Menjadikan VPS Sebagai VPN

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

VPN atau Virtual Private Network adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara privat melalui jaringan publik (Internet). VPN disebut Virtual network karena menggunakan jaringan publik (Internet) sebagai media perantaranya alias bukan koneksi langsung. Dan disebut Private network, karena jaringannya bersifat privat, dimana hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan pun terenkripsi sehingga aman dan tetap rahasia meskipun dikirim melalui jaringan publik.

Jaringan publik yang dimaksud disini bukanlah jaringan gratisan atau free wifi, tetapi segala jaringan yang biasa kita gunakan untuk mengakses internet misal dari sebuah provider internet tertentu seperti Telkom, Mobile broadband dsb. Dimana IP dari jaringan tersebut selalu berubah-ubah atau dinamis. Maka kita akan membuat jaringan publik ini menjadi jaringan private atau pribadi yang akan ter-enkripsi melalui socket HTTPS yang disediakan server VPS yang kita gunakan untuk meng-hosting OS Virtual Private Network kita.

Sambungan VPN di Internet sama dengan wide-area network (WAN) link antara situs web. Dari perspektif pengguna, sumber daya jaringan yang diakses dengan cara yang sama sebagai sumber daya yang tersedia dalam jaringan pribadi. Satu keterbatasan utama VPN adalah bahwa mereka point-to-point, dan tidak cenderung untuk mendukung atau terhubung pada domain. Oleh karena itu komunikasi, perangkat lunak, dan jaringan, yang didasarkan pada layer 2 dan paket, seperti NetBIOS yang digunakan dalam jaringan Windows, mungkin tidak sepenuhnya didukung atau bekerja persis seperti mereka akan di LAN nyata. Varian-varian VPN, seperti layanan LAN pribadi Virtual (VPLS) dan layer 2 tunneling protokol, yang dirancang untuk mengatasi keterbatasan ini.

Jadi apa saja yang dibutuhkan untuk membuat VPN? Hal utama yang dibutuhkan dalam membuat VPN adalah VPS (Visrtual Private Server) yaitu sebuah server virtual yang dijual sebagai layanan oleh layanan hosting Internet. VPS menjalankan sendiri dari sistem operasi dan kita dapat mempunya superuser-tingkat akses ke sistem operasi, sehingga mereka dapat memasang hampir semua perangkat lunak yang berjalan pada OS tersebut.

Bagaimana cara mendapatkan VPS? Jika teman-teman membutuhkan VPS, IDCloudHost dapat menjadi pilihan provider. Dengan beragam pilihan paket sehingga sesuai dengan kebutuhan teman-teman.

Kemudian teman-teman juga membutuhkan OpenVPN sebagai operating system yang akan menjalankan server kamu sebagai VPN. Untuk operating system, teman-teman dapat menggunakan Linux CentOS 6.5 x 64 (64 bit) atau CentOS 6.5 x 32 (32 bit).

Related Post :