Cara Menjadi Food Blogger Sukses Dengan Mudah dan Cepat untuk Karir Anda

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Memulai blog makanan bukanlah tugas yang mudah, tetapi selama Anda menyukai makanan dan menikmati menghabiskan waktu memasak, menjadi food blogger bisa menjadi sangat mudah. Beberapa hal yang Anda butuhkan hanyalah dedikasi, minat, dan sedikit bimbingan agar blog Anda semakin bagus dan diminati para penggemar serta pembaca.

Ada banyak aspek untuk menjadi seorang food blogger, jadi mungkin Anda merasa kewalahan saat pertama kali memulai. Namun jangan khawatir, itulah mengapa panduan ini dibagi menjadi sembilan langkah komprehensif yang mudah dipahami dan diikuti. Dari menemukan niche blogger makanan Anda hingga akhirnya memonetisasi blog Anda, semua akan dibahas termasuk langkah penting yang akan membuat perjalanan blog Anda menjadi mudah.

Karen menjadi food blogger bisa menjadi berbeda dari blogger niche lain, jadi tidak mengherankan kalau food blogger harus memperhatikan banyak aspek. Selain sebagai penyaluran hobi, food blogger juga bisa menjadi karir yang mumpuni dan bermasa depan cerah. Jadi, mari langsung baca dan perhatikan step sederhana, mudah dan cepat untuk dapat mengajari Anda cara memulai blog makanan yang mendorong klik dan menarik audiens.

 

Dasar dan Tips Utama Memulai Food Blogger

Cara Menjadi Food Blogger Sukses Dengan Mudah dan Cepat untuk Karir Anda
 

 

Sebelum Anda memasak hidangan pertama Anda atau mulai memotret makanan, ada baiknya meluangkan waktu untuk membuat konsep beberapa ide yang dapat Anda rencanakan untuk blog Anda. Selain itu, jangan lupa bahwa blogging adalah termasuk bisnis yang bisa membantu Anda mendapatkan dukungan bahkan endorsement. Berikut ini adalah dasar dan tips utama untuk memulai dan menghasilkan uang dari blog makanan :

 

  • Tentukan Jenis Blog Makanan yang Ingin Anda Mulai

    Niche yang spesifik cenderung menarik audiens lebih efektif daripada topik umum, bahkan dalam hal makanan. Ada banyak niche yang perlu dipertimbangkan seperti masakan bebas gluten, karbohidrat atau gula, vegan, atau hemat. Atau Anda bisa mengkhususkan diri pada jenis makanan, seperti coklat atau lauk pauk.

  • Buat Nama Blog

    Pilih nama yang menggambarkan blog Anda dan tersedia sebagai nama domain. Saat menentukan nama Anda, buatlah deskriptif, tetapi jangan terlalu membatasi sehingga Anda tidak dapat mengembangkan ide Anda.

  • Beli Nama Domain dan Hosting Web Anda

    Anda dapat membuat blog di sumber gratis seperti Blogger atau Weebly, tetapi blogger yang paling sukses dan menguntungkan juga memiliki hosting sendiri. Banyak host web akan menyertakan pembelian nama domain Anda saat mendaftar untuk layanan. Anda juga bisa membelinya secara terpisah. Pilih host web yang menawarkan pemasangan WordPress yang mudah. Ada platform manajemen konten lain, tetapi WordPress adalah yang paling banyak digunakan dan salah satu yang paling mudah dipelajari.
     

    Baca Juga :   Panduan Lengkap Belajar Blogger untuk Pemula

  • Instal WordPress di Akun Hosting Web Anda

    Tanyakan kepada penyedia host Anda tentang bagaimana Anda dapat melakukan ini dari dalam akun hosting Anda. Setelah dipasang, pilih tema yang cocok dengan makanan. Dari dalam dashboard WordPress Anda, Anda dapat mencari tema makanan dan klik untuk menginstal. Untuk hasil terbaik, pilih tema yang responsif yang dapat menyesuaikan agar mudah dibaca di tablet dan smartphone, dioptimalkan untuk mesin telusur, dan mudah dinavigasi oleh pembaca. Anda bisa mendapatkan tema secara gratis, tetapi Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli tema untuk penyesuaian dan fitur yang lebih baik.

  • Instal Plugin untuk Memaksimalkan Situs

    Plugin dasar yang harus Anda instal termasuk Akismet untuk penyaringan spam komentar, alat media sosial sehingga orang dapat berbagi konten Anda, caching untuk membuat situs Anda memuat lebih cepat dan tidak terlalu menguras host Anda, formulir kontak serta jangan tulis alamat email Anda di blog Anda atau Anda akan mendapatkan spam, dan Google Analytics. Selain itu, pertimbangkan untuk menambahkan plugin foodie seperti EasyRecipe, yang memudahkan untuk memasukkan dan mencetak resep dan juga mengoptimalkan resep Anda untuk Google.

