DNS Server Umum Tercepat, Terbaik dan Gratis di Tahun 2021

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Server DNS publik dan gratis terbaik seringnya menawarkan cara alternatif untuk terhubung secara online dengan aman. DNS (Domain Name System) sendiri adalah sistem yang menerjemahkan nama domain yang Anda masukkan di browser ke alamat IP yang diperlukan untuk mengakses situs tersebut. ISP Anda akan memberi Anda server DNS setiap kali Anda terhubung ke internet, tetapi ini mungkin tidak selalu menjadi pilihan server DNS terbaik.

Sebuah server DNS yang lambat dapat menyebabkan kelambatan sebelum situs web mulai memuat, dan jika server Anda terkadang mati, Anda mungkin tidak dapat mengakses situs apa pun sama sekali. Beralih ke server DNS publik gratis dapat membuat perbedaan nyata, dengan penjelajahan yang lebih responsif dan catatan waktu aktif 100% yang panjang, yang berarti kemungkinan masalah teknis jauh lebih kecil.

Beberapa layanan juga dapat memblokir akses ke situs phising atau yang terinfeksi, dan beberapa menawarkan pemfilteran konten untuk menjauhkan anak-anak Anda dari hal terburuk di web. Anda harus memilih layanan dengan hati-hati mengingat tidak semua penyedia akan lebih baik daripada ISP Anda. Tetapi untuk membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar, artikel ini akan menyoroti beberapa server DNS terbaik tahun 2021 ini.

 

Alasan Mengapa Mengubah DNS Server

DNS Server Umum Tercepat, Terbaik dan Gratis di Tahun 2021
 

Sistem Nama Domain atau Domain Name System (DNS) adalah buku alamat untuk web yang akan menerjemahkan alamat web yang digunakan menjadi alamat IP yang digunakan oleh komputer untuk berkomunikasi. Ketika Anda memasukkan URL seperti idcloudhost.com ke dalam browser web Anda, browser Anda menanyakan server DNS untuk mendapatkan alamat IP sehingga dapat mengakses situs web tersebut. Secara default, broadband rumah Anda akan disiapkan untuk menggunakan server DNS penyedia broadband Anda sendiri.

Tetapi ini tidak selalu menawarkan kecepatan terbaik, dan ISP Anda hampir pasti mencatat setiap situs web yang Anda kunjungi. Anda mungkin juga menemukan bahwa DNS penyedia broadband Anda tidak terlalu dapat diandalkan, dan ketika DNS gagal Anda tidak akan dapat mengakses situs web. Tetapi banyak layanan DNS publik gratis yang memiliki waktu aktif 99.9% hingga 100%, jadi sangat tidak mungkin untuk jatuh dan mengganggu penjelajahan web Anda. Server DNS alternatif juga dapat menawarkan fitur tambahan seperti kontrol orang tua, filter, dan pemblokiran situs phishing dan malware.

 

Baca Juga  :     Daftar DNS Server Milik Telkom dan Fungsinya untuk berbagai Kebutuhan

 

Rekomendasi Daftar DNS Server Umum Terbaik

DNS Server Umum Tercepat, Terbaik dan Gratis di Tahun 2021
 

Server DNS menerjemahkan nama domain ramah yang Anda masukkan ke dalam browser menjadi alamat IP publik yang diperlukan perangkat Anda untuk benar-benar berkomunikasi dan mengakses situs yang Anda tuju. Berikut ini beberapa daftar DNS umum yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Google Public DNS

    Google Public DNS menawarkan server yang cepat dan aman. Anda tidak perlu mendaftar untuk sebuah akun dan tidak ada batasan permintaan, jadi Anda dapat menggunakan server DNS sebanyak yang Anda inginkan. Google Public DNS memiliki beberapa langkah perlindungan untuk memastikan Anda juga aman dari serangan cyber terkait DNS, seperti serangan Denial of Service (DoS). Ini termasuk memeriksa semua kode yang dikembalikan oleh kueri DNS Anda dan memantau tingkat permintaan DNS.
    Karena Google Public DNS dimiliki oleh Google, bisa saja data dan riwayat penjelajahan Anda akan dilacak dan dikumpulkan. Walau alamat IP Anda dihapus dalam waktu 48 jam dan tidak ada data yang disimpan terkait dengan aktivitas online atau akun Google Anda. Google Public DNS masih menyimpan beberapa data seperti Internet Service Provider(ISP) Anda dan lokasi umum untuk menggunakannya untuk analitik internal.

  • OpenDNS

    OpenDNS adalah pilihan terbaik untuk keluarga dengan anak kecil karena DNS ini memungkinkan Anda menyaring konten dewasa. Anda hanya perlu membuat akun gratis dan mengkonfirmasinya melalui email. Setelah selesai, Anda dapat menyesuaikan filter Anda di dasbor. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan server DNS Family Shield, yang secara otomatis memblokir semua konten dewasa. Sayangnya, OpenDNS mengumpulkan data non-identifikasi, yang digunakan secara internal dan dibagikan dengan mitra pemasaran meski Anda juga memiliki opsi untuk menghapus data DNS Anda.

