7 Jenis-Jenis Hacker yang Wajib Anda Ketahui

Web Security / 0 | | 0

Membahas soal kejahatan, bukan hanya terjadi di dunia nyata tapi juga bisa terjadi dalam dunia digital. Pasti Anda sudah pernah mendengar istilah dari Hacker, bukan? Ternyata kejahatan jenis ini bukan hanya menyerang dari segi keamanan privasi saja, tetapi juga merugikan penggunanya. Bahkan jika dilihat lebih dalam motif kejahatan hacker ini pun beragam mulai dari mencari keuntungan, sengaja membocorkan data pribadi dan sebagainya. Apa saja jenis-jenis hacker yang Anda ketahui?

Lalu, apa sebenarnya hacker itu? Hacker adalah seseorang yang tidak dikenali dengan sengaja merusak atau membobol sistem komputer milik orang lain tanpa izin. Hacker masuk dalam kejahatan jenis Cybercrime.  Namun tidak semua hacker melakukan kejahatan, ada juga yang mempunyai sisi baiknya. Kira-kira jenis hacker manakah yang melakukan hacking secara legal? Dibawah ini sudah kami rangkum jenis-jenis hacker yang perlu anda ketahui. Berikut penjelasan lengkapnya dibawah ini!

7 Jenis-jenis Hacker

Setelah Anda mengetahui penjelasan tentang Hacker. Untuk dapat membedakan praktik hacker yang terjadi. Anda wajib tau tentang beberapa jenis Hacker berikut ini!

  • Black Hat

black hat hacker

Pertama, Black Hat Hacker adalah jenis Hacker yang cara kerjanya merusak sistem milik orang lain secara illegal. Biasanya tipe hacker ini melakukan pencurian data pribadi,meretas sistem,merusak data,pembobolan situs dan kejahatan lainnya. Bukan hanya itu, untuk pecurian data pribadi, biasanya mereka akan menjualnya ke pasar gelap yang pada akhirnya akan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Seseorang yang melakukan jenis hacker ini disebut sebagai Cracker. Beberapa alasan umum seseorang atau kelompok melakukan jenis Black Hat Hacker adalah ingin mendapatkan keuntungan yang berlipat, Ingin lebih dikenal lewat nama samaran, Ingin menguji kemampuan, serta hanya ingin melakukan peretasan karena berniat iseng.

  • White Hat 

jenis-jenis hacker white hat

Kedua, White Hat Hacker adalah jenis hacker yang bertujuan untuk mengetes ketahanan suatu jaringan sistem. Berbeda dari  Black Hat yang dilakukan secara ilegal, maka White Hat dilakukan secara legal. Pada umumnya, seseorang yang melakukan ini dikenal dengan sebutan hacker profesional atau ethical hacker. Orang-orang yang melakukan white hat ini berasal dari mereka yang ahli dalam bidang teknologi seperti programmer.

Tugas jenis hacker ini adalah mempelajari sebuah sistem milik pemerintah atau organisasi tertentu untuk menguji ketahanan serta keamanan situs. Jika ada kerusakan yang terjadi, white hat hacker yang akan memperbaiki, kemudian memberikan saran untuk mencegak kebobolan system yang bisa saja terjadi karena serangan hacker lain.

  • Grey Hat

grey hat hacker

Ketiga, Grey Hat Hacker adalah jenis hacker yang memiliki tujuan ganda yaitu baik dan buruk. Sederhananya, hacker ini terkadang melakukan hacking untuk tujuan yang baik misalnya mengatasi kebobolan sistem dengan izin dari pemilik situs. Sementara itu, terkadang mereka melakukan hacking dengan tujuan yang dapat melanggar hukum misalnya dengan meretas sebuah sistem secara illegal. 

Pada umumnya, seseorang atau kelompok jenis hacker ini posisinya berada ditengah antara White Hat dan Black Hat. Meskipun memiliki tujuan ganda tetapi pada praktiknya tujuan dari Grey Hat Hacker cenderung ingin mendapat keuntungan yang sifatnya pribadi. Sehingga tujuan yang sering digunakan adalah tujuan yang dapat merugikan.

  • Blue Hat

jenis-jenis hacker blue hat

Keempat, Blue Hat Hacker adalah jenis hacker yang melakukan hacking dengan menggunakan cara yang asal-asalan. Biasanya seseorang atau kelompok yang melakukan ini tidak mempunyai cukup ilmu dalam dunia teknologi, sehingga mereka sering disebut sebagai peretas amatir. Tujuan mereka selain ingin mendapat keuntungan juga ingin meraih popularitas antar sesama hacker. Blue Hat Hacker masuk kedalam ketegori hacker berbahaya.

  • Red Hat 

red hat hacker

Kelima, Red Hat Hacker adalah jenis hacker yang memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan. Biasanya red hat disebut juga dengan istilah Eagle-Eyed Hacker. Sama seperti White Hat, proses hacking yang satu ini memiliki motif yang baik tanpa menimbulkan kerugian. Cara kerjanya adalah menemukan peretas yang akan membobol sistem,kemudian mencegah agar tidak terjadi pembobolan data serta menghancurkan skema para hacker.

  • Script Kiddies

jenis-jenis hacker script kiddies

Keenam, Script Kiddies Hacker adalah jenis hacker yang melakukan praktik hacking dengan arahan dari sebuah script. Cara kerjanya mereka menggunakan script atau software yang dibuat oleh orang lain untuk menyerang traffic dari situs web. Hacker jenis ini masuk dalam kategori peretas amatir karena mereka yang melakukan minim ilmu dalam dunia teknologi. Meskipun begitu aktivitas peretasan yang mereka lakukan ini memberi dampak negatif serta kerugian bagi orang lain.

  • Hacktivist

jenis-jenis hacker hacktivist

Ketujuh, Hacktivist Hacker adalah jenis hacker yang sengaja melakukan peretasan situs web khusus milik pemerintah. Biasanya mereka akan menyamar terlebih dahulu menjadi Anonim. Setelah berhasil mendapat akses masuk situs, selanjutnya mereka akan meretas website resmi pemerintah secara illegal, kemudian mencuri data-data penting instansi. Tujuannya adalah untuk kepentingan pribadi maupun politik serta sengaja untuk menarik perhatian publik.

Penutup

Itu dia beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis hacker yang telah kami rangkum untuk Anda. Tidak semua hacker memiliki niat jahat, ada juga hacker yang memiliki tujuan baik. Pastikan Anda bisa membedakan hacker tergantung dari motif dan jenisnya ya!

Jika Anda menguasai ilmu dibidang IT lakukanlah kegiatan yang tidak merugikan diri Anda bahkan orang lain ya! Meskipun ada hacker dengan motif yang baik. Ternyata ada banyak profesi yang tidak kalah keren dan menarik selain menjadi hacker. Anda bisa sesuaikan dengan bakat dan skill yang Anda punya untuk mengembangkannya ya!

Related Post :

popup image