Exsternal Link (Backlink): Panduan Lengkap untuk Optimasi SEO Tahun 2021

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Internet dibangun di atas jaringan serta tautan yang membuatnya terhubung menjadi jaring raksasa. Tanpa adanya jaringan serta tautan ini makan akan halaman terputus yang berantakan dan tidak teratur yang akan sulit ditemukan dan dinavigasi. Konsep BackRub asli dalam mengatur hierarki halaman melalui sistem kutipan sangat brilian meski bisa dibilang tidak sempurna.

Sejak itu, upaya untuk menyempurnakan sistem itu terus berlangsung, sehingga beberapa tautan memiliki nilai untuk dihitung dan yang tidak mengandung spam. Anda mendapatkan backlink ketika situs lain menautkan ke Anda itu berarti mereka cukup menyukai Anda untuk membantu Anda. Ini bermakna mereka mau meluangkan waktu untuk menulis beberapa salinan tentang Anda, lalu menulis kode html yang akan membuat tautan balik ke situs web Anda, dan menayangkannya di web untuk dibagikan dengan mereka audiens mereka.

Membagi dan menyebar backlink di blog, situs berita, pemberi pengaruh, dan influencer untuk memberi Anda tautan balik adalah salah satu strategi pemasaran paling ampuh yang dapat Anda terapkan. Link dan informasi mengenai Anda akan turut muncul dengan mereka dan membantu Anda untuk lebih dikenali. Simak apa saja mengenai backlink dan pengaruhnya untuk optimasi SEO.

 

Mengenal Apa Itu Backlink/External Link

Link, tautan atau juga dikenal sebagai backlink adalah hyperlink yang akan mengarahkan pengguna dari satu halaman ke halaman target lain saat diklik. Ini diterapkan ke halaman dengan menambahkan kode tertentu. Tautan eksternal adalah semua hyperlink atau tautan balik, yang mengarah ke halaman target di domain lain dari domain tempat itu diterbitkan yang di luar domain host.

Dalam istilah SEO, istilah ‘tautan eksternal’ biasanya mengacu pada tautan yang dibuat di situs lain dan mengarah kembali ke domain Anda. Tautan eksternal atau tautan balik ini diukur untuk volume, kualitas, dan relevansinya dengan mempertimbangkan bagaimana tautan tersebut mendukung peringkat laman Anda. Tautan keluar juga merupakan tautan eksternal karena mengarah keluar dari domain Anda ke domain lain.

 

Manfaat Penerapan External Link yang Berkualitas

Exsternal Link (Backlink): Panduan Lengkap untuk Optimasi SEO Tahun 2021
 

Membangun tautan tidak mudah dan penuh kerja keras tetapi tautan balik yang dihasilkan membawa banyak manfaat ke situs Anda. Adapun manfaat penerapan external backlink yang berkualitas termasuk :

  • Backlink dapat meningkatkan peringkat Google Anda

    Semua orang di internet pasti ingin mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google, jadi ini adalah manfaat yang paling populer yang paling dicari dan diingat jika Anda membicarakan manfaat backlink pertama kali.

  • Backlink mendatangkan lalu lintas langsung ke situs web Anda

    Lalu lintas atau kunjungan trafik tersebut dapat berubah menjadi konversi di situs Anda dan ini mungkin manfaat kedua yang paling populer. Tentunya akan sangat menyenangkan melihat tautan balik di situs eksternal menghasilkan penjualan untuk Anda jika Anda mempunyai bisnis.

  • Backlink memberi Anda kredibilitas

    Ini dapat menambahkan atau dimanfaatkan dengan menyebutkan beberapa blog, mereka yang dapat pemberi pengaruh, atau situs berita terkenal akan mengesankan pengunjung dan meningkatkan kepercayaan pada produk Anda.

  • Backlink menarik lebih banyak backlink lain secara alami

    Manfaat yang satu ini yang tidak disadari banyak orang. Jika Anda sudah mendapatkan beberapa tautan balik berkualitas di situs yang sibuk, persentase orang di situs tersebut juga akan menulis tentang dan menautkan ke Anda bahkan tanpa Anda minta sekalipun.

  • Backlink memungkinkan Anda melakukan kebaikan

    Memberikan tautan balik kepada orang lain sering kali membuat Anda menarik perhatian mereka dan itu berarti jika Anda meminta mereka untuk meninjau beberapa konten Anda di masa mendatang, mereka akan bersedia membantu Anda juga.

  • Backlink membangun merek Anda di pasar online Anda

    Dapatkan tautan balik dari blog dan situs teratas di industri Anda dan orang-orang akan mengingat dan menghormati merek Anda. Ini adalah keuntungan jangka panjang yang tidak boleh diabaikan, terutama saat membenarkan pekerjaan Anda kepada atasan atau klien Anda.