  • CyberGhost

    Seperti NordVPN, CyberGhost adalah penyedia VPN top lainnya dengan server DNS gratis yang tersedia untuk penggunaan publik yaitu Anda tidak perlu membayar atau membuat akun. Kecepatan koneksi luar biasa dan Anda akan memiliki akses tanpa sensor ke internet. Kelebihan yang bisa diandalkan dari CyberGhost ini adalah tidak ada data Anda yang dikumpulkan atau dibagikan.

  • Cloudflare

    Cloudflare adalah pilihan teratas untuk bermain game karena kecepatannya yang cepat. Anda dapat memilih dari server di lebih dari 200 lokasi di seluruh dunia. Lebih baik lagi, koneksi Anda aman dari serangan DoS dan keracunan cache. Anda tidak dapat memblokir iklan dengan layanan ini, tetapi Anda dapat memblokir atau memfilter konten secara manual jika Anda membuat akun gratis. Alamat IP Anda akan tetap pribadi, meskipun beberapa data dicatat. Namun, ini hanya digunakan untuk meningkatkan kinerja server DNS dan semua log akan dihapus dalam 24 jam.
     
    Baca juga  :   Apa itu ISP (Internet Service Provider) : Layanan, Fungsi, dan Tujuannya

  • NordVPN

    Dibandingkan dengan DNS lain, NordVPN mempunyai penggemarnya sendiri karena menawarkan server DNS yang cepat dan aman secara gratis. Server DNS terutama dibuat untuk layanan VPN-nya. Saya berbicara dengan perwakilan di obrolan langsung, yang meyakinkan saya bahwa ini dapat digunakan secara gratis dengan dan tanpa layanan berbayar.
    NordVPN menerapkan kebijakan tanpa pencatatan yang ketat di semua servernya, yang berarti tidak ada pihak ketiga yang memiliki akses ke data Anda dan bahkan NordVPN sendiri. Namun, Anda tidak akan terlindungi dari kegiatan mata-mata dari pengiklan, pelacak, dan kemungkinan peretas. Untuk perlindungan penuh, Anda perlu meningkatkan ke layanan VPN karena layanan ini mengenkripsi seluruh koneksi internet Anda.

  • Verisign

    Verisign menawarkan kecepatan rata-rata tetapi koneksi server stabil, jadi Anda tidak perlu berurusan dengan penurunan koneksi yang membuat kegiatan Anda tersendat. Selain itu Verisign tidak menjual data pribadi Anda kepada pihak ketiga seperti pengiklan, meskipun data Anda akan dikumpulkan untuk tujuan analitis. Meskipun tidak ada pemblokir iklan, Verisign juga melindungi browser Anda dari kelemahan DNS, seperti keracunan cache dan serangan DoS.

  • Comodo Secure

    Selain Cloudflare, ada juga Comodo Secure adalah penyedia layanan DNS cepat yang bagus untuk bermain game. Kelebihan lainnya adalah DNS ini akan secara otomatis memblokir spyware dan malware meski memang kebijakan privasi kurang jika dibandingkan dengan DNS lain. Comodo mengumpulkan data untuk tujuan pemasaran dan analitis, ini termasuk nama Anda jika disediakan secara sukarela dan alamat IP Anda yang akan masuk secara otomatis.

  • Neustar

    Apabila Anda mencari DNS dengan kebutuhan khusus seperti untuk keluarga, maka UltraDNS Neustar ideal untuk keluarga dengan 3 filter berbeda. Disini Anda dapat mengandalkan Unfiltered Protection (akses internet tanpa sensor), Threat Protection (memblokir malware), dan Family Protection (memblokir malware dan konten dewasa).
    Selain memang mengutamakan kecepatan yang tinggi di setiap server DNS, sayang sekali Neustar akan mencatat dan menyimpan data pribadi Anda selama penggunaan, dan akan mengumpulkan alamat IP Anda dan informasi identitas lainnya.

 

Baca Juga  :    Firewall : Tipe, Cara Kerja serta Penerapannya pada PC dan Mac

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika daftar di atas menarik minat Anda terlebih lagi jika Anda memiliki banyak informasi sensitif yang disimpan di perangkat Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan VPN. VPN membuat sambungan terenkripsi untuk menyembunyikan alamat IP Anda, jadi semua data penjelajahan Anda bersifat anonim dan tidak dapat ditautkan kembali ke Anda.

Meskipun server DNS dalam ulasan ini aman untuk digunakan, selalu ada resiko saat Anda mempercayai pihak ketiga yang tidak dikenal dengan data pribadi Anda. Resiko inilah yang sebaiknya memprioritaskan penggunaan VPN berkualitas tinggi di server DNS pribadi daripada server DNS publik gratis. Kembali lagi pada kebutuhan Anda, sebaiknya cerna kembali rekomendasi DNS diatas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related Post :