5+ Distro Linux Ringan Untuk PC Berspesifikasi Minim

Technology / 0 | | 2

Distro Linux sering hadir dengan tampilan desktop yang menarik dan memberikan Anda keleluasaan untuk mengkostumisasinya, serta memanfaatkan sumber daya. Beberapa orang mungkin ingin menggunakan Linux, tapi ragu karena berpikir bahwa spesifikasi perangkatnya tidak mencukupi. Padahal, ada banyak distro Linux ringan yang dapat Anda coba. 

Bagi Anda yang memiliki komputer atau laptop cukup lawas dan ingin menggunakannya kembali, beberapa distro Linux ini bisa menjadi alternatif bagi Anda. Karena jika menggunakan Windows, semakin lama spesifikasi yang dibutuhkan semakin tinggi pula. 

Namun, karena sifatnya yang open source, Linux sangat mudah dikembangkan banyak orang dan sudah memiliki sangat banyak distro. Agar tidak salah pilih, simak rekomendasi distro Linux ringan yang terbaik untuk komputer dengan spesifikasi terbatas! 

5+ Rekomendasi Distro Linux Ringan Terbaik

Jika perangkat memiliki spesifiksi terbatas, jangan khawatir karena Anda tetap bisa menggunakan Linux. Berikut rekomendasi distro Linux ringan yang dapat Anda coba. 

  1. Linux Lite

distro linux ringan

Sesuai namanya, Linux Lite merupakan salah satu distro Linux paling ringan yang dapat Anda gunakan di komputer lama dengan spesifikasi minim. Jika dibandingkan denga Windows, spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Linux Lite setara dengan Windows XP. 

Linux Lite dibangun dengan menggunakan Ubuntu LTS dan sudah memiliki ribuan pengguna di seluruh dunia. Selain ringan, distro Linux ini juga mudah digunakan dan dipelajari sehingga cocok untuk pemula. 

  1. Lubuntu

distro linux terbaik

Distro Linux yang satu ini mendukung desktop environment LXDE yang mengedepankan performa cepat dan hemat energi. Lubuntu dapat Anda gunakan di netbook atau komputer lama dengan processor Pentium II dan RAM 128MB. Selain itu, OS ini juga dapat berjalan dengan lancar di komputer dengan RAM kurang dari 1GB. 

Jika Anda sudah familiar dengan Ubuntu sebelumnya, pasti tidak akan sulit memahami distro yang satu ini. Lubuntu sudah didukung dengan beberapa software penting pra-instal, seperti browser, PDF reader, word processor, dan lain-lain. 

  1. Peppermint Linux

peppermint linux

Peppermint adalah distro Linux yang dibangun dengan basis Debian Bullseye dan menggunakan desktop environment XFCE. Performanya yang cepat tapi juga ringan membuat distro ini cocok untuk Anda yang memiliki perangkat lama. 

Peppermint Linux dapat Anda jalankan di perangkat yang menggunakan processor Intel dengan arsitektur x86. Anda hanya butuh minimal storage 4GB dan RAM 512MB. Namun, jika berencana menggunakan banyak aplikasi, kami merekomendasikan Anda untuk menyiapkan storage lebih besar lagi. 

  1. LXLE

LXLE merupakan distro yang dibangun berdasarkan Ubuntu LTS. Karena itu, LXLE juga menggunakan desktop environment yang mirip dengan Ubuntu. Dibandingkan distro Linux lain dalam list ini, LXLE adalah salah satu yang paling stabil. 

Proyek LXLE memang dibangun dengan tujuan utama menghidupkan kembali komputer lama dengan OS yang memiliki fitur lengkap. Selain itu, LXLE ditujukan untuk pengguna Windows yang perangkatnya tidak memiliki spesifikasi mumpuni untuk menginstal Windows versi terbaru. 

  1. CruchBang++

CruchBan++ adalah distro Linux ringan yang dapat Anda coba selanjutnya. Dibandingkan distro Linux yang lain, mungkin CruchBang++ masih jarang Anda dengar dan kurang terkenal. Padahal, OS yang satu ini sangat ringan dan memiliki performa baik, bahkan di hardware dengan processor lama seperti Intel Atom. 

Distro Linux yang satu ini dapat berfungsi dengan baik dan cepat, serta memudahkan Anda dalam menginstal additional application. Namun, tampilanya sangat sederhana dan mungkin kurang menarik bagi beberapa orang karena CruchBang++ memang dibangun dengan memfokuskan pada fungsinya. 

  1. Puppy Linux

Puppy Linux merupakan salah satu distro paling ringan yang dapat Anda coba. OS yang satu ini sangat ringan, bahkan Anda bisa menginstalnya di flashdisk. Jika sudah selesai menggunakan Puppy Linux, Anda tinggal mencabut flashdisk tersebut. 

Puppy Linux sangat ringan karena semua file sistem operasi dan aplikasinya berjalan di atas RAM saja, sehingga tidak memakan banyak space di storage. Karena itu, Anda tak perlu khawatir OS ini akan berjalan lambat di laptop dengan spesifikasi rendah. Sangat unik, bukan? 

Penutup

Demikianlah penjelasan seputar distro Linux ringan yang dapat Anda coba. Apakah Anda tertarik untuk mulai menggunakan salah satunya? Jika Anda adalah pelanggan layanan IDCloudHost, Anda dapat menginstal OS pilihan Anda di Virtual Machine Cloud VPS IDCloudHost. Coba sekarang dan dapatkan free credit Rp 50.000,-

 

Related Post :