Keunggulan dan Aplikasi Pendukung Terbaik Cloud Object Storage Indonesia

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Menyimpan data besar-besaran yang kompleks dan berbagai format dengan cara tradisional itu mahal. Selain itu, cara tradisional cenderung lebih sering tidak fleksibel dan efisien. Maka dari itu, untuk dapat mengubah cara kerja penyimpan yang tidak praktis ini, penyimpanan cloud atau cloud object storage lebih banyak diminati.

Berkat adanya penyimpanan cloud, yang memudahkan dan menurunkan biaya tanpa mengorbankan kualitas dan keamanan. Cloud object storage bahkan dapat digunakan untuk menyimpan objek apa pun seperti foto, video, audio, pdf, dokumen, file statis, dll. Selain juga dapat digunakan untuk meng-host situs web statis atau tujuan cadangan yang membuat penyimpanan ini multifungsi untuk jenis penyimpanan digitalisasi.

Hal yang baik tentang penyimpanan cloud adalah Anda dapat mengunggah dan mengunduh data dari mana saja di internet dan juga memberi Anda opsi untuk membatasinya. Jadi, Anda memiliki kedua opsi untuk dipilih berdasarkan kebutuhan Anda, sehingga Anda dapat membayar hanya untuk apa yang Anda gunakan. Jika Anda mencari penyimpanan yang sesuai dengan S3 yang di hosting sendiri, Anda harus mencoba jenis penyimpanan ini terutama dari penyedia lokal Indonesia.

 

Memahami Penggunaan Cloud Object Storage

Penyimpanan objek yang juga dikenal sebagai penyimpanan berbasis objek adalah arsitektur penyimpanan data komputer yang mengelola data sebagai objek. Cara ini berlawanan dengan arsitektur penyimpanan lain seperti sistem file yang mengelola data sebagai hirarki file, dan penyimpanan blok yang mengelola data sebagai blok dalam sektor dan trek. Setiap objek biasanya menyertakan datanya sendiri, sejumlah variabel metadata, dan pengenal unik global. Penyimpanan objek dapat diimplementasikan pada berbagai level, termasuk level perangkat termasuk perangkat penyimpanan objek, level sistem, dan level antarmuka.

Dalam setiap kasus, penyimpanan objek berusaha untuk mengaktifkan kemampuan yang tidak ditangani oleh arsitektur penyimpanan lain, seperti antarmuka yang secara langsung dapat diprogram oleh aplikasi, namespace yang dapat menjangkau beberapa contoh perangkat keras fisik, dan fungsi manajemen data seperti replikasi data dan distribusi data di perincian tingkat objek. Sistem penyimpanan objek memungkinkan retensi sejumlah besar data tidak terstruktur. Salah satu contoh penyimpanan objek digunakan untuk tujuan seperti menyimpan foto di Facebook, lagu di Spotify, atau file dalam layanan kolaborasi online.

 

Manfaat dan Cara Kerja Cloud Object Storage

Keunggulan dan Aplikasi Pendukung Terbaik Cloud Object Storage Indonesia
 

Cloud object storage adalah strategi penyimpanan data yang membagi data menjadi unit atau objek yang berbeda. Kemudian data atau informasi ini disimpan di gudang yang terisolasi bersama dengan semua metadata yang relevan dan pengenal khusus. Penyimpanan objek dirancang untuk menjadi solusi data statis yang masif dan dapat diskalakan. Tidak seperti penyimpanan file atau blok, penyimpanan objek tidak menggunakan hierarki atau pohon direktori. Sebaliknya, setiap unit data yang berbeda ada pada tingkat yang sama di kolam penyimpanan.

Desain unik ini membuat penyimpanan objek lebih skalabel, efisien, dan andal daripada semua solusi lain untuk data statis. Dengan berkembangnya digitalisasi dan kebutuhan akan penyimpanan yang semakin besar, maka banyak perusahaan, bisnis bahkan individual membutuhkan penyimpanan statisnya terdiri dari petabyte data. Sistem penyimpanan tradisional seperti SAN dan NAS tidak akan melakukan penskalaan ke besaran yang diperlukan pada penyimpanan cloud. Sedangkan, penyimpanan objek, di sisi lain, dapat diskalakan untuk mengakomodasi penyimpanan skala besar karena tidak memiliki batasan.

 

Baca Juga  :     Server Private Cloud untuk Kebutuhan Server UMKM yang Lebih Aman & Stabil

 

Contoh Penerapan Umum Cloud Object Storage

Ada banyak berbagai kasus penggunaan yang mengharuskan penyimpanan data berskala hingga petabyte dan seterusnya, semuanya tetap pada tingkat ketersediaan dan kinerja yang tinggi. Contoh data yang paling diuntungkan dari object storage beberapa diantaranya meliputi :

  • Jenis data tidak terstruktur seperti musik, gambar, dan video
  • File cadangan dan log
  • Kumpulan besar jenis data historis
  • File yang diarsipkan

 

Dari beberapa contoh ini, akan mudah untuk melihat di mana penyimpanan objek memberikan nilai bagi banyak kebutuhan digitalisasi abad ini. Cadangan dan arsip, misalnya, sangat penting untuk pemulihan jika Anda kehilangan data Anda. adapun kumpulan data historis dapat digunakan untuk menjalankan analitik data besar pada sumber-sumber seperti situs web e-commerce, situs web media sosial, sensor IoT, dan banyak lagi.

