Manfaat Kompres Video dan Aplikasi Gratis Terbaiknya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Selain foto, video adalah salah satu media elektronik untuk merekam, menyalin, memutar ulang, menyiarkan, dan menampilkan media visual bergerak yang sangat populer. Tidak mengherankan seiring waktu, video mengalami peningkatan baik itu dari alat yang digunakan bahkan hingga kualitas yang dihasilkannya. Ini juga termasuk dengan bagaimana video tersebut akan diedarkan serta cara membuat ukurannya tetap compact.

Salah satu praktik yang paling umum adalah kompresi video yang merupakan proses penyandian file video sedemikian rupa sehingga menghabiskan lebih sedikit ruang daripada file asli dan lebih mudah untuk dikirim melalui jaringan atau internet. Jenis teknik ini mampu melakukan kompresi yang mengurangi ukuran format file video dengan menghilangkan data yang berlebihan dan tidak berfungsi dari file video aslinya.

Kompresi video biasanya melibatkan penghilangan informasi yang tidak dianggap penting untuk melihat konten video, dan codec (format) kompresi video yang efektif. Tentu saja meski telah melakukan kompresi tanpa adanya penurunan yang signifikan dalam pengalaman visual konten video, pasca-kompresi, dan tanpa memerlukan overhead perangkat keras yang signifikan untuk mencapai kompresi. Mari simak dan ketahui manfaat jika Anda ingin mengkompres video dengan menggunakan aplikasi terbaiknya.

 

Manfaat Menerapkan Kompres Video

Manfaat Kompres Video dan Aplikasi Gratis Terbaiknya
 

Sebagian besar file video yang dikompresi biasanya mengaplikasikan codec video untuk melakukan pengkodean data dan kemudian decoding menggunakan kompresi. Sepintas lalu, mengkompres video bisa jadi mengurangi kualitas video itu sendiri, namun begitu ada beberapa manfaat dan alasan kuat mengapa Anda harus mengkompres file video, yakni :

  • Lebih mudah untuk ditransfer

    Ukuran file yang lebih kecil dari video terkompresi membuatnya lebih mudah untuk ditransfer. Tidak hanya membutuhkan lebih sedikit waktu, tetapi juga membutuhkan lebih sedikit bandwidth jika Anda mencoba mentransfer file melalui internet. Selain itu, Anda akan memiliki lebih banyak cara untuk mentransfer file yang lebih kecil dan Anda tidak akan menghadapi banyak masalah dengan batasan ukuran file karena adanya beberapa pembatasan.

  • Membantu menghemat ruang penyimpanan

    Bahwa video yang tidak dikompresi sangat, sangat besar yang terkadang sulit ditemukan dan memakan ruang. Karena ukuran file yang besar, menyimpan file video yang tidak terkompresi merupakan suatu tantangan. Di sisi lain, ketika dikompresi, video yang sama akan mengambil sebagian kecil dari ukuran, membuatnya lebih mudah untuk disimpan dan memungkinkan Anda menghemat ruang penyimpanan.

  • Membaca dan menulis file lebih cepat

    Memuat file video besar membutuhkan lebih banyak waktu yang seringkali dibatasi oleh kecepatan transfer data dari hard drive konvensional meskipun Solid State Drive (SSD) lebih baik. Hal yang sama berlaku untuk menulis, terutama pada media di mana kecepatan menulis mungkin jauh lebih lambat daripada kecepatan membaca. Melihat file video terkompresi lebih kecil, membaca dan menulis file dapat dipahami lebih cepat dan membuatnya lebih mudah untuk dikelola secara keseluruhan.

  • Menghemat biaya

    Biaya keseluruhan untuk menggunakan file video yang tidak dikompresi bisa sangat besar, terutama mengingat berapa banyak area yang akan terpengaruh. Anda tidak hanya akan membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, tetapi Anda juga akan membutuhkan lebih banyak bandwidth dan sumber daya sistem untuk menangani file video yang tidak terkompresi.

 

Baca Juga  :    Kumpulan Rekomendasi Software Editing Video untuk Pemula dan Profesional

 

Aplikasi Gratis Terbaik Kompres Video di Smartphone Android/iOS

Semakin canggih, smartphone masa kini memfasilitasi perekaman video resolusi tinggi yang berarti juga menempati banyak ruang di perangkat Anda. Selain itu, video berkualitas tinggi ini sulit untuk dibagikan melalui internet atau aplikasi perpesanan karena masalah ukuran dan bandwidth yang besar. Banyak orang mencari aplikasi kompresor video yang memiliki fitur untuk memperkecil dan mengkompres ukuran file. Simak beberapa aplikasi kompresor video yang bisa digunakan di perangkat Android atau iPhone.

  • VidCompact

    VidCompact adalah aplikasi kompresi video populer lainnya yang dapat Anda coba yang dibuat oleh pengembang yang sama yang membuat aplikasi editor video VideoShow. Aplikasi ini bukan hanya aplikasi kompresor video tetapi juga menawarkan opsi seperti memangkas video dan mengganti nama selain juga mendukung konversi batch. Mengklaim menawarkan hingga 54% kompresi, pengguna aplikasi ini juga diberikan opsi untuk memilih resolusi keluaran video serta opsi untuk memangkas video jika diinginkan.

