logo 7 Rekomendasi Distro Linux untuk Pemula Terbaik 2022 - IDCloudHost

7 Rekomendasi Distro Linux untuk Pemula Terbaik 2022

7 Rekomendasi Distro Linux untuk Pemula Terbaik 2022

Linux adalah sistem operasi yang memiliki banyak kegunaan dan dapat digunakan oleh semua kalangan. Terutama bagi Anda yang mempelajari bidang IT, menggunakan Linux akan sangat membantu karena sistem operasi ini lebih aman dan mudah dikostumisasi sesuai kebutuhan. Jika Anda baru mempelajari Linux, mungkin Anda bisa memulainya dari distro Linux untuk pemula berikut ini. 

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui distro Linux apa saja yang cocok untuk pemula, serta kenapa Anda harus mulai menggunakan sistem operasi ini. Simak penjelasan selengkapnya, ya. 

Kenapa Harus Menggunakan Linux?

Linux merupakan sistem operasi yang menarik untuk dipelajari. Terutama bagi Anda yang berminat untuk mendalami dunia IT, pengetahuan terkait Linux adalah hal yang sangat penting. Kenapa Anda harus mempelajari dan mulai menggunakan Linux? Berikut beberapa keunggulan yang ditawarkan sistem operasi tersebut. 

  1. Open-source

Linux dapat Anda gunakan secara gratis, bahkan Anda juga bisa ikut mengembangkan sistem operasi ini dengan bebas. Ada banyak distro yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan dan bisa didapatkan hanya dengan mengunduhnya di internet. 

Tidak hanya sistem operasinya saja, tapi aplikasi yang terdapat dalam Linux juga tersedia secara gratis. Mulai dari aplikasi perkantoran, browser, hingga desain. Sifatnya yang open-source ini memberikan Anda kebebasan dan kemudahan dalam memilih software yang ingin Anda instal. 

  1. Lebih Aman dari Virus

Kebanyakan virus komputer ditujukan untuk sistem operasi Windows. Hal ini tentu saja karena Windows adalah sistem operasi dengan pengguna terbanyak di dunia. Sementara itu, Linux memiliki pengguna yang lebih sedikit sehingga tak banyak pembuat virus yang tertarik mengembangkannya. Bagi mereka, hal itu merugikan karena virus tersebut tak bisa menjangkiti banyak pengguna. 

Selain itu, Linux dikembangkan secara terus menerus oleh banyak orang. Hal ini membuat celah keamanan di berbagai sistem operasi berbasis Linux jadi lebih kecil dan membuat komputer lebih aman dari serangan virus maupun peretas. 

  1. Fleksibel

Linux adalah sistem operasi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari orang awam yang ingin menggunakan komputer untuk hal-hal sederhana, hingga developer dan teknisi jaringan, Linux memiliki distro yang cocok untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut. 

Sistem operasi yang satu ini memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk melakukan penyesuaian. Selain itu, Linux bisa diinstal di berbagai perangkat, bahkan pada hardware lama dengan spesifikasi minim.  

  1. Performa yang Handal

Linux adalah sistem operasi yang sangat stabil dan handal. Proses pengembangannya juga transparan, seperti Debian yang secara terbuka memberikan informasi tentang mana versi yang stabil dan tidak stabil. 

Hal ini membuat pengguna Linux jarang menemui gangguan pada sistem operasi yang mereka gunakan. Baik lag, error, ancaman virus, dan lain-lain, semuanya jarang terjadi di Linux. Jika komputer dengan OS Linux mengalami freeze, Anda bisa menutup aplikasi yang bermasalah langsung dari terminal dengan baris perintah. 

  1. Dukungan Komunitas yang Luas

Walaupun penggunanya tidak sebanyak Windows dan Mac OS, Linux memiliki komunitas pengguna dan developer yang sangat luas. Banyak pengguna yang aktif mempelajari dan mengeksplor sistem operasi yang satu ini, sehingga mendorong banyaknya diskusi di forum-forum terkait. 

Sebagai pengguna, Anda tentunya sangat diuntungkan dengan hal ini. Jika mengalami kendala dalam menggunakan Linux, tak sulit untuk menemukan solusinya karena ada banyak tutorial, artikel, dan diskusi tentang berbagai masalah Linux dan cara mengatasinya. Anda bisa bertanya kepada pengguna lainnya lewat forum seperti Ask Ubuntu, Ask Fedora, dan forum lain sesuai dengan distro Linux untuk pemula yang Anda gunakan. 

7 Rekomendasi Distro Linux untuk Pemula 2022

Jika Anda masih awam dan baru ingin mencoba Linux untuk pertama kalinya, banyaknya distro yang dibangun untuk sistem operasi ini mungkin membuat Anda kebingungan. Berikut adalah rekomendasi distro Linux yang cocok dan mudah digunakan untuk pemula! 

  1. Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu distro Linux untuk pemula paling populer dan memiliki banyak pengguna. Sistem operasi yang satu ini sangat fleksibel dan bisa digunakan oleh semua orang, mulai dari yang masih pemula hingga yang memiliki kemampuan advanced. 

