Dedicated Hosting : Definisi, Cara Kerja dan Kelebihannya

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Sama seperti banyak pemilik situs baru lainnya, Anda mungkin memilih shared hosting saat pertama kali meluncurkan situs web Anda. Bagaimanapun, ini adalah opsi termurah dan Anda mungkin masih ragu pada langkah pertama ini. Namun, seiring pertumbuhan situs web Anda, penting untuk mengetahui kapan harus meningkatkan versi ke sesuatu yang lebih substansial.

Saat Anda mencoba menemukan gaya penginangan terbaik untuk situs web Anda, Anda akan memiliki banyak opsi berbeda untuk dipertimbangkan. Salah satu bentuk hosting yang mungkin akan Anda temukan disebut hosting khusus. Gaya hosting web ini mungkin tidak akan cocok untuk sebagian besar pemilik situs web baru. Faktanya, jika Anda baru saja mulai online, Anda mungkin dapat menggunakan paket hosting bersama sebagai paket dasar.

Tetapi bagi mereka yang memiliki situs web yang tumbuh cepat dan membutuhkan tingkat kinerja, keamanan, dan skalabilitas yang lebih tinggi, dedicated hosting bisa menjadi pilihan yang sangat cocok. Di bawah ini Anda akan mempelajari apa itu dedicated hosting, cara kerjanya, mengapa bermanfaat, dan jenis pemilik situs web yang akan sangat diuntungkan dari dedicated hosting ini.

 

Definisi Apa Itu Dedicated Hosting

Secara sederhana, dedicated hosting adalah saat Anda memiliki seluruh server untuk Anda sendiri. Saat Anda membandingkan IP khusus dan hosting bersama, ada banyak perbedaan yang harus Anda perhatikan. Dengan hosting bersama, Anda akan berbagi sumber daya server dengan ratusan atau bahkan mungkin ribuan situs web lain. Dengan shared hosting, server dibagi antara beberapa pengguna dan akun yang berbeda, setiap pengguna diberikan sejumlah bandwidth, penyimpanan, dan fitur hosting lainnya.

Sedangkan dengan dedicated hosting, Anda memiliki seluruh server untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan. Jadi Anda tidak hanya akan mendapatkan akses ke tingkat yang lebih tinggi dari sumber daya server, tetapi Anda dapat mengoptimalkan server ini untuk persyaratan unik situs web Anda. Fungsi dedicated hosting mirip dengan gaya hosting lainnya, di mana Anda masih akan membayar biaya bulanan untuk akses ke server. Bentuk paket hosting ini memiliki kekuatan yang lebih terkonsentrasi dan akan membantu Anda mengatasi batasan gaya hosting lainnya. Meskipun ada beberapa paket dedicated hosting server murah yang tersedia, sebagian besar bisa sangat mahal, itulah sebabnya Anda harus melihat-lihat dan melakukan riset sebelum memilih.

 

Baca Juga  :     Apa itu Hosting : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya

 

Cara Kerja Dedicated Hosting

Dedicated Hosting : Definisi, Cara Kerja dan Kelebihannya
 

Dedicated hosting adalah bentuk hosting yang sangat kuat yang memberi pengguna kendali penuh atas perangkat keras dan perangkat lunak server. Pada dasarnya, Anda akan diberikan server yang kosong. Seperti membangun situs web Anda dari awal, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan server Anda. Hanya menambahkan elemen yang meningkatkan fungsionalitas dan kinerja situs Anda.

Bandingkan ini dengan hosting bersama di mana Anda harus menyesuaikan persyaratan situs Anda ke dalam kotak yang telah ditentukan sebelumnya. Anda juga dapat menyesuaikan server Anda bergantung pada jumlah RAM dan penyimpanan keseluruhan yang Anda butuhkan, bersama dengan jenis CPU dan sistem operasi. Jadi bisa dikatakan dedicated server lebih sesuai untuk kebutuhan personalisasi dengan tingkat pekerjaan yang tinggi.

Ini membuat server dedicated juga sesuai menjadi pilihan bagus untuk bermain game atau kebutan website yang selalu berkambang. Dedicated server juga biasanya digunakan oleh layanan keuangan dan perusahaan lain yang perlu menyimpan dan melindungi datanya dengan aman. Untuk alasan ini, ketika Anda mendaftar untuk host khusus, Anda juga mendapatkan tingkat keamanan di tempat yang lebih tinggi.

