Cara Mudah Kompres Video Untuk Dikirim Melalui Email

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Konten video telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat modern. Ini adalah bagian dari digitalisasi dan online yang ditunjang dengan perangkat seperti smartphone dan perangkat komputer lainnya. Kini siapa saja bisa mengambil dan berbagi video apa saja melalui smartphone mereka dan menayangkannya di platform media sosial atau YouTube.

Hanya saja untuk dapat berbagi video berkualitas tinggi bisa saja menjadi masalah karena bandwidth dan batas ukuran. Misalnya, Anda tidak dapat membagikan video berukuran lebih dari 25 MB di Gmail atau lebih dari 16 MB di WhatsApp. Oleh karena itu perlu adanya bantuan aplikasi kompresor video memainkan peran penting. Tidak hanya untuk berbagi di media sosial, Anda dapat menggunakan aplikasi kompresor video untuk mengkompres video yang disimpan di ponsel Anda untuk mengurangi pemakaian ruang.

File video yang bisa sangat besar bisa menjadi masalah untuk diunggah dan dibagikan secara cepat. Kecuali Anda membutuhkan resolusi setinggi mungkin, membuat file video lebih kecil lebih baik jika dimaksudkan untuk dibagikan melalui perangkat smartphone. Mengurangi resolusi juga dapat membantu mengatasi buffering karena tidak semua orang mempunyai jaringan internet yang sama. Selain itu, mengkompres video akan secara drastis mempercepat proses pembuatan dan pengeditan video Anda karena Anda tidak perlu bekerja dengan file video besar.

 

Cara Kompres Video Untuk Dikirim Melalui Email

Cara Mudah Kompres Video Untuk Dikirim Melalui Email
 

Mengingat siapa saja kini bisa membuat video secara langsung dari perangkat mobile mereka dan memilih kualitas terbaik, ternyata tidak semua video yang Anda ambil ini bisa dikirim langsung, terutama melalui email. Ketika Anda melampirkan file dan menekan kirim, sistem email Anda tidak memungkinkan Anda untuk mengirim video. File video sendiri dapat berkisar dari 10 MB untuk video satu menit, hingga seratus MB atau lebih untuk video yang lebih panjang, membuatnya terlalu besar untuk dilampirkan ke email.

Maka cara yang paling umum untuk mengkompres video adalah dengan mengubahnya menjadi file zip. Ukuran file akan diperkecil dan kualitasnya tidak akan terpengaruh. Meskipun ini adalah cara cepat dan mudah untuk mengkompres video, Anda tidak akan melihat perubahan besar dalam ukuran file dan fitur ini tersedia untuk pengguna Windows dan Mac. Berikut beberapa langkah mudah dan cepat untuk mengkompres video ke dalam zip sehingga Anda bisa menyematkannya ke dalam email.

Klik kanan pada file video, dengan ketentuan berbeda untuk pengguna Windows dan Mac :

  • Pengguna Windows, pilih ‘Kirim ke > Folder terkompresi (zip)’. Lalu silahkan membuat file zip di Windows.
  • Pengguna Mac, pilih ‘Nama kompres/Compress name’, lalu buatlah file zip untuk pengguna Mac.
  • Dari sini file akan secara otomatis dikompresi sehingga Anda bisa langsung mengirimnya melalui email.

 

Baca Juga  :   Software Editing Video Terbaik untuk Pemula di Tahun 2021

 

Metode dan Teknik Lain untuk Kompres Untuk Dikirim Melalui Email

Mengkompres video melalui file zip adalah cara yang paling umum dan bisa dikatakan cukup aman karena kualitas video yang dimasukkan ke dalamnya masih mempunyai ukuran kualitas yang aman. Namun ada beberapa metode atau teknik lainnya yang bisa Anda coba jika ingin melampirkan video ke dalam email yang Anda kirim. Mari simak opsi yang bisa Anda pertimbangkan dibawah ini.

  • Memanfaatkan layanan cloud

    Penyimpanan cloud adalah langkah yang paling praktis terutama dalam penghematan penyimpanan fisik yang memakan ruang dan tempat. Ada berbagai macam layanan yang cloud seperti Dropbox, Google Drive, One Drive, dan lainnya yang memungkinkan Anda berbagi file video berukuran besar dengan mudah. Semuanya bekerja dengan cara yang kurang lebih sama, dengan terlebih dahulu mendaftarkan akun kemudian mengunduh klien desktop, atau mengakses layanan secara online. Kemudian Anda dapat mengunggah file video dan membagikan tautan yang dihasilkan melalui email dengan kolega atau teman Anda.

