CMD (Command Prompt) : Alasan Menggunakan dan Daftar Perintahnya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Command prompt atau CMD adalah bagian dari Windows yang sayang nya tidak diketahui dan dimengerti oleh banyak pengguna Windows itu sendiri. CMD lebih cenderung diketahui dan dipelajari oleh mereka yang bergerak di bidang IT saja, tetapi meskipun begitu, tidak adalah salahnya menguasai perintah CMD jika Anda ingin mengetahui perangkat komputer Anda lebih lanjut lagi.

Baris perintah atau command prompt yang merupakan aplikasi di sistem operasi Windows yang dalam istilah teknisnya bekerja sebagai penerjemah baris perintah, dan tujuannya adalah untuk memungkinkan Anda memasukkan perintah menggunakan sintaks khusus. Sedangkan perintah yang dikirim ke command prompt dimasukkan sebagai baris teks, yang dijalankan oleh sistem operasi segera setelah Anda menekan tombol Enter pada keyboard Anda.

Ada banyak perintah di CMD Windows hingga ke lebih dari 280 perintah dimana perintah- perintah ini digunakan untuk melakukan tugas sistem operasi tertentu dari antarmuka baris perintah alih-alih antarmuka grafis Windows yang sering digunakan. Misalnya, perintah command prompt memungkinkan Anda menyalin data ke folder lain, memformat seluruh disk, mencadangkan file, mengirim pesan ke komputer lain, memulai ulang komputer Anda sendiri, dan banyak lagi. Bahkan ada juga beberapa trik dan peretasan command prompt yang memanfaatkan beberapa perintah ini.

 

Cara Kerja dan Alasan Menggunakan Command Prompt (CMD)

CMD (Command Prompt) : Alasan Menggunakan dan Daftar Perintahnya
 

Perlu diketahui, meski prompt perintah bekerja pada tingkat yang lebih mendasar daripada Windows, tetapi bukan berarti perintah ini tidak kuat atau mempunyai pengaruhnya. Sebaliknya, ini berarti Anda mendapatkan lebih banyak kendali atas PC dan berkomunikasi dengannya dengan cara yang lebih langsung. Selain dari perintah umum , dapat digunakan untuk mengakses bagian dari sistem operasi yang tidak tersedia melalui antarmuka pengguna grafis.

Cukup hebat, CMD juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai fungsi yang terkadang menggunakannya lebih cepat atau bahkan satu-satunya cara untuk mengakses informasi atau fungsi tertentu. Selain perintah seperti untuk menampilkan daftar direktori file, mengubah direktori file, menyalin file dan menghapusnya, ada sejumlah perintah berguna lainnya seperti ipconfig yang dapat menunjukkan alamat IP yang dimiliki komputer, Tracert yang menunjukkan informasi pada setiap langkah antara komputer dan host target di tempat lain di internet seperti situs web, dan pemeriksa file sistem (sfc), yang menemukan file yang rusak atau hilang, dan secara otomatis menggantinya menggunakan salinan cache yang disimpan oleh Windows. Ini adalah beberapa bagian kecil saja yang sebenarnya sudah cukup menarik untuk menguasai dan memahami CMD.

 

Baca Juga  :     Tutorial Cara Melakukan Ping dan Tracert Menggunakan CMD / Command Prompt

 

Daftar Perintah CMD (Command Prompt)

Walau tidak umum di kalangan pengguna Windows itu sendiri, command prompt adalah alat yang cukup berguna. Bantuan perintah ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa hal lebih cepat daripada yang dapat Anda lakukan di antarmuka grafis dan menawarkan beberapa alat yang tidak dapat Anda temukan di antarmuka grafis sama sekali. Bahkan command prompt juga mempu mendukung semua jenis pintasan keyboard pintar yang membuatnya semakin bertenaga. Berikut ini beberapa daftar perintah dari CMD.

  • Append

    Perintah append dapat digunakan oleh program untuk membuka file di direktori lain seolah-olah mereka berada di direktori saat ini. Perintah append tersedia di MS-DOS serta di semua versi Windows 32-bit dimana perintah append ini tidak tersedia di Windows versi 64-bit.