 

Baca Juga  :     Cara Memilih Hosting yang Tepat dan Terbaik untuk Bisnis Anda

 

Kelebihan dan Manfaat Dedicated Hosting

Dedicated Hosting : Definisi, Cara Kerja dan Kelebihannya
 

Ada banyak manfaat yang bisa diandalkan dari dedicated hosting tetapi, seperti semua hal, manfaatnya relatif terhadap kasus penggunaan dan kebutuhan orang atau bisnis yang menggunakan layanan tersebut. Beberapa manfaatnya adalah penerapan sesuai permintaan, tenant tunggal, kinerja yang konsisten, keamanan dan kepatuhan, serta penyesuaian. Berikut penjelasan berikutnya :

  • Penerapan sesuai permintaan

    Dedicated server dapat diterapkan, dalam banyak kasus, dalam hitungan menit atau jam. Dari banyak perusahaan yang merupakan penyedia pertama yang mengotomatiskan penerapan server logam kosong pada tahun 2006 adalah SingleHop yang kemudian diikuti oleh banyak penyedia lain yang mengikuti. Jika lalu lintas ke situs web Anda meningkat secara dramatis, Anda dapat dengan cepat menerapkan server khusus tambahan melalui portal layanan mandiri atau dengan mengirimkan permintaan ke penyedia hosting server. Proses penerapan sesuai permintaan mengurangi gesekan antara kebutuhan pelanggan dan pemenuhan kebutuhan tersebut.

  • Single-tenancy

    Ini berarti bahwa server khusus hanya digunakan oleh satu pelanggan yang memiliki akses penuh ke semua sumber daya pada perangkat keras untuk dikelola sesuka mereka. Maka cari ini adalah pilihan yang bagus untuk aplikasi intensif input / output tinggi yang menuntut kinerja tinggi secara konsisten seperti layanan suara (VOIP) dan game.

  • Kinerja konsisten

    Karena sifat penyewa tunggal dari dedicated hosting dan akses langsung ke sumber daya perangkat keras seperti CPU, memori, dan disk, aplikasi dapat mengandalkan kinerja tinggi dan pengalaman yang konsisten. Masih ada potensi hambatan untuk dipertimbangkan, tetapi mereka lebih langsung dalam kendali Anda karena Anda memiliki akses langsung ke semua sumber daya perangkat keras.

  • Keamanan dan privacy

    Keamanan inheren yang disertakan dengan dedicated hosting disebabkan oleh sifat penyewa tunggal dari model penerapan ini. Sekarang, Anda mungkin melihat banyak penyedia tema dengan memberikan paket hosting khusus tersendiri. Namun, arsitektur multi-tenant menjadi jauh lebih aman selama lima tahun terakhir. Karena itu, kasus penggunaan yang sangat bergantung pada keamanan dan kepatuhan yang ketat cenderung mendukung ketenangan pikiran yang dibawa oleh lingkungan hosting khusus.

  • Kustomisasi

    Dedicated hosting sangat dapat disesuaikan, memungkinkan Anda memilih berapa banyak dan jenis CPU, memori, dan penyimpanan yang Anda butuhkan. Sebagian besar penyedia dedicated hosting akan mengiklankan opsi standar, tetapi kemudian memberi Anda opsi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan spesifik beban kerja aplikasi Anda. Jika Anda perlu meningkatkan atau menurunkan versi setelah penyiapan awal, Anda juga memiliki opsi ini. Fleksibilitas dalam penyesuaian ini memungkinkan Anda mengontrol perubahan persyaratan kinerja aplikasi dari waktu ke waktu.

 

Baca Juga  :     Penyedia Layanan Dedicated Server dan Colocation Server Terbaik Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Ada beberapa dimensi utama yang perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum memilih penyedia dedicated hosting seperti termasuk reputasi dan keandalan, pilihan dalam perangkat keras, SLA, dan nilai keseluruhan. Anda juga dapat mencari review atau ulasan online pengguna sebelumnya, menghubungi orang yang telah menggunakan paket yang Anda inginkan atau menghubungi tim penjualan secara langsung.

Dari ini Anda bisa mendapatkan pemahaman dan penjelasan yang baik tentang apakah penyedia tersebut memiliki reputasi baik atau tidak dan akan mengurus kebutuhan Anda setelah Anda menjadi pelanggan yang membayar. Selain itu, sangat penting untuk memastikan penyedia memiliki reputasi yang dapat diandalkan dalam hal waktu kerja dan dukungan. Beberapa penyedia menawarkan visibilitas ke waktu aktif dan metrik dukungan di situs web mereka, jadi pastikan untuk melihatnya dan ajukan pertanyaan jika Anda merasa masih kurang paham.

 

Related Post :