10+ Manfaat Internet yang Wajib Diketahui

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Seiring dengan perkembangan teknologi, internet menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari keseharian banyak orang. Bahkan, saat ini internet sudah seperti kebutuhan primer yang sangat penting dalam kehidupan. Manfaat internet sangat besar kita rasakan. 

Terutama setelah pandemi, semua hal dari yang kecil hingga kompleks terbiasa dikerjakan dengan bantuan internet. Mulai dari berbelanja, belajar, bekerja, mengakses layanan kesehatan, dan lain-lain. 

Hal ini menunjukkan bahwa internet memilik peranan besar dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, Anda akan memahami manfaat dan pengertian internet. Simak informasi lengkapnya berikut ini, ya. 

Baca Juga: Cara Kerja IOT (Internet of Things) dan Kegunaannya

Apa Itu Internet? 

manfaat internet

Manfaat internet bagi sebagian besar orang mungkin dapat dirasakan sendiri, terutama pada bidang komunikasi dan hiburan. Saat ini kita dengan mudah mengakses ribuan konten dalam sehari, atau bermain game online dengan orang-orang dari seluruh dunia. 

Namun, tahukah Anda sejarah dan pengertian internet sendiri? Internet adalah singkatan Interconnection Working, atau dalam Bahasa Indonesia dapat kita terjemahkan sebagai jaringan yang terkoneksi dengan luas. 

Internet memungkinkan kita untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain di seluruh dunia. Dalam pengoperasiannya, internet menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol dan Internet Protocol). Keduanya adalah protokol jaringan global yang dapat membuat pertukaran data untuk berkomunikasi dalam jaringan.

Sebelum adanya internet, komputer dapat terkoneksi dengan LAN dan WAN. Sekarang, internet adalah rangkaian jaringan komputer paling besar yang jangkauannya tak terbatas dan bisa digunakan orang di seluruh dunia. 

Manfaat Internet

manfaat internet

Setelah memahami pengertiannya, Anda tentunya harus tahu apa saja manfaat internet dalam keseharian. Berikut penjelasan lengkapnya. 

  1. Media Informasi dan Pengetahuan

Di masa lalu, mencari informasi sangat sulit dan terbatas. Misalnya, Anda ingin mencari tahu tentang suatu topik. Berarti Anda harus pergi ke perpustakaan dan membaca buku yang berhubungan dengan topik tersebut, atau mengumpulkan kliping. Hal ini tentunya akan memakan waktu. 

Namun, dengan adanya internet kita bisa mendapatkan informasi tentang apapun hanya dalam hitungan detik saja. Jika ingin mengetahui sesuatu, Anda dapat mencarinya di Google. Ingin membaca berita? Anda bisa mendapatkan informasi paling update, bahkan siaran live. Manfaat internet bagi pelajar ini sangat dapat Anda rasakan. 

Karena itu, internet membuat semua orang lebih mudah  mengembangkan wawasan seluas-luasnya. Tersedia berbagai sumber daya di internet untuk berbagai topik, dan Anda dapat mengaksesnya secara gratis. 

  1. Membantu Proses Pembelajaran

Internet tidak hanya mempengaruhi bidang komunikasi dan informasi, tapi juga berkontribusi besar dalam bidang pendidikan. Manfaat internet bagi pelajar tentunya membuat penyelesaian tugas-tugas maupun pembelajaran lebih terbantu. 

Dengan internet, Anda dapat mencari berbagai materi pelajaran dengan mudah. Selain itu, internet juga memungkinkan siswa mengakses LMS sebagai platform belajar online. Platform tersebut memudahkan komunikasi siswa dan guru. 

Manfaat internet bagi pelajar juga terlihat dari banyaknya bimbel dan kursus online yang memungkinkan siswa untuk mendapat pelajaran tambahan tanpa harus bertatap muka. Ditambah lagi dengan munculnya era pandemi, membuat penggunaan internet dalam bimbingan meningkat pesat. 

Siswa dan guru harus berkomunikasi lewat Zoom karena pembelajaran dilakukan di rumah. Internet menjadi bagian tak terpisahkan dalam bidang pendidikan. 

Bagi mahasiswa ataupun dosen, internet sangat membantu dalam penyelesaian riset. Dengan adanya internet, Anda dapat mengumpulkan dan mengelola data dengan lebih mudah. Selain itu, Anda dapat mengakses ribuan buku dan jurnal dari berbagai negara di dunia dengan cepat. 

