Definisi Colocation Server dan Fitur-Fitur Terbaiknya

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Jika Anda seorang pemilik bisnis, maka Anda tahu betapa pentingnya server Anda bagi bisnis Anda. Baik menyimpan informasi produk untuk situs e-commerce, riwayat penjualan untuk pengecer fisik, atau catatan pelanggan untuk klien penyedia layanan bisnis-ke-bisnis, data yang disimpan di server pribadi sangat penting untuk kesuksesan perusahaan. Semua data ini berharga, dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mempertahankannya adalah elemen yang mahal namun penting dalam menjalankan bisnis modern apa pun.

Selama bertahun-tahun, satu-satunya solusi praktis untuk penyimpanan data adalah penggunaan server di tempat atau server berupa fisik. Server ini jarang datang dengan harga murah dan membutuhkan perawatan oleh profesional IT khusus yang dibayar dengan baik dan sangat terlatih. Di luar biaya dimuka untuk perangkat keras dan personel yang baik, biaya yang mendasari menjalankan ruang server bertambah dengan cepat. Ruang fisik, daya, pengaturan suhu, persyaratan jaringan: semua faktor ini harus dipertimbangkan.

Tentu, ada banyak layanan hosting di luar sana yang menawarkan alternatif dengan dukungan yang tidak kalah bagusnya. Meskipun layanan ini mencakup berbagai solusi hosting, bagaimana jika Anda dapat mengurangi biaya tanpa sepenuhnya mengulang infrastruktur digital Anda saat ini? Melalui penggunaan colocation server hosting, pebisnis bisa menemukan jalan keluar terbaik dengan fitur-fitur lebih advance dan lengkap dalam memenuhi kebutuhan bisnis yang kompleks.

 

Memahami Definisi Colocation Server

Fasilitas colocation, atau colo, adalah fasilitas pusat data tempat bisnis dapat menyewa ruang untuk server dan perangkat keras komputasi lainnya. Biasanya, colo menyediakan gedung, pendinginan, daya, bandwidth, dan keamanan fisik, sementara pelanggan menyediakan server dan penyimpanan. Ruang dalam fasilitas sering disewa oleh rak, lemari, kandang atau ruangan. Banyak penyedia colocation server telah memperluas penawaran mereka untuk memasukkan layanan terkelola yang mendukung inisiatif bisnis pelanggan mereka.

Ada beberapa alasan mengapa bisnis memilih colo daripada membangun pusat datanya sendiri, tetapi salah satu pendorong utama adalah Capex atau capital expenditure (pengeluaran modal) yang terkait dengan membangun, memelihara, dan memperbarui fasilitas komputasi yang besar. Dulu, colos sering digunakan oleh perusahaan swasta untuk pemulihan bencana atau disaster recovery (DR). Saat ini, colocation server sangat populer di kalangan penyedia layanan cloud maupun organisasi atau perusahaan yang mengandalkannya dalam tugas serta penyimpanan data mereka.

 

Cara Kerja Colocation Server

Definisi Colocation Server dan Fitur-Fitur Terbaiknya
 

Dalam memelihara dan mengelola server dimulai dengan memastikan lingkungan memungkinkan mereka bekerja dengan kapasitas penuh. Namun, ini adalah masalah utama yang dihadapi bisnis dengan rak server biasa. Jika perusahaan tidak mampu mengambil tanggung jawab dalam pemeliharaan rak tersebut, mereka akan mencari pusat data yang menawarkan layanan colocation server. Colocation server sebagai layanan berfungsi untuk bisnis yang sudah memiliki perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi tidak dapat menyediakan kondisi untuk menyimpannya.

Oleh karena itu, klien menyewa ruang dari penyedia layanan mereka yang menawarkan perumahan untuk perangkat keras, serta pengelolaan lingkungan. Klien memindahkan perangkat keras mereka ke pusat data, mengatur, dan mengkonfigurasi server mereka. Tidak ada kontak fisik antara penyedia dan perangkat keras klien kecuali mereka secara khusus meminta bantuan tambahan yang dikenal sebagai tangan jarak jauh. Sementara perangkat keras yang di hosting, pusat data memikul semua tanggung jawab untuk pengelolaan lingkungan, seperti pendinginan, catu daya yang andal, keamanan di tempat, dan perlindungan terhadap bencana alam.

 

Baca Juga  :     Panduan Pemula Mengenal Apa Itu Virtual Private Server (VPS)

 

Manfaat Menggunakan Colocation Server

Ada beberapa alasan mengapa bisnis memutuskan untuk menggunakan colocation daripada membangun pusat datanya sendiri. Penggerak utama biasanya pengeluaran modal yang terkait dengan membangun, memelihara, dan memperbarui fasilitas komputasi yang besar beserta perlu adanya tim IT khusus yang bertanggungjawab dalam penyelenggaraannya. Beberapa fasilitas colocation kelas dunia juga menawarkan pemulihan bencana dan layanan kelangsungan bisnis.

