rendah, Anda perlu memperhatikan serve scaled image pada website. Simak artikel berikut untuk mengatasi masalah serve scaled image yang mungkin Anda alami.

 

Mengapa Pemilik Situs Web Harus Mengatasi Serve Scaled Image

Cara Mengatasi Serve Scaled Images di Website WordPress
 

 

Secara sederhana, gambar berskala secara garis besar adalah gambar yang sudah diukur agar sesuai dimensi. Namun, perlu diperhatikan bahwa gambar yang terlalu kecil akan terlihat pecah-pecah sehingga bisa mengurangi tampilan dan daya tarik pengunjung situs. Selain itu, meskipun browser akan memperkecil gambar yang terlalu besar, besarnya file yang ditambahkan ke halaman sangat tidak berguna.

Lebih lanjut lagi, gambar yang besar menyebabkan browser memerlukan lebih banyak waktu dan daya untuk memuat gambar dibanding memuat halaman secepat mungkin. Ini tentunya akan memperlambat proses memuat halaman dengan signifikan dan mempengaruhi performa website secara negatif. Seperti contoh, jika tema di website yang Anda gunakan menampilkan gambar dengan 200×200 px, Anda memerlukan gambar dengan ukuran persis 200×200 px juga.

Maka jika Anda menggunakan gambar dengan ukuran lebih kecil akan membuat gambar terlihat pecah-pecah. Sedangkan di sisi lain, jika menggunakan image yang lebih besar ukurannya akan berpengaruh terhadap ukuran halaman dan menambahkan beban yang tidak diperlukan. Anda harus memperhatikan faktor ini karena website yang lama memuat halaman akan membuat banyak pengunjungnya pergi. Tidak hanya menyebabkan user experience yang buruk, tapi juga meningkatkan bounce rates dengan semakin banyaknya pengunjung yang frustasi. Mengingat hal ini pula, nyaris semua testing tools menekankan serve scaled image.

 

Baca Juga  :      Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Mengatasi Serve Scaled Image dengan Plugin

Plugin diciptakan untuk banyak tujuan dan mempunyai manfaatnya tersendiri, salah satunya adalah membantu untuk mengatasi serve scaled image. Bisa dikatakan kalau ini adalah cara termudah dimana dengan bantuan plugin akan mengoptimalkan gambar Anda yang besar dan berat serta membersihkan halaman web. Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

  • Shortpixel

    Sesuai dengan namanya, Shortpixel merupakan plugin yang cocok untuk kompresi gambar dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Plugin ini bisa mengoptimalkan hingga 100 lembar per bulan dengan gratis yang sesuai jika Anda punya budget terbatas. Keuntungan lainnya adalah Shortpixel mudah untuk digunakan. Bahkan Shortpixel dapat membantu Anda untuk menyesuaikan gambar di WordPress secara otomatis segera setelah Anda mengunggah gambar ke dimensi yang Anda inginkan.

  • Smush

    Plugin lain yang bisa Anda coba adalah Smush yang merupakan pilihan yang populer dan dinilai tinggi oleh banyak pengguna untuk mengatasi masalah image di situs web mereka. Smush mengoptimasi gambar Anda dengan memindai satu per satu, membuat data yang tidak diperlukan, lalu mengatur ukuran ideal. Setelah selesai, setiap gambar akan disimpan ke galeri media dan jika ingin mengatur ulang ukuran gambar Anda juga bisa melakukannya secara otomatis agar sesuai ketentuan website.

  • Optimole

    Ingin mencari bantuan praktis, maka Anda bisa menggunakan plugin yang dapat membantu mengoptimalkan gambar dan mengirimkannya dengan ukuran yang sempurna untuk perangkat berbeda. Optimole tidak hanya berfungsi untuk serve scaled image, tapi juga membuat gambar memiliki ukuran yang sesuai secara otomatis tergantung dari perangkat pengguna. Dengan proses setup yang singkat, hal ini sangat menguntungkan jika Anda perlu kualitas maksimum tanpa repot. Selain fungsi utama yang sudah disebutkan sebelumnya, Optimole juga meningkatkan kecepatan memuat gambar.