  • Video Compressor

    Aplikasi populer dari Android Pixels ini diberi dan dilengkapi dengan semua fitur kompresi video yang diperlukan yang memungkinkan penggunanya untuk mengkompres dan mengurangi ukuran video MP4, 3GP, dan AVI Anda tanpa kehilangan kualitas. Video dapat dipersingkat untuk digunakan pada perangkat iOS atau berbagai situs web. Aplikasi ini mendukung smartphone android yang berjalan pada OS versi 3.0 dan di atasnya. Selain juga opsi pratinjau untuk memeriksa video sebelum mengompresnya, video terkompresi juga dapat dibagikan melalui berbagai situs media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan lainnya.

  • Resize Video

    Resize Video adalah aplikasi kompresi video terbaik yang menjanjikan hasil bagus tanpa kehilangan kualitas. Pengguna dapat memilih ukuran file, serta memotong video sebelum memulai kompresi dan menariknya, aplikasi ini dibuat dengan basis gratis untuk pengguna Android. Berkat kemudahan penggunaannya, layanan ini sangat cocok untuk pemula. Pengguna dapat memotong video jika ingin menghapus bagian yang tidak diinginkan, sedangkan untuk mempersonalisasi klip, Anda dapat menambahkan musik, atau menghapus audio dari video sama sekali. Layanan ini memungkinkan berbagi hasil di jejaring sosial sehingga Anda dapat dengan cepat mengunggah file yang sudah jadi ke platform yang diinginkan.

  • Video Slimmer

    Aplikasi kompresor video ini juga berisi alat untuk mengedit video yang menawarkan dukungan kompresi batch dengan kemampuan untuk menyimpan klip yang sudah jadi di perangkat Anda. Biasanya, video yang direkam di iPhone, iPad, atau iPad Pro berukuran besar dan memakan banyak ruang, maka Video Slimmer bekerja cengan cara membantu Anda mengosongkan 80% penyimpanan perangkat Anda. Disini Anda dapat dengan mudah berbagi file terkompresi di jejaring sosial atau mengirimnya melalui surat. Memiliki opsi penggabungan untuk video pendek dan pisahkan untuk video yang lebih panjang, begitu juga ukuran video dan parameter kualitas dapat disesuaikan di dalam aplikasi.

  • Video Dieter

    Jika Anda mencari aplikasi kompresi multifungsi untuk Android, saran terbaik sejauh ini adalah dengan menggunakan aplikasi Video Dieter 2. Aplikasi ini sendiri hanya membutuhkan ukuran 2.2MB, sehingga tidak akan mempengaruhi kinerja perangkat Anda. Anda dapat dengan cepat mengkompres video sambil mempertahankan kualitasnya, menambah atau menghapus audio, memotong klip, dan mengatur resolusi yang bahkan juga bekerja dengan file video format 4K. Datang menawarkan 24 filter foto dan mengatur kualitas video yang sudah jadi dengan mudah, aplikasi ini akan sangat sesuai dengan siapa saja termasuk pemula sekalipun.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Storyboard untuk Video Marketing yang Baik dan Buruk

 

Format File Video Umum untuk Kompres Video

Manfaat Kompres Video dan Aplikasi Gratis Terbaiknya
 

Memilih video terkompresi yang tepat tergantung pada kebutuhan Anda karena ada sejumlah format ini yang tersedia. Beberapa format ini menggunakan teknik dan algoritma yang menghasilkan kompresi file dengan tetap mempertahankan kualitas tinggi. Mari ketahui tentang beberapa format teratas yang umum digunakan untuk kompresi video dibawah ini :

  • MP4

    MP4 disebut sebagai format universal karena kompatibel dengan sebagian besar pemutar dan perangkat yang tersedia. Format wadah multimedia ini mampu mengkompres video menjadi ukuran file yang lebih kecil sambil menjaga kualitas yang layak. Tidak mengherankan kalau sebagian besar situs streaming online menggunakan MP4 sebagai formatnya.

  • AVI

    Singkatan dari Audio Video Interleaved, AVI adalah format wadah multimedia yang menawarkan file terkompresi berkualitas tinggi yang mampu mengalirkan beberapa file audio dan video. Beragam codec didukung oleh format sehingga memfasilitasi berbagai pengaturan file yang diinginkan. Meskipun formatnya tidak terlalu populer untuk streaming atau pengunduhan video, ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk penyimpanan video di perangkat komputer Anda.

  • WMV

    WMV yang merupakan singkatan dari Windows Media Video dan dikembangkan oleh Microsoft adalah bagian dari Windows Media Framework. Jika Anda mencari kompresi file untuk mengirim file besar Anda melalui email dan sumber lain yang memiliki batasan ukuran file, WMV adalah format yang ideal. Hanya saja, format ini mempertaruhkan kualitas sehingga Anda harus memikirkan jika ingin menggunakan format WMV.

 

Baca Juga :   Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Kesimpulan dan Penutup

Kompresi video telah menjadi kebutuhan dengan semakin banyaknya situs streaming video dan unduhan video yang mengakibatkan kekurangan ruang penyimpanan. Ini membuat munculnya banyak aplikasi pendukung yang bisa digunakan untuk tidak hanya melakukan kompresi, tetapi juga editing, memilih filter hingga memilih format. Bahkan banyak aplikasi yang juga berusaha untuk tetap menjaga kualitas video meski telah di kompres.

Memilih format file video juga sangat berpengaruh dalam mempertahankan file maksimum dalam ukuran minimum. Analisis kebutuhan Anda dan pilih dari salah satu format video terkompresi ini. Ada sejumlah format video yang memfasilitasi kompresi sambil mempertahankan kualitas file dan masing-masing menggunakan algoritma yang berbeda untuk kompresi file. Karenanya, pilih format kompresi yang tepat tergantung pada persyaratan file dan perangkat pemutaran Anda nantinya.

Related Post :