Alasan CMS (Content Management System) Harus Ramah SEO

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Membuat bisnis yang berkembang saat ini cukup sulit karena persaingannya sudah merambah ke bidang teknologi. Hampir semua bisnis memiliki website karena semua brand berlomba untuk menunjukan eksistensi mereka di internet agar mudah menjangkau banyak orang. Cara untuk meningkatkan trafik website menjadi yang utama bagi para marketer untuk membuat website bisnis berada di peringkat teratas mesin pencari.

Anda memerlukan SEO untuk membuat website bisnis Anda bisa eksis di halaman pertama mesin pencari. Banyak website bisnis yang besar menggunakan pemrograman sendiri, tapi Anda tidak perlu khawatir untuk bersaing dengan website profesional. Anda tetap bisa menggunakan CMS untuk meningkatkan SEO web Anda.

Itu sebabnya Anda harus membuat CMS yang Anda gunakan harus ramah SEO. Andah harus menjadikan website Anda muncul di SERP (Search Engine Results Page) teratas. Beberapa alasan lainnya akan Anda ketahui dalam artikel ini. Artikel ini juga akan membahas bagaimana membuat CMS yang Anda gunakan dapat optimal untuk meningkatkan SEO.

 

Alasan CMS (Content Management System) Harus Ramah SEO

Alasan CMS (Content Management System) Harus Ramah SEO
 

 

Pengguna internet khususnya orang-orang yang menggunakan mesin pencarian saat ini mencapai 70% dari populasi manusia, oleh sebab itu banyak perubahan yang terjadi dalam beberapa aktivitas, seperti belanja online, rata-rata orang akan lebih memilih membeli suatu barang di internet daripada harus berbelanja secara langsung. Perubahan seperti ini membuat inovasi bisnis untuk mengembangkan bisnis online. Anda yang baru membuka bisnis online terutama dengan bantuan CMS, penting bagi Anda untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) . Berikut ini adalah alasan mengapa CMS (Content Management System) harus ramah SEO.

  • Pengguna Internet yang Semakin Banyak

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa semakin banyak orang yang menggunakan mesin pencari. Ini artinya Anda harus bersaing dengan pemilik bisnis lainnya untuk berada di halaman mesin pencari. Anda sebagai pengguna pasti seringkali mengabaikan halaman lainnya dari mesin pencari, Anda lebih suka membuka halaman pertama Google untuk menemukan jawaban yang Anda cari. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk membuat CMS Anda berada di ranking teratas SERP dengan mengoptimalkan SEO.

  • Pentingnya Pengalaman Pengguna

    CMS harus ramah SEO karena penting bagi Anda untuk membuat pengunjung website Anda bisa betah berlama-lama berada di website Anda. Ini karena SEO bekerja bukan hanya menempatkan situs Anda ke posisi teratas mesin pencari, tapi juga menilai apakah situs atau aplikasi Anda ramah pengguna. Ramah pengguna artinya Anda harus membuat situs yang Anda buat dengan CMS bisa mudah dimengerti penggunaannya oleh pengunjung situs web Anda. Anda harus membuat CMS yang Anda gunakan untuk mengikuti kaidah SEO seperti membuatnya ramah pengguna (user-friendly) untuk menempatkan situs Anda masuk ke dalam SERP.

  • Situs Web Lebih Dipercaya

    Sebagian besar orang lebih mempercayai situs yang urutannya berada di posisi teratas dibanding situs yang terletak pada halaman ketiga atau seterusnya. Semakin sering situs Anda muncul di halaman pertama mesin pencari, maka situs web Anda akan semakin dipercaya oleh para pengguna internet. Anda bisa membuat orang-orang lebih mempercayai situs Anda dengan sendirinya ketika Anda memanfaatkan SEO. Jadi Anda harus membuat CMS yang Anda gunakan ramah SEO.
    Baca Juga  :    8 Rekomendasi Platform CMS (Content Management System) yang Terintegrasi Dengan Baik Terhadap SEO

  • Meningkatkan Jumlah Pengikut di Sosial Media

    Jika Anda mengoptimalkan SEO di CMS yang Anda gunakan, secara otomatis situs Anda akan berada di peringkat teratas mesin pencari, hal ini juga akan berdampak pada jumlah followers atau pengikut Anda di sosial media. Semua ini karena Anda telah membangun brand awareness dari situs Anda, kemudian ini akan membuat banyak orang yang menelusuri akun sosial media bisnis Anda dan mengikuti Anda. Jumlah pengikut yang berasal dari kinerja SEO bisa Anda manfaatkan menjadi target audiens untuk melakukan social media marketing.

