FTP (File Transfer Protocol) : Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

FTP telah ada selama lebih dari 40 tahun, tetapi telah berubah secara signifikan selama itu karena mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan. Spesifikasi asli untuk FTP (File Transfer Protocol) sendiri ditulis oleh Abhay Bhushan dan diterbitkan pada 16 April 1971, sebagai RFC 114. RFC adalah singkatan dari “Request for Comments” dan merupakan dokumen formal dari Internet Engineering Task Force.

Pada tahun 1980, TCP / IP muncul dan FTP diganti dengan versi TCP / IP di RFC 765, dan kemudian RFC 959 pada Oktober 1985 yang merupakan spesifikasi yang digunakan hingga saat ini. Perubahan selanjutnya menambahkan ekstensi keamanan, mode pasif dan dukungan IPv6.

Klien FTP pertama tidak bisa lebih dari program baris perintah karena mereka dikembangkan sebelum sistem operasi memiliki GUI. Sejak itu, banyak klien GUI dan utilitas otomatisasi telah dikembangkan untuk desktop, server, perangkat seluler, dan perangkat keras. FTP saat ini juga telah diintegrasikan ke dalam aplikasi, seperti browser web. Mari simak penjelasannya lebih lanjut dibawah ini.

 

Mengenal Pengertian FTP (File Transfer Protocol)

Anda dapat bertukar file apa pun, termasuk musik, video, dan dokumen melalui FTP. Jika itu adalah data dalam satu file, Anda bahkan mungkin mendapatkannya lebih cepat daripada dengan HTTP, kecuali jika servernya jauh. Jika disetel dengan benar, FTP mungkin lebih baik untuk file besar juga. Anda juga dapat membuat direktori, menghapusnya, dan mencantumkan file dengan FTP, tetapi Anda mungkin perlu mengautentikasi dengan nama pengguna dan kata sandi terlebih dahulu.

Server FTP anonim tidak memerlukan kunci dan biasanya digunakan untuk perangkat lunak sumber terbuka yang didistribusikan secara bebas. Untuk mengakses server publik, navigasikan ke direktori bernama “pub”, yang biasanya menyimpan file, lalu unduh yang Anda inginkan melalui FTP. Ini salah satunya dengan beberapa distribusi Linux yang dioperasikan oleh Belbet yang merupakan jaringan pendidikan dan penelitian Belgia.

Banyak transfer ditangani oleh HTTP, tetapi FTP masih umum digunakan untuk mentransfer file di belakang layar untuk aplikasi, seperti perbankan, dan pembuat platform situs web besar. FTP jauh lebih tua daripada HTTP yang umum diketahui saat ini. Bahkan FTP sendiri mendahului protokol TCP / IP, protokol jaringan standar yang menggerakkan internet, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mentransfer file antar komputer jauh sebelum internet berada dalam tahap awal pengembangannya.

 

Cara Kerja FTP (File Transfer Protocol)

FTP (File Transfer Protocol) : Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya
 

File Transfer Protocol atau FTP adalah protokol client-server yang bergantung pada dua saluran komunikasi antara klien dan server yakni saluran perintah yang digunakan untuk mengontrol percakapan dan saluran data yang digunakan untuk mentransfer konten file. Klien memulai dialog dengan server dengan meminta untuk mengunduh file. Menggunakan FTP, klien dapat mengunggah, mengunduh, menghapus, mengganti nama, memindahkan, dan menyalin file di server.

Pengguna biasanya perlu masuk ke server FTP, meskipun beberapa server dapat membuat beberapa atau semua konten tersedia tanpa masuk. Ini disebut FTP anonim. Sesi FTP bekerja dalam mode pasif atau aktif. Mode tidak aktif, setelah klien meminta untuk memulai sesi melalui saluran perintah, server akan memulai koneksi data dengan klien dan mulai mengirimkan data. Dalam mode pasif, server menggunakan saluran perintah untuk mengirim informasi yang diperlukan untuk membuka saluran data ke klien.

Karena mode pasif memungkinkan klien untuk memulai semua koneksi, mode ini bekerja dengan baik antara firewall dan gateway terjemahan alamat jaringan (NAT). Pengguna dapat menggunakan FTP melalui antarmuka baris perintah sederhana misalnya, dari konsol atau jendela terminal Microsoft Windows, Apple OS X, atau Linux atau antarmuka pengguna grafis (GUI) khusus. Selain itu, browser web juga dapat digunakan sebagai klien FTP.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa itu Internet of Things (IOT) : Tutorial, Tips & Trick dan Peluang di Indonesia

 

Manfaat Menggunakan FTP (File Transfer Protocol)

FTP adalah protokol jaringan standar yang dapat mengaktifkan kemampuan transfer file yang luas di seluruh jaringan IP. Tanpa FTP, transfer file dan data dapat dikelola dengan mekanisme lain seperti email atau layanan web HTTP. Tetapi opsi lain tersebut tidak memiliki kejelasan fokus, presisi, dan kontrol yang dimungkinkan oleh FTP. disamping FTP digunakan untuk transfer file antara satu sistem dan sistem lainnya, dan memiliki beberapa kasus penggunaan umum, termasuk :

  • Cadangan

    FTP dapat digunakan oleh layanan pencadangan atau pengguna individu untuk mencadangkan data dari satu lokasi ke server cadangan aman yang menjalankan layanan FTP.