Baca Juga: 5 Cara Belajar yang Efektif Bagi Siswa Agar Mudah Menyerap

  1. Sarana Berkomunikasi

Puluhan tahun lalu, sarana komunikasi yang paling diandalkan adalah surat. Untuk mengabari keluarga yang berada di luar kota saja, Anda butuh beberapa hari agar pesan tersebut tersampaikan. 

Perkembangan teknologi komunikasi kemudian membuat Anda dapat menikmati telepon dan ponsel yang memiliki fitur SMS. Dengan adanya manfaat internet bagi pelajar dan masyarakat, komunikasi di zaman sekarang menjadi jauh lebih canggih. 

Anda dapat mengirim pesan dengan cepat menggunakan berbagai aplikasi chat seperti WhatsApp, Telegram, dan WeChat. Tidak hanya pesan teks, ini juga memungkinkan Anda untuk mengirim gambar dan video. 

Saat ini, untuk menelepon orang Anda dapat melakukannya di aplikasi tersebut. Tidak hanya itu, orang-orang juga sudah dapat menikmati kecanggihan video call yang memungkinkan Anda bertatap muka secara langsung dengan orang yang jauh. 

  1. Menghemat Biaya dan Waktu

Kecepatan yang ditawarkan internet tentunya sangat menghemat waktu. Internet dapat menyampaikan pesan hanya dalam hitungan detik saja, sehingga Anda tak perlu menunggu lama. Selain itu, jika ingin mencari informasi Anda bisa mendaatkannya dengan mudah dan cepat. 

Penggunaan internet juga menghemat biaya bagi banyak orang. Misalnya, seorang pedagang jadi tak perlu membayar sewa toko karena sekarang dapat memulai usaha di rumah dan memasarkannya secara online. 

  1. Sarana Memperluas Relasi

Internet seolah menghilangkan jarak dan membuat semua orang dari berbagai negara dapat terhubung dengan mudah. Adanya media sosial membuat Anda bisa berteman dengan siapa saja, bahkan yang berada di benua lain sekalipun. 

Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk memperluas relasi. Di internet, terdapat berbagai komunitas yang terbangun karena adanya kesamaan minat. Misalnya, Anda yang menyukai pemrograman mungkin dapat bergabung dengan komunitas terkait hal itu di media sosial atau forum-forum. 

Di sana, Anda dapat saling berbagi dengan orang-orang yang memiliki minat sama. Selain memperlus relasi, ini juga dapat memperluas wawasan karena Anda jadi mengetahui bagaimana keadaan di negara atau daerah lain dari teman-teman dunia maya Anda. 

  1. Media Hiburan

Ada banyak sarana hiburan yang bisa Anda dapatkan melalui internet. Mulai dari menonton berbagai video di Youtube dan Tiktok, atau menikmati ribuan konten di Instagram, Facebook, dan Twitter. 

Tersedianya banyak pilihan hiburan merupakan manfaat internet yang sangat terasa dalam keseharian. 

Selain itu, manfaat internet bagi masyarakat juga memungkinkan munculnya layanan streaming seperti Netflix, Hulu, dan Amazon Prime yang menyajikan beragam tontonan yang dapat Anda pilih sesuai keinginan. 

Banyaknya game online yang dapat dimainkan bersama orang-orang di seluruh dunia juga menjadi salah satu hiburan yang dapat kita nikmati dengan internet. 

  1. Membantu Kesuksesan Usaha

Bagi para pemilik bisnis, internet berperan besar dalam kesuksesan usaha mereka. Salah satu manfaat internet bagi masyarakat yang sangat terasa adalah munculnya digital marketing sebagai strategi meningkatkan penjualan. 

Saat ini, banyak orang membeli sesuatu atau mencari rekomendasi lewat internet. Baik menggunakan mesin pencari, atau melalui media sosial. Adanya internet membuat pebisnis lebih mudah untuk berpromosi secara digital, hal ini membuat mereka mampu menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan penjualan. 

  1. Menjaga Keamanan Negara

Manfaat internet bagi masyarakat tidak hanya dirasakan individu, lho. Internet juga dibutuhkan dalam pelaksanaan negara, dan berperan penting di sektor keamanan.

