Jaringan Komputer atau Computer Network Pengertian LAN, WAN dan MAN

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Jaringan komputer tentu bukan hal yang asing terdengar oleh pengguna internet. Tapi apakah jaringan komputer itu? Jaringan komputer adalah dasar dari komunikasi dalam informasi & teknologi, dan merupakan dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain untuk saling mengirim data, aplikasi atau resource. Selain itu, jaringan komputer memiliki peranan penting dalam membangun arsitektur yang kohesif sehingga pengiriman informasi lewat berbagai perangkat dapat berjalan dengan mulus.

Menggunakan jaringan komputer memberikan penggunanya berbagai manfaat, seperti kemudahan dalam mentransfer data, memakai satu resource secara bersamaan (contohnya satu perangkat lunak yang dapat dipakai beberapa orang). Hingga berbagi satu jaringan untuk bersama jika diperlukan keamanan yang lebih ketat. Karena itu, jaringan komputer sangat berguna untuk penghematan biaya.

Adapun jaringan komputer memiliki banyak tipe dan dua tipe umum dari jaringan komputer adalah WAN (Wide Area Network), LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network). Lalu apa itu WAN, LAN dan MAN serta apa saja keuntungan menggunakan WAN, LAN dan MAN? Simak informasinya pada artikel dibawah ini.

 

Mengenal Tipe-Tipe Jaringan Komputer

Jaringan Komputer atau Computer Network Pengertian LAN, WAN dan MAN
 

Ada banyak tipe jaringan komputer yang bisa digunakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pengguna. pada artikel ini akan dibahas WAN, LAN, dan MAN serta kekurangan dan kelebihan masing-masing tipe.

  • LAN

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, LAN adalah akronim dari Local Area Network, tipe ini merupakan salah satu tipe jaringan komputer yang paling banyak digunakan. LAN menghubungkan komputer melalui jalur komunikasi umum, dan terbatas pada satu tempat/area misalnya rumah atau kantor. LAN dapat digunakan dalam skala besar dan kecil, dari satu pengguna di rumah hingga perusahaan besar dengan ratusan pekerja.
    LAN dapat meluas hingga beberapa kilometer jauhnya ketika digunakan oleh perusahaan. Salah satu contoh dari LAN adalah Ethernet. Selain itu LAN juga memiliki beragam topologi dimana topologi itu sendiri adalah bagaimana node dalam jaringan dapat terkoneksi dari satu perangkat ke perangkat lain. Beberapa topologi tersebut adalah topologi cincin, topologi pohon, topologi bintang dan topologi bus.

  • MAN

    MAN adalah Metropolitan Area Network. MAN merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan LAN tetapi lebih sempit dari WAN. MAN menghubungkan komputer yang tersebar oleh jarak geografis dengan satu jalur komunikasi Bersama lewat area atau metropolitan. Kata metropolitan pada MAN mengindikasikan luasnya/besarnya jaringan dari MAN, bukan demografis dari suatu area.
    Seperti WAN, MAN adalah kumpulan LAN yang terkoneksi. Karena MAN lebih kecil dari WAN, MAN juga lebih efektif. MAN umumnya merupakan kombinasi dari jaringan berbagai organisasi dibanding organisasi tunggal. MAN menggunakan kabel fiber optic untuk membuat koneksi antar LAN.

  • WAN

    WAN adalah Wide Area Network, ini artinya jaringan yang menghubungkan berbagai komputer dengan jarak yang jauh. Pengertian WAN sendiri sangat luas, bisa dibilang jaringan besar yang tersebar di area yang luas adala WAN. Biasanya, WAN digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki kantor di beberapa tempat. Setiap kantor memiliki jaringan lokal/LAN-nya sendiri dan terhubung dengan WAN dan contoh dari WAN adalah Internet.

 

Baca Juga  :    Memahami Topologi dan Kegunaan Computer Network (Jaringan Komputer)

 

Fungsi dari LAN, MAN dan WAN

Masing -masing tipe jaringan komputer memiliki fungsinya sendiri. Misalnya, fungsi utama dari LAN adalah menyediakan resource sharing dan membangun komunikasi mutual. MAN dan WAN tentu memiliki fungsinya sendiri. Berikut fungsi dari tipe-tipe jaringan komputer.

  • Fungsi dari LAN

    Fungsi utama LAN adalah agar dua atau lebih komputer dapat mengirimkan informasi dan data. LAN umumnya digunakan di perkantoran sebab kantor memerlukan satu jaringan untuk bertukar informasi dan data dengan cepat antara satu komputer dan lainnya. Ini membuat pertukaran informasi dan data lebih efisien dan efektif, juga meminimalisir biaya. Selain data dan informasi, dengan adanya LAN fungsi dari suatu perangkat juga dapat dibagikan ke komputer lain. Misalnya, semua komputer di suatu kantor dapat menggunakan satu printer yang sama melalui LAN.