  • Keuntungan Jangka Panjang

    SEO sangat penting bagi kemajuan bisnis Anda atau situs web Anda, maka dari itu pastikan situs web Anda harus ramah SEO. SEO membuat Anda bisa merasakan keuntungan jangka panjang. Keuntungan tersebut berupa brand awareness yang meningkat, situs web menjadi lebih terpercaya, dan pertumbuhan trafik yang tinggi pada situs web Anda.

  • Jumlah Penjualan Meningkat

    SEO dapat menempatkan Anda di depan persaingan. Jika dua situs web menjual barang yang sama, situs web yang dioptimalkan mesin pencari lebih cenderung memiliki lebih banyak pelanggan dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Penjualan yang meningkat otomatis akan meningkatkan keuntungan pendapatan Anda juga. Anda wajib membuat CMS Anda ramah SEO agar mendapat banyak keuntungan pendapatan.

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa Itu Ghost CMS dan Fitur Serta Dukungan Terbaiknya

 

Cara Mengoptimalkan CMS untuk Meningkatkan SEO

Alasan CMS (Content Management System) Harus Ramah SEO
 

Anda sudah memahami alasan mengapa CMS harus ramah SEO, dari sekian banyak alasan tersebut, satu hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk membuat CMS Anda bisa ramah SEO adalah keuntungan jangka panjang. Mungkin sulit untuk bisa membuat CMS Anda harus mengikuti kaidah SEO, tapi Anda bisa melakukannya selama Anda mempunyai kemauan yang besar. Berikut ini adalah cara mengoptimalkan CMS untuk meningkatkan SEO.

  • Sesuaikan Elemen Halaman

    Anda harus menyesuaikan elemen yang terdapat pada CMS, seperti menyesuaikan judul, meta description, dan teks alt gambar yang Anda posting ke website Anda melalui CMS. Semua itu dilakukan untuk meningkatkan SEO Anda dengan mengoptimalkan SEO on-page. Anda juga harus memasukkan kata kunci dan tag yang sesuai konten Anda.

  • Atur Struktur URL

    Anda bisa mengatur struktur URL pada CMS, cara mengatur struktur ini adalah dengan cara memasukkan kata kunci yang sesuai dengan topik yang Anda bawa. Tips menulis URL agar bisa mengoptimalkan SEO dengan cara membuat URL yang pendek. URL yang sesuai dengan kata kunci target yang relevan akan membuat situs Anda masuk ke SERP (Search Engine Results Page) dengan mudah.

  • Maksimalkan Tools Blogging

    Anda bisa memaksimalkan tools blogging seperti editor drag and drop untuk gambar, video, tombol ajakan, dan tools lain yang terdapat pada CMS untuk membantu Anda dengan mudah mengoptimalkan SEO pada blog artikel Anda. Semua tools tersebut akan berguna dalam pembuatan blog yang menarik untuk situs Anda.

 

Baca Juga  :    Panduan Lengkap CMS Drupal Bagi Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

CMS (Content Management System) bisa membantu Anda dalam membuat website sekaligus untuk mengelola situs web Anda. Menggunakan CMS sebagai platform pengelolaan web sangat mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengoptimalkan SEO untuk website Anda dengan CMS. Anda harus membuat CMS yang Anda gunakan bisa ramah SEO. Alasan pentingnya CMS harus ramah SEO adalah pengguna internet semakin banyak yang menyebabkan persaingan bisnis meningkat sehingga Anda harus mengoptimalkan SEO, situs web lebih dipercaya, meningkatkan jumlah pengikut di sosial media dan lain sebagainnya.

Anda bisa mengoptimalkan CMS dengan berbagai cara, Anda bisa menyesuaikan cara mana yang bisa Anda kerjakan. Ada tiga cara yang cukup efektif untuk mengoptimalkan CMS agar ramah SEO, di antaranya adalah sesuaikan elemen halaman, atur truktu URL, dan maksimalkan tools blogging yang terdapat dalam CMS. Semua itu bisa meningkatkan SEO dan membuat website Anda muncul di halaman teratas mesin pencari.

 

 

 

 

Related Post :