Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger yang Baik dan Benar di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Dengan semakin berkembangnya industri kecantikan di Indonesia, hal tersebut juga mendorong perkembangan berbagai jenis lini bisnis yang menunjang industri tersebut. Salah satunya yaitu beauty blogger/vlogger. Kian populernya ranah rias merias ini menjadikan banyak orang baik pria atau wanita mulai mencari cara menjadi beauty blogger/vlogger profesional.

Istilah beauty blogger mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia terutama kalangan wanita. Bahkan saat ini menjadi beauty blogger/vlogger menjadi sebuah profesi yang dapat mendatangkan penghasilan yang menggiurkan. Cukup dengan mengulas produk kecantikan melalui situs atau video Youtube, ulasan tersebut dapat bermanfaat sekaligus mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Lalu bagaimana cara menjadi beauty blogger/vlogger yang baik dan benar di Indonesia? Pertama tentunya Anda harus mempunyai passion atau hobi dalam bidang ini karena ini adalah bidang yang memerlukan dedikasi tinggi mengingat banyaknya ragam kosmetik yang muncul dari hari ke hari. Berikutnya adalah tentu disiplin untuk tetap konsisten menjaga ritme konten Anda. Jika Anda tertarik dalam bidang ini, mari cari tahu lebih lanjut cara menjadi beauty blogger/vlogger berikut ini.

 

Apa Itu Beauty Blogger/ Vlogger

Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger yang Baik dan Benar di Indonesia
 

Beauty blogger dan beauty vlogger sebetulnya merupakan dua istilah yang berbeda. Tetapi kedua istilah tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu mereview produk-produk kecantikan dari berbagai brand. Blogger kecantikan merupakan orang yang membagikan tulisan tentang review produk-produk kecantikan serta mendemonstrasikan melalui blog. Sedangkan beauty vlogger merupakan orang yang membuat konten kecantikan berupa video yang diunggah ke Youtube atau Instagram.

Perlu Anda ketahui bahwa istilah vlogger berasal dari kata video dan blogger. Semula konten review, tips-tips serta informasi menarik tentang kecantikan dibagikan melalui tulisan blog. Namun kini konten tersebut dibuat dalam bentuk video dengan durasi antara 15-30 menit. Dahulu sebelum bauty vlogger tren seperti sekarang, banyak beauty blogger yang sudah eksis terlebih dahulu dngan tulisan-tulisannya. Bahkan saat ini beberapa beauty blogger tersebut sudah beralih menjadi beauty vlogger.

Awalnya para beauty blogger/vlogger hanya membuat review produk kecantikan berupa tulisan maupun video tutorial. Seiring berkembangnya era digital menjadikan mereka semakin dikenal sehingga memiliki follower maupun pembaca setia. Tak jarang brand-brand kosmetik lokal maupun interasional banyak yang menggaet beauty blogger/vlogger tersebut untuk mempromosikan produk-produk kecantikannya.

Aturan secara umumnya biasanya produk-produk kecantikan akan dikirimkan pada pengiklan dan diberikan secara gratis. Sebagai imbal balik, maka mereka meminta para beauty blogger atau vlogger untuk mendemontrasikan sekaligus memberikan reviewnya. Dari hasil review produk-produk kecantikan tersebut, beauty blogger/vlogger akan memperoleh honor dengan jumlah yang menggiurkan dari brand-brand kosmetik ternama.

Selain itu, para beauty blogger atau vlogger tersebut juga mendapatkan kesempatan diundang pada event yang diselenggarakan oleh brand-brand kecantikan ternama. Hal ini menjadikan para beauty blogger/vlogger menjadi idola bagi para wanita yang gemar mengikuti tren kecantikan.

Baca Juga :    Cara Mendapatkan Uang dari Google dengan Mudah dan Cepat

 

Keuntungan Menjadi Beauty Blogger/Vlogger di Indonesia

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan dan hobby menggunakan produk-produk kosmetik, cobalah untuk menjadi seorang beauty blogger/vlogger. Sebab selain bisa menuangkan hobi, Anda berkesempatan memperoleh berbagai keuntungan seperti di bawah ini.

 

  • Eksistensi

    Dengan menjadi seorang beauty blogger/vlogger maka Anda berkesempatan menjadi seseorang yang terkenal. Tetapi konten yang Anda buat haruslah berkualitas baik dari segi isi konten, suara, pencahayaan sampai editingnya.
     
    Semakin berkualitas konten yang Anda buat, maka kemungkinan audiens atau subscriber yang Anda miliki juga akan meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan mereka juga tidak ragu untuk selalu menantikan konten terbaru dari Anda.

  • Aktualisasi Diri

    Ketika Anda memutuskan ingin menjadi seorang beauty blogger/vlogger, maka Anda telah percaya pada diri Anda sendiri untuk berbagi cerita maupun inspirasi seputar kecantikan dengan para wanita di seluruh dunia. Hal ini merupakan bentuk dari aktualisasi diri secara positif.

  • Memperoleh Produk Secara Gratis

    Semakin banyak audiens atau subscriber yang Anda miliki, kemungkinan akan ada brand kecantikan yang akan melirik Anda untuk mempromosikan produk mereka. Tentu brand-brand tersebut tidak ragu memberikan produk kecantikan secara gratis kepada Anda.

