Kumpulan Tempat Belajar HTML Secara Online Untuk Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

HTML atau Hypertext Markup Language adalah salah satu bentuk kode yang paling umum digunakan oleh programer di dunia. Kode terkenal ini digunakan di hampir setiap halaman web yang ada, dan memungkinkan desainer web untuk menyajikan teks, gambar, video, dan konten lainnya dengan cara yang jelas dan ringkas. Umumnya banyak pemula memilih bahasa ini untuk dipelajari terlebih dahulu, namun menemukan kesulitan untuk memahami apa cara terbaik untuk belajar HTML.

Dari sini, pengembang pemula akan memilih cabang mereka sendiri sedangkan mereka yang ingin menjadi pengembang web front-end, mempelajari HTML sangat penting karena ini adalah inti bahasa yang digunakan. Sedangkan bagi mereka yang ingin belajar HTML secara mandiri, maka ada ratusan situs web di luar sana yang mengajarkan Anda dasar-dasar HTML yang memungkinkan Anda membuat halaman HTML sederhana.

Namun, situs web belajar online ini tidak selalu mengajari Anda cara terbaik atau paling efisien untuk mempelajari HTML. Meski tidak selalu mengajarkan versi bahasa terbaru, dan mereka tidak selalu mengajari Anda semua yang perlu Anda ketahui layaknya belajar langsung dari kelas profesional. Tetapi, tidak ada salahnya untuk tetap belajar mencoba karena dari sini Anda bisa memulai perkenalan Anda terhadap apa itu HTML dan prinsip- prinsip dasarnya.

 

Mengenal Prinsip Dasar HTML

Kumpulan Tempat Belajar HTML Secara Online Untuk Pemula
 

Seperti yang diketahui, HTML adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mendefinisikan struktur sebuah website. Ini adalah bagaimana segala sesuatu seperti teks, gambar, dan tautan akan muncul di halaman web. Teknologi seperti CSS memungkinkan Anda untuk menata halaman web. HTML, di sisi lain, difokuskan untuk membangun cetak biru tentang bagaimana halaman akan muncul di situs web. HTML sendiri menggunakan tag untuk membuat struktur situs web yang mana tag ini memungkinkan Anda membuat header, video, gambar, dan elemen lain yang akan muncul di halaman web. Berikut adalah beberapa contoh tag HTML yang mungkin Anda temui dalam rancangan sebuah web :

  • Tanda < p> memungkinkan Anda membuat paragraf teks.
  • Tanda < h1> memungkinkan Anda membuat heading besar.
  • Tanda < iframe> memungkinkan Anda menyematkan konten situs web lain, seperti video YouTube ke halaman web.

 

Perlu diketahui bahwa sebagian besar tag memiliki tag awal seperti < p> dan tag penutup seperti < /p> yang mana harus selalu diperhatikan setiap Anda memulai kode baru. Setelah Anda menguasai tag ini, tidak ada batasan seberapa rumit struktur situs web Anda.

 

Baca Juga  :    HTML : Pengertian, Tutorial, Fungsi, Tag Dasar, dan Cara Kerjanya

 

Manfaat Mempelajari HTML

Sebagai bahasa standar untuk membuat halaman web dan menentukan bagaimana browser web menampilkan konten, HTML sangat krusial dalam merancang situs web tersebut yang terdiri dari kode yang diketik ke dalam file teks dan kemudian disimpan sebagai file HTML. Elemen HTML adalah dasar bagaimana halaman web muncul yang diformat dengan tepat harus menampilkan judul halaman, metadata, dan tautan ke file di hard drive Anda.

Selain itu, HTML biasanya digunakan dengan Cascading Style Sheets (CSS) untuk mendesain aspek visual web. Dengan CSS, Anda dapat menata judul HTML, menambahkan warna, menempatkan gambar, dan mengubah font. Berikut manfaat lain jika Anda mempelajari dan menguasai HTML :

  • Peluang kerja pengembang web sangat diminati

    Era digital yang tengah berkembang pesat membuat peluang kerja sebagai pengembang web sangat diminati sehingga banyak yang mulai mempertimbangkan untuk menguasai keahlian ini. Mempelajari HTML dan CSS dapat membantu Anda memasuki karir di bidang teknologi sebagai pengembang web atau perancang web.
    HTML dan CSS sendiri adalah dua keterampilan dasar yang diperlukan untuk semua pekerjaan dalam desain dan pengembangan web. Akibatnya, keterampilan ini sangat diminati. Bahkan menurut data dari Glassdoor, ada lebih dari 53.000 lowongan pekerjaan untuk pengembang web di Amerika Serikat (per 24 April 2020).