  • Break

    Perintah break berguna untuk mengatur atau menghapus pemeriksaan CTRL+C yang diperluas pada sistem DOS yang mana perintah break tersedia di semua versi Windows, serta di MS-DOS. Selain itu, perintah break juga tersedia di Windows XP dan versi Windows yang lebih baru untuk menyediakan kompatibilitas dengan file MS-DOS tetapi tidak berpengaruh pada Windows itu sendiri.

  • Chiper

    Perintah cipher berguna dalam menunjukkan atau mengubah status enkripsi file dan folder pada partisi NTFS. adapun perintah cipher ini tersedia di Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

  • Debug

    Perintah debug akan memulai Debug yakni aplikasi baris perintah yang digunakan untuk menguji dan mengedit program. Perintah debug tersedia di MS-DOS serta di semua versi Windows 32-bit yang tidak tersedia di Windows versi 64-bit.

  • Endlocal

    Perintah dapat endlocal digunakan untuk mengakhiri lokalisasi perubahan lingkungan di dalam file batch atau skrip. Perintah endlocal tersedia di Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

  • Format

    Perintah format digunakan untuk memformat drive di sistem file yang Anda tentukan dan tersedia di semua versi Windows, serta di MS-DOS. Pemformatan drive juga tersedia dari Manajemen Disk di Windows 10, 8, 7, Vista, dan XP.

  • Ping

    Perintah ping mengirimkan pesan Permintaan Echo Internet Control Message Protocol (ICMP) ke komputer jarak jauh yang ditentukan untuk memverifikasi konektivitas tingkat IP. jika Anda ingin menggunakan perintah ping, perintah ini tersedia di semua versi Windows.

  • Query

    Perintah query digunakan untuk menampilkan status layanan tertentu dimana perintah kueri ini tersedia di Windows 10, Windows 8, Windows 7, dan Windows Vista.

 

Baca Juga  :    Tutorial Cara Format Flashdisk Lewat CMD (Command Prompt) dan Terminal

 

Beberapa Cara Membuka CMD (Command Prompt)

CMD (Command Prompt) : Alasan Menggunakan dan Daftar Perintahnya
 

 

Sebagai aplikasi penerjemah baris perintah yang tersedia di sebagian besar sistem operasi Windows, CMD digunakan untuk menjalankan perintah yang dimasukkan. Sebagian besar dari perintah tersebut mengotomatiskan tugas melalui skrip dan file batch, melakukan fungsi administratif tingkat lanjut, dan memecahkan masalah atau menyelesaikan jenis masalah Windows tertentu. Dibawah ini adalah beberapa cara membuka CMD.

  • Membuka prompt perintah dari Task Manager

    Buka Pengelola Tugas dengan detail lebih lanjut. Buka menu File dan kemudian pilih Jalankan Tugas Baru/Run New Task. Ketik cmd atau cmd.exe, lalu klik “OK” untuk membuka command prompt biasa. Anda juga dapat mencentang pada Buat tugas ini dengan hak administratif/Create this task with administrative privileges untuk membuka command prompt sebagai administrator.

  • Membuka prompt perintah dari Run Box

    Tekan Windows + R untuk membuka kotak RUN. Ketik cmd dan kemudian klik OK”untuk membuka Command Prompt biasa. Ketik cmd dan kemudian tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka administrator CMD.

 

Baca Juga  :   Jaringan Komputer : Pengertian, Cara Kerja dan Tipe/Jenisnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebagai antarmuka pengguna berbasis teks ke komputer, baris perintah atau command prompt adalah baris kosong dan kursor di layar yang memungkinkan pengguna mengetikkan instruksi untuk eksekusi segera. Semua sistem operasi utama seperti Windows, Mac, Unix, Linux, dan lain sebagainya telah mendukung baris perintah yang dapat digunakan oleh programmer dan power user untuk melakukan operasi manajemen file secara langsung.

Bahkan tidak jarang pula cara ini seringkali lebih efisien daripada dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis/graphical user interface(GUI). Sangat mudah dan praktis, setelah pengguna mengetikkan perintah, maka perintah akan mulai berjalan ketika tombol Enter ditekan. Jadi meski Anda bukanlah orang yang mendalami dunia komputer lebih dalam tapi tidak ada salahnya mengenal beberapa daftar perintah di atas untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Related Post :