Cara Menggabungkan File Microsoft Word secara Online dengan Mudah dan Cepat

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Microsoft Word masuk dalam serangkaian aplikasi di dalam Microsoft Office, ia bersama dengan Microsoft Excel, Access, Powerpoint dan lainnya. Aplikasi ini sudah tidak asing lagi untuk digunakan, orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda menggunakanya. Seperti pada mahasiswa yang dalam perkuliahan dan sehari-harinya memanfaatkan Microsoft Office dalam menyelesaikan tugas perkuliahannya, seperti juga pada pekerja kantoran yang menggunakan Microsoft Office untuk pekerjaan kantornya.

Dikenal dengan nama Word, Microsoft Word merupakan salah satu perangkat lunak pengolah kata yang menjadi salah satu produk unggulan yang dimiliki oleh Microsoft. Ada juga yang berpendapat bahwa Microsoft Word sendiri didefinisikan sebagai aplikasi yang mampu untuk menjalankan proses, melakukan format, menyimpan, mencetak, membagi dokumen berbasis teks dan lainnya.

Program pengolah kata satu ini diketahui paling banyak digunakan di dunia, terbukti dengan Microsoft WOrd yang sudah di install lebih dari 1 miliar perangkat seluruh dunia. Apalagi program satu ini ramah perangkat, Anda bisa menggunakannya di Windows dan Mac serta dalam versi mobilenya. Sejak rilis pada tahun 1983, ia mengalami banyak perkembangan dan perubahan yang semakin meningkat. Hingga saat ini sudah dalam versi terbaru yang dirilis pada akhir 2018 dengan versi Microsoft Word for Office 365 atau dikenal dengan Microsoft Word 2019.

 

Mengenal Microsoft Office 365

Microsoft 365 yang sebelumnya dikenal sebagai Office 365 adalah lini layanan berlangganan yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai bagian dari lini produk Microsoft Office. Merek ini mencakup paket yang memungkinkan penggunaan rangkaian perangkat lunak Microsoft Office selama masa langganan, serta perangkat lunak berbasis cloud sebagai produk layanan untuk lingkungan bisnis, seperti Exchange Server, Skype for Business Server, SharePoint dan lain- lain. Semua paket Microsoft 365 menyertakan pembaruan otomatis untuk perangkat lunaknya masing-masing tanpa biaya tambahan, berbeda dengan lisensi konvensional untuk program ini di mana versi baru memerlukan pembelian lisensi baru. Dengan begitu, Microsoft 365 menyediakan alat produktivitas yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Baca Juga   :   Cara Membuat Footnote di Microsoft Word 2016, 2019, dan 2020

 

 

Fitur dan Keunggulan Microsoft Office 365

Cara Menggabungkan File Microsoft Word secara Online dengan Mudah dan Cepat
 

Microsoft 365 tersedia dalam berbagai paket langganan yang ditujukan untuk kebutuhan dan segmen pasar yang berbeda, menyediakan rangkaian fitur yang berbeda dengan harga yang berbeda. Beberapa fitur yang termasuk diantaranya adalah :

 

  1. Microsoft 365 Personal

    Termasuk akses ke Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft OneNote, Microsoft Outlook, Microsoft Publisher & Microsoft Access untuk penggunaan di rumah / non-komersial di satu komputer (PC atau Mac) plus akses ke fitur premium di satu tablet (Android, iOS atau Windows RT, sebagai Windows penuh dihitung sebagai komputer) atau telepon. Manfaat tambahan termasuk 1 TB penyimpanan OneDrive tambahan dan 60 menit panggilan internasional Skype per bulan (tergantung area).

  2. Microsoft 365 Family (sebelumnya Office 365 Home)

    Ditujukan untuk konsumen dan keluarga arus utama; sama seperti Pribadi, tetapi untuk digunakan hingga enam perangkat hingga enam pengguna.

  3. Microsoft 365 Business Basic (sebelumnya Office 365 Business Essentials)

    Menawarkan akses ke layanan e-mail (Exchange), SharePoint, dan Microsoft Teams yang dihosting, serta akses ke aplikasi seluler dan versi Office Online dari Outlook, Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote.

  4. Microsoft 365 Apps untuk bisnis (sebelumnya Office 365 Bisnis)

    Menawarkan aplikasi Office untuk Windows, Mac, dan platform seluler hingga lima komputer, tablet, dan ponsel cerdas per pengguna.

  5. Microsoft 365 Business Standard (sebelumnya Office 365 Bisnis Premium)

    Menawarkan aplikasi Office untuk Windows, Mac, dan platform seluler hingga lima komputer, tablet, dan ponsel cerdas per pengguna, serta layanan Exchange, MileIQ, Microsoft Bookings, SharePoint, dan Teams yang dihosting.