  • Membantu meningkatkan skill dan pekerjaan Anda

    Mengetahui hingga bahkan menguasai HTML dan CSS dapat membantu bahkan jika Anda tidak ingin menjadi pengembang web. Misalnya, jika Anda seorang pemasar, mengetahui bagaimana halaman web dibuat memungkinkan Anda merancang kampanye pemasaran yang lebih efektif. Bahkan jika Anda seorang ahli SEO, mengetahui tentang struktur situs web dapat membantu Anda memperbaiki strategi Anda. HTML dan CSS merupakan kombo keterampilan yang baik untuk dikuasai untuk pekerjaan apa pun yang melibatkan bekerja dengan web.
    Anda juga dapat menggunakan pengetahuan HTML Anda untuk merancang email yang lebih efektif untuk dikirim ke pelanggan. Selain juga dapat menggunakan HTML untuk mendesain formulir khusus yang dapat ditempatkan di situs web perusahaan Anda.

  • HTML dan CSS penunjang penting internet

    Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana situs web dapat menampilkan teks berwarna, atau bagaimana situs web dapat menyertakan video YouTube dalam web mereka? Jika Anda tahu cara membuat kode dalam HTML dan CSS, Anda tidak perlu bertanya-tanya. Anda akan mengetahui semua bagian dasar tentang bagaimana sebuah situs web dibangun.
    Karenanya, HTML dan CSS adalah dua bahasa pemrograman paling mendasar yang digunakan dalam pengembangan web yang tanpanya situs web tidak akan pernah terwujud. Mengetahui dan memahami cara membuat kode dalam HTML dan CSS akan memberi Anda wawasan yang jelas tentang cara kerja internet. Anda akan dapat lebih memahami bagaimana situs web yang Anda gunakan setiap hari dibuat.

 

Baca Juga  :    Bahasa Pemrograman Terbaik Tahun 2021

 

Kumpulan Tempat Belajar HTML Secara Online Untuk Pemula

Kumpulan Tempat Belajar HTML Secara Online Untuk Pemula
 

Mempelajari keterampilan baru terdengar menantang tetapi dapat menjadi pintu gerbang menuju kesuksesan Anda. Ada banyak kursus online HTML, pelatihan, tutorial, dan sumber daya untuk membantu Anda menjadi pengembang web terbaik. Berikut beberapa rekomendasi tempat belajar HTML yang populer dan kredibel yang bisa Anda pertimbangkan :

  • Udemy

    Situs belajar HTML dan CSS online ini adalah pilihan populer yang memiliki lebih dari 11 jam video, tujuh sumber pelengkap, dan lebih dari 10 artikel untuk dipelajari. Sumber daya cukup lengkap juga mencakup e-book gratis yang dapat berperan dalam membantu Anda membuat dasar yang bagus untuk pengkodean HTML
    Disini Anda akan mempelajari berbagai efek jQuery seperti pengguliran dan animasi dan juga menyelesaikan proyek untuk memperkuat keterampilan Anda dalam HTML dan CSS. Instruktur Udemy juga akan memberikan panduan sederhana untuk membantu Anda merancang situs web pertama Anda.

  • W3Schools

    Selanjutnya adalah W3Schools yang merupakan tempat belajar HTML online gratis yang sangat sesuai bagi pemula. Kursus online biasanya menjadi bahan pijakan dasar dalam memahami HTML yang kemudian bisa kembangkan dengan mengikuti kursus online dengan materi lebih kompleks dan lengkap di tempat lain. Meskipun begitu, W3Schools cukup mumpuni dan menyediakan beberapa aktivitas interaktif yang tersedia dan bab baru ditambahkan setiap saat untuk mengikuti perubahan dalam dunia pengembangan web yang selalu berkembang.

  • Codecademy

    Opsi belajar online HTML lain yang juga sesuai untuk pemula dan gratis adalah Codecademy. Adapun Codecademy adalah platform yang mengajarkan dan mengenalkan Anda pada prinsip dasar HTML Layar dibagi menjadi dua sisi, dengan satu sisi yang menunjukkan efek pengkodean Anda pada file HTML. Semuanya otomatis dan ditandai, sehingga mudah untuk mengenal dan memahami apa itu HTML melalui kurikulum mereka. Walau pembelajaran di Codecademy lebih bersifat teoritis, namun ini adalah langkah dasar yang lumayan membantu para pemula yang masih kebingungan.

 

Baca Juga  :    Tempat dan Aplikasi Belajar Coding Online GRATIS Terbaik 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Langkah pertama dalam perjalanan pengkodean web bagi pengembang adalah mempelajari HTML. Ilmu ini bahkan berguna untuk dipelajari jika Anda tidak memiliki niat untuk mengejar karir di bidang teknologi karena itu menunjukkan bahwa Anda memiliki beragam keterampilan. Meski tidak selalu terpakai nantinya, memahami HTML akan membantu Anda dalam memahami internet terutama bagaimana sebuah website bekerja.

Sedangkan bagi mereka yang ingin mulai belajar HTML tidak perlu mencoba kursus online yang mahal atau rumit. Mengingat langkah pertama adalah mengenal dan memahami apa itu HTML seharusnya menjadi perkenalan yang menyenangkan, maka pemula sebaiknya memulai dasar mereka di rekomendasi kursus online HTML diatas. Jika Anda memutuskan ingin mempelajari materi lebih lanjut, Anda harus mempertimbangkan kursus pengembangan atau tempat pelatihan yang lebih lengkap serta advance untuk memberikan keterampilan yang Anda inginkan.

Related Post :