 

Baca Juga    :     Cara Belajar SEO untuk Pemula : Tips & Trick, Langkah-langkah, dan Hasilnya

 

Panduan Hubungan External Link/Backlink untuk Optimasi SEO

Berdasarkan data survei faktor peringkat mesin pencari telah menunjukkan bahwa mendapatkan tautan eksternal adalah satu-satunya tujuan terpenting untuk mencapai peringkat tinggi. Ini berasal dari gagasan bahwa tautan eksternal adalah salah satu metrik yang paling sulit untuk dimanipulasi dan karenanya, salah satu cara terbaik bagi mesin telusur untuk menentukan popularitas laman web tertentu. Ide ini pertama kali digunakan oleh mesin pencari awal Alta Vista dan kemudian diperbaiki oleh Google.

Google pertama kali mengukir namanya dengan memperkenalkan komunitas Stanford ke PageRank yakni algoritma yang dikembangkan oleh salah satu pendiri Google, Larry Page. Algoritma ini menghitung hyperlink sebagai suara untuk popularitas. Halaman yang memiliki link paling banyak yang mengarah ke halaman tersebut dianggap yang paling populer.

Jika dianggap relevan untuk kueri tertentu, halaman yang paling populer dan relevan akan menjadi halaman pertama yang terdaftar dalam hasil Google. Meskipun algoritma ini jauh lebih kompleks saat ini, algoritma ini kemungkinan masih menyertakan gagasan tautan eksternal sebagai suara. Saat ini, mesin pencari utama menggunakan banyak metrik untuk menentukan nilai tautan eksternal. Beberapa metrik ini meliputi :

  • Domain penautan dapat dipercaya
  • Popularitas halaman linking page
  • Relevansi konten antara halaman sumber dan halaman target
  • Teks tautan yang digunakan di tautan
  • Jumlah link ke halaman yang sama di halaman sumber
  • Jumlah domain root yang menautkan ke halaman target
  • Jumlah variasi yang digunakan sebagai teks link ke link ke halaman target
  • Hubungan kepemilikan antara domain sumber dan target

 

Baca Juga  :    Perbedaan Long Tail Keyword dan Short Tail Keyword dalam SEO

 

Pegaruh dan Pentingnya External Link/Backlink Terhadap SEO

Exsternal Link (Backlink): Panduan Lengkap untuk Optimasi SEO Tahun 2021
 

Dua puluh tahun yang lalu, Google hanyalah sebuah permulaan dengan misi untuk memberikan hasil pencarian terbaik kepada orang-orang yang mencari informasi. Dalam beberapa tahun, mereka telah mengalahkan persaingan dengan kualitas yang sangat baik dari hasil pencarian mereka. Ini karena Google adalah yang pertama memanfaatkan kekuatan backlink yang menyadari bahwa kata kunci yang Anda masukkan di halaman Anda hanyalah indikasi seberapa baik Anda.

Mereka menyadari bahwa apa yang dikatakan orang lain tentang Anda di situs eksternal di mana Anda tidak memiliki kendali, kemungkinan besar lebih dapat diandalkan daripada apapun yang Anda katakan tentang diri Anda. Google dapat melihat apa yang orang lain pikirkan tentang Anda dengan melihat potensi backlink yang mengarah ke halaman Anda. Algoritma Google melakukannya dalam skala besar mengingat mereka telah merayapi triliunan laman web.

Algoritma pencarian Google menjadi semakin canggih dalam upayanya untuk mengidentifikasi spam dan memberikan hasil yang berkualitas. Selain tautan balik, mesin pencari Google telah menambahkan lebih dari 200 faktor ke algoritma mereka untuk menyempurnakan dan meningkatkan hasil. Faktor-faktor seperti sinyal media sosial, kecepatan unduh situs web, usia nama domain, arsitektur situs web, kualitas konten, dan banyak lainnya sangat berpengaruh. Tetapi backlink berkualitas adalah sinyal terkuat, dan karenanya akan selalu menjadi bagian fundamental dari cara kerja algoritma. Menarik backlink berkualitas sangat penting, dan selalu penting untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian Google.

 

Baca Juga  :    Panduan Lengkap SEO Update di Tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam membangun tautan membawa manfaat pemasaran substansial lainnya yang membantu situs web atau bisnis online Anda menjadi makmur. Baik Anda bermaksud bekerja dengan agensi SEO eksternal, merekrut pakar pemasaran penelusuran untuk bergabung dengan tim Anda, atau bermaksud mengembangkan keterampilan pengoptimalan penelusuran Anda sendiri, Anda perlu memahami apa itu pembuatan tautan atau backlink.

Tidak ada rahasia yang akan memberi Anda backlink berkualitas tanpa usaha dengan cara instant. Untuk mendapatkan tautan yang benar-benar akan mengembangkan bisnis Anda, Anda harus siap untuk meluangkan waktu dan kerja keras. Anda harus membuat sesuatu yang berharga untuk ditautkan, sesuatu yang menurut blogger, jurnalis, ahli akan sangat menarik dan ingin dibagikan. Jika Anda siap untuk melakukan pekerjaan tersebut, bahkan situs sederhana pun dapat bersaing di halaman hasil penelusuran.

Related Post :