Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu File dengan Cara Praktis, Cepat dan Mudah

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sekarang kita tidak lagi begitu mengandalkan buku maupun membawa data penting fisik konvensional karena sifatnya yang tidak praktis dan tidak aman. Oleh karena itu kini sudah ada teknologi yang bisa membawa banyak data dan informasi secara mobile dengan keamanan yang jauh lebih baik serta tersimpan di dalam file yang bisa diakses kapan saja kita membutuhkannya.

Inilah yang disebut dengan e-book yang berbentuk dalam format file PDF. Cara penyimpanan kompres ini sangat ringkas dan tidak terbatas, Anda bisa membukukan apa saja mulai dari buku hingga berkas- berkas dan dokumen – dokumen penting. File tipe PDF ini juga jauh lebih ringan dan efisien jika dibandingkan dengan file tipe Microsoft Word dan penyimpanan memory biasa.

Di karenakan sifatnya yang ringan dan kecil ini, proses pengiriman dan pengunduhan tipe file PDF pun juga akan menjadi cepat. Anda dapat membaginya melalui email, juga platform media sosial dan media komunikasi online. Sehingga saat ini semakin banyak orang yang telah beralih mengubah dokumen dengan format PDF seperti ebook juga dokumen digital lainnya untuk mempermudah pekerjaan mereka.

 

Apa Itu PDF?

PDF adalah singkatan dari Portable Document File yang diciptakan oleh salah satu Adobe, yaitu John Warnock yang dikembangkan dari tahun 1991 sampai tahun 2000 yang awal mula proses pengambangan ini disebut Proyek Camelot. Pada dasarnya, Warnock ingin siapa pun dapat mengakses file yang dibuat dalam berbagai aplikasi, sehingga mereka dapat dikirim secara elektronik dan diakses melalui komputer apa pun hingga menelurkan PDF yang kita kenal saat ini.

Singkatnya, PDF adalah standar terbuka yang memungkinkan dokumen untuk dipertukarkan dan dibuka oleh siapa saja, terlepas dari sistem operasi, perangkat keras, atau batasan perangkat lunak yang jika tidak akan menyebabkan masalah. Jika Anda pernah menerima dokumen Word dari seseorang yang menggunakan versi perangkat lunak berbeda dari yang Anda miliki di laptop Anda sendiri, mungkin bahkan hanya dari tahun yang berbeda pasti Anda akan kesulitan dalam membuka file tersebut.

Karenanya Organisasi Internasional untuk Standardisasi mempertahankan standar PDF, yang memungkinkan dokumen berisi tautan dan tombol, bidang formulir, audio, dan video dapat dibuka dan diakses. Bahkan menurut Adobe, PDF juga dapat ditandatangani secara elektronik dan siapa pun dapat membaca file di Windows atau Mac dengan menggunakan perangkat lunak Acrobat Reader DC gratis.

 

Cara menggabungkan File PDF dengan praktis, cepat dan mudah

Untuk menggabungkan semua file, dokumen maupun buku, ada beberapa cara yang bisa Anda coba dan terapkan melalui beberapa aplikasi yang tersedia. Tidak jarang juga aplikasi- aplikasi tersebut juga dapat digunakan secara gratis. Berikut beberapa cara menggabungkan file PDF yang praktis, cepat dan mudah menurut aplikasi yang bisa Anda pilih.

 

Cara menggabungkan File PDF dengan Adobe Reader

 

Selaku pengembang asli dari format file PDF, tentu saja Adobe turut menyediakan aplikasi untuk menggabungkan dan membuat file PDF yang disebut dengan aplikasi Adobe Reader. Berikut cara yang bisa Anda tempuh :

  1. Install Adobe Reader.
  2. Klik tab Tools.
  3. Klik tombol Combine Files.
  4. Klik tombol Add Files berwarna biru untuk menambahkan file-file PDF yang akan ingin Anda jadikan satu.
  5. Pilih tombol Combine.
  6. Simpan file tersebut di folder yang Anda inginkan dengan menekan tab File > Save As.

Baca Juga :  Tutorial Cara Membuat Tanda Tangan / Signature di Email (Contoh : Gmail)

 

Cara menggabungkan File PDF dengan Foxit Reader

 

Aplikasi populer yang juga banyak dipakai untuk membuat PDF adalah Foxit Reader yang bisa menggabungkan banyak files. Simak cara menggunakan aplikasi Foxit Reader berikut ini :

  1. Install Foxit Reader.
  2. Buka dan centang Merge multiple files into a single PDF file.
  3. Setelah semua files Anda berhasil diunggah, Anda dapat mengurutkan atau juga menghapus file yang Anda inginkan.
  4. Setelah selesai, klik pada Convert dan tentukan penyimpanan file Anda.