Masyarakat dapat menikmati berbagai fasilitas dan kemudahan dari internet karena ada pemerintah yang mengatur dan menaunginya. Pemerintah juga menggunakan internet untuk melindungi privasi warga negara. 

Tanggungjawab pemerintah sangat besar dalam hal ini, karena mereka harus menjamin kesejahteraan dan keamanan rakyat. Dalam bidang pemerintahan, manfaat internet berfokus pada kemudahan akses publik dan keamanan. Misalnya, dengan adanya pemantauan CCTV yang mempermudah pengawasan lalu lintas atau tempat-tempat umum. 

  1. Sarana Berkolaborasi Secara Global

Manfaat internet bagi masyarakat selanjutnya adalah terbukanya kesempatan untuk bekerja dengan orang lain dari seluruh dunia. Ada banyak sekali platform yang membuat Anda dapat berkolaborasi dengan orang lain dari manapun, bahkan bisa membuat produk atau layanan baru bersama-sama.

Internet membuat orang-orang tidak harus pergi ke kantor lagi untuk bekerja. Saat ini, bekerja dari rumah dapat dilakukan dengan mudah. Banyak orang yang menyebut diri sebagai digital nomad, yang bekerja di mana saja tanpa harus pergi ke kantor setiap harinya.

Selain itu, internet membuat proses mencari pekerjaan menjadi sangat mudah. Jika dulu Anda harus datang langsung ke perusahaan atau membeli surat kabar agar bisa mendapat info lowongan kerja, sekarang Anda tak perlu lagi melakukannya. 

Lowongan kerja tersedia di berbagai platform seperti LinkedIn, Jobstreet, Glints, dan lain-lain.

  1. Menghasilkan Uang

Manfaat internet bagi masyarakat salah satunya terlihat dalam bidang ekonomi. Dengan adanya internet, peluang untuk menghasilkan uang jadi semakin besar. Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari internet. Anda tinggal menyesuaikannya saja dengan kemampuan dan modal yang Anda miliki. 

Beberapa cara tersebut diantaranya adalah berjualan online, mendaftar sebagai affiliate marketer, serta menjadi content creator. Tiga cara ini membuat Anda bisa menghasilkan uang tanpa harus keluar rumah. Selain itu, juga ada cara lain seperti menjadi freelancer atau dropshipper. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Penghasil Uang yang Legit Terbaru 2022

  1. Membantu  Ekspor dan Impor 

Manfaat internet bagi masyarakat adalah dalam bidang ekspor dan impor. Saat ini, ada banyak marketplace yang beroperasi baik di dalam maupun luar negeri. Anda dapat membeli barang dari luar negeri dengan mudah melalui marketplace yang ada saat ini. Dengan begitu, proses ekspor dan impor jadi lebih terbantu. 

Untuk membayar dengan mata uang asing sekarang juga lebih mudah dan cepat. Sudah ada berbagai platform yang memungkinkan Anda membuka akun dan memiliki saldo yang dapat diakses secara digital, contohnya Paypal. 

Tidak hanya dari marketplace dan kemudahan bertransaksi dengan mata uang asing, bagi para eksportir dan importir manfaat internet juga sangat terasa. Mereka bisa lebih mudah mencari calon pelanggan ataupun supplier di luar negeri dan berkomunikasi lewat email atau media sosial. 

Baca Juga: Bikin Konten Media Sosial Bisnis Kamu Konsisten dan Produktif

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang berbagai manfaat internet bagi pelajar dan masyarakat yang bisa Anda rasakan di kehidupan sehari-hari. Walaupun internet memiliki banyak manfaat, tapi sebaiknya Anda juga harus mengetahui dampak-dampak negatif yang timbul karenanya. 

Misalnya seperti penipuan, adanya ancaman keamanan siber, dan lain-lain. Karena itu, kita semua harus mampu menjadi pengguna internet yang bijak dan bisa mengambil manfaat dari teknologi yang ada. 

Salah satu manfaat internet adalah memudahkan berpromosi secara digital dengan menggunakan website. Anda tentu butuh layanan hosting yang powerful dan cepat. Untuk mendukung kelangsungan bisnis, Anda bisa memanfaatkan layanan Cloud VPS dari IDCloudHost, coba sekarang dan dapatkan free credit Rp 50.000,-! 

Promo Cloud VPS

Related Post :