  • Berbagi tautan video tanpa harus diunggah

    Selanjutnya adalah metode yang tak kalah mudahnya, yakni berbagi link atau tautan video yang memungkinkan Anda untuk dapat Anda berbagi file video berukuran besar hanya dalam beberapa klik, tanpa memerlukan layanan cloud atau mengunggah file ke Mac atau PC Anda. Anda cukup membuat tautan ke video Anda dan mengirimkannya ke kontak Anda, dengan opsi untuk menambahkan kata sandi dan tanggal kedaluwarsa. Untuk opsi ini, Anda bisa mencari layanan yang bisa membantu Anda membuat link bagi video Anda di Google.

 

Baca Juga :   Rekomendasi Software Pemutar Video Terbaik dan Gratis untuk Laptop

 

Jenis Format Video Terkompresi Terbaik dengan Kualitas Tinggi

Cara Mudah Kompres Video Untuk Dikirim Melalui Email
 

Secara sederhana, video terkompresi yang baik dapat disebut sebagai file video yang dikodekan dan dikompresi menggunakan teknik di mana ukuran file diperkecil tanpa kehilangan kualitas aslinya. Ada sejumlah format video yang dapat memfasilitasi kompresi ini sambil tetap mempertahankan kualitas file dan masing-masing menggunakan algoritma yang berbeda untuk kompresi file. Maka dalam memilih format kompresi yang tepat tergantung pada persyaratan file dan perangkat pemutaran Anda.

Memilih video terkompresi yang tepat tergantung pada kebutuhan Anda karena ada sejumlah format ini yang tersedia. Beberapa jenis format juga menggunakan teknik dan algoritma yang menghasilkan kompresi file dengan tetap mempertahankan kualitas tinggi. Berikut ini beberapa format populer yang umum digunakan untuk kompresi video.

  • MP4

    Mungkin MP4 adalah format yang paling universal karena kompatibel dengan sebagian besar pemutar dan perangkat yang tersedia saat ini. Format wadah multimedia ini mampu mengkompres video menjadi ukuran file yang lebih kecil sambil menjaga kualitas yang layak. Bahkan sebagian besar situs streaming online juga menggunakan format ini karena hampir semua versi MPEG-4 dan H.264 kompatibel dengan format tersebut.

  • AVI (Audio Video Interleaved)

    Selanjutnya, format yang tak kalah multimedia adalah AVI yang menawarkan file terkompresi berkualitas tinggi. Format ini mampu mengalirkan beberapa file audio dan video selain juga mendukung beragam codec yang didukung oleh format sehingga memfasilitasi berbagai pengaturan file yang diinginkan. Meskipun formatnya tidak terlalu populer untuk streaming atau pengunduhan video, ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk penyimpanan video di perangkat Anda.

  • H.264

    Juga dikenal sebagai MPEG-4 Part 10, Advanced Video Coding (MPEG-4 AVC) H.264 adalah salah satu format kompresi video terbaik karena mampu menawarkan file berkualitas tinggi dengan bit rate yang lebih rendah yang menjadikannya format serbaguna yang kompatibel dengan sejumlah pemain dan perangkat. Selain itu, format ini juga cocok untuk pemutaran disk Blu-ray karena menawarkan kualitas tinggi pada file bitrate tinggi. Fleksibilitas adalah alasan lain kenapa format ini jadi populer dan banyak digunakan.

  • WMV

    Format video WMV dirancang oleh Microsoft dan digunakan secara luas di pemutar media Windows. Format WMV menyediakan ukuran file kecil dengan kompresi yang lebih baik daripada MP4 yang juga menjadikannya populer untuk streaming video online. Meskipun tidak kompatibel dengan perangkat Apple, pengguna dapat mengunduh Windows Media Player untuk iPhone atau Mac mereka.

 

Baca Juga  :    Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Kesimpulan dan Penutup

Kompresi video telah menjadi kebutuhan akhir-akhir ini dengan semakin banyaknya situs streaming video dan unduhan video yang mengakibatkan kekurangan ruang penyimpanan. Belum lagi, tidak hanya mengirim video langsung melalui aplikasi perpesanan yang memang terbatas dalam banyak hal, video juga sering diunduh di media sosial.

Tidak heran karenanya ada beberapa format file video demi mempertahankan kualitasnya meski harus dibagikan secara online. Meski masih banyak yang menganggap kompresi video dapat menurunkan kualitas dan membuat ukurannya terlalu kecil, tetapi selalu ada teknik untuk mengatasi itu semua baik melalui bantuan aplikasi/software pihak ketiga atau semudah mengumpulkannya ke dalam file zip yang kemudian menyematkanna ke dalam email.

 

 

 

 

Related Post :