 

Cara menggabungkan File PDF dengan Nitro Pro

 

Selain aplikasi Adobe Acrobat dan Foxit Reader, NitroPDF juga salah satu aplikasi PDF yang ramah guna dan praktis. Berikut langkah- langkah menggabungkan file yang bisa Anda coba :

  1. Unduh NitroPDF, buka dan pilih Combine.
  2. Untuk menambahkan file PDF yang ingin Anda gabungkan, pilih Add Files.
  3. Lalu pilih Create untuk menggabungkan file pilihan Anda menjadi satu file.
  4. Kemudian tentukan lokasi folder dan lalu simpan.
  5. Dalam beberapa saat file Anda yang sudah berhasil tergabung akan terbuka secara otomatis.

Baca Juga :  Cara Membuat Surat Keterangan Kerja dan Contohnya

 

Cara menggabungkan File PDF dengan Adobe Acrobat Pro

 

Disamping aplikasi Adobe Reader yang diberikan secara gratis, Adobe juga menyediakan Adobe Acrobat Pro jenis premium untuk membaca, mengedit, menggabungkan files serta lain sebagainya. Berikut ini cara menggabungkan files dengan Adobe Acrobat Pro :

  1. Unduh dan buka Adobe Acrobat Pro, lalu klik tombol Create pada toolbar utama. Jika Anda tidak menemukannya, maka buka View kemudian pilih Task dan klik Show All Task Buttons.
  2. Pilih menu Combine File into a single PDF yang ada di Create yang bisa menggabungkan beberapa file dalam 1 file.
  3. Klik Browse, lalu cari file PDF yang ingin digabungkan menjadi 1 file, klik OK dan file yang Anda pilih akan tersalin pada kotak putih bagian kanan.
  4. Urutkan file PDF dengan tombol Move Up, Move Down dan Remove. Klik hilangkan tanda di sebelah Include all open PDF files bila Anda tidak menggunakan file PDF yang pernah dibuka.
  5. Jika pengurutan sudah selesai, klik Combine Files dan klik OK>
  6. File Anda telah tergabung dan simpan pada klik Save As.

 

Cara menggabungkan File PDF dengan Icecream PDF Split & Merge

 

Selain Adobe Reader dan Adobe Pro, Adobe juga mengembangkan aplikasi Icecream PDF Split & Merge yang dikembangkan langsung oleh Adobe Systems. Aplikasi ini juga menyederhanakan penggabungan lebih ringkas dengan cara :

  1. Install Icecream PDF Split & Merge.
  2. Klik hilang opsi instalasi perangkat lunak yang diinginkan.
  3. Buka aplikasi, pilih Add File dan dokumen yang ingin Anda gabungkan.
  4. Untuk melakukan sortir, gunakan fitur Up dan Down.
  5. Anda juga bisa menambahkan password untuk perlindungan file
  6. Setelah pengurutan file, klik Merge untuk menggabungkan semua file tersebut.

Baca Juga :  Cara Daftar Online Antrian BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Cepat Tanpa Antri

 

Cara menggabungkan File PDF dengan PDFelement6

 

Alternatif penggabungan file PDF terakhir adalah PDFelement6 yang juga menyediakan cara yang praktis sebagai berikut :

  1. Unduh dan install PDFelement6.
  2. Buka dan klik fitur Combine PDF.
  3. Pilih file yang ingin Anda gabungkan dengan fitur drag and drop.
  4. Setelah dipilih, klik Next.
  5. Dalam berapa saat semua file yang Anda pilih akan tergabung dan selesai.

 

Kesimpulan dan penutup

PDF yang merupakan format pengumpulan berkas secara efisien yang di buat dan dikembangkan Adobe System telah menjadi salah satu kebutuhan para pelaku dan pengguna internet. Pertukaran dokumen telah berhasil di digitalisasi yang memudahkan banyak kehidupan dan memenuhi banyak tujuan ini telah mendapat stand ISO sejak 2008 silam. Selain itu format PDF juga mampu mempresentasikan dokumen apa saja seperti 2D yang meliputi teks, huruf dan grafik vektor.

Tidak mengherankan bahkan penerbit buku juga beralih menjadikan format buku kerta menjadi ebook dan menjualnya secara online yang tidak hanya mudah dalam pembelian, pengunduhan tapi juga bisa dibaca secara mobile. Disamping itu, banyak juga dari sekolah- sekolah yang turut menyebarkan ebook untuk materi pembelajaran, instansi- instansi yang mengkompres dokumen penting sehingga mudah dibawa kemana mereka pergi.

Anda dapat membawa dan menyimpan portable document Anda dalam perangkat smartphone, laptop, tablet dan juga cloud computing. Jadi tidak mengherankan menggabungkan file PDF yang bisa menampung macam ragam keperluan dan data yang lebih banyak dalam satu wadah ringan telah menjadi pilihan utama saat ini. Ditambah lagi kita juga telah memasuki zaman digital yang telah membuat hampir semua pekerjaan kita menjadi mudah seperti dengan cukup membaca ribuan halaman hanya melalui perangkat mobile saja.

Related Post :

popup image