Kenali Pengertian, Fungsi dan Manfaat Penting Dari Inovasi

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 3

Evolusi dalam kehidupan manusia tidak bisa lepas dari adanya inovasi yang membuat teknologi mengalami perubahan menjadi lebih baik lagi. Inovasi ini sendiri tidak bisa dibendung karena bagian dari perubahan ini sangat penting bagi banyak industri, bisnis dan perusahaan.

Namun, memahami area inovasi dan mengambil tindakan nyata bisa berbeda. Awalnya tentu saja inovasi dimulai dari ide atau penemuan yang sudah di coba atau melalui riset lebih dulu, karena itu inovasi memerlukan langkah dan proses yang tidak sedikit karena memerlukan dukungan.

Dalam panduan singkat ini, Anda akan mengetahui tentang apa itu inovasi, mulai memahami berbagai jenis inovasi dan cara kerjanya, dan mendapatkan wawasan tentang mengapa inovasi sangat penting bagi perusahaan yang ingin tetap kompetitif dari waktu ke waktu.

 

Kenali Pengertian Inovasi

Mungkin pengertian inovasi mempunyai banyak arti dan definisi, tapi kalau dijelaskan secara sederhana. inovasi adalah proses menciptakan teknologi baru dan menggunakannya dalam perekonomian. Para ekonom biasanya menggunakan definisi teknologi yang sangat luas, jadi ketika kita berbicara tentang inovasi, tidak hanya memikirkan mesin atau penemuan baru, tetapi cara baru dalam melakukan sesuatu.

Akhir-akhir ini inovasi menjadi kata yang sangat banyak digaungkan. Mulai dari bisnis, peruhsaan, organisasi dan pemerintah berbicara tentang kekuatan inovasi. Retorika tentang inovasi terkadang agak berlebihan, tetapi proses pengembangan dan penerapan teknologi baru sangat penting bagi perekonomian. Ini tidak bisa dipungkiri karena teknologi adalah faktor besar untuk menjelaskan mengapa beberapa negara lebih kaya daripada yang lain.

Selain itu ini juga adalah cara untuk menentukan seberapa cepat ekonomi tumbuh, atau apakah itu tumbuh sama sekali. Perlu diketahui bahwa inovasi tidak begitu saja terjadi aau dengan proses yang instan. Investasi dalam penelitian dan pengembangan biasanya dilakukan oleh pemerintah atau oleh perusahaan swasta. Tidak mengherankan kalau bisnis, perusahaan hingga pemerintah mengucurkan dana khusus untuk melakukan inovasi tertentu.

 

Fungsi dan Manfaat Adanya Inovasi

Kenali Pengertian, Fungsi dan Manfaat Penting Dari Inovasi
 

Mungkin inovasi pada konteks bisnis adalah bagaimana caranya untuk dapat meningkatkan daya saing, membuat harga produk bisa diterima atau mengembangkan strategi diferensiasi. Dalam kasus seperti ini, inovasi sangatlah penting. Dibawah ini beberapa hal yang membuat inovasi menjadi tak terelakkan jika Anda ingin bisnis Anda terus berjalan.

  • Perusahaan yang memimpin harga pasar harus mengamankan daya saing jangka panjang mereka dengan mengembangkan proses yang inovatif dan sangat efisien. Optimalisasi proses dan perbaikan berkelanjutan dalam hal biaya adalah penting untuk dilakukan.
  • Perusahaan yang berusaha untuk strategi diferensiasi membutuhkan inovasi untuk dapat mengembangkan fitur pembeda yang unik untuk pesaing mereka.
  • Banyak start-up meluncurkan produk atau layanan dengan mengembangkan produk atau layanan yang inovatif.

 

Oleh karena itu, inovasi berkelanjutan sangat penting bagi semua perusahaan. Perbedaan utamanya hanya terletak pada fokus strategi inovasi, yang sangat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Baca Juga  :      Manfaat Design Thinking dalam Pekerjaan dan Bisnis

 

Kelebihan dan Kekurangan Tidak Melakukan Inovasi

Terbukti dan tidak dapat dihindari kalau inovasi dapat memberikan manfaat yang signifikan. Ini adalah salah satu keterampilan penting untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis apa pun. Adanya inovasi dapat membantu Anda memecahkan masalah, menghasilkan keuntungan, meningkatkan pangsa pasar Anda dan mengalahkan pesaing. Tapi meskipun inovasi lebih cenderung pada kebaikannya, tapi inovasi juga mempunyai sisi lain yang harus Anda waspadai.

 

Kelebihan Melakukan Inovasi

Kemunculan inovasi terbukti banyak membantu menaik tarafkan kehidupan manusia modern. Beberapa manfaat praktis utama dari inovasi adalah :

  • Membantu meningkatkan produktivitas
  • Mengurangi biaya yang tidak perlu
  • Meningkatkan daya saing
  • Membantu mengenalkan dan meningkatkan nilai dari sebuah brand
  • Membuka peluang kemitraan dan hubungan baru
  • Meningkatkan omset dan peningkatan profitabilitas

 

Umumnya diketahui kalau inovasi memungkinkan pemecahan masalah dan memberikan wawasan kreatif yang memungkinkan Anda melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Terlepas dari apakah Anda sedang mengembangkan produk baru, menyegarkan strategi, atau menemukan cara orisinal untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan, inovasi bisa menjadi cara yang tepat.

