Ketahui Bagaimana Cara Kerja Server

Informasi / 1 | | 0

Cara kerja server bisa Anda ketahui dengan mudah. Akan tetapi, sebelumnya Anda bisa mengetahui terlebih dahulu tentang garis besar tentang cara kerja dari server. Sederhananya, server bekerja sesuai dengan permintaan klien.

Sesuai namanya, server bertugas untuk melayani segala aktifitas yang diperintahkan oleh klien. Segala aktifitas berawal dan diproses pada sebuah server yang nantinya diteruskan ke klien. Klien dapat memerintahkan atau meminta sesuatu sesuai bidangnya kepada server atau dalam bahasa awamnya “pelayan”. Untuk mengetahui bagaimana cara kerja dan fungsi server, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Melihat Status Server

Ketahui Bagaimana Cara Kerja Server

Web memiliki jenis yang beragam, maka cara kerjanya pun juga bisa berbeda-beda. Misalnya untuk web server. Saat Anda mengetik suatu alamat web pada browser, maka komputer yang Anda pakai akan bertindak sebagai klien dan meminta informasi pada web server. Website ini lalu akan mengirim isi web pada komputer Anda. Dengan begitu, Anda pun akan bisa mengakses isi web itu.

Contoh lain dari cara kerja server ini misalnya serfer FTP. Di server ini, Anda bisa mengunggah suatu data atau dokumen ke server FTP, sehingga bisa disimpan pada server ini. Anda sebagai klien berhak menyimpan data di server FTP. Jika ada orang lain di jaringan ini dan ingin mengunduh dokumen Anda, server ini menyediakan koreksi untuk klien tersebut.

Baca Juga : Mengenal Teknologi Cloud Hosting Server

Secara umum, seluruh jenis server bekerja dengan cara menjalankan sejumlah fungsi yang sudah disebutkan sebelumnya. Mulai dari tahap melayani permintaan data yang berasal dari klien, sampai dengan memberi perlindungan untuk komputer klien. Hanya saja, jenis server yang berbeda membuat hal yang dilayani juga berbeda.

Suatu perangkat komputer yang dibuat sebagai server pada umumnya dirancang agak berbeda dengan sejumlah komputer klient. Misalnya saja spesifikasi perangkat serta sistem operasi. Spesifikasi perangkat komputer yang dipakai dibuat tinggi, sementara sistem operasinya memakai sistem operasi khusus untuk server seperti Windows Server.

Cara kerja server seperti ini jelas menunjukkan ada persamaan maupun perbedaan pada jenis server yang tersedia. Perbedaan seperti ini sangat wajar, sebab server yang dirancang akan menyediakan bentuk pelayanan yang berbeda. Dengan demikian, Anda pun tak perlu merasa bingung jika ada kesalahan yang sama pada 2 jenis server yang berbeda.

Baca Juga : Panduan Memilih Server

Itulah informasi tentang cara kerja server yang sudah Anda ketahui. Dengan begitu Anda
bisa lebih mudah untuk memahami beberapa hal penting yang ada di dalamnya. Hal ini pun
akan sangat membantu Anda untuk melakukan identifikasi jika nantinya terjadi kesalahan di
dalam server itu. Anda pun bisa lebih paham tentang bahasan yang ada pada topik satu ini.

Related Post :

popup image