Influencer : Tipe/Jenis dan Manfaatnya Bagi Mempromosikan Produk/Brand

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Pernahkah Anda mendengar influencer marketing atau influencer marketing Instagram atau media sosial lainnya? Untuk permulaan, influencer marketing sendiri merupakan sebuah strategi pemasaran terbaru yang saat ini sedang banyak digunakan para pebisnis untuk menaikkan tingkat pemasarannya. Banyak brand yang berhasil dengan pemasaran influencer memasukkannya sebagai bagian penting dari strategi pemasaran digital mereka.

Sebagai sorotan pemasaran media sosial, pemasaran influencer membuka peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan kesadaran merek, menjalin kemitraan yang berharga, meningkatkan penjualan, dan mendukung kampanye pemasaran lainnya seperti SEO dan SEM. Ini membuat pemasaran influencer adalah alat yang sangat kuat yang dengan demikian, banyak perusahaan tertarik untuk mempromosikan merek mereka dengan influencer media sosial populer.

Banyak keuntungan yang Anda dapat saat mempromosikan produk dan brand Anda dengan menggunakan jasa influencer. Cara pengenalan ini juga bagus bagi brand kecil karena ini akan membantu Anda dalam menyebarluaskan informasi mengenai mereka Anda yang mungkin sebelumnya tenggelam di antara ribuan merek dengan niche yang sama. Simak penjelasan berikut ini jika Anda ingin menggunakan jasa influencer yang sebagian taksi dari pemasaran digital saat ini.

 

Mengenal dan Memahami Konsep Apa Itu Influencer 

Influencer : Tipe/Jenis dan Manfaatnya Bagi Mempromosikan Produk/Brand
 

Pada tingkat mendasar, pemasaran influencer adalah jenis pemasaran media sosial yang menggunakan dukungan dan bantuan dari mereka yang mempunyai pengaruh besar kepada individu yang memiliki pengikut sosial khusus dan dipandang sebagai ahli dalam ceruk pasar mereka. Pemasaran influencer bekerja karena tingginya tingkat kepercayaan yang telah dibangun oleh influencer sosial dengan pengikut mereka, dan rekomendasi dari mereka berfungsi sebagai bentuk bukti sosial kepada pelanggan potensial merek Anda.

Model pemasaran influencer sendiri merupakan jenis pemasaran yang berfokus pada penggunaan pemimpin kunci untuk mengarahkan pesan merek Anda ke pasar yang lebih besar. Alih-alih memasarkan langsung ke sekelompok besar konsumen, Anda malah menginspirasi, menyewa jasa atau membayar influencer untuk menyebarkan berita untuk Anda selaku pemilik produk maupun brand. Sebuah studi oleh eMarketer mendukung klaim ini yang menemukan 85% profesional pemasaran berencana meluncurkan kampanye pemasaran influencer. Terlebih lagi, 59% dari mereka yang sudah menjalankan kampanye influencer merasa senang dengan hasil yang mereka rencanakan untuk meningkatkan pengeluaran kampanye mereka tahun depan.

 

Baca Juga  :     Manfaat Social Media Marketing Dalam Menaikkan Penjualan Bisnis Online

 

Manfaat dari Menggunakan Jasa Influencer untuk Brand/Produk

Influencer marketing diharapkan menjadi industri $5-10 miliar dalam lima tahun ke depan karena semakin banyak bisnis yang menggunakannya sebagai strategi untuk meningkatkan laba mereka. Terlepas dari aksesibilitasnya, banyak pengusaha masih ragu untuk menggunakan influencer marketing.

Brand yang hendak menggunakan jasa ini harus mengetahui cara kerjanya dan memutuskan influencer mana yang tepat untuk aktivitas Anda dapat mengubah dan mengembangkan bisnis Anda secara drastis, menjadikannya strategi penting dalam pemasaran. Pemasaran influencer menawarkan banyak keuntungan yang dapat membantu model bisnis Anda stabil dan berkembang. Berikut manfaat dari influencer marketing jika Anda yang harus Anda ketahui :

  • Meningkatkan kesadaran brand

    Salah satu manfaat langsung dari menggunakan pemasaran influencer adalah peningkatan kesadaran merek. Target audiens yang menggunakan media sosial akan mengenal brand, story, dan penawaran yang Anda miliki. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat konten berharga yang meningkatkan kehadiran media sosial.

  • Membangun kepercayaan dan otoritas

    Influencer telah membangun hubungan yang kuat dengan penggemar mereka, membangun kepercayaan dan kredibilitas mengingat pengguna menghormati rekomendasi mereka. Jika seorang influencer mendukung suatu produk atau layanan, itu langsung membangun kredibilitas untuk merek yang mereka promosikan. Influencer sosial mengerahkan tingkat otoritas pada barang atau jasa yang mereka dukung.

  • Mencapai target audiens

    Influencer yang relevan dengan merek Anda telah memiliki audiens yang mapan di media sosial. Karenanya, Anda dapat dengan mudah mendapatkan grup target Anda saat menggunakan influencer. Tidak perlu mengeluarkan uang ekstra hanya untuk menguji dan menemukan pasar Anda, karena influencer sudah memilikinya.

  • Terhubung ke pasar yang lebih luas

    Dengan menggunakan influencer, Anda tidak hanya menjangkau audiens yang Anda tuju. Anda juga dapat menjalin ikatan dengan segmen pasar lainnya. Contohnya konsumen milenial dan gen Z adalah demografi yang menguntungkan dengan mudah meningkatkan penjualan dan pendapatan.