Namun, bagaimana Anda mendekati inovasi akan tergantung pada bisnis Anda. Biasanya, ini bisa berupa peningkatan pada produk atau layanan Anda yang sudah ada, perluasan bisnis Anda, atau perubahan arah sepenuhnya dengan merombak bisnis Anda dengan arah baru.

 

Baca Juga  :     Memahami Pengertian Soft Skill Beserta Contohnya

 

Kekurangan Tidak Melakukan Inovasi

Melakukan sesuatu yang baru, belum teruji, atau belum terbukti mungkin tampak berisiko. Tapi resiko terbesar dari semua untuk bisnis modern mungkin sebenarnya tidak inovatif. Keengganan atau ketidakmampuan untuk meningkatkan produk atau layanan Anda dapat membuat bisnis Anda tidak dapat bersaing, melakukan diversifikasi, atau sekadar beroperasi. Bisnis yang gagal berinovasi menghadapi risiko :

  • Kehilangan pangsa pasar karena pesaing
  • Turunnya produktivitas dan efisiensi
  • Pengurangan margin dan keuntungan
  • Bangkrut

 

Baca Juga  :    Memahami Pentingnya Cultural Intelligence Dalam Bisnis/Perusahaan

 

Tips dan Trik Singkat Memulai Inovasi

Perusahaan besar yang Anda kenal sekarang menjadi sehebat ini dari inovasi yang terus menerus mereka lakukan. Inovasi sangat penting untuk keberhasilan perusahaan Anda dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, terutama karena pelanggan menjadi lebih menuntut dan cerdas. Jika Anda tertarik ingin memulai inovasi, simak tips dan trik cepatnya.

  • Mulailah menulis dan melihat inisiatif di mana Anda akan melihat laba atas investasi terbaik Anda dan identifikasi sumber daya mana yang Anda perlukan untuk mewujudkannya.
  • Mulai perubahan berdasarkan penelitian pada produk dan layanan Anda
  • Kembangkan proses bisnis yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan Anda
  • Berikan karyawan dan tim Anda alat yang lebih baik untuk bekerja lebih cerdas dan efisien
  • Latih tim Anda untuk belajar dan menerapkan proses baru
  • Lebih memperhatikan isu-isu spesifik seperti pertimbangan kekayaan intelektual

 

Baca Juga  :     Trend Analysis : Pengertian dan Strategi Sukses Terbaiknya

 

4 Tipe atau Jenis Inovasi

Kenali Pengertian, Fungsi dan Manfaat Penting Dari Inovasi
 

 

Jika Anda ingin melakukan inovasi, perlu diingat kalau inovasi tidak harus menjadi terobosan yang mengubah dunia. Langkah kecilnya adalah dengan melibatkan peningkatan sederhana dan bertahap di area mana pun di perusahaan Anda. Ketahui empat jenis inovasi yang diambil dari Oslo Manual edisi ke-4 yang akan membantu Anda.

  • Inovasi Organisasi

    Jenis inovasi ini mengacu pada pengembangan strategi organisasi baru yang entah bagaimana akan mengubah praktik bisnis perusahaan, serta cara tempat kerjanya diatur dan hubungannya dengan pemangku kepentingan eksternal.

  • Inovasi Proses

    Inovasi proses adalah tentang penerapan pendekatan produksi atau pengiriman yang baru atau lebih baik, termasuk perubahan dalam metode operasional, teknik yang digunakan, dan peralatan atau perangkat lunak.

  • Inovasi Produk

    Inovasi produk adalah pengenalan barang atau jasa yang baru atau lebih baik. Penemuan atau perubahan ini mungkin ada hubungannya dengan peningkatan spesifikasi teknis, bahan atau perangkat lunak yang digunakan atau bahkan membuat pengalaman pengguna lebih baik lagi.

  • Inovasi Pemasaran

    Terakhir inovasi pemasaran berarti mengembangkan strategi pemasaran baru yang menghasilkan perubahan. Contohnya seperti cara produk dirancang atau dikemas, atau bahkan keputusan lain mengenai harga atau promosi.

 

Baca Juga  :    Panduan Mengenal Process Management Dalam Bisnis/Perusahaan

 

Kesimpulan dan Penutup

Ide baru adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah inovasi yang karena itu inovasi adalah tentang menanggapi perubahan dengan cara yang kreatif. Ini juga tentang menghasilkan ide-ide baru, melakukan R&D, meningkatkan proses atau memperbaiki produk dan layanan.

Di tingkat lain, inovasi juga tentang pola pikir dalam bisnis Anda mulai dari pimpinan teratas, para staff, tim dan karyawan hingga bagaimana bisnis Anda beroperasi dan juga pelanggan Anda. Anda harus selalu fokus pada peningkatan berkelanjutan dan terus-menerus berpikir secara out of the box.

 

 

 

 

Related Post :