Manfaat Memiliki Alamat E-mail dengan Domain Sendiri

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

Memiliki alamat email dengan domain sendiri ataupun perusahaan adalah hal yang sangat penting bagi seorang pebisnis apalagi teman-teman pelaku UKM karena alamat emailnya terlihat lebih profesional. Manfaat lainnya yaitu dapat meningkatkan kepercayaan dari customer jika menggunakan email domain sendiri atau sering juga disebut dengan email custom domain.

Saat ini penggunaan email yang populer untuk bisnis dengan menggunakan fasilitas gratis dari Google Mail, Yahoo Mail, Hotmail, Microsoft Mail, dan lain sebagainya.  Namun, disarankan akan lebih baik jika kita menggunakan nama domain sendiri dalam alamat email kita. Walaupun sebenarnya cara membuat email dengan domain sendiri itu tidak sulit, berikut idcloudhost memberikan tutorial singkat untuk membuat alamat email dengan domain sendiri dapat kita lakukan melalui cPanel hosting:

  1. Langkah pertama. Pastikan teman-teman sudah memiliki domain dan hosting sendiri. Pada hosting yang menggunakan cPanel, selain banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk mengelola hosting, juga dapat dimanfaatkan untuk membuat email menggunakan domain sendiri.
  2. Langkah kedua. Teman-teman harus login ke cPanel terlebih dahulu, kemudian klik menu e-mail account.
  3. Langkat ketiga. Isi dan lengkapi form paling atas halaman tersebut, e-mail: isi dengan e-mail yang akan dibuat. Misal teman-teman ingin membuat email dengan alamat [email protected], isi dengan “reicka” saja (tanpa tanda petik). Password: isi dengan password dari e-mail account yang ingin dibuat. Lalu isikan lagi password yang sama pada “Password (Again)”, password strength secara otomatis akan mengukur tingkat kesulitan password yang teman-teman buat. Semakin tinggi nilainya, semakin aman passwordnya. Mailbox Quota : isi dengan kapasitas email yang dikehendaki, tetapi mailbox quota ini harus disesuaikan dengan total kapasitas hosting yang teman-teman miliki. Kemudian klik tombol create.
  4. Langkah keempat. Jika sudah muncul halaman “Account Created’ artinya account email teman-teman yang tadi dibuat telah berhasil dan sudah dapat digunakan.
  5. Langkah kelima. Akses email tersebut dengan menggunakan WebMail, Thunderbird, atau Outlook, tergantung pilihan teman-teman. Untuk mengakses email menggunakan webmail, teman-teman bisa akses ke http://webmail.namadomain.com lalu masukkan email yang teman-teman telah buat (misal : [email protected])- harus lengkap dengan @idcloudhost.com.

Cara ini sangat mudah dan cocok buat teman-teman yang pebisnis dan pelaku UKM yang ingin mempunyai email dengan menggunakan domain sendiri. Tetapi jika teman-teman mempunyai perusahaan yang besar dan ingin membuat banyak account email, kami sarankan teman-teman menggunakan Google Apps for Work. Semoga bermanfaat 😀

Baca Juga : Layanan Spam Filter IDCloudHost untuk Anti Spam Anda – SpamExperts

Bagi kamu yang sedang berorganisasi, kita juga memberikan Google Apps untuk organisasi. Bisa mengikuti program NGO Go Digital

Related Post :

popup image