 

Baca Juga  :     Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Perusahaan

 

Layanan dan Keunggulan Cloud Object Storage Indonesia

Sebagai penyedia layanan object storage nasional, IDCloudHost mempunyai data center di beberapa lokasi di Indonesia untuk dapat mengakomodasi keperluan penggunanya. Tentunya hal ini menjadi salah satu keunggulan terbaik mengingat tidak banyak provider lokal yang menawarkan layanan Cloud Object Storage di Indonesia dengan harga yang terjangkau. Anda dapat memilih pemakaian dan pembayaran dengan sistem custom berdasarkan kebutuhan per jam hingga per bulan.

Disini Anda bisa menghemat lebih 50% biaya operasional perusahaan dengan beralih menggunakan layanan Cloud Object Storage di IDCloudhost. Selain itu juga IDCloudhost menawarkan bantuan 24/7 dengan berbahasa Indonesia yang tentunya sangat membantu Anda yang berlokasi di Indonesia dengan komunikasi yang tentunya lebih mudah dengan tim Technical Support IDCloudhost yang berpengalaman dibidangnya.

Adapun fasilitas yang bisa Anda andalkan dari IDCloudHost untuk membantu kebutuhan bisnis maupun perusahaan di era digital yang serba cepat dan berkembang ini adalah :

  1. Kemudahan Integrasi

    Object storage IDCloudHost sudah terintegrasi dengan Protocol S3 (S3 API) yang dapat dengan mudah digunakan selain juga mengedepankan cara yang praktis untuk dapat menjalankan sistem dengan menggunakan aplikasi maupun kode integrasi.

  2. Harga Termurah

    Layanan object storage IDCLoudHost menawarkan solusi dengan harga termurah dan terjangkau jika dibandingkan penyedia jasa layanan object storage lainnya. IDCloudHost juga memberikan rancangan khusus agar dapat menghasilkan kualitas serta performa penyimpanan terbaik untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

  3. Mudah Digunakan

    Sistem telah dirancang dengan berbagai kemudahana dalam setup hingga cara mengatur object storage. Anda dapat menggunakan berbagai fitur One Click App yang akan bekerja dengan sangat cepat diiringi proses yang aman.

  4. Data Center Indonesia

    Untuk dapat memenuhi kebutuhan bisnis dan perusahaan Indonesia yang luas, maka IDCloudHost mempunyai data center yang tersebar di Indonesia. Ini akan membuat penyimpanan data dan informasi Anda lebih aman dengan SLA mencapai 99.99% yang disertai dukungan tim teknis yang berpengalamanan untuk membantu Anda.

 

Baca Juga  :    Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Startup

 

Aplikasi Pendukung Layanan Cloud Object Storage IDCloudHost Indonesia

Keunggulan dan Aplikasi Pendukung Terbaik Cloud Object Storage Indonesia
 

Berdasarkan keunggulan diatas, maka penyimpanan objek mempertahankan ketersediaan dengan menyimpan banyak salinan data melalui beberapa node melalui proses replikasi. Jika salah satu node gagal, datanya masih tersedia, dan tidak ada downtime yang dialami. Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda pertimbangkan dari IDCloudHost :

  • FileZilla

    Solusi transfer file yang dapat bekerja dengan protokol FTP, SFTP, FTPS, dan WebDAV untuk semua Operation System.

  • Cyberduck

    Aplikasi Open-Sources untuk Windows atau mac OS yang menyediakan antarmuka grafis untuk mengelola file untuk berbagai layanan.

  • Transmit

    Aplikasi untuk kebutuhan transfer file yang hanya tersedia di macOS dalam menangani berbagai jenis server.

  • Flexify

    Bermigrasi dari penyimpanan yang kompatibel dengan S3 atau aktifkan pengiriman konten multi-cloud dengan mudah dan cepat.

  • WordPress Media Library

    Menggunakan aset dari situs website WordPress Anda ke penyimpanan objek yang kompatibel dengan S3.

  • Object Storage Sync

    Memungkinkan melakukan Backup secara otomatis pada berkas WordPress ke penyimpanan objek yang kompatibel dengan S3.

  • Duplicacy Backups

    Aktifkan incremental backup, concurrent backup, dan enkripsi sisi klien dengan proses yang mudah dan aman.

  • Synology NAS

    Cadangkan perangkat penyimpanan yang terpasang ke jaringan lokal ke Object Storage IDCloudHost dengan mudah dan cepat.

 

Dengan menggunakan layanan Cloud Object Storage akan membuat website dan aplikasi Anda tidak lagi dibebani oleh tugas yang lebih berat setiap melakukan akses file berkas yang besar, tapi dapat lebih cepat menggunakan Cloud Object Storage dibandingkan penyimpanan konvensional lainnya. Untuk informasi lebih lanjutnya, Anda dapat mengunjungi laman resmi IDCloudHost https://idcloudhost.com/object-storage/ dan dapatkan promosi yang menarik.

Related Post :