  • Memperoleh Penghasilan

    Beauty blogger/vlogger di Indonesia yang sudah memiliki banyak audiens atau subscriber biasanya dapat membantu penentuan rate card jasa promosi yang dilakukannya dalam bentuk video. Besar nominal jasa promosi tersebut juga bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

  • Jaringan Pertemanan yang Luas

    Dengan menjadi beauty blogger/vlogger maka Anda berkesempatan memperluas jaringan pertemanan. Sebab Anda dapat berinteraksi dengan para audiens maupun subscriber untuk menjadi teman baru. Selain itu, jaringan pertemanan juga bisa terjalin antara sesama beauty blogger dan beauty vlogger untuk saling berbagai pengalaman maupun membuat komunitas untuk memperkuat rasa percaya diri.

 

Baca Juga :    Peluang Bisnis Rumahan Terbaik dan Menguntungkan di Tahun 2020

 

Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger

Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger yang Baik dan Benar di Indonesia
 

Jika Anda ingin belajar mengikuti jejak kesuksesan para beauty blogger/vlogger di Indonesia, sebaiknya perhatikan dahulu kunci-kunci suksesnya. Berikut beberapa cara menjadi beauty blogger atau vlogger yang baik dan benar di Indonesia :

 

  1. Mengenali Kekuatan Diri

    Untuk memulai menjadi beauty blogger/vlogger, sebaiknya kenali siapa diri Anda serta kekuatan yang dimiliki. Pastikan Anda memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan blogger/vlogger lain.
     
    Tonjolkanlah kelebihan tersebut di depan kamera supaya Anda tampak luwes ketika berbagi informasi untuk para audiens. Anda tidak perlu memikirkan kelemahan yang Anda miliki karena hanya sebagian penonton yang memperhatikan kelemahan dari beauty blogger atau vlogger idolanya.

  2. Menentukan Konten yang Sesuai

    Saat ini konten seputar dunia kecantikan memang begitu beragam, seperti tips dan trik, review hingga tutorial make up. Anda harus menentukan jenis konten yang ingin dibuat.
     
    Selain itu perhatikan juga waktu penerbitan konten yang tepat Sehingga konten Anda akan saling berkaitan dan berkelanjutan. Anda juga bisa bertanya kepada audiens mengenai konten yang mereka inginkan berikutnya. Sehingga konten yang Anda bagikan akan selalu berada di titik yang tepat.

  3. Sasaran Konten

    Tentukan sasaran target konten Anda tersebut apakah untuk remaja atau dewasa. Dengan menentukan sasaran konten maka Anda akan lebih mudah menciptakan sebuah konten yang bermanfaat bagi audiens. Kebanyakan para beauty blogger/vlogger memilih remaja sebagai sasaran konten karena remaja memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

  4. Mempersiapkan Peralatan

    Persiapkan peralatan yang menunjang pembuatan konten seperti kamera, smartphone, kuas, make up, lighting dan sebagainya. Jangan lupa gunakan aplikasi editing yang berkualitas untuk hasil yang lebih memuaskan, serta jagalah selalu kualitas konten Anda dengan disiplin dan relevan.

  5. Perhatikan Kualitas Foto/Video

    Kualitas foto/video dipengaruhi oleh pencahayaan serta kamera yang dipergunakan. Tentu semakin lengkap tools yang Anda pakai maka hasilnya juga akan semakin bagus. Untuk video sebaiknya berdurasi maksimal 15 menit supaya audiens tidak bosan.

  6. Posting secara Rutin

    Buatlah postingan konten secara rutin dan tentukan juga harinya supaya audiens lebih mudah mengikuti konten terbaru Anda. Pastikan terus konsisten mengupload konten supaya audiens lebih mudah mengupdate informasi terbaru yang Anda bagikan.

  7. Menjalin Komunikasi Dengan Followers

    Jalinlah komunikasi dengan para followers baik melalui blog, Youtube maupun media sosial lainnya. Caranya dengan meminta pendapat dan saran dari mereka atau bisa juga dengan mengadakan meet and greet di tempat tertentu. Beri perhatian yang baik kepada followers Anda karena mereka adalah support stytem utama Anda dalam meniti karir kecantikan ini.

 

Baca Juga :     Cara Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Berdasarkan informasi di atas dapat diketahui bahwa cara menjadi beauty blogger/vlogger memang cukup mudah. Tetapi dibutuhkan kemampuan memakai serta pengetahuan seputar produk kecantikan agar konten yang dihasilkan benar-benar bermanfaat bagi audiens. Selain itu, jangan lupa mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dengan baik agar konten yang dihasilkan juga lebih memuaskan.

Konten yang dibuat sembarangan biasanya kurang menarik bagi audiens sehingga konten tersebut kurang begitu diminati. Jangan lupa selalu jadi diri Anda sendiri dan jangan mengikuti gaya orang lain saat membuat konten. Sebab hal tersebut akan menjadi ciri khas yang membedakan Anda dengan blogger/vlogger lainnya. Bagi Anda yang memiliki minat dan kemampuan di bidang kecantikan, jangan sampai lewatkan kesempatan mencoba menjadi beauty blogger/vlogger. Di samping bisa menyalurkan hobi, Anda berkesempatan memperoleh penghasilan, produk gratis serta popularitas di Indonesia.

Related Post :