 

Baca Juga  :    Cara Cek DA & PA Website / Blog (Tools) dan Cara Meningkatkannya

 

Cara Mengatasi Serve Scaled Image Tanpa Plugin

Cara Mengatasi Serve Scaled Images di Website WordPress
 

Selanjutnya adalah opsi dengan tanpa menggunakan bantuan plugin jika Anda merasa plugin cukup berat atau tidak mempunyai dana tertentu. Disini Anda bisa mencoba memotong gambar di media library dan kemudian menyesuaikannya dengan yang ada di media setting atau gunakan image editor seperti Photoshop dan lainnya. Sedikit informasi, jika Anda adalah pengguna platform WordPress untuk situs web Anda, maka Anda dapat mengandalkan fitur native bawaan platform ini yang disebut srcset.

Dengan bantuan fitur ini akan membuat gambar Anda responsif terhadap ukuran layar yang berbeda. Cara kerjanya adalah dengan menawarkan tiga opsi berbeda pada browser dan akan dipilih yang paling berguna dalam mengoptimalkan gambar. Di bawah ini adalah beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menyesuaikan ukuran gambar.

  • Menggunakan WordPress Media Library untuk editing atau memotong ukuran gambar

    Apabila Anda menggunakan opsi ini, maka‌ Anda perlu ke bagian backend dari situs WordPress, klik foto dan pilih edit image. Kemudian sebuah popup window akan terbuka, dari sini silahkan proses ke media library dan pilih gambar yang ingin Anda edit. Setelah selesai pilih link edit image, pada opsi scale image tulis dimensi baru dan gambar Anda akan berubah ukurannya.

  • Melakukan serve scaled image melalui pilihan setting

    Cara lainnya adalah lewat tombol setting di toolbar kemudian pilih media dimana akan terbuka halaman media setting dimana Anda memilih ukuran image. Anda akan diberikan tiga opsi dan mengatur tinggi serta lebar gambar secara terpisah. Disini Anda bisa memilih ukuran yang diinginkan untuk situs WordPress dan gambar disesuaikan dengan dimensi yang diinginkan.

  • Menggunakan bantuan Photo Editor

    Presisi maksimum bisa didapatkan lewat image editor seperti Photoshop untuk mengatur gambar Anda di WordPress yang mana opsi ini adalah yang terbaik dan tidak akan terjadi kesalahan. Ingin mencoba opsi ini? Silahkan buka gambar Anda di Adobe Photoshop, pergi ke toolbar yang ada di atas dan pilih image kemudian klik image size, ketika Anda memilih muncul popup yang menunjukkan dimensi gambar.

 

Baca Juga  :      Tips & Trick Memaksimalkan Gambar Untuk SEO (SEO For Images)

 

Kesimpulan dan Penutup

Masalah yang umum dengan konten berformat gambar bagi situs web adalah serve scaled image yang timbul karena tidak memenuhi ketentuan suatu website. Jika website Anda menggunakan dimensi tertentu maka gambar harus juga tepat sesuai. Apabila peraturan ini diabaikan maka mengakibatkan gambar bisa pecah-pecah atau memperlambat waktu memuat suatu halaman.

Perlu diketahui bahwa kecepatan halaman sangat berpengaruh terhadap peringkat website Anda di mesin pencarian, menggunakan gambar yang sesuai ketentuan akan membantu Anda menghindari kehilangan pengunjung karena menunggu terlalu lama halaman untuk dimuat. Memastikan Anda menggunakan gambar yang sesuai akan berdampak besar bagI keberlangsungan website. Semakin cepat halaman dimuat semakin betah pengunjung untuk berlama-lama dan inilah yang menurunkan bounce kedepannya, Selain itu, ada banyak plugin yang membantu Anda menyelesaikan masalah ini jika Anda ingin solusi yang cepat dan praktis.

 

 

 

Related Post :