  6. Microsoft 365 Apps untuk perusahaan (sebelumnya Office 365 Professional Plus, atau ProPlus)

    Menawarkan akses ke aplikasi Office Professional Plus hingga di lima perangkat per pengguna.

  7. Bisnis Menengah (Midsize Business)

    Ditujukan untuk bisnis dengan 10-300 karyawan. Menawarkan akses ke aplikasi Office 2013 dari ProPlus, ditambah layanan Exchange, SharePoint, dan Skype for Business yang dihosting. Hanya saja fitur ini tidak lagi tersedia.

  8. Office 365 Enterprise

    Ditujukan untuk digunakan di lingkungan perusahaan. Menawarkan akses ke semua aplikasi Office dan layanan yang dihosting, ditambah fitur dan dukungan kepatuhan hukum khusus perusahaan.

  9. Office 365 yang dioperasikan oleh 21Vianet

    Microsoft telah melisensikan 21Vianet untuk menyediakan layanan Office 365 kepada pelanggannya di China. Microsoft tidak mengoperasikan Office 365 di Cina, sebaliknya 21Vianet melakukannya. Fitur layanan berbeda dari layanan yang ditawarkan di tempat lain.

 

Baca Juga    :     Cara Mengubah File Microsoft Word ke PDF dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Menggabungkan File Word

Cara Menggabungkan File Microsoft Word secara Online dengan Mudah dan Cepat
 

Sistem pengerjaan yang paling sering dilakukan adalah dengan mengerjakan file secara terpisah, seperti file daftar isi, kata pengantar, isi, penutup, dan lainnya dalam file Word yang berbeda-beda. Umumnya pengerjaan dengan sistem ini dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir dalam mengerjakan skripsi tugas akhir mereka, tujuannya agar lebih fokus dan teratur dalam melakukan edit di masing-masing web. Setelah semua selesai, tentu langkah yang harus dilakukan adalah menggabungkan semuanya. Banyak yang masih menggunakan cara manual seperti menyalin masing-masing tulisan di file yang ada dan di paste ke file Word yang final. Hal ini menjadi satu kesulitan, sebab mengharuskan Anda untuk mengedit dan merapikannya kembali. Berikut cara yang bisa digunakan untuk menggabungkan file Word.

 

  • Langsung dengan Microsoft Word

    Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka Microsoft Word terlebih dahulu, letakkan kursor di halaman yang akan digunakan untuk menambahkan file Word lainnya. Setelah klik Page Break di tab Insert, masih di tab yang sama Anda klik segitiga kecil di menu Object dan pilih Text from File. Pilih file yang akan digabungkan, dan lakukan hal yang sama ketika ingin menggabungkan yang lainnya. Anda juga bisa menggabungkan file Word dengan langkah yang sama pada perangkat smartphone.

  • Menggabungkan Secara Online

    Cara online bisa digunakan dengan bantuan koneksi internet yang bagus dan website bantuan, namun Anda harus mengubah file Word ke Pdf terlebih dahulu dengan menggunakan website Smallpdf. Untuk mengubah file menjadi file Pdf cukup gunakan Microsoft Word seperti biasanya. Selanjutnya buka Smallpdf dan klik Choose File dan pilih file word yang sudah di pdf dan akan digabungkan, lanjut dengan klik Merge Files dan klik choose options. Anda bisa mengatur urutan file pdf yang digabungkan dengan klik dan drag, lanjut dengan klik tombol merge pdf. Setelah berhasil digabungkan, Anda bisa mengubahnya kembali menjadi file Word dengan klik pilihan PDF to Word di sebelah kanan layar. Terakhir unduh gabungan file Anda tadi.

 

Baca Juga  :     Microsoft Office 365 : Fitur, Keunggulan, dan Harga Berlangganan

 

Kesimpulan dan Penutup

File Word menjadi salah satu dari sekian banyak produk Microsoft yang paling banyak digunakan, hampir seluruh pengguna dunia menggunakannya. Untuk kegiatan sekolah, kuliah, kerja, dan lainnya menggunakan Microsoft Word, sejak kehadirannya pada 1983 sudah banyak membantu kerja para pengguna dalam pengolah kata. Hingga saat ini perkembangannya sudah terbaru yang baru saja dirilis pada akhir 2018, dengan nama Microsoft Word for Office 365.

Menggabungkan file Word bisa menggunakan berbagai cara, Anda bisa menggunakan cara manual dengan menggunakan Microsoft Word secara langsung. Lakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang ada pada Microsoft Word, selain itu Anda bisa menggunakan dengan cara online. Namun cara online bisa digunakan jika Anda memiliki koneksi internet dan menggunakan bantuan website pihak ketiga.

Related Post :