Keunggulan dan Kekurangan Pemasaran Afiliasi yang Harus Diketahui Oleh Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Afiliasi adalah bagian pemasaran digital yang sangat terkenal di era modern yang serba online saat ini. Pemasaran afiliasi atau marketing affiliate sendiri adalah model periklanan di mana perusahaan memberi kompensasi kepada penerbit pihak ketiga untuk menghasilkan lalu lintas atau mengarah ke produk dan layanan perusahaan. Penerbit pihak ketiga adalah afiliasi, dan biaya komisi mendorong para penerbit untuk menemukan cara untuk mempromosikan perusahaan.

Bisa dikatakan bahwa afiliasi pemasaran merupakan skema pemasaran dimana sebuah perusahaan yang mengeluarkan program ini akan mengkompensasi mitra untuk bisnis yang dibuat dari taktik pemasaran afiliasi. Majunya pemasaran digital, analitik, dan cookie telah membuat pemasaran afiliasi menjadi industri bernilai miliaran dan sudah menjadi cara yang umum di banyak negara.

Perusahaan yang mengeluarkan program afiliasi biasanya akan membayar afiliasi per penjualan dan lebih jarang dengan klik atau tayangan. Tiga jenis utama pemasaran afiliasi adalah pemasaran afiliasi yang tidak terikat, pemasaran afiliasi yang terlibat, dan pemasaran afiliasi terkait. Meski ini adalah bisnis online yang sangat populer, afiliasi juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang sebaiknya Anda pelajari jika Anda ingin mencoba opsi ini untuk bisnis Anda atau jika Anda ingin menjadi penerbit afiliasi.

 

Memahami Apa Itu Afiliasi

Keunggulan dan Kekurangan Pemasaran Afiliasi yang Harus Diketahui Oleh Pemula
 

Jika diambil dari istilah bisnis umum, afiliasi bermain keterikatan resmi dari satu entitas bisnis ke entitas bisnis lainnya. Dari lampiran resmi yang menyiratkan kontrak atau perjanjian sejenis yang akan mengumumkan kepada publik mengenai hubungan kerjasama yang telah terjadi di antara kedua bisnis yang telah bersetuju. Baik salah satu bisnis tersebut adalah afiliasi dari bisnis lainnya, didasarkan pada kepemilikan bersama termasuk manajemen dan keberadaan kontrak bersama.

Sederhananya, individu, entitas, atau bisnis yang termasuk dalam Bisnis A adalah afiliasi dari bisnis lain yakni Bisnis B yang jika Bisnis B memiliki kendali atas Bisnis A, berdasarkan salah satu dari beberapa faktor. Ini juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti kepemilikan, manajemen, hubungan sebelumnya dengan atau ikatan dengan bisnis lain, dan hubungan kontraktif. Selain itu, pihak dalam usaha patungan dapat dianggap sebagai afiliasi satu sama lain dalam keadaan tertentu. Adapun istilah afiliasi sendiri memiliki dua kegunaan khusus dalam konteks bisnis yang melayani tujuan berbeda seperti :

  • Dalam hukum perusahaan dan pajak, afiliasi merujuk pada perusahaan yang terkait dengan perusahaan lain, biasanya dengan posisi anggota atau peran bawahan atau sebagai anak perusahaan.
  • Dalam ritel online, afiliasi adalah umum dalam pemasaran dan penjualan di mana satu perusahaan dapat berafiliasi dengan yang lain untuk menjual produk atau layanan. Penjual memiliki situs web tempat afiliasi dapat menjual produk dimana penjual memiliki kendali atas situs dan membayar komisi kepada afiliasi. Hubungan ini lebih umum dikenal sebagai pemasaran afiliasi.

 

Baca Juga  :    Cara Kerja Bisnis Dropship dan Bisnis Model Utamanya

 

Keunggulan dan Kekurangan Pemasaran Afiliasi

Keunggulan dan Kekurangan Pemasaran Afiliasi yang Harus Diketahui Oleh Pemula
 

Pemasaran afiliasi tampaknya merupakan model bisnis online termudah untuk mulai mendapatkan penghasilan pasif secara online. Ini adalah industri berbiaya rendah dengan keuntungan tinggi yang mana di sisi lain juga mungkin menjadi hal yang sulit. Semua tantangan ada pada Anda dan kinerja bergantung pada tekad, pendekatan, dan strategi afiliasi yang Anda pilih untuk diikuti. Berikut beberapa keunggulan dan kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum memilih dan menjalankan afiliasi.

 

Keunggulan/Kelebihan Afiliasi

Diantara banyak jenis bisnis online yang populer saat ini, afiliasi adalah opsi yang paling banyak diminati baik dari perusahaan yang membuat program ini maupun dari mereka yang bekerja dengan menerbitkannya.

  • Ide bisnis yang murah

    Keuntungan pasti dari pemasaran afiliasi adalah kenyataan bahwa ini adalah industri yang cukup mudah untuk diikuti, yaitu karena siapa saja bisa mencoba bisnis ini. Dengan membuat situs web pemasaran afiliasi atau memanfaatkan platform lainnya, memilih ceruk yang menarik dan akhirnya produk atau produk/jasa tertentu yang relevan untuk Anda pasarkan. Kemudian Anda cukup mendaftar untuk program pemasaran afiliasi yang dipilih, dan Anda siap untuk memulainya.

