logo 5+ Ide Konten Instagram untuk Akun Bisnismu  - IDCloudHost

5+ Ide Konten Instagram untuk Akun Bisnismu 

5+ Ide Konten Instagram untuk Akun Bisnismu 

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Karena itu, memiliki akun instagram seolah sudah jadi kewajiban bagi segala segmen bisnis. Mulai dari UMKM hingga korporasi besar, banyak yang memanfaatkan instagram sebagai salah satu channel digital marketing. Karena itu, mungkin Anda butuh ide konten instagram untuk bisnis Anda berikut ini. 

Menjalankan aktivitas content marketing setiap harinya tentu bukan hal yang mudah. Anda harus konsisten, tepat waktu, tapi juga kreatif memunculkan ide-ide baru. Karena itulah, terkadang ada saatnya Anda bingung harus membuat konten seperti apa untuk mengisi akun instagram bisnis Anda. Berikut adalah beberapa ide konten yang dapat Anda terapkan untuk menaikkan engagement rate agar bisnis Anda semakin berkembang! 

5+ Ide Konten Instagram untuk Akun Bisnismu 

Sosial media adalah hal penting dalam aktivitas marketing di masa sekarang. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial terbesar di dunia, lho. Apa saja konten-konten yang bisa Anda posting di media sosial untuk mendongkrak penjualan? Simak penjelasannya berikut ini. 

  1. Konten Informatif

Konten informatif tidak harus melulu tentang produk Anda secara langsung. Namun, Anda juga bisa membuat konten tentang bidang bisnis Anda. Misalnya, Anda menjual produk kosmetik, maka Anda bisa membuat konten informatif berisi tips-tips makeup dan skincare. Hal ini akan mengedukasi calon pelanggan Anda tentang bidang usaha yang Anda geluti. 

Konten-konten seperti ini sangat relevan dengan target audiens yang ingin Anda tuju. Mereka akan tertarik melihatnya karena konten tersebut bermanfaat bagi mereka. Anda juga bisa menyelipkan CTA di akhir konten yang mengarahkan audiens untuk membeli produk Anda. 

  1. Tutorial

Ide konten instagram yang bisa Anda coba lainnya adalah tutorial. Konten seperti ini berisi langkah-langkah atau panduan dalam melakukan sesuatu. Sama seperti konten informatif, tujuannya adalah untuk mengedukasi audiens Anda. Ada banyak cara untuk menyajikan konten tutorial, bisa berupa postingan carousel ataupun video reels. 

Namun, kami menyarankan Anda untuk menyajikannya dalam bentuk video. Konten berbentuk video membuat tutorial lebih mudah dipahami dan diikuti. Salah satu contohnya adalah IDCloudHost yang memiliki produk berupa layanan cloud server sering memberikan tutorial tentang pengembangan website. 

  1. Q&A dan Polling

Sebagai seorang social media marketer, Anda pasti ingin akun media sosial bisnis Anda memiliki engagement rate yang tinggi. Salah satu caranya adalah dengan membuat postingan yang memungkinkan orang-orang berinteraksi dengan brand Anda. 

Anda bisa membuat konten tanya jawab atau polling untuk mendapatkan hal itu. Dengan interaksi bersama audiens, akun medsos brand Anda akan tampak lebih manusiawi dan bisa menyentuh target konsumen secara personal. Selain itu, konten ini juga bisa Anda gunakan untuk riset pasar, lho. 

Seperti yang kita ketahui, riset pasar menghabiskan banyak waktu dan uang. Namun, menggunakan konten seperti ini, Anda bisa mendapatkan feedback langsung dari audiens dengan cepat. Selain itu, orang-orang cenderung menyukai konten kuis dan polling karena ringan dan menyenangkan. 

  1. Tren Terbaru

Ide konten instagram berikutnya adalah mengikut tren yang sedang berlangsung. Dengan membuat konten-konten yang up to date, Anda bisa menjangkau pengguna media sosial dengan lebih luas. Topik yang sedang trending pasti akan dicari banyak orang. Sehingga, besar kemungkinan mereka juga akan menemukan konten Anda. 

Karena itu, Anda harus selalu up-to-date dengan tren yang sedang berlangsung di media sosial. Konten-konten yang kekinian ini bisa Anda terapkan dan sesuaikan dengan brand Anda agar tetap menarik dan relevan dengan audiens. 

  1. Motivasi

Ide konten instagram selanjutnya adalah motivasi. Anda bisa membuat quotes yang bertujuan mengobarkan semangat bagi audiens. Selain itu, Anda juga bisa menyajikan cerita-cerita inspiratif.

Dengan konten seperti ini, Anda bisa menceritakan kisah sukses klien yang menggunakan produk Anda. Misalnya, IDCloudHost sebagai penyedia layanan hosting dan cloud server menceritakan perjalanan sebuah statup yang menggunakan layanan IDCloudHost untuk website dan aplikasi mereka. 

Mintalah mereka untuk diwawancara tentang kisah sukses bisnisnya, kemudian sampaikan cerita tersebut dalam konten instagram berupa foto atau video. Selain bermanfaat untuk meningkatkan engagement rate dan penjualan, konten customer success story seperti ini juga bisa menjadi cara Anda membangun hubungan baik dengan customer, lho. 

  1. Ucapan-ucapan Hari Besar

Setiap tahunnya, ada banyak peringatan hari-hari penting dalam kalender. Mulai dari hari besar nasional, keagamaan, hingga hari-hari penting yang berhubungan dengan bisnis Anda. Ini bisa Anda jadikan ide konten instagram juga, lho. 

Catatlah hari-hari penting tersebut dan jadwalkan untuk posting di akun Instagram Anda. Membagikan ucapan membuat bisnis Anda terlihat menghargai golongan-golongan yang merayakan hari penting tersebut. Ini tentunya akan menjalin kedekatan antara brand dengan konsumennya. 

  1. Informasi Promo

Memberikan informasi promo atau diskon dapat menjadi ide konten Instagram yang menarik. Sebagai akun bisnis, memang sebaiknya tidak secara terus menerus menampilkan produk secara hard-selling. 

Namun, informasi penting tentang produk atau layanan beserta promonya harus tetap ada di halaman akun Instagram Anda. Sertakanlah desain dan gambar yang ciamik serta caption yang menarik, maka konten seperti ini akan membuat audiens tertarik untuk melakukan pembelian. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang ide konten instagram yang dapat Anda coba untuk akun bisnis Anda. Ide yang kami berikan dalam artikel ini dapat Anda kembangkan dengan brand atau bisnsi Anda. Dalam social media marketing, membuat konten secara konsisten memang hal yang penting. 

Selain media sosial, channel lain yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan marketing adalah website resmi. Untuk itu, Anda pasti butuh layanan cloud server yang handal agar website senantiasa lancar diakses. Yuk gunakan Cloud VPS IDCloudHost dan dapatkan free credit Rp. 25.000,-! 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image