Tanpa kelangsungan bisnis atau rencana pemulihan bencana, Anda mempertaruhkan sistem, aplikasi, dan data yang sangat penting untuk misi penting. Selain ancaman bencana alam, kecelakaan umum seperti kegagalan peralatan dapat menghentikan operasi dan merusak reputasi bisnis Anda di mata klien dan pelanggan. Penyedia colocation yang juga menawarkan pemulihan bencana dan layanan kesinambungan bisnis dapat memastikan kinerja operasi IT dan sistem misi-kritis tanpa gangguan jika terjadi bencana. Fitur dan dukungan yang bisa Anda dapatkan dari jasa penyedia colocation server yang bisa menguntungkan bisnis meliputi :

  • Colocation server sejatinya dirancang untuk lingkungan komputasi awan berdensitas tinggi
  • Didukung oleh dukungan teknis tangan jarak jauh 24/7/365 untuk respon taktis mengatasi masalah dan kendala dengan cepat serta akurat
  • Terhubung dengan tulang punggung jaringan canggih untuk melayani kebutuhan komputasi generasi berikutnya
  • Dapat diskalakan untuk membantu pelanggan membuktikan keunggulan bisnis mereka di masa depan
  • Teknisi yang sangat terlatih dan bersertifikat industri mendiagnosis, mengisolasi, memecahkan masalah, dan menyelesaikan masalah dengan cara yang sangat terkontrol

 

Meski setiap penyedia colocation server menawarkan dan memiliki caranya sendiri dalam melakukan sesuatu, sehingga fitur cenderung bervariasi dari satu perusahaan hosting colocation ke yang berikutnya. Meski begitu, ada fitur yang relatif umum di antara penyedia colocation server adalah contoh yang sudah Anda baca diatas tadi.

Baca Juga  :     Keuntungan Dedicated Server Dalam Memajukan Bisnis Kecil

 

Layanan Colocation Server IDCloudHost Indonesia, Spesifikasi dan Fitur Terbaiknya

Definisi Colocation Server dan Fitur-Fitur Terbaiknya
 

Semakin meningkatnya bisnis, organisasi dan kebutuhan online perusahaan di era digital ini, colocation server lokal membuat IDCloudHost Indonesia juga ikut membantu dengan memberikan layanan colocation server bagi bisnis maupun perusahaan yang membutuhkannya. Ini akan sangat menunjang aktifitas Anda dalam hal :

  • Membangun atau merancang aplikasi atau website dengan aktifitas yang sangat tinggi
  • Perusahaan software house atau pembuat aplikasi yang ingin hemat pengeluaran
  • Perusahaan media informasi yang membutuhkan banyak server
  • Perusahaan startup atau bisnis yang membutuhkan resource yang sangat besar dengan harga terjangkau.

 

Baca Juga  :   Cloud Object Storage : Karakteristik dan Manfaat Penggunaannya Bagi Bisnis

 

Adapun spesifikasi jaringan pada lokasi Colocation Server IDCloudHost adalah :

  • OpenIXP up to 1gbps untuk akses nasional – IIX APJII up to 1gbps untuk akses nasional.
  • Didukung dengan Equinix peering SGIX, HKIX upto 100mbps, Equinix up to 100mbps Openshare sehingga server Anda dapat diakses dengan kencang dari luar negeri.
  • Akses langsung ke server Google dan Yahoo melalui jaringan CDN dengan kecepatan koneksi up to 100 Mbps.
  • Akses langsung ke server Facebook dan ke SGIX melalui jaringan PGASIX dengan kecepatan koneksi up to 50 Mbps.
  • Standard International Bandwidth up to 100 mbps.

 

Baca Juga  :   Alasan Website Bisnis Harus Menggunakan Virtual Private Server (VPS)

 

Sedangkan fitur dan dukungan terbaik yang Anda dapatkan berlangganan Colocation Server di IDCloudHost adalah :

  • Listrik 400VA
  • KVM Remote Access
  • Remote Reboot Access
  • Fiber Optic Connection
  • Online Central
  • UPS 100% uptime Electricity
  • Air Temperature control
  • Real Time Monitoring System
  • Quick rDNS change
  • CS 24/7 Port Monitoring
  • Ticketing Support System
  • Fast Response System

 

Untuk melakukan request dan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengisi formulir penawaran di link https://idcloudhost.com/panduan/penawaran/ atau mengunjungi laman https://idcloudhost.com/colocation-server/ untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai colocation server.

Related Post :