Langkah-Langkah Transfer Domain Cepat dan Mudah

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 1

Domain atau nama domain adalah lokasi situs web yang bisa dirujuk sebagai alamat atau nama internet bagi penggunanya karena akan lebih mudah mengingat nama daripada deretan angka yang panjang. Umumnya nama domain berisi maksimal enam puluh tiga karakter, dengan minimal satu karakter, dan dimasukkan setelah protokol di URL.

Meski sudah mempunyai domain, tidak jarang ternyata Anda bisa juga mentransfer domain Anda di mana Anda bisa mengganti layanan dari sebuah nama domain. Nantinya, layanan yang baru akan mengatur semua informasi mengenai domain dan orang yang meregistrasi. Salah satu syarat untuk melakukan transfer domain adalah domain telah terdaftar selama 60 hari atau lebih.

Banyak orang yang ingin mengubah layanan mereka karena tidak setiap layanan sama. Beberapa diantaranya mungkin tidak mendukung kebutuhan konsumen yang spesifik dan mendesak. Bahkan apabila Anda tidak puas dengan layanan saat ini, Anda bisa mengubahnya kapanpun. Apakah Anda berniat untuk mentransfer domain? Artikel ini akan mengulas secara singkat aspek yang perlu diperhatikan dalam melakukan transfer domain. Simak hingga akhir cara melakukannya dan promo menarik lainnya.

 

Cara Melakukan Transfer Domain

Langkah-Langkah Transfer Domain Cepat dan Mudah
 

Ada banyak sekali layanan yang menawarkan jasa dengan proses cepat yang mana setiap layanan memiliki tahapan sendiri dalam mentransfer domain. Umumnya, ada fitur yang sering digunakan untuk memastikan keamanan. Beberapa diantaranya adalah transfer locks, mencegah domain ditransfer tanpa persetujuan Anda. Kode otorisasi sebagai izin untuk mentransfer domain dari satu layanan ke layanan lain yang nantinya akan ada email konfirmasi untuk memastikan bahwa proses transfer dilakukan oleh orang yang benar.

Ketika Anda sudah memilih layanan yang baru dan siap melakukan transfer, terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan. Setiap layanan memiliki tahapannya sendiri, namun berikut ini merupakan langkah-langkah umum yang biasanya ada pada setiap proses transfer domain. Pertama, Anda harus memperbarui informasi kontak, kemudian menyiapkan email untuk mengirimkan nama domainnya. Sesudah itu, Anda akan membuka domain dan meminta kode otorisasi. Jangan lupa untuk memastikan domain Anda memenuhi syarat untuk melakukan transfer.

Kemudian buat akun baru di layanan yang Anda pilih apabila Anda sudah melakukannya masukkan kode otorisasi. Sedangkan Otorisasi transfer domain dan bayar biaya dari transfer domain tersebut. Selesaikan semua prosesnya dan tentukan apakah Anda ingin domain Anda publik atau privat. Jangan lupa untuk membatalkan jasa yang Anda pakai sebelumnya ya agar tidak dikenakan biaya kembali di periode berikutnya.

 

Baca Juga  :     Cara Mendapatkan Domain Murah untuk Kebutuhan Website dan Blog

 

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangan Dalam Memilih Layanan Domain Baru

Setiap penyedia layanan tentu berbeda dengan beragama fitur dan dukungan yang berbeda pula. Sehingga jika Anda ingin mengganti kepada layanan baru, maka Anda perlu mempelajari beberapa hal yang biasanya ditawarkan kepada Anda, seperti :

  • Fitur

    Tentu setiap layanan menawarkan keunggulannya masing-masing misalnya dalam hal keamanan, perlindungan privasi, web hosting dan masih banyak lagi. Apabila layanan Anda tidak memberikan fitur yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa segera mencari layanan baru. Jangan lupa untuk mempertimbangkan penawaran harga dari layanan yang berbeda.

  • Harga

    Perhatikan harga yang ditawarkan layanan secara kritis. Ada beberapa yang memasukkan biaya tambahan untuk jasa yang Anda anggap penting, ada juga yang memberikannya secara cuma-cuma. Kemudian, ada layanan yang memberikan harga sangat murah untuk pemakaian pertama dan melonjak saat ingin melakukan renewal. Namun, perlu diperhatikan jangan mempertimbangkan layanan berdasarkan harganya saja.

  • Customer Support

    Ketika Anda menggunakan sebuah layanan, pasti ada masalah yang akan Anda temui dan memerlukan bantuan untuk menyelesaikannya. Anda tentu menginginkan customer support yang responsif dan solutif. Karenanya, ketika memilih sebuah layanan baru pertimbangkan juga apakah customer support mereka cepat menangani masalah konsumen dan responsif terhadap keluhan-keluhan yang ada.

 

Baca Juga  :      Perbedaan Registry, Registrar dan Registrant pada Akreditasi Domain Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Setiap layanan yang menyediakan domain tidak selalu memiliki fitur yang konsumen inginkan. Karenanya, konsumen akan melakukan transfer domain untuk memenuhi kebutuhan akan fitur tersebut atau jika konsumen menemukan harga yang lebih baik. Ada banyak alasan mengapa seseorang perlu melakukan transfer domain tetapi jangan lupa untuk memastikan keamanan dari proses tersebut.

Jika Anda masih bingung memilih layanan yang tepat, saat ini IDCloudHost memberikan promo Cashback 100% apabila ingin melakukan transfer domain ke IDCloudHost.  Klik disini dan Anda akan mendapatkan Cashback untuk setiap domain yang Anda pindahkan dan berlaku kelipatan! Cashback dapat Anda gunakan untuk layanan Cloud VPS, Layanan Full Cloud Access dan Scale Up pertama di Indonesia. Tunggu apa lagi? Dapatkan promo terbatas ini sekarang juga!
 

 

Related Post :