  • Tidak memerlukan keahlian/kriteria khusus

    Anda tidak perlu menjadi ahli pemasaran segera untuk menjadi afiliasi karena Anda dapat menjalankannya sembari tetap mempelajari bisnis ini. Ada banyak cara untuk menjalankan dan mengelola program pemasaran afiliasi. Manfaatkan pengalaman pemasaran Anda yang diperoleh sebelumnya dan cobalah untuk mengidentifikasi apa yang berkinerja terbaik dan menghasilkan keuntungan paling banyak. Kemudian optimalkan dan ulangi pola yang berhasil untuk mendapatkan hasil yang Anda targetkan.

  • Biaya dengan investasi cukup rendah

    Pada awalnya, biaya operasional bisnis afiliasi hampir tidak ada, dibandingkan dengan industri lain. Anda bekerja online sehingga Anda dapat melakukannya dari rumah dengan perangkat komputer dan memanfaatkan jaringan internet Anda. Meski secara opsional mungkin ada biaya tambahan yang berkaitan dengan pengaturan domain, web hosting operator dan juga beberapa biaya kecil jika Anda menggunakan situs web tersendiri.

  • Fleksibel dan sumber pendapatan sampingan

    Memulai sebagai pemasar afiliasi tidak mengharuskan Anda untuk meninggalkan pekerjaan Anda saat ini dan Anda dapat melakukannya sebagai proyek sampingan. Disamping itu, bisnis juga sangat praktis dan Anda dapat terus membuat beberapa kampanye di berbagai situs web afiliasi dan halaman arahan untuk memasarkan tautan afiliasi Anda sehingga Anda dapat meninggalkan yang berkinerja buruk dan mengoptimalkan yang berhasil.

 

Baca Juga  :    Peluang dan Cara Mendapatkan Uang dari Internet Dengan Cepat

 

Kekurangan Pemasaran Afiliasi

Layaknya dua sisi mata uang, bisnis afiliasi yang populer ini juga mempunyai beberapa kekurangannya tersendiri yang tidak bisa Anda hindari. Pelajari beberapa kekurangannya dibawah ini sebelum Anda mencoba program- program afiliasi.

  • Tidak adanya jaminan pendapatan

    Bayaran yang dibayar per kinerja dapat menjadi peluang yang opsi luar biasa serta risiko yang signifikan. Tidak ada yang menjanjikan bahwa bekerja sebagai pemasar afiliasi akan mudah dan Anda akan segera memperoleh pendapatan yang diharapkan. Ini adalah tantangan yang harus Anda hadapi dan mengerahkan semua upaya Anda untuk memaksimalkan peluang, tetapi secara keseluruhan, sulit untuk memprediksi berapa banyak uang yang akan Anda hasilkan karena tidak adanya jaminan tadi.

  • Program pemasaran afiliasi milik perusahaan

    Logikanya, mengingat Anda tidak memiliki program pemasaran afiliasi jadi Anda hanya perlu menggunakan program yang sudah ada. Dengan cara ini, Anda sepenuhnya bergantung pada aturan perusahaan/pemilik bisnis dan harus menghormati ketentuan yang mereka keluarkan. Sebuah program afiliasi yang terkadang terlihat menarik, kemudian menjadi semakin tidak kompetitif. Sayangnya Anda tidak akan dapat menyesuaikan persyaratannya sendiri, yang dapat Anda lakukan hanyalah mengomunikasikan perlunya penyesuaian lebih lanjut mengenai diskon pada produk yang diberikan, dll. Perlu diingat, Anda juga harus mengantisipasi perubahan yang bisa saja datang sewaktu- waktu.

  • Kompetisi/persaingan yang tinggi

    Persaingan bervariasi tergantung pada industri tetapi itu bukan berarti tidak ada kompetisi sama sekali. Karena ada keuntungan besar bergabung dengan bisnis afiliasi, seperti biaya investasi yang rendah, peluang keuntungan yang tinggi dan tidak memerlukan keahlian, membuat banyak orang mencoba pemasaran afiliasi. Ini bermakna siapa saja bisa mencoba dan mempunyai peluang sukses yang sama besarnya. Pemasar afiliasi yang sangat berbakat dari ceruk yang sama akan membuat persaingan sengit yang bisa saja berbahaya bagi kinerja Anda dan kerugian yang signifikan jika tidak mampu bersaing. Karena dimanapun selalu ada persaingan, ingatlah bahwa faktor kesuksesan yang wajib adalah kerja keras dan ketekunan terutama di bisnis afiliasi.

 

Baca Juga  :    Plugin untuk Afiliasi Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari banyaknya opsi dan saran bisnis online diluar sana, afiliasi biasanya menempati posisi teratas karena bisnis ini sangat praktis dan cukup ramah dilakukan terlebih lagi untuk para pemula. Adapun afiliasi sendiri merupakan bagian dari pemasaran kemitraan yang digunakan perusahaan untuk menjangkau dan mengubah calon pelanggan. Disini perusahaan akan bermitra dengan afiliasi, yang kemudian melakukan pekerjaan pemasaran produk atau layanan perusahaan.

Dasarnya pemasaran afiliasi berbasis pada kinerja, artinya brand/perusahaan tidak membayar sampai program yang dijalankan oleh penerbit selesai dilakukan. Pemasar afiliasi diberi insentif untuk mendatangkan pelanggan sebanyak mungkin untuk mendapatkan komisi, dan merek mendapat manfaat dari peningkatan pendapatan dan biaya akuisisi yang rendah. Sedangkan platform yang digunakan adalah seperti iklan spanduk, buletin, media sosial dan posting blog untuk meyakinkan audiens mereka untuk melakukan pembelian yang nantinya akan memberikan mereka komisi dari sini.

Related Post :