  • Membangun tren

    Seorang influencer dapat menjadi kekuatan pendorong di balik gerakan baru karena mereka sering mengekspos audiens mereka pada ide, produk, dan merek baru. Dengan menyelaraskan bisnis Anda dengan pengaruh penentu tren, Anda juga menunjukkan bahwa perusahaan Anda adalah pemimpin perintis. Selain itu, influencer dapat mengatur tren, menempatkan produk dan layanan Anda dalam sorotan, mengumpulkan perhatian, dan mendorong penjualan.

 

Baca Juga  :   Ukuran Gambar Postingan Instagram Feed, Story, Ads yang Umum Digunakan

 

Tipe / Jenis Influencer dalam Mempromosikan Brand/Promosi

Influencer : Tipe/Jenis dan Manfaatnya Bagi Mempromosikan Produk/Brand
 

Era ini, brand tidak hanya beriklan dan berkampanye secara tradisional, tetapi juga telah menyadari bahwa gaya hidup digital juga membuka celah pemasaran yang lebih canggih dan mampu beradaptasi. Tidak mengherankan kalau mereka menggunakan jasa influencer dan turut serta dalam tren- trend terbaru. Selain juga menjangkau khalayak yang lebih luas tak terbatas, melalui influencer, brand berpeluang bekerja dengan media sosial dengan menggunakan strategi pemasaran media sosial yang terdefinisi dengan baik dan dirancang dengan baik. Begitulah kekuatan pemasaran influencer sehingga brand turut memanfaatkannya. Berikut tipe atau jenis influencer marketing yang umum diketahui :

  • Pemasaran Afiliasi

    Jika Anda tidak memiliki anggaran yang besar, kampanye pemasaran afiliasi mungkin dapat membantu Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk bekerja dengan banyak influencer sekaligus dengan biaya rendah.Tidak peduli berapa banyak dana operasional yang Anda miliki, Anda dapat melakukannya dengan sebanyak mungkin influencer. Influencer mendapatkan komisi dari semua penjualan yang dihasilkan oleh mereka dengan cara mempromosikan produk di tempat atau mengarahkan pelanggan ke situs web Anda.
    Teknik paling umum dari pemasaran jenis ini adalah dengan memberikan kode promosi khusus yang akan dibagikan oleh para influencer kepada pengikut mereka, yang kemudian setiap kode voucher yang telah digunakan akan diubah menjadi komisi bagi sang influencer, yang bermakna penjualan bagi pihak brand.

  • Unboxing dan Review

    Jenis kampanye pemasaran influencer ini melibatkan merek yang memberi influencer produk atau layanan mereka sebagai hadiah. Sebagai imbalannya, influencer mungkin akan secara sukarela merekam video unboxing atau hanya meninjau pengalaman mereka di saluran media sosial mereka, dan itu juga disebut penyemaian produk.
    Perjalanan pelanggan dimulai dari saat pelanggan Anda menerima produk, dan dalam hal ini, mereka adalah pemberi pengaruh. Saat mereka menunjukkan pengalaman membuka kotak kepada pengikut mereka, mereka juga membawa audiens mereka dalam perjalanan virtual bersama mereka.Setelah mendengarkan pendapat dan ulasan influencer, audiens dapat menentukan apakah itu sesuatu yang ingin mereka beli dan coba. Selain produk atau layanan gratis, tautan produk atau kode kupon merupakan nilai tambah, yang akan membantu meningkatkan penjualan Anda ketika digunakan oleh influencer untuk mempromosikan produk Anda.

  • Konten Media Sosial Bersponsor dan Posting Blog

    Posting bersponsor adalah cara klasik dan lugas yang merupakan jenis kampanye pemasaran influencer paling populer. Post bersponsor berfungsi sebagai merek mensponsori influencer untuk membuat konten promosi bagi mereka. Sebuah merek harus memberikan pedoman, harapan, atau tema dari merek Anda, sehingga influencer akan tahu apa yang Anda ingin mereka lakukan.
    Karena influencer aktif di banyak saluran media sosial, dan beberapa di antaranya bahkan memiliki blog atau situs web pribadi, Anda dapat mendorong citra merek Anda di mana saja secara terus-menerus dengan berkolaborasi dengan orang-orang terkenal dan dapat diandalkan. Kompensasi untuk influencer, kecuali pembayaran, dapat berupa produk gratis atau diskon sebagai imbalan atas promosi.

 

Baca Juga  :   Cara Sukses Branding Melalui Social Media Instagram, Facebook dan TikTok

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam hal dan strategi bisnis, influencer marketing dapat sangat bermanfaat bagi merek pemula atau mereka yang telah berjuang untuk mendapatkan daya tarik dalam pemasaran media sosial mereka .Dengan pemahaman yang jelas tentang bagaimana pemasaran influencer dapat mempercepat sasaran online Anda, Anda dapat berkomitmen untuk menerapkan kampanye pertama Anda dengan cepat untuk merasakan hasil ini dalam bisnis Anda.

Gagasan di balik influencer marketing adalah bahwa dengan terlibat dengan influencer di media sosial, mereka akan menyampaikan pesan merek Anda ke jaringan mereka yang sangat kuat sehingga memperkenalkan merek Anda ke audiens yang lebih besar. Karena influencer sudah memiliki banyak pengikut, merek menjadi lebih mudah untuk menjangkau audiens mereka dengan mengirimkannya melalui influencer yang pendapat dan umpan baliknya membawa banyak nilai bagi audiens. Pertimbangkan taktik pemasaran ini jika Anda ingin mendapatkan perhatian publik pada brand Anda lebih luas lagi.

Related Post :