  • Siapkan Daftar Email

    Daftar email akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak pendapatan. Anda dapat mengirim email kepada orang-orang di daftar Anda untuk memberi tahu mereka tentang resep baru dan mengingatkan mereka untuk kembali ke situs Anda sehingga mereka kemudian dapat mengklik opsi monetisasi Anda. Anda juga dapat mengirim email penawaran dan promosi khusus. Gunakan layanan email dan tempel formulir pendaftaran di blog Anda serta tawarkan hadiah gratis seperti resep atau video memasak untuk menarik pengunjung agar berlangganan.
     

    Baca Juga :   Apa Itu Blogger : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

  • Tambahkan Resep Khas Anda

    Anda harus menambahkan beberapa resep khas Anda segera sehingga pembaca dapat melihatnya hingga mempraktikkannya. Setelah itu buat jadwal blogging untuk menambah beberapa resep dalam seminggu. Saat Anda menambahkan resep Anda, jangan lupa ambil foto yang menggugah selera dan tulis petunjuk langkah demi langkah yang jelas. Jangan takut untuk menambahkan informasi yang dipersonalisasi seperti perubahan yang Anda buat pada resep atau cerita tentang riwayat resep yang Anda sajikan.

  • Promosikan Blog Anda

    Satu mitos yang dipercaya banyak orang adalah dengan hanya membangun blog, orang akan secara ajaib menemukan dan membacanya. Tapi itu tidak benar. Orang tidak dapat membaca apa yang tidak mereka ketahui. Meskipun Anda ingin mengoptimalkan mesin telusur, Anda tidak dapat mengandalkan mesin telusur saja untuk mengarahkan lalu lintas ke blog Anda.

  • Monetisasi Blog Anda

    Untuk dapat menghasilkan uang tentu membutuhkan lalu lintas dan traffic kunjung, itulah sebabnya Anda perlu memasarkan sebelum Anda menghasilkan uang. Tetapi begitu Anda memiliki pengunjung ke blog Anda, mulailah menambahkan sumber penghasil uang bagi blog Anda.

 

Baca Juga  :    Daftar Template Blogger Terbaik & SEO Friendly di Tahun 2021

 

Cara Membuat dan Membangun Blog

Cara Menjadi Food Blogger Sukses Dengan Mudah dan Cepat untuk Karir Anda
 

Ingin memulai blog makanan tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Banyak orang yang merasa frustasi jika berurusan dengan hal-hal teknis ketika Anda benar-benar hanya ingin membagikan resep dalam blog Anda. Baik Anda ingin memulai blog memasak, atau ingin menjadi blogger makanan yang lebih sukses, di bawah ini tips yang akan meringankan masalah teknis Anda. Siap memulai blog makanan yang profesional? Anda memiliki dua pilihan yang bisa Anda coba, yakni :

 

  • Pekerjakan seorang desainer web untuk melakukannya untuk Anda. Desain khusus biasanya berharga diluar budget Anda tetapi tentu saja merupakan pilihan jika Anda punya uang untuk dibelanjakan. Pastikan untuk meminta referensi dan melihat apakah design blog telah sesuai dengan keinginan Anda.
  • Buatlah blog Anda sendiri dengan menggunakan platform bebas biaya dan gratis seperti Blogger, Weebly, WordPress dan lain- lain. Dari sini Anda bisa mulai membeli domain, hosting bahkan teman yang sesuai disamping juga tentunya menambahkan plugin pendukung.

 

Baca Juga   :     Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger yang Baik dan Benar di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Food blogger sangat populer saat ini, dan ini bisa menjadi usaha yang menarik dan menguntungkan bagi siapa saja yang memiliki hasrat dan kemampuan dalam mengembangkan hobi makan atau masak menjadi sebuah pekerjaan. Meski membutuhkan usaha, komitmen, dan dedikasi, tetapi membangun blog makanan bisa dengan mudah menjadi sangat berharga.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menjadi seorang food blogger, yang perlu Anda lakukan adalah memilih dengan bijaksana niche pasar Anda, platform blog Anda dan buatlah nama domain, memilih penyedia hosting web Anda dan luncurkan blog Anda serta buatlah konten yang bermanfaat, promosikan blog Anda dan kemudian monetisasi blog Anda. Terakhir, jangan lupa untuk menikmati segala prosesnya karena ini adalah bidang yang Anda sukai tentunya.

 

Related Post :