3 Cara Download Video YouTube Dengan Mudah dan Praktis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Dari hanya berbagi konten video pribadi, kini YouTube telah menjadi situs paling populer untuk menonton dan mengunduh video. Baik itu konten hiburan, tutorial, atau video musik, YouTube hampir selalu ada di hasil pencarian saat Anda membutuhkan video untuk pencarian Anda.

Meskipun YouTube memungkinkan untuk menonton offline saat Anda tidak terhubung ke internet, tidak semua video memenuhi syarat. Ini tentu saja sangat merepotkan akan ketika Anda selalu harus mengunduh video yang diinginkan dengan perangkat lunak yang harus di unduh juga.

Tapi tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengunduh video YouTube tanpa perangkat lunak apa pun. Ada berbagai situs dan alat yang memungkinkan Anda mengunduh video YouTube, mudah gratis. Mari simak artikel dibawah ini.

 

3 Cara Mudah Download Video YouTube

3 Cara Download Video YouTube Dengan Mudah dan Praktis

 

Jika diambil dari laporan Statista, lebih dari 500 jam video diunggah ke YouTube setiap menit pada Mei 2019 lalu. Angka ini tentunya akan terus bertambah di tahun 2022 dan disaat dunia resmi dalam pandemi di tahun 2020. Karena banyaknya video menarik, tak mengherankan kalau ANda ingin ingin mengunduh video dari YouTube.

Meski YouTube mempunyai fitur untuk mengunduh video yang bisa ditonton secara offline tanpa koneksi internet, tapi sayangnya tidak semua video mengikuti cara ini. Karenanya mau tidak mau Anda harus mengunduh atau download video dari YouTube dengan teknik dan cara lain.

 

Keepvid

Keepvid adalah platform solusi video all-in-one dimana Anda dapat mengunduh video YouTube tanpa bantuan perangkat lunak apa pun. Situs web ini memungkinkan Anda mengunduh video di situs mana pun dan berfungsi sebagai pengkonversi video online, kompresor video online, editor video online, dan banyak lagi. Dengan Keepvid, Anda tidak memerlukan perangkat lunak apa pun untuk mengunduh video YouTube Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Salin tautan ke video YouTube.
  • Tempel tautan ke kotak teks teratas di situs Keepvid.
  • Klik unduh sekarang untuk memulai pengunduhan dalam format pilihan Anda.

 

Baca Juga   :    Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Terbaru 2022

 

Savefrom

Jika Anda memerlukan situs tempat Anda dapat mengunduh video YouTube online gratis tanpa perangkat lunak apa pun dan dengan sekali klik, Savefrom(dot)net adalah situs yang Anda cari. Situs pengunduh ini adalah situs download yang tertua dan paling populer dalam hal mengunduh video online dengan mudah dan bebas.

Kelebihan pengunduh ini adalah dimana pengguna hanya menambahkan ss ke URL video saja. Selain itu Savefrom juga didukung oleh fitur ekstraksi audio juga. Anda dapat memilih untuk mengunjungi situs web resmi atau hanya menambahkan ss ke URL video untuk meluncurkan proses pengunduhan video. Untuk mengunduh di situs web resmi, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti langkah-langkah ini :

  • Temukan video yang ingin Anda unduh di YouTube
  • Salin URL video dan tempel ke kolom input di bagian atas halaman.
  • Klik ‘Unduh sekarang dan Anda akan melihat semua format yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh video Anda.
  • Pilih format yang Anda inginkan dan unduhan video Anda segera.

 

Y2mate

Y2mate adalah salah satu pengunduh top lainnya yang memungkinkan Anda mengunduh video YouTube tanpa perangkat lunak dan dalam kualitas HD. Popularitas pengunduh ini sangat bagus karena antarmukanya bersih dan mudah digunakan dan juga dapat mengkonversi ke banyak format file lainnya. Aplikasi ini juga mendukung semua format dan cukup mudah digunakan, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti langkah-langkah ini :

  • Cari nama video yang ingin Anda unduh atau salin dan tempel tautan ke video tersebut.
  • Pilih format video/audio lalu klik ‘Unduh’.
  • Tunggu hingga konversi selesai sebelum Anda mengunduh file.

