Istilah-istilah dalam Dunia Web Hosting dan Domain (1)

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang istilah-istilah yang ada di dalam dunia web hosting dan domain. Mungkin beberapa diantara kita masih ada yang belum mengetahui beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia web hosting dan domain, terutama bagi teman-teman yang baru kali pertama berurusan dengan hosting maupun domain. Beberapa istilah ini penting untuk kita pahami karena nanti pada saat kita akan membeli sebuah hosting dan domain, dari pihak penyedia layanan akan memberikan daftar spesifikasi fasilitas atau fitur dari pihak penyedia layanan akan memberikan daftar spesifikasi fasilitas atau fitur yang mereka tawarkan.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa istilah yang digunakan dalam dunia web hosting dan domain agar teman-teman tahu dan lebih mudah memahami fitur ynag disediakan oleh penyedia sebelum akhirnya menentukan pilihan:

  • Web Hosting. Adalah jasa pelayanan tempat buat menaruh data text, gambar, audio & video yang nantinya file-file tersebut dapat diakses dari mana saja. Hosting serta dilengkapi bersama sarana protokol seperti FTP & HTTP buat memudahkan dalam terhubung data, tidak Cuma itu hosting pun mampu dipakai buat mengelola email.
  • Merupakan nilai hitung atau rumus mengonsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam unit bit per detik ata yang biasa disingkat Badan Pusat Statistik yang berlangsung antara pc server & computer client kurun waktu tertentu dalam satu buah jaringan pc. Bandwidth sendiri akan dialokasikan ke pc dalam jarinagan & dapat mempengaruhi kecepatan transfer data terhadap jaringan pc tersebut makan makin besar bandwidth terhadap jaringan komputer semakin cepat juga kecepatan transfer data yang sanggup dilakukan oleh client ataupun server.
  • Parked Domain. Atau disebut juga Domain adalah domain yang diparkirkan diatas domain penting maka ketika domain yang di parkirkan tersebut diakses sehingga browser akan menampilkan halaman situs yang sama dengan web domain penting.
  • Add On Domain. Atau disebut juga Domain penambah merupakan domain yang ditambahkan ke hosting domain penting & diarahkan ke sub-direktori itu. Add on Domain diperlukan jikalau teman-teman mau menampilkan sekian banyak website dalam satu hosting. Bersama feature ini Cuma butuh membeli nama domain lagi & ditambahkan ke hosting & teman-teman dapat memiliki fungsi yang tidak sama bersama Parked Domain dimana domain penambahan yang teman-teman masukan dapat berfungsi sama seperti situs baru & tidak sama dari web mutlak yang berada terhadap akun hosting teman-teman. Add on Domain ini teramat berguna kalau teman-teman mau mengaktifkan sekian banyak website kepada satu akun hosting.
  • Jaringan pc berkomunikasi satu dengan yang lain bersama memakai IP address. Oleh dikarenakan manusia susah menghapal alamat IP yang berupa jajaran angka-angka maka dimanfaatkan DNS buat pemetaan nama domain bersama alamat IP. Ketika teman-teman mengetikkan alamat web www.yahoo.com contohnya apa yang berlangsung yaitu pc akan bertanya ke DNS server buat mencari alamat IP nya. Sesudah ditemukan akan berlangsung interkoneksi. Menjadi DNS itu berfungsi untuk menerjemahkan nama alias jadi alamat IP.
  • Yaitu sebuat sistem manajemen database yang merupakan bahasa yang umum difungsikan buat menambah, membuka & memproses data dalam suatu database. Menjadi MySQL berfungsi buat menciptakan database yang difungsikan oleh situs. Jumlah database yang dibuat cocok dengan jumlah maksimal yang diperbolehkan oleh situs hosting.
  • Ialah salah satu fitur auto installer buat meng-install CMS. Bersama situs software softaculous ini sanggup diinstall script penerapan situs contohnya wordpress dengan gampang Cuma dalam sekian banyak langkah.
  • Yaitu tools dalam website hosting yang bermanfaat buat menaruh basis data. Tools ini sangat bermanfaat apabila teman-teman menciptkan suatu yang dinamis. Perbedaan data yang disimpan di database & di space website yaitu bahwa data yang disimpan dalam database merupakan info content situs, sedangkan yang di simpan di space situs hosting merupakan source code website yang dipakai buat menaruh & membawa kabar di database untuk ditampilkan di browser.
  • Proteksi Id. Ini merupakan sebuah menu yang berfungsi untuk menyembunyikan identitas dari owner domain (pemilik domain). Identitas tersebut meliputi kontak yang terdiri dari nama, alamat, no telp, email & yang lain.

Baca Juga : SSL GRATIS di IDCloudHost

Related Post :

popup image