Cari tahu | Apa itu Linux Web Hosting?

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Hallo IDCHoster, pada postingan kali ini IDCloudHost akan berbagi pengetahuan tentang Linux Web Hosting. Mungkin ada yang sudah familiar dan mengenal dengan ini?, tapi jika teman-teman ada yang belum tau yuk cari tau dengan membaca postingan ini.

Nah, jika teman-teman tau tentang web hosting maka berdasarkan sistem operasi web hosting bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Linux dan Windows. Kedua jenis hosting tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara dan tujuan penggunaannya pun berbeda sehingga kita perlu mengenal lebih jauh mengenai keduanya. Linux web hosting merupakan alternatif untuk windows web hosting. Menentukan sistem operasi merupakan salah satu variable penting saat hendak memilih layanan web host.

Sebagian orang lebih menyukai menggunakan Linux karena merupakan sistem operasi bebas biaya (gratis) sehingga ada biaya lisensi sama sekali. Pilihan antara linux web hosting abd windows web hosting dalam menggunakan layanan web hosting sangat didasari kebutuhan website itu sendiri, seperti budget dan pengetahuan kita. Pengetahuan kita tentang web hosting akan mempermudah keputusan kita dalam menentukan apakah kita akan menggunakan windows web hosting atau linux web hosting.

Kelebihan dalam menggunakan Linux web Hosting
Linux adalah produk perangkat lunak open source yang tidak membutuhkan biaya lisensi, yang berarti penguna dapat mendownload secara bebas. Website linux dapat dapat dengan mudah dikonversi ke dalam website windows. Selain ekonomis, terdapat banyak database yang mampu berjalan pada Linux web hosting. Berikut adalah kelebihan dalam menggunakan Linux:

  • Jika website anda menggunakan teknologi .NET seperti ASP.NET dan VB.NET maka Windows Hosting adalah pilihan yang mutlak untuk website anda.
  • Jika anda menggunakan Database Enterprise semisal MSSQL, maka Windows Hosting adalah pilihan terbaik.
  • Jika anda menggunakan akses database yang hanya dapat berjalan di platform Windows, maka anda hanya akan dapat menggunakan Windows Hosting
  • Jika anda menggunakan Layanan Microsoft Sharepoint, maka Windows Hosting adalah satu-satunya pilihan.
  • Paket Windows Hosting, tentu saja lebih mahal dari pada paket Linux Hosting, karena Windows Hosting terkena biaya lisensi Microsoft

Kekurangan menggunakan Linux yaitu:

  • Linux adalah piranti lunak open source dan berhasil GPL, sehingga tidak ada biaya lisensi, anda dapat dengan mendownload dan menggunakannya secara gratis.
  • Ketika kita menggunakan bahasa scripting seperti PHP, MySQL, Perl dsb. Linux web hosting adalah solusi reliable dan ekonomis untuk website kita, mengingat script tersebut bekerja sangat baik di Sistem operasi Linux.
  • Banyak database yang dapat berjalan di Linux, yang paling populer digunakan dalam web hosting adalah MySQL dan PostgreSQL database ini secara alami adalah database relational, yang memungkinkan komunikasi yang cepat dengan website dan server database, sehingga terjadi update data yang cepat.

Dalam penggunaan Linux web hosting lebih aman dari pada Windows web hosting. Karena inilah Linux Hosting banyak digunakan dalam aplikasi Server Hosting. IDCloudHost menyarankan anda untuk mencoba webhosting Linux yang menyediakan shared hosting windows dan linux dengan harga yang sama. Kebanyakan webhosting membedakan harga antara shared hosting windows dan linux dengan rata-rata harga shared hosting windows lebih mahal dibanding linux, karena dalam shared hosting windows, software yang digunakan kebanyakan tidak open source (free).

Order : VPS Murah | IDCloudHost

Kelebihan lainya yakni produk shared hosting webacosys dilengkapi dengan garansi 99.9% uptime, data center terkini, server yang ditenagai Dual E5530 2.40GHz Xeon Quad Core, 24 GB RAM, RAID Controller yang didukung baterai untuk semua drive, HVAC dan pendeteksi kebakaran.

Selamat mencoba yaa 😀

Related Post :