Ubuntu memiliki tampilan yang unik dan user-friendly, sehingga mudah digunakan. Sistem operasi yang satu ini juga memiliki banyak pilihan aplikasi yang bisa Anda instal di dalamnya. Ubuntu pertama kali dirilis pada tahun 2004 dan masih terus dikembankan hingga hari ini, sehingga versinya terus diperbaharui secara rutin. 

  1. Linux Mint

Linux Mint adalah pilihan tepat distro Linux untuk pemula bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Windows. Mint memiliki tampilan yang cukup mirip dengan Windows, sehingga Anda tak akan kesulitan beradaptasi dengan sistem operasi yang satu ini. 

Anda bisa menggunakan Linux Mint sebagai awalan hingga terbiasa dengan sistem operasi Linux secara keseluruhan. Distro Linux yang satu ini pertama kali rilis pada tahun 2006, dan cukup ringan sehingga bisa Anda instal di PC dengan minimal RAM 2 GB saja. 

  1. Zorin

Zorin adalah distro Linux untuk pemula yang memiliki tampilan mirip Windows 10. Sistem operasi yang satu ini memiliki interface minimalis dan elegan yang memanjakan mata. Karena cara menggunakannya sangat mirip dengan Windows, maka Anda bisa lebih mudah mempelajarinya. 

Zorin merupakan sistem operasi berbasis Debian dan pertama kali rilis pada tahun 2009. Terdapat dua versi Zorin yang dapat Anda gunakan, yakni Zorin OS Lite dan Zorin OS Pro. 

Versi Lite lebih ringan dan cocok untuk Anda yang menggunakan komputer dengan spesifikasi terbatas. Sementara itu, versi Pro memiliki fitur yang lebih lengkap dan memberikan keleluasaan lebih bagi pengguna. 

  1. Deepin

Deepin adalah sistem operasi yang dibangun dengan basis Debian. Pertama kali rilis sejak 2004, Deepin merupakan distro Linux untuk pemula yang paling populer di Tiongkok. Saat ini, Deepin dikembangkan oleh Wuhan Deepin Technology Co., Ltd. 

Versi terbaru Deepin adalah Deepin 20.6 yang rilis pada Mei 2022 lalu. Sistem operasi ini cukup stabil dan mudah digunakan. Selain itu, pada versi-versi terbarunya Deepin juga sudah mendukung aplikasi Android seperti OS Windows 11. 

  1. Solus

Solus adalah distro Linux untuk pemula yang cukup unik. Berbeda dengan kebanyakan distro Linux yang dibangun dengan basis Debian, Arch Linux, atau Ubuntu, Solus dibuat dari awal secara independen. 

Sistem operasi yang satu ini terhitung masih baru, karena pertama kali rilis sekitar tahun 2015. Solus termasuk salah satu distro Linux yang ringan dan stabil. Selain itu, tampilannya yang menarik dan user-friendly membuat sistem operasi yang satu ini mudah dipelajari dan cocok untuk pemula. 

  1. Elementary OS

Elementary adalah distro Linux untuk pemula yang memiliki tampilan modern dan clean. Distro Linux yang satu ini memang dibuat khusus untuk orang awam yang menggunakan Linux bukan untuk keperluan teknis. Karena itulah, OS yang satu ini mudah dipelajari dan cocok untuk pemula yang baru sekali menggunakan Linux. 

Tampilan Elementary OS sangat sederhana dengan dock dan panel yang ada di bagian bawah dan atas desktopnya. Sayangnya, aplikasi yang tersedia di Elementary OS masih sedikit jika dibandingkan distro Linux lainnya. Namun, OS ini mendukung AppCenter yang memungkinkan Anda mengunduh dan menginstal berbagai aplikasi yang Anda inginkan. 

  1. Manjaro Linux

Manjaro Linux adalah distro Linux untuk pemula yang berbasis Arch Linux. Sistem operasi yang satu ini sangat ramah pemula dan cocok bagi Anda yang ingin mengenal Arch Linux lebih dalam. Manjaro Linux pertama kali rilis pada 2011 dan butuh minimal RAM 4GB dan storage 30 GB agar sistem operasi ini bisa berjalan dengan lancar. 

Manjaro Linux semakin populer saat ini dan memiliki pertumbuhan yang pesat. Hal ini karena semakin banyak developer yang bergabung karena tertarik mengembangkannya. Bagi Anda yang pemula, jangan khawatir akan menemui kesulitan saat meakukan instalasi, karena installer Manjaro Linux juga sangat mudah dijalankan. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang distro Linux untuk pemula terbaik rekomendasi dari kami. Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satunya? Pada awalnya, menggunakan Linux mungkin terlihat membingungkan, tapi setelah mencoba menggunakannya maka Anda akan cepat terbiasa. 

Selain di komputer, Anda juga dapat menginstal Linux pada layanan cloud server. Dengan menggunakan layanan Cloud VPS dari IDCloudHost berbagai sistem operasi ini dapat Anda instal dengan mudah dan cepat untuk berbagai kebutuhan. Yuk, coba sekarang dan dapatkan free credit Rp 50.000,-! 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image