  • Fungsi dari MAN

    Karena MAN dibuat dengan membuat koneksi antara banyak LAN, MAN tentu lebih besar dari LAN, namun lebih kecil dari WAN. WAN menyediakan konektivitas internet pada daerah metropolitan,dan menghubungkannya ke jaringan area yang lebih luas. Fungsi utama dari MAN adalah bagi pelanggan yang membutuhkan kapasitas tinggi dengan biaya yang lebih rendah, MAN dimaksudkan untuk memenuhi kapasitas tersebut dengan lebih efisien.

  • Fungsi dari WAN

    Salah satu fungsi utama dari WAN adalah menghubungkan dan mengintegrasikan jaringan LAN dan MAN. Fungsi ini akan sangat berguna untuk perusahaan besar dengan berbagai kantor cabang. WAN memungkinkan kantor cabang dan kantor utama saling berkomunikasi dengan jaringan yang sangat luas. WAN juga menjangkau daerah yang luas sehingga jika kantor berada pada wilayah atau negara yang berbeda tetap dapat terhubung dengan kantor cabang melalui WAN. Penggunaan jaringan WAN sangat menghemat biaya dan waktu yang dibutuhkan ketika seseorang/sebuah divisi memerlukan data yang berada di pusat. Data dapat diakses melalui WAN tanpa perlu mengeluarkan biaya dan waktu lebih.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Bandwidth dan Cara Mengurangi Pemakaiannya di Jaringan

 

Kelebihan dan Kekurangan LAN, MAN dan WAN

Jaringan Komputer atau Computer Network Pengertian LAN, WAN dan MAN
 

 

Masing-masing tipe jaringan komputer memiliki kelebihan dan kekurangannya. Di bawah ini merupakan penjelasan kelebihan dan kekurangan LAN, MAN dan WAN.

  • Kelebihan dan Kekurangan LAN

    Kelebihan dari LAN relatif simpel dan murah, dibanding dengan tipe lain LAN memang diperuntukkan sebagai jaringan yang mudah untuk di siapkan dan minim biaya. Menggunakan LAN juga memberikan akses bagi komputer-komputer dalam suatu tempat untuk menggunakan perangkat yang sama. Misalnya printer atau scanner.
    Kekurangan dari LAN adalah jangkauan yang tidak luas, kemudian terdapat masalah keamanan seperti pengguna yang tidak disetujui dapat mengakses data jika LAN tidak diprogram dengan benar.

  • Kelebihan dan Kekurangan MAN

    Jika dibandingkan dengan WAN, MAN menggunakan sumber daya yang jauh lebih sedikit, semua data yang ada di MAN juga dikelola secara terpusat sehingga menjadi sangat efisien. Karena MAN menggunakan kabel fiber optik, MAN memiliki kecepatan hingga 1000 MBPS sehingga transmisi data informasi lebih cepat. Kekurangan dari MAN adalah maintenance untuk MAN cukup rumit karena berbagai alasan keamanan dan konfigurasi tambahan, terutama ketika MAN meluas.

  • Kelebihan dan Kekurangan WAN

    Jalur yang digunakan untuk WAN biasanya adalah jalur sewaan, bukan koneksi broadband, ini memberikan beberapa keuntungan seperti kecepatan unggah yang lebih tinggi. WAN juga menawarkan data transfer yang tanpa batas. Namun disisi lain, kekurangan dari penggunaan WAN adalah biaya set-up atau persiapan yang mahal karena WAN sangat kompleks dan sulit. Semakin besar WAN, semakin besar juga biaya yang harus dikeluarkan.

 

Baca Juga  :      Jurusan Ilmu Komputer : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya

 

Kesimpulan dan Penutup

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung untuk mengirimkan data atau informasi. Jaringan komputer memiliki banyak sekali tipe, namun beberapa tipe yang banyak dipakai adalah LAN, MAN dan WAN. LAN, MAN dan WAN adalah akronim dari Local Area Network, Metropolitan Area Network, serta Wide Area Network. Baik LAN, MAN dan WAN memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

LAN digunakan untuk satu tempat dan cakupannya tidak luas, seperti rumah dan kantor, MAN digunakan untuk daerah metropolitan dimana pelanggan membutuhkan kapasitas yang tinggi serta WAN untuk cakupan jaringan yang luas, transmisi data yang tidak terbatas dan kecepatan yang lebih dibanding koneksi broadband.

Related Post :