  • Replikasi

    Mirip dengan pencadangan, replikasi melibatkan duplikasi data dari satu sistem ke sistem lain tetapi menggunakan pendekatan yang lebih komprehensif untuk memberikan ketersediaan dan ketahanan yang lebih tinggi. FTP juga dapat digunakan untuk memfasilitasi ini.

  • Akses dan pemuatan data

    Tentunya FTP juga biasa digunakan untuk mengakses hosting web bersama dan layanan cloud sebagai mekanisme untuk memuat data ke sistem jarak jauh.

 

Baca Juga  :    Apa itu ISP (Internet Service Provider) : Layanan, Fungsi, dan Tujuannya

 

Tipe/Jenis dan Penggunaan FTP (File Transfer Protocol)

FTP (File Transfer Protocol) : Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya
 

Aplikasi klien FTP pertama menggunakan command prompt DOS dengan perintah dan sintaks standar. Sejak itu, banyak klien antarmuka pengguna grafis/graphical user interface (GUI) telah dikembangkan dalam sistem operasi, sehingga memudahkan pengguna untuk mengunggah dan mengunduh file. Ada berbagai jenis FTP dan kasus penggunaan yang berbeda:

  • Situs FTP adalah situs web tempat pengguna dapat dengan mudah mengunggah atau mengunduh file tertentu.
  • FTP melalui surat memungkinkan pengguna tanpa akses ke Internet untuk mengakses dan menyalin file menggunakan FTP anonim dengan mengirimkan pesan email ke dan meletakkan kata bantuan di badan teks.
  • FTP Explorer adalah klien FTP berdasarkan manajer file Windows 95 (Windows 95 Explorer).
  • Server FTP adalah komputer khusus yang menyediakan layanan FTP. Ini mengundang peretas dan memerlukan perangkat keras atau perangkat lunak keamanan seperti penggunaan nama pengguna, kata sandi, dan kontrol akses file.
  • Klien FTP adalah aplikasi komputer yang mengakses server FTP. Saat melakukannya, pengguna harus memblokir upaya koneksi FTP yang masuk menggunakan mode pasif dan harus memeriksa virus pada semua file yang diunduh.

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa Itu Internet Clean Pipe Technology : Fungsi dan Manfaatnya Dalam Perlindungan Online

 

Kesimpulan dan Penutup

16 April 1971, spesifikasi asli untuk File Transfer Protocol (FTP) ditulis oleh Abhay Bhushan dan diterbitkan sebagai RFC. Hingga 1980, FTP berjalan di NCP yang merupakan pendahulu TCP / IP yang mana protokol kemudian diganti dengan versi TCP / IP, RFC 765 pada Juni 1980 dan RFC 959 pada Oktober 1985 yang dikenal sebagai spesifikasi saat ini yang umumnya digunakan.

Beberapa standar yang diusulkan mengubah RFC 959, misalnya RFC 1579 pada Februari 1994 silam mengaktifkan Firewall-Friendly FTP yang merupakan mode pasif, RFC 2228 pada Juni 1997 telah mengusulkan ekstensi keamanan. Adapun RFC 2428 yang diperbarui pada September 1998 juga menambahkan dukungan untuk IPv6 dan mendefinisikan tipe baru dari mode pasif. Sedangkan penjelasan paling sederhana dari File Transfer Protocol (FTP) adalah metode dasar untuk memindahkan file dari satu lokasi di jaringan ke lokasi lain.

FTP melacak kembali ke hari-hari awal jaringan di tahun 1971 bahkan sebelum munculnya jaringan Internet Protocol (IP) modern pada awal 1980-an berdasarkan TCP (Transmission Control Protocol). Sejauh ini, FTP adalah cara paling populer untuk memindahkan file di internet. Dari perkiraan 4,3 miliar alamat IP di ruang alamat IPv4 pada 2016, hampir 22 juta adalah server FTP. Server FTP bahkan dapat ditemukan tertanam dalam aplikasi bisnis dan printer siap pakai .

Related Post :