 

Baca Juga   :     Cara Membuat Channel YouTube Untuk Pemula Terbaru 2022

 

Persyaratan Sebelum Anda Mengunduh Video YouTube

Sebelum Anda mengunduh dan menyimpan video dari YouTube, perlu diingat bahwa banyak di antaranya memiliki hak cipta, yang berarti mengunduhnya tanpa membayar pembuatnya adalah ilegal. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan pengguna mengunduh video YouTube ke perangkat mereka, tetapi itu melanggar hukum dan Persyaratan Layanan YouTube.

Agar Anda dapat menghindari permasalahan, cek kondisi legal untuk mengunduh video YouTube dengan aplikasi pihak ketiga. Untuk memerangi pencurian kekayaan intelektual dan bentuk pembajakan lainnya, YouTube menawarkan fitur unduhan semu yang memungkinkan Anda mengunduh video ke ponsel cerdas Anda dan menontonnya secara offline. Ini adalah satu-satunya cara untuk mengunduh video YouTube yang sepenuhnya legal.

Namun sayangnya video yang diunduh hanya tersedia di aplikasi YouTube, bukan di penyimpanan perangkat Anda. Bahkan di beberapa wilayah, hanya pelanggan YouTube Premium yang memiliki akses ke fitur unduhan ini. Di YouTube Help, Anda dapat melihat daftar wilayah tempat YouTube Premium tersedia. Dulu tersedia untuk semua pengguna dalam versi gratis aplikasi, tetapi itu tidak lagi terjadi.

Peringatan lain adalah bahwa fitur unduhan terbatas pada konten dan wilayah tertentu. Sekali lagi, Bantuan YouTube memiliki daftar semua negara tempat YouTube mengizinkan pengunduhan konten tertentu untuk ditonton secara offline. Intinya tidak semua video YouTube tersedia untuk diunduh dimana pembuat konten di YouTube memiliki opsi untuk membuat video mereka dapat diunduh atau tidak.

 

Baca Juga   :     Tips dan Trik Meningkatkan YouTube Marketing Tahun 2022

 

Cara Mengunduh Video YouTube untuk Ditonton Secara Offline

3 Cara Download Video YouTube Dengan Mudah dan Praktis

 

Lalu bagaimana cara download video dari YouTube yang bisa ditonton offline? Ikuti langkah mudah untuk mengunduh video yang nantinya bisa Anda tonton secara offline kapan saja.

  • Bergabung dengan YouTube Premium.
  • Temukan video yang ingin Anda unduh menggunakan bilah pencarian.
  • Ketuk video untuk diputar, lalu tekan tombol unduh di tab menu tepat di bawah video.
  • Pilih kualitas yang ingin Anda unduh, lalu ketuk Unduh untuk memulai. Jangan khawatir jika perangkat Anda kehilangan koneksi saat Anda mengunduh video, unduhan Anda akan dilanjutkan secara otomatis saat Anda tersambung kembali ke internet.
  • Karena ini adalah pertama kalinya Anda mengunduh, centang kotak Ingat pengaturan saya, jadi Anda tidak perlu mengulangi proses ini saat berikutnya Anda ingin mengunduh video YouTube.
  • Anda akan melihat pop-up Video yang diunduh di bagian bawah video YouTube Anda setelah selesai diunduh. Selain itu, tombol Unduh sekarang akan menampilkan kata Diunduh/Download dimana Anda sekarang dapat menonton video tanpa koneksi internet.

 

Baca Juga  :   8 Rekomendasi Alat (Tools) YouTube Marketing Terbaik 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Pengguna platform besar YouTube pasi ingin mengunduh video YouTube untuk dinikmati secara offline, tanpa data atau untuk digunakan sebagai referensi nanti. Tetapi untuk melakukan ini, Anda harus lebih dulu langganan premium YouTube atau alat pihak ketiga untuk mengunduh video dalam format dan perangkat pilihan Anda.

Namun, dengan banyaknya alat pengunduhan YouTube yang tersedia secara online, mungkin sulit untuk memutuskan alat terbaik untuk kebutuhan Anda. Oleh karenanya, beberapa cara yang bisa Anda coba adalah dengan bantuan pihak ketiga yakni situs web khusus untuk mengunduh konten dari YouTube yang bisa Anda coba dari daftar diatas.

 

 

 

 

 

Related Post :