Manfaat dan Keunggulan Server Private Cloud di Indonesia

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Munculnya model komputasi awan memberikan angina segar baru bagi organisasi dalam hal ruang lingkup dan nilai. Organisasi yang sepenuhnya bergantung pada IT untuk memenuhi tujuan bisnis telah memahami nilai komputasi awan untuk ketersediaan, skalabilitas, penyediaan instan, sumber daya dan penyimpanan virtual.

Baik model private cloud dan publik tersedia dari penyedia layanan cloud. Tetapi, pertama-tama, organisasi yang berkeinginan untuk menerapkan layanan cloud harus dengan cermat memeriksa keuntungan dan kerugian jika menggunakan private atau public cloud. Organisasi yang menggunakan server web atau sistem aplikasi di mana persyaratan keamanan dan kepatuhan tidak terlalu kaku biasanya lebih suka menggunakan public cloud.

Berlawanan dengan hal di atas, private cloud atau awan perusahaan digunakan oleh organisasi memerlukan keamanan, kepatuhan, dan privasi data sebagai prioritas utama mereka. Jenis cloud ini disebarkan di dalam firewall dan menawarkan keamanan IT yang kuat untuk organisasi. Jika infrastruktur pusat data sudah tersedia dengan organisasi, awan pribadi dapat diimplementasikan secara internal. Berikut ini manfaat dan keunggulan private cloud bagi pemakainya di Indonesia.

 

Jenis – Jenis Computing Cloud

 

Public cloud dan hosting private cloud adalah dua jenis penyebaran infrastruktur cloud. Keduanya optimal untuk penggunaan bisnis, dan setiap organisasi harus mempertimbangkan dengan cermat pilihan mereka untuk menemukan mana yang terbaik untuk mereka. Salah satu penggunaan cloud jenis public yang paling umum adalah untuk menjalankan server web dan sistem pengembangan. Keuntungan utamanya adalah efisiensi biaya karena merupakan lingkungan multi-tenant.

Artinya, ruang digital Anda dibagikan dengan klien lain di server yang sama dan dikelola oleh penyedia pusat data. Dengan model ini, Anda membeli “potongan server” yang menjadi sudut kecil Anda dalam lanskap digital. Penggunaan public cloud sering kali dibayar per jam, dan Anda dapat menskalakan layanan sesuai kebutuhan yang diperlukan. Paket ini ideal jika Anda terus membangun dan meruntuhkan server.

Jenis private cloud, di sisi lain, digunakan oleh satu klien atau perusahaan. Mereka juga disebut “dedicated”, “corporate”, atau “internal cloud”, yang mencerminkan penggunaan utamanya. Penyimpanan data dan sumber daya jaringan Anda berada di lingkungan khusus, di mana mereka tidak dapat terpengaruh dengan cara apa pun oleh penyewa lain di lingkungan yang sama.

 

Manfaat Private Cloud

Perbedaan penting antara awan pribadi dan publik terletak pada cara bisnis Anda menggunakannya. Bergantung pada ukuran perusahaan dan kebutuhan bisnis Anda, Anda dapat memilih salah satu, atau bahkan membuat lingkungan hibrid yang akan menggunakan keduanya.

Bisnis menengah, besar, dan penyedia layanan kesehatan biasanya memilih private cloud karena opsi perlindungan, kepatuhan, dan skalabilitasnya. Dengan volume informasi sensitif yang tinggi, seperti informasi pelanggan, catatan internal rahasia, atau rencana bisnis, perusahaan semacam itu memerlukan pertahanan ekstra. Tidak seperti public cloud, cloud khusus memberi bisnis kontrol penuh atas data dan konfigurasinya.

Baca Juga : Apa itu Private Cloud : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Kelebihannya

Jenis lingkungan cloud ketiga disebut cloud hybrid, dan ini menggabungkan elemen dari dua platform lainnya. Pengaturan hybrid memungkinkan Anda untuk berpindah antara public dan privat eyang memberikan fleksibilitas yang lebih besar. Ini membuatnya ideal untuk perusahaan dengan alur kerja yang berfluktuasi dan model bisnis yang dinamis.

 

Fitur dan Manfaat Private Cloud

 

Private cloud memiliki banyak keuntungan yang tidak ditawarkan oleh alternatifnya. Menurut laporan survei McAfee baru-baru ini, penggunaan infrastruktur khusus swasta telah menurun dibandingkan tahun lalu. Namun, ini tetap menjadi model yang disukai di industri seperti teknik, pemerintahan, perawatan kesehatan, pendidikan, telekomunikasi, dan lain- lain.
Mengingat statistiknya, private cloud masih sangat populer, tetapi apa yang membuatnya begitu hebat? Berikut ini beberapa manfaat teknologi private cloud :

  • Kontrol atau kendali penuh

    Cloud khusus biasanya terletak di lokasi atau di penyedia pusat data, sehingga lebih mudah diakses saat dibutuhkan. Tim IT Anda dapat mengelola platform secara efisien dan membuat perubahan saat diperlukan. Mereka dapat memprediksi hal-hal seperti waktu henti dan kemacetan dalam pemberian layanan. Mereka juga dapat menyesuaikan penggunaan sumber daya dengan kebutuhan perusahaan dengan lebih baik. Di sisi lain, mereka yang menggunakan public cloud tidak memiliki banyak fleksibilitas dalam hal mengelola sumber daya mereka.

  • Stabilitas

    Komputasi awan sebagian besar menggantikan hard drive, komputer, flash drive, dan USB. Meskipun masih menggunakan berbagai jenis drive untuk membangun platform penyimpanannya, cloud juga menyediakan tingkat keamanan data yang lebih tinggi dengan mendistribusikan data ke situs hosting yang aman dan memastikan semuanya tetap online. Namun, untuk perlindungan terbaik, Anda memerlukan protokol suara yang siap serta solusi pemulihan dan pencadangan yang komprehensif. Private cloud sangat nyaman untuk menyimpan file sensitif, karena tim internal Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa platform Anda terus berjalan. Anda tidak perlu khawatir tentang aktivitas vendor atau tetangga Anda yang memengaruhi sistem Anda, dan Anda dapat mengelola infrastruktur Anda dengan lebih efisien.

  • Kemampuan kustomisasi

    Anda dapat mengonfigurasi platform Anda dengan cara yang paling sesuai dengan Anda dan kebutuhan bisnis Anda. Mereka dapat beradaptasi dengan perusahaan dengan berbagai ukuran, industri, overhead, tujuan, dan faktor lainnya. Lihat persyaratan dan kebutuhan perusahaan Anda dan putuskan mana yang terbaik untuk Anda berdasarkan ketersediaan, keamanan, dan kebutuhan skalabilitas.

  • Kepatuhan Cloud

    Dengan kemampuan untuk sepenuhnya mengontrol penyimpanan cloud dan bandwidth, menyesuaikan lingkungan, atau menyesuaikan pengaturan keamanan, perusahaan memiliki kontrol yang lebih besar atas infrastruktur mereka. Mereka dapat membangun platform yang sesuai dengan hukum dan peraturan industri yang relevan berdasarkan tujuan bisnis mereka. Berbeda dengan cloud jenis public, data public cloud lebih sulit menjadi subjek inspeksi eksternal atau intersepsi pihak luar.

  • Ketersediaan

    Keuntungan komputasi awan adalah Anda dapat menskalakan sumber daya sesuai kebutuhan. Meskipun satu server mati, data Anda secara otomatis direplikasi ke lokasi cadangan lain, sehingga tersedia untuk Anda kapan saja. Selain itu, selama periode puncak, bandwidth dan sumber daya jaringan dapat ditingkatkan untuk mendukung kebutuhan Anda.

  • Nilai dari teknologi cloud

    Dalam hal perbandingan biaya antara awan publik dan pribadi, awan pribadi bisa jauh lebih mahal. Harga sebenarnya dari infrastruktur Anda akan bergantung pada banyak faktor, tetapi tentu saja ada gunanya berinvestasi dalam infrastruktur khusus daripada harus menanggung risiko dengan penawaran public cloud. Sisi positif dari hosting ini hampir tidak terhitung banyaknya, tetapi ada satu fitur yang berada di atas yang lainnya yakni keamanan cloud yang tak tertandingi.

Baca Juga : Perbedaan Antara Public Cloud vs Private Cloud vs Hybrid Cloud

 

Memilih Layanan Private Cloud yang Tepat di Indonesia

 

Pilihan antara solusi dan penggunaan dari public, private, dan hybrid cloud bergantung pada berbagai faktor, kasus penggunaan, dan batasan dari tiap cloud tersebut. Ini juga menyangkut apa saja yang Anda perlukan dalam kebutuhan penyimpanan data- data Anda. Terutama jika Anda adalah perusahaan yang harus mempertimbangkan proposisi nilai dan apa saja yang sesuai dengan semua keperluan Anda.

Salah satu penyedia jasa layanan private cloud terbaik dari Indonesia adalah IDCloudHost. Layanan Private Cloud IDcloudhost merupakan layanan Full Cloud pertama di Indonesia yang mempermudah Anda untuk meluncurkan server Full Cloud dan dapat ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan server Anda dengan dukungan Control Panel yang User Friendly, Praktis, dan Fleksibel serta didukung dengan harga yang terjangkau dengan bantuan tim Teknis yang berpengalaman.

Lihat Layanan Server Private Cloud IDCloudhost

 

Kesimpulan dan Penutup

Bisnis di setiap industri membutuhkan cara yang aman untuk menyimpan dan mengakses informasi mereka dengan penyedia layanan yang aman. Semakin banyak perusahaan beralih ke cloud untuk mendapatkan lebih banyak fleksibilitas dalam mengelola tim dan beban kerja mereka. Dengan penggunaan yang meningkat seperti itu, kekhawatiran tumbuh, dan perusahaan lebih fokus pada perlindungan data.

Sementara otomatisasi public cloud menawarkan berbagai manfaat seperti layanan mandiri, skalabilitas, dan efektivitas biaya, layanan private cloud memberi Anda tingkat keamanan yang lebih tinggi. Dengan keamanan dan kontrol menjadi kunci sukses menjalankan bisnis Anda, private cloud adalah solusi yang masuk akal untuk berbagai bisnis. Jika perusahaan Anda menangani data sensitif, beroperasi di bawah pengawasan ketat dan peraturan kepatuhan, atau hanya memerlukan tingkat keamanan dan penyesuaian tertinggi, private cloud dari IDCloudHost Indonesia adalah cara yang tepat untuk penggunaan